Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Service Kompresor AC Mobil

Perhatikan ini Sebelum Service Kompresor AC Mobil

Perawatan atau service AC mobil sebaiknya dilakukan secara berkala dan rutin. Komponen-komponen di dalam sistem AC mobil yang secara rutin diservice akan lebih awet pemakaiannya dibandingkan dengan yang jarang service.

Salah satu bagian penting dalam sistem AC mobil adalah kompresor. Sehingga sangat penting untuk dilakukan perawatan berkala pada komponen satu ini. Service kompresor AC mobil seperti penggantian oli dan mesin setidaknya akan memperpanjang umur komponen kompresor.

Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum melakukan Service AC Mobil

Banyak dijumpai kasus seperti kompresor yang harus diganti dengan baru karena tidak pernah di service. Sangat disayangkan kan? Terpaksa harus ganti kompresor baru akibat jarang service kompresor AC mobil. Oleh sebab itu, untuk memperpanjang umur kompresor AC mobil, kita sebaiknya service kompresor secara rutin dan berkala. Bagaimanapun, harga sebuah kompresor AC mobil baru tidak murah.

Itulah pentingnya melakukan service kompresor AC mobil. Tetapi, sebelum service kompresor AC mobil sebaiknya perhatikan hal-hal berikut yang akan di jelaskan di penjelasan selanjutnya.

7 Tips dan Panduan Sebelum Service Kompresor AC Mobil

1.Periksa Oli Kompresor

Sebelum memutuskan untuk service kompresor AC mobil anda sebaik cek terlebih dahulu kapasitas oli kompresor. Kegunaan oli kompresor adalah sebagai pelumas komponen-komponen kompresor. Agar supaya kompresor bisa bekerja dengan maksimal, sehingga menghasilkan tekanan tinggi dan AC mobil menjadi dingin.

Jika saat pemeriksaan terdapat ceceran oli menempel pada dinding kompresor, kemungkinan terjadi kebocoran pada kompresor. Sebaiknya segerakan untuk dilakukan service ke bengkel spesialis AC mobil. Karena di sana akan diperiksa dengan alat yang lebih akurat untuk mengetahui kinerja kompresor AC mobil secara keseluruhan.

2.Hidupkan AC Mobil

Kita bisa menghidupkan AC mobil dulu untuk mengetahui apakah AC mengeluarkan udara dingin atau tidak. Jika ternyata AC mobil tidak menghembuskan udara dingin, penyebabnya bisa saja dari kompresor.
Dan jika ternyata juga terdengar bunyi berisik dari kompresor ketika AC mobil dihidupkan, sebaiknya langsung dibawa ke tempat service AC mobil. Karena kalau dibiarkan lama-kelamaan kompresor AC mobil akan aus.

3.Siapkan Keluhan Mengenai Kinerja Kompresor Mobil

Setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan terhadap kompresor AC mobil. Sebaiknya anda siapkan keluhan atau pertanyaan-pertanyaan mengenai masalah yang anda temukan pada kompresor AC mobil anda. Ini akan membantu mekanik bengkel untuk langsung menangani masalah-masalah pada kompresor.

Seperti misalnya, adanya oli yang menempel pada kompresor, terdengar suara berisik saat AC mobil dalam posisi on. AC mobil tidak dingin meskipun rpm mesin tinggi. Keluhan-keluhan semacam ini akan menjadi masukan untuk pihak bengkel. Untuk kemudian dilakukan pemeriksaan dengan alat yang modern agar mendapat hasil yang akurat.

4.Pesan atau Booking Sebelum Datang ke Bengkel

Beberapa bengkel spesialis service kompresor AC mobil, seperti Rotary Bintaro sudah menyediakan fasilitas booking online bagi konsumennya. Ini sangat membantu konsumen ketika mereka berencana untuk service kompresor AC mobil mereka.

Fasilitas ini sangat membantu kita yang tidak banyak punya waktu luang. Dengan memesan untuk pelayanan service secara online, kita tidak perlu menunggu antrian terlalu lama. Melalui fasilitas booking online kita hanya perlu membuka situs web dari bengkel tersebut. Kemudian kita diminta untuk mengisi informasi seperti nama lengkap, email, nomor kontak, merk mobil, nomor polisi, waktu service, keluhan, dll.

5.Ketahui Kisaran Harga Jual Kompresor AC Mobil

Dengan mengetahui kisaran harga jual kompresor AC mobil bisa Anda membantu untuk menyiapkan dana sebagai antisipasi kalau nanti kompresor AC mobil anda diharuskan ganti baru. Selain itu dengan tahu harga kisaran kompresor bisa menghindarkan kita dari tipuan para oknum bengkel yang jual kompresor AC mobil.

Banyak bengkel “abal-abal” yang menjual komponen kompresor AC mobil dengan harga yang tidak wajar alias di atas kisaran harga pasar. Oleh sebab itulah penting untuk mengetahui kisaran harga kompresor baru. Untuk menghindari bengkel-bengkel yang bermain curang, sebaiknya pilih bengkel yang benar-benar sudah mendapat banyak rekomendasi dari pengguna mobil lainnya.

6.Service Rutin Memperpanjang Usia Kompresor

Kebanyakan orang baru service kompresor AC mobil mereka ketika kompresor sudah rusak parah. Perlu kita ketahui hal tersebut sebenarnya tindakan yang salah. Jangan menunggu kompresor rusak baru dibawa ke tempat service AC mobil. Sebaiknya bawa ke tempat service secara berkala.

Service kompresor AC mobil disarankan ketika sudah mencapai 20.000 km atau setahun sekali. Service secara berkala akan memperpanjang umur kompresor AC mobil anda. Mulai sekarang tanamkan dalam benak anda bahwa service rutin akan memperpanjang usia kompresor dan komponen AC mobil lainnya.

7.Pilih Bengkel Berkualitas dan Terpercaya

Poin utama yang harus diperhatikan sebelum service kompresor AC mobil adalah saat anda memilih bengkel. Bengkel yang bagus untuk service kompresor adalah yang terpercaya. Artinya, bengkel sudah mendapat kepercayaan dari banyak konsumen dan direkomendasikan oleh banyak kalangan, terutama dari para pemilik mobil.

Supaya lebih jelas, perhatikan ciri-ciri bengkel yang berkualitas dan terpercaya di bawah ini:
a) Menyediakan spare part lengkap
b) Pelayanan memuaskan
c) Mekanik handal
d) Transaksi yang mudah
e) Direkomendasikan banyak komunitas mobil
f) Letak strategis dan fasilitas lengkap

Memang tidak semua bengkel mempunyai spesifikasi di atas. Namun jika anda penasaran apakah ada bengkel yang mempunyai spesifikasi-spesifikasi di atas, maka jawabannya adalah ada. Rotary Bintaro sebagai bengkel spesialis service AC mobil adalah bukti nyatanya.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Tinggalkan komentar