Berapa Lama Jarak yang Direkomendasikan Untuk Service AC Mobil?

Menjaga kebersihan kabin mobil saja dirasa kurang cukup untuk menjaga performa AC mobil.Salah satu hal wajib yang harus dilaksanakan adalah menservice AC mobil secara berkala. Umumnya service AC mobil dilakukan setiap jarak tempuh 10.000km – 16.000 km tergantung dari medan yang kita lewati.

Jika medan yang kita lewati seperti hal nya kota Jakarta yang banyak polusi,service lah AC mobil kita selama 6 bulan sekali. Selain menjaga kebersihan dan performa AC mobil,apa saja sih fungsi service AC mobil secara berkala?

Berikut ulasannya :

1.Menjaga Peforma Mesin AC Mobil

Mobil yang digunakan secara rutin akan menyebabkan komponen komponen mesin didalamnya menjadi aus. Salah satunya adalah komponen AC mobil,didalam mesin AC mobil terdapat banyak part,misalnya filter,oli AC,dll. Jika kita melakukan service AC mobil secara rutin part part tersebut akan di bersihkan atau di isi ulang oleh teknisi. Hal ini tentu saja bermanfaat bagi performa mesin AC mobil kita.

2.Mengetahui Kondisi Mesin AC Mobil

Service AC mobil secara rutin berfungsi untuk mengetahui kerusakan yang terjadi pada AC sejak dini. Dengan begitu kerusakan pada komponen yang bermasalah dapat dengan cepat diperbaiki sehingga tidak mengganggu kinerja komponen lainnya.

3.Menghindari Bau Pada AC Mobil

Bau pada AC mobil dapat disebabkan karena filter AC yang tidak pernah diganti. Dalam service AC mobil berkala penggantian filter sangt dianjurkan mengingat fungsi filter untuk menyaring bakteri dan debu yang masuk. Selain itu service AC mobil secara rutin sangat di rekomendasikan untuk membersihkan bagian kondensor,evaporator,dan blower karena bagian bagian tersebut apabila tersumbat akan mengakibatkan bau tak sedap pada saat AC dinyalakan.

4.Menghindari AC Mati Tiba-Tiba

Pernah mengalami AC mobil mati secara tiba tiba pada saat melaju di jalan tol? Coba kita ingat ingat kembali,kapan terakhir kita melakukan service AC berkala. Kegagalan system pada mesin AC mobil kita dapat diakibatkan karena kelalaian kita dalam service berkala. Apabila kendaraan dilakukan perawatan berkala, maka hal-hal tersebut diatas dapat terdeteksi lebih awal, sehingga resiko mobil mogok dapat dikurangi.

5.Memperpanjang Umur Kendaraan

Apabila kendaraan dirawat secara rutin, maka resiko adanya kerusakan yang lebih besar dapat dikurangi sekecil mungkin. Hal ini menjadikan umur kendaraan menjadi lebih lama karena komponen yang terawatt dengan baik.

6.Bagi Kendaraan Baru, Service Berkala Merupakan Syarat Mutlak Untuk Proses Claim Garansi

Umumnya apabila mobil kita masih berada pada masa garansi,kerusakan dan juga penggantian parts akan diberikan secara Cuma Cuma oleh dealer yang bersangkutan. Namun beberapa dealer memberikan syarat agar kendaraan kita di service secara berkala untuk memperoleh claim garansi tersebut. Tetapi syarat tersebut tidak semua dealer memberlakukannya. Untuk lebih jelas kita dapat menghubungi tempat kita membeli kendaraan.

7.Berkendara Lebih Aman dan Nyaman

Dengan dilakukannya perawatan berkala secara rutin, maka dapat diketahui kondisi kendaraan yang secara menyeluruh. Didalam suatu system kendaraan terdapat komponen yang saling terkait satu sama lain. Misalnya jika diketahui sistem kondensor bekerja dengan baik, maka Anda tidak was-was AC mati ditengah jalan. Dengan mengetahui kondisi kendaraan, tentunya akan membuat berkendara menjadi lebih nyaman dan aman sampai tempat tujuan.

8.Menghindari Korosi Pada Komponen

Komponen didalam mesin AC terdiri dari material yang rentan terkena korosi. Terlebih lagi jika kita tidak pernah melakukan sevice berkala. Komponen akan mudah korosi dan yang terparah anda harus mengganti komponen tersebut yang biaya service AC mobil tentunya tidak murah. Korosi pada AC mobil utamanya pada sektor kondensor disebabkan oleh kontaminasi udara di oli kompresor AC. Oli yang terkontaminasi ini akan menjadi bersifat asam dan menjadi sumber endapan pada komponen pada mesin AC.

9.Menghindari Dari Bahaya Bakteri Yang Masuk Dikabin Mobil

Filter pada mobil yang tidak pernah di ganti akan menyebabkan bakteri berbahaya masuk kedalam kabin mobil. Selalu cek kondisi filter kabin utamanya,anda dapat mengecek kondisi filter kabin tanpa membawa ke bengkel service AC mobil. Service AC mobil sendiri selain bisa menekan biaya service AC mobil,kita juga tidak akan kehilangan banyak waktu untuk mengantri di bengkel.

10.Menghindari Overheating Pada Sistem Mesin AC Mobil

Overheating pada system mesin AC mobil dapat disebabkan oleh kipas radiator atau kipas kondensor mati. Kerusakan pada kipas radiator ini dapat dideteksi apabila kita melakukan service berkala,dengan demikian resiko yang meluas dapat diminimalisir.

11.Menghindari Kerusakan Pada Komponen yang Lebih Fatal

Service AC mobil secara berkala dapat menghindari kerusakan komponen yang lebih fatal. Service AC mobil secara berkala akan memberikan peringatan dini mengenai komponen yang sudah saatnya harus di ganti atau harus di bersihkan.

Demikianlah alasan alasan penting dalam menservice AC mobil kita. Selalu jaga kebersihan interior mobil dan lakukan service berkala AC mobil anda di Rotary Bintaro,nikmati kemudahan dalam bertransaksi dan fasilitas service AC mobil panggilan untuk service berkala AC mobil kesayangan anda.

Segera ke Bengkel spesialis AC mobil Rotary Bintaro dan dapatkan promo menarik yang bisa anda dapatkan.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Previous Post Beli Spare Parts AC Mobil Perhatikan 7 Hal Ini Dulu
Next Post Daftar Harga Filter Kabin AC Mobil Untuk Pengguna Mobil

Tinggalkan Balasan