Service AC Mobil

Service AC Mobil – Mobil ber-AC saat ini bukan salah satu barang mewah, melainkan kebutuhan untuk mobil saat ini. AC Mobil dipasang pada mobil agar suhu mobil selalu nyaman dan tidak panas saat perjalanan jauh maupun untuk kebutuhan sehari – hari.

 

Photocredit : rotarybintaro.co.id

 

Apa Itu AC?

AC atau yang biasa disebut Air Conditioner merupakan alat yang digunakan untuk membuat suhu sekitar lebih dingin dengan menggunakan Freon.

 

Pada dasarnya AC merupakan mesin yang mengatur sirkulasi gas refrigerant. Zat refrigerant dipilih karena bentuknya mampu berubah-ubah secara cepat. Selain itu, zat refrigerant juga bisa mengalami perubahan suhu secara drastis.

 

AC pada mobil pada umumnya terbagi menjadi dua bagian, yaitu single blower dan double blower.  AC single blower hanya memiliki satu blower yang biasanya diletakkan di depan. Sedangkan AC double blower memiliki dua blower yang terletak di kabin bagian depan dan belakang.

 

Photocredit : rotarybintaro.co.id

 

AC single blower pada mobil berperan sebagai AC utama sehingga lebih dingin disbanding AC double blower yang merupakan tambahan.

 

Kerusakan pada AC Mobil

Sebelum melakukan service AC Mobil, paling tidak Anda harus mengetahui jenis kerusakan yang terjadi apabila AC mobil Anda rusak. Ini untuk menghindari praktik bengkel AC yang nakal dan Anda dapat mengkalkulasi biaya perbaikan service AC mobil kesayangan Anda.

 

 

Photocredit : rotarybintaro.co.id

 

Berikut kerusakan – kerusakan yang biasanya ada pada AC Mobil

1. AC Tidak Dingin

Apabila Ac Anda tidak dingin itu mungkin dapat disebabkan oleh habisnya Freon karena bocor atau pemakaian. Kegagalan fungsi AC mobil juga bisa diakibatkan oleh beberapa hal seperti :

  • Drive Belt / Fan belt putus

Drive belt merupakan semacam karet yang menghubungkan putaran mesin dengan kompresor, bila drive belt putus maka kompresor tidak akan berputar.

  • Rusaknya Thermostat

Kerusakan ini diakibatkan karena thermostat tidak dapat berfungsi semestinya, Anda dapat memeriksa thermostat dan bagian stelat.

  • Kondensor dan radiator kotor

Kerusakan ini dapat menghalangi proses kondensasi pada kondensator, hal ini diakibatkan karena gas tidak bisa didistribusikan dengan sempurna. Jika hal ini terjadi, maka segera bersihkan radiator anda agar tidak menghalangi proses kondensasi.

 

Photocredit : rotarybintaro.co.id

 

  • Spool magnet coil putus

Apabila spool magnet putus maka kompresor tidak dapat hidup, Anda dapat mengatasinya dengan menspool ulang magnet coilnya atau menggantinya dengan yang baru.

  • Masalah pada cooling fan

Jika cooling fan mati, maka suhu mobil Freon akan panas, hal ini karena Freon tidak bisa diubah menjadi gas secara maksimal.

 

Photocredit : rotarybintaro.co.id

 

  • Tekanan pada pressure switch berlebihan

Pressure switch bertugas mengatus arus pada komponen yang ada pada AC, jika tekanan rendah maka kompresor tidak akan berputar. Sebaliknya jika tekanan terlalu tinggi, maka pressure switch akan overheating.

 

Photocredit : rotarybintaro.co.id

 

  • Saluran pembuangan air kondensor tersumbat

Tersumbatnya saluran pembuangan air pada kondensor dapat mengakibatkan gagalnya fungsi dari kondensor. Ini dapat diatasi dengan melakukan pembersihan pada saluran pembuangan air kondensor apakah ada sumbatan benda pada atau hal lain.

  • Kompresor aus

Kompresor adalah komponen yang berfungsi memompa dan menyedot gas bertekanan (freon). Oleh karena itu, jika kompresor aus, maka gas bertekanan  yang keluar dari AC tidak akan dingin sempurna.

Kompresor yang aus dapat ditandai dengan bunyinya yang tidak semestinya bila AC dihidupkan. Ini dapat diatasi dengan service atau ganti dengan yang baru.

 

Photocredit : rotarybintaro.co.id

 

  • Evaporator kotor

Evaporator biasanya kotor karena debu atau kotoran lain yang terbawa oleh blower. Ketika evaporator kotor, maka gas bertekanan yang dialirkan blower tidak akan sekencang biasanya. Hal ini menyebabkan udara dalam cabin tidak segera dingin begitu AC mobil dinyalakan.

Penyebab AC mobil tidak bekerja sebagaimana mestinya di atas adalah perkiraan secara teknis. Pada dasarnya, udara yang tidak dingin juga bisa disebabkan oleh setting atau keadaan mobil sebelum dinyalakan.

2. Switch AC Dalam Keadaan ON, Tapi Blower Tidak Hidup

Apabila switch AC mobil Anda dalam keadaan hidup tapi blower tidak hidup maka bisa disebabkan karena komponen dari motor blower yang terdapat pada evaporator tidak berfungsi semestinya.

 

Photocredit : rotarybintaro.co.id

 

Bila AC mobil Anda mengalami kerusakan ini, Anda dapat memperbaiki atau mengganti bagian motor blower evaporator tersebut. Sebelum memeriksa bagian motor Anda dapat mengecek aliran listrik blower. Apabila terjadi switch blower rusak atau kabel putus maka harus segera Anda perbaiki.

3. Tidak berfungsinya kipas kondensor

Kasus tidak berfungsinya kipas kondensor biasanya diakibatkan oleh baling kipas tidak berputar, hal ini dapat diakibatkan rusaknya oleh sekring, kabel, konektor elektronik blower dan socket kabel.

Anda juga dapat memeriksa bagian relay pada motor kipas, jika relay motor mengalami kerusakan maka Anda harus menggantinya.

Photocredit : rotarybintaro.co.id

 

Harga Service AC mobil

Harga service AC mobil tidak ditentukan karena kerusakan yang dialami setiap mobil berbeda-beda. Tetapi setidaknya artikel ini akan membantu menjawab secara umum dan jelas tentang biaya yang setidaknya harus Anda persiapkan jika AC mobil Anda rusak :

Service AC mobil mobil dibagi menjadi beberapa jenis service diantaranya service kecil, service medium dan service besar.

Service kecil meliputi Service Blower, Service Condensor, Ganti Filter Kabin. Service medium meliputi Servis Blower, Servis Condensor, Ganti Dryer Filter, Ganti Filter Kabin, Vaccum+Oli kompresor, Freon. Service Besar meluputi Servis evaporator, Servis Blower, Servis Condensor, Ganti Dryer Filter, Ganti Filter Kabin, Vaccum+Oli kompresor, Freon R134@

 

Freon :

  • Menambal kebocoran, biaya sekitar Rp.100.000 – Rp.400.000
  • Mengisi freon, biaya sekitar Rp.150.000 – Rp.350.000

Bau AC tidak sedap :

  • Mengecheck penyebab kerusakan, berkisar Rp.0 – Rp.200.000
  • Melakukan pembersihan, berkisar Rp.100.00 – Rp.150.000

AC mati :

  • Mengecheck penyebab kerusakan, berkisar Rp.0 – Rp.200.000
  • Melakukan perbaikan spare part yang rusak, biaya tergantung harga spare part (sekitar Rp.300.000 – Rp.2.000.000).

Maintenance AC

  • Maintenance kondensor berkisar Rp.100.000 – Rp. 200.000
  • Ganti oli,flushing dan komponen piston, berkisar Rp.300.000 – Rp. 800.000
  • Ganti magneting clutch, untuk AC kadang panas kadang dingin berkisar Rp.350.000 – Rp. 550.000
  • Ganti sperpart kecil berkisar Rp.250.000 – Rp. 850.000
 

Photocredit : rotarybintaro.co.id

 

Tips Untuk Anda :
  • Rawat dengan mengganti oli compressor AC mobil Anda tiap 20,000 Km, hindari ganti compressor AC berharga jutaan.
  • Rawat dengan membersihkan evaporator AC mobil anda tiap 10,000 Km, hindari debu, jamur, bakteri, kotoran, lumut, kuman sumber penyakit bersarang di evaporator AC Mobil.
  • Lakukan sanitasi evaporator dan pembersihkan filter kabin AC mobil anda tiap 3 bulan, hindari udara kotor, bau, kuman dan bakteri berhembus di kabin mobil.

 

Kesimpulan :

Pahami betul kerusakan pada AC mobil Anda, agar bisa menghindari kecurangan pada saat di bengkel AC mobil.

Jika kerusakan pada AC mobil Anda sudah parah dan biaya perbaikan sudah 80% dari harga AC mobil baru maka belilah yang baru, karena baru lebih terjamin.

 

Tinggalkan komentar