Sukses Usaha Ayam Potong dengan Extra Fan - Rotary Bintaro - Bengkel AC Mobil & Supplier Spare Part AC Mobil

Bagaimana Cara Sukses Usaha Ayam Potong dengan Extra Fan
Pembuatan atau Pemasangan Extra Fan Ayam Potong?
Fungsi dan Proses Kerja Extra Fan Ayam Potong?

Ayam potong atau ayam broiler merupakan ayam hasil persilangan antara ayam jantan kampung dengan ayam petelur betina. Hasilnya yaitu ayam potong yang sering kita makan sehari-hari. Konsumsi ayam potong setiap tahun mengalami peningkatan. Bahkan peningkatannya yang terjadi sangat signifikan, terutama menjelang hari-hari besar.

Meningkatnya permintaan ayam broiler membuatnya layak dijadikan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Walaupun harga ayam potong sering melambung tinggi di pasaran, tetap menjadikan ayam potong sebagai lauk yang lezat untuk disantap.

Harga ayam potong sendiri sangatlah bervariasi. Satu daerah dengan daerah lain memiliki range harga yang berbeda. Namun, harga pada umumnya dipatok dengan Rp 30.000 / kg. Harga ini dapat naik satu setengah kali lipat menjelang hari besar keagamaan, seperti Idul Fitri dan Hari Natal.

Meskipun harga yang ditetapkan hanya Rp 30.000 / kilo, tetap saja keuntungannya dua kali lipat. Pasalnya biaya produksi yang dihabiskan hanya berkisar Rp 10.000 – Rp 15.000 per ekor.

Pada saat panen (ayam siap dijual), tentu dibutuhkan beberapa proses pengepakan ayam-ayam untuk dibawa di pasar. Ayam tersebut nantinya dimasukkan ke dalam mobil pengangkutan yang biasanya berupa truk kecil dan truk besar.

Bagaimana Cara Pembuatan atau Pemasangan Extra Fan Ayam Potong?

Proses pemeliharaan ayam potong tidak semudah kelihatannya. Para peternak ayam broiler kerap kali mengalami kesulitan, terutama yang berkaitan dengan pendinginan dan pemanasan suhu di dalam mobil angkut itu sendiri.

Pemasangan extra fan ini seringkali membuat orang terkecoh. Bagaimana tidak, mereka hampir menyamakan pemasangannya dengan extra fan di rumah. Padahal sebenarnya posisi extra fan harus ditempatkan di dekat kondensor.

Penempatan extra fan ayam potong, antara lain:

  • Extra fan dipasangkan tepat di depan kondensor sehingga dapat meniupkan angin dari arah depan kondensor
  • Posisi extra fan tepat berada di belakang kondensor dan radiator mobil secara berimpitan. Artinya jarak antara extra fan, kondensor, dan radiator tidak terlalu jauh
  • Pemasangan extra fan pada mobil yang memiliki lebih dari satu kondensor sebaiknya di pasang di masing-masing kondensor

Pemasangan extra fan sebaiknya menyesuaikan dengan tipe dari mobil angkutan itu sendiri. karena semakin besar muatannya, semakin besar pula voltage dari extra fan yang dibutuhkan.

Ada dua jenis mobil pengangkutan ayam potong, yaitu:

1. Mobil  / Truk Kecil engkel

Untuk hasil panen dalam jumlah kecil, mobil kecil seperti pick up paling banyak digunakan. Mobil ini biasanya digunakan untuk penjualan ayam potong ke pasar-pasar tradisional.

Walaupun muatannya sedikit, namun ayam potong yang masih hidup juga perlu mendapat suhu udara yang pas. Tujuannya agar semua ayam itu sehat dan berat badannya tidak turun sewaktu dalam perjalanan.

Nah, pemilihan extra fan untuk mobil pick up kecil yaitu memiliki voltage 12 Volt. Kipas dengan arus listrik seperti ini sudah cukup untuk mempertahankan suhu di dalam fan box kandang ayam. Namun, pemasangan fan atau kipas tidak hanya satu saja. Tetapi, jumlahnya menyesuaikan dengan suhu yang dibutuhkan ayam agar tetap terjaga.

Untuk harganya sendiri sangatlah bervariasi. Tergantung dari merk extra fan itu sendiri. Namun, extra fan yang kami anjurkan yaitu extra fan mere Tokuden dan Spal. Mengapa? Karena fan jenis ini sudah terbukti menjadi yang terbaik, juga banyak digunakan oleh peternak ayam potong yang lainnya.

Contoh mobil: Suzuki Carry, Daihatsu Grandmax, dan Mitsubishi Pick Up L300 Bak

Harga Extra Fan Mobil box ayam 12 volt
– Extra Fan tokuden Thailand 10″ 12v : Rp. 1.175.000
– Extra Fan tokuden Thailand 12″ 12v : Rp. 1.375.000
– Extra Fan tokuden Japan 10″ 12v : Rp. 1.750.000
– Extra Fan tokuden Japan 12″ 12v : Rp. 1.850.000
– Extra Fan merk Spall 10” 12v : Rp. 900.000
– Extra Fan merk Spall 12” 12v : Rp. 1.000.000

2. Mobil Truk Besar Atau mobil box

Truk besar atau bus biasanya digunakan untuk pengangkutan ayam potong yang lebih banyak. Proses distribusinya juga tidak di pasar tradisional lagi. Namun, lebih ke perusahaan atau industri yang khusus memproduksi ayam untuk dijual kembali dalam kepakan yang berbeda. Misalnya: KFC atau supermarket.

Truk besar membutuhkan voltage extra fan yang lebih besar ketimbang bus kecil. Voltage nya dua kali lipat lebih besar, yaitu 24 volt. Mengapa? Sudah pasti karena muatannya jauh lebih besar.

Banyaknya extra fan yang dipasang pada truk besar atau bus juga jauh lebih banyak. Jumlah ini juga menyesuaikan kembali dengan kondisi cuaca atau suhu udara pada saat itu. Jika cuacanya sangat panas, maka dibutuhkan jumlah extra fan lebih. Sebaliknya, jika suhu udara mendung atau hujan, jumlah yang dibutuhkan semakin sedikit.

Contoh mobil: Mitsubishi Colt Diesel Bak, dan Mobil Colt Diesel Engkel (CDE) Wingbox

Harga Extra Fan Mobil box ayam 24 volt
– Extra Fan tokuden Thailand 10″ 24v : Rp. 1.175.000
– Extra Fan tokuden Thailand 12″ 24v : Rp. 1.375.000
– Extra Fan tokuden Jepang 10″ 24v : Rp. 1.750.000
– Extra Fan tokuden Jepang 12″ 24v : Rp. 1.850.000
– Extra Fan merk Spall 10” 24v : Rp. 1.200.000
– Extra Fan merk Spall 12” 24v : Rp. 1.350.000

 

Apa Fungsi Extra Fan Ayam Potong Tersebut?

Mengapa extra fan itu sangat penting? Seberapa pentingkah extra fan itu pada proses pemeliharaan ayam broiler? Para peternak ayam potong tentu sudah mengetahui kegunaan dari extra fan ini. Namun, bagi Anda yang tergolong masyarakat awam (di luar peternak), ini dia 5 fungsi dari pemasangan extra fan tersebut:

1. Menghindarkan Kabin Mobil dari Panas yang Berlebihan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, extra fan berfungsi untuk mendinginkan hawa di sekitar box kandang ayam. Extra fan ini sangat berguna terutama pada saat musim kering atau panas. Udara yang terlalu panas dapat menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan ayam broiler tidak sempurna. Sehingga dapat mempengaruhi berat dari ayam broiler itu sendiri.

Selama masa pertumbuhan, ayam potong juga mendapatkan panas dari dalam tubuhnya sendiri. Artinya suhu panas dalam tubuh akan meningkat dua kali lipat jika panas udara di luar tidak diatasi dengan fan atau blower pendingin. Suhu tubuh yang terlalu panas dalam tubuh ayam potong dapat berakibat pada kematian. Itulah sebabnya mengapa extra fan dibutuhkan.

2. Menghilangkan Bau Tak Sedap

Bau tak sedap tentu datang dari fan box ayam yang ada di dalam truk. Semakin banyak jumlah ayam dalam truk, semakin banyak kotoran yang dikeluarkan. Sehingga aroma di sekitar kabin mobil dan di lingkungan luar akan terganggu.

Untuk menghilangkan bau, dibutuhkan extra fan. Ukuran ekstra fan yang dianjurkan harus disesuaikan dengan ukuran dari mobil, seperti yang telah dijelaskan di atas. Hidupkan fan pada saat dalam perjalanan membawa fan box ayam ke konsumen.

Semakin sering extra fan dihidupkan, bau pun akan semakin cepat hilang. Sehingga bau kotoran tersebut tidak mengganggu pernapasan dan mengganggu masyarakat di sekitar.

3. Membuang Uap Air yang Berlebih

Awan mengandung banyak uap air yang kurang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan ayam potong. Uap air menyebabkan suhu atau hawa di sekitar fan box menjadi dingin dan lembab. Padahal ayam membutuhkan panas yang cukup selama proses pengangkutan.

Pembelian extra fan akan membantu proses pembuangan uap air. Ketika uap air mulai menempel di fan box ayam, pemutaran extra fan dapat langsung menyedot semua uap tersebut. Sehingga suhu di sekitar box ayam kembali normal, sesuai dengan panas yang dibutuhkan.

4. Mencegah Pembentukan Gas Berbahaya

Udara yang berhembus menghasilkan gas yang berbahaya. Gas ini tentu apat berakibat fatal bagi hidup ayam potong. Apabila gas ini terhirup, maka dapat menyebabkan kematian.

Ada dua jenis gas yang akan disingkirkan oleh extra fan, yaitu gas amonia dan gas hidrogen. Gas ini sendiri muncul dari limbah ayam potong yang tersebar di udara. Agar pembuangan gas limbah ini maksimal, maka dibutuhkan extra fan.

5. Mencegah Masuknya Nyamuk Dalam Kabin dan Fan Box Ayam

Siklus hidup nyamuk meningkat dua kali lipat pada saat musim penghujan. Hal ini tentu berbahaya bagi hidup ayam potong, terutama pada saat berada di dalam fan box kandang ayam. Pasalnya nyamuk-nyamuk tersebut nantinya bisa masuk ke fan box, dan menyebabkan ayam potong mati di tengah jalan.

Untuk mengatasi situasi ini, pemasangan extra fan sangat dibutuhkan agar nyamuk tersebut tidak masuk ke dalam truk. Namun, fan yang dipasang tidak perlu banyak. Cukup 1 – 2 buah saja, mengingat kondisi cuaca yang dingin.

Bagaimana Proses Kerja Extra Fan?

Extra fan otomatis akan menyala pada saat mesin mobil dihidupkan. Ketika AC mobil ON, maka kipas extra fan juga akan ON. Dalam beberapa menit, kabin mobil juga akan terasa dingin. Begitu juga bagian belakang mobil yang diisi oleh ayam potong.

Extra fan cenderung bekerja, saat mobil berjalan maupun berhenti. Air radiator akan membantu proses perputaran extra fan pada saat rpm rendah. Namun, situasi ini hanya akan terjadi pada saat mesin mobil hidup, tidak dimatikan.

Posisi extra fan sendiri biasanya ditempatkan di dekat kondensor, tergantung dari tipe mobil apa yang digunakan. Biasanya terdapat perbedaan extra fan pada truk besar dan kecil. Begitu juga dengan perbedaan arus listik yang dibutuhkannya.

Extra fan boleh ditambahkan pada mobil apabila memiliki slot atau ruang tambahannya. Artinya jika mobil hanya dilengkapi satu kipas atau satu fan saja, berarti mobil tersebut tidak memungkinkan untuk penambahan extra fan.

Namun, untuk jenis mobil yang telah disebutkan di atas, semuanya mendukung tambahan extra fan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi akan nasib dari ayam-ayam potong.

Sukses Usaha Ayam Potong

Selaku peternak ayam potong, Anda pasti ingin kalau usaha Anda berhasil, kan? Nah, untuk mencapai keberhasilan tersebut, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, antara lain:

1. Memperhatikan Lokasi Kandang

Faktor lokasi sebenarnya sangat krusial saat menjalankan bisnis ayam broiler. Lokasi yang pas untuk ternak ini adalah lokasi yang bebas dari asap kendaraan bermotor dan asap bakaran sampah. Artinya peternakan ayam potong harus benar-benar dilakukan di wilayah atau area pedalaman agar terhindari dari banyaknya aktivitas manusia

Selain itu, ayam broiler juga tidak boleh dibesarkan pada lingkungan yang lembab. Hal ini akan menyebabkan ayam broiler membutuhkan tambahan cahaya dan extra fan yang cukup. Penambahan fasilitas yang terlalu banyak dapat menambah pengeluaran si peternak.

2. Memperhatikan Proses Pemeliharaan

Kondisi ayam broiler atau ayam potong sangat sensitif. Maka dari itu dibutuhkan perawatan yang cukup ekstra. Mulai dari saat ayam sampai di kandang, pemberian makan, vaksin, dan suhu yang cukup. Setiap detail benar-benar harus diperhatikan agar pertumbuhan dan perkembangan ayam bagus.

Pemeliharaan ayam broiler dalam jumlah yang banyak juga membutuhkan tenaga ekstra. Artinya tidak cukup dikerjakan oleh 2 – 3 orang saja. Jumlah orang yang terlalu sedikit akan membuat pekerja kelabakan. Sehingga hasil kerjanya tidak maksimal.

Selain itu, si penjaga ternak juga harus menjaga kesehatan dirinya. Dilarang keras untuk menjaga ayam saat kondisi tubuh tidak fit, terutama saat flu, batuk, dan bersin-bersin. Penyakit ini mengasilkan mikroorganisme yang mudah menyebar ke seluruh kandang ayam.

3. Konstruksi Kandang

Sehabis masa panen, kandang harus kembali dibersihkan, layaknya ditata seperti sedia kala. Proses pembersihannya jugaharus 100% bersih. Usahakan agar mikroorganisme tidak melekat di kandang ayam.

Adapun proses pembersihan kandang sebagai berikut:

  • Membersihkan semua kotoran ayam, baik pada sisi yang terlihat maupun tidak terlihat. Proses pembersihan dilakukan setiap kali ayam dipanen
  • Pasang tirai kandang yang baru agar menutupi semua bagian dinding kandang ayam. Tujuannya agar bagian dinding tidak terkena air saat kandang mulai dibersihkan. Kandang yang lembab akan mengganggu pertumbuhan ayam
  • Cucilah kandang ayam dengan bersih. Semprotkan air pada seluruh bagian kandang, lalu gosok agar semua kotoran yang menempel hilang
  • Ambil deterjen untuk pembersihan level lanjut. Penggunaan deterjen diperlukan untuk membersihkan mikroorganisme yang menempel di dinding dan besi kandang. Mikroorganisme ini biasanya muncul dari kotoran ayam. Apabila kotoran dibiarkan mengendap di kandang, maka perkembangan mikroorganisme semakin banyak dan otomatis mengganggu perkembangan ayam potong di bulan berikutnya
  • Jangan lupakan penggunaan desinfektan. Penggunaan desinfektan ini sendiri untuk membunuh semua mikroorganisme yang masih tertinggal
  • Mengapur kandang. Maksudnya proses pemolesan kembali agar kandang kembali bagus seperti sedia kala. Caranya dengan mengambil kapur, lalu dicairkan. Setelah itu, cairan kapur diolesi ke bagian dinding kandang, langit kandang, dan tirai-tirai kandang ayam
  • Penaburan sekam. Sebelum sekam dipasang, pastikan sekam sudah disemprotkan dengan NaOH lebih dulu. Gunanya agar terhindar dari mikroorganisme

4. Penggunaan Extra Fan

Fungsi extra fan ini sendiri sangat dibutuhkan pada saat proses distribusi ayam potong. Mobil yang tidak dilengkapi dengan extra fan biasanya memiliki suhu yang jauh lebih panas. Baik di dalam kabin, maupun di dalam fan box kandang ayam.

Extra fan disini berguna sebagai tambahan udara. Ketika cuaca sangat panas, extra fan sangat dibutuhkan untuk menetralisir panas. Sehingga suhu dari kabin tetap dingin, supir pengangkut nyaman, ayam potong juga aman tanpa perlu takut ada ayam potong yang mati di tengah jalan.

Jika Anda termasuk salah seorang yang ingin beternak ayam potong, jangan lupa tips-tips yang telah disebutkan di atas. Terutama untuk penggunaan extra fan karena alat ini termasuk yang sangat krusial juga selama pertumbuhan dan perkembangan ayam potong.

Semoga bermanfaat.

Senang bisa berbagi.

Previous Post Cek AC Mobil Secara Berkala
Next Post Kerugian Pemasangan Blower Double Pada AC Mobil

Tinggalkan Balasan