Penyebab Pipa AC Membeku

Pengaruh Thermostat Pada Pembekuan Pipa AC Mobil

Salju berhubungan erat dengan kondisi iklim atau cuaca di suatu negara. Tapi, salju kali ini bisa Anda temukan pada ac mobil. Kok bisa? Salju yang terdapat pada ac mobil biasanya disebabkan karena kotoran yang menumpuk pada bagian pipa ac. Akibatnya kinerja dari pipa yang terhubung langsung ke bagian evaporatornya akan mengalami kendala, seperti tertahannya sirkulasi udara di bagian evaporator.

Udara yang tertahan di dalam evaporator lama-kelamaan akan berubah menjadi butir-butir es. Apa hubungannya? Jelas berhubungan dong karena ac itu sendiri berfungsi sebagai pendingin kabin. Udara yang masuk ke dalam ac akan diubah menjadi udara dingin. Selama proses perubahan tersebut, udara lepas tadi akan berubah menjadi tetesan-tetesan air yang akan dihembuskan kembali ke seluruh kabin. Hanya saja, yang dihembuskan tidak lagi berbentuk air, namun berbentuk udara akibat kesatuan proses kerja pada ac mobil.

Penyebab Pipa AC Membeku

Banyak pengguna mobil yang mungkin mengalami hal yang serupa. Selain karena debu dan kotoran yang menumpuk, penyebab lain pipa ac membeku yaitu karena cairan pada freon yang mulai habis. Lah, apa hubungannya ya?  Untuk menjawab kebingungan ini, ini dia penyebab pipa ac membeku dan cara mengatasi pipa ac yang sudah membeku.

1. Kondisi Freon yang Terlalu Kotor

Walaupun partikel debu dan kotoran sangatlah kecil, namun efeknya sangat besar pada sistem kerja ac mobil. Contohnya pada bagian freon. Munculnya es atau salju pada pipa ac biasanya disebabkan karena freonnya terlalu kotor. Sehingga aliran udara masuk dan keluar akan terhambat.

Oleh karena itu, bersihkanlah freon ac secara rutin. Walaupun freon ac mobilmu sama sekali tidak kotor, Anda tetap harus membersihkannya karena ada saja debu yang menempel di ujung-ujung freon ac. Agar proses membersihkan freon lebih mudah, Anda bisa membawa mobil ke bengkel ac mobil. Hasilnya juga jauh lebih maksimal dibandingkan harus membersihkannya sendiri.

2. Kebocoran pada Freon

Freon yang sudah terlalu kotor akan menyebabkan freon bocor. Selain karena kotor, kebocoran freon juga bisa disebabkan karena kesalahan dalam instalasi pemipaan dan usia pipa ac yang sudah terlalu tua, sehingga dinding-dinding pipa ac mulai terkikis dan retak secara perlahan.

Pada umumnya, tekanan normal pada ac mobil yaitu 65 – 80 psi. Kebocoran akan terjadi pada saat psi-nya kurang dari 70. Sedangkan munculnya bunga es pada pipa ac mobil terjadi saat tekanan ac berkisar 20 – 45 psi.

3. Kotoran pada Indoor dan Outdoor

Ac yang sudah dirawat dengan baik saja masih bisa kotor, bagaimana dengan ac yang tidak dirawat sama sekali ya? Tentu saja jumlah kotorannya dua bahkan tiga kali lipat. Kotoran ini dapat terlihat pada bagian indoor ataupun outdoor pipa ac mobil yang berukuran besar.

Selain karena kotoran, pipa ac membuka juga bisa disebabkan karena instalasi yang tidak benar. Dimana teknisi kurang memperhatikan kerapian flaring pipa, pemutaran baut dan pentil yang kurang kencang, dan pipa yang sudah mengalami korosi.

4. Blower Tidak Berfungsi alias Mati

Freon akan berfungsi dengan baik apabila blower nya juga berfungsi dengan baik. Ketika blower tidak berfungsi alias mati, pipa-pipa ac akan mulai membeku. Kenapa? Karena freon yang sudah terkompresi dan berubah menjadi cairan (liquid) tidak sanggup menyerap panas dari mesin mobil itu sendiri. Akibatnya mesin mobil menjadi overheat, pipa ac juga akan mengalami kebocoran.

5. AC Kekurangan Freon

Berapa isi dari freon yang dibutuhkan oleh mobil milikmu? Jawabannya ada pada stiker pada plat outdoor dari ac mobil. Pengisian freon standar berkisar 65 – 75 psi. Apabila isi freon ac mobil milikmu kurang dari 65 psi, itu artinya Anda perlu mengisi freon agar pipa ac tidak membeku.

Pengaruh Thermostat Pada Pembekuan Pipa AC Mobil

Ac tidak dingin merupakan gejala utama rusaknya komponen pada ac mobil. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan apakah semua komponen ac bekerja dengan baik atau tidak. Caranya mengeceknya sangatlah mudah, yaitu dengan menghidupkan ac pada suhu maksimal. Apabila Anda menemukan bunyi aneh dari dalam dashboard, itu tandanya ac Anda mengalami kerusakan pada salah satu komponennya.

Pertanyaannya, apakah penyebab pipa ac membeku hanya karena kondisi freon yang tidak sehat? Tentu tidak! Posisi thermostat pada pemasangan ac mobil juga dapat menyebabkan pipa ac membeku. Kenapa? Karena thermostat yang tidak tertanam pada evaporator akan menyebabkan proses cut off pada kompresor ac mobil menjadi lambat. Akibatnya tekanan uap hasil kerja kompresor akan tertahan di dalamnya dan terjadilah pembekuan pada pipa ac mobil. Kondisi ini tentu akan berbeda dengan posisi thermostat yang tertanam langsung pada evaporator. Dimana proses cut off nya jauh lebih cepat, evaporatornya juga lebih cepat dingin sehingga tidak ada tekanan uap yang tertanam di dalamnya.

Thermostat yang tertanam di dalam evaporator dapat Anda temukan pada mobil Toyota Kijang Innova. Sedangkan thermostat yang tidak tertanam terdapat pada mobil Toyota Limo.

Mau pipa ac membeku? Kalau tidak, Anda perlu merawat ac mobil lebih intens lagi. Usahakan ac mobimu terbebas dari debu dan kotoran. Bersihkan mobilmu secara rutin dan bawalah mobilmu untuk “didandani” ke “salon” setiap bulan. Dengan membawa mobil ke salon, Anda juga dapat mengetahui kerusakan apa saja yang telah terjadi pada mobil. Kalau ternyata tanda-tanda pipa ac membeku terjadi, Anda dapat meminta bantuan teknisi untuk menanganinya.

Semoga bermanfaat.

Senang bisa berbagi.

Tinggalkan Balasan