Tips Mengatasi AC Mobil Yang Bau Gosong

Mobil yang tiba-tiba mengeluarkan bau gosong itu sudah biasa. Bau gosong biasanya berasal dari bagian mesin mobil overheating. Namun, apa jadinya jika yang ac mobil bau gosong? Apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasinya?

Rasa panik pun seketika muncul. Wajar saja ya, selaku pengemudi, Anda perlu was-was jika hal-hal buruk terjadi pada mobil apalagi kalau sampai ac mobil bau gosong dan berasap. Dengan mengetahui masalah yang terjadi pada mobil, Anda bisa melakukan penanganan yang tepat yaitu dengan membawa mobil ke bengkel khusus AC mobil untuk segera diperbaiki.

Tips Mengatasi Bau Gosong Pada AC Mobil

1. Mengganti Oli Kompresor AC Mobil

Oli kompresor dan kompresor merupakan dua komponen yang sangat berbeda. Bau gosong yang tercium di bagian kabin memang berasal dari bagian kompresor, tapi bukan berarti kompresornya yang mengalami kerusakan melainkan oli kompresornya. Ini berarti oli kompresor harus segera diganti agar bau gosong pada ac mobil perlahan-lahan akan hilang.

Mengganti oli kompresor tidak boleh asal-asalan, melainkan harus sesuai dengan tipe dan standar oli kompresor yang Anda gunakan sebelumnya. Jangan pernah tergiur dengan harga oli kompresor yang murah. Karena kebanyakan “barang murah” memiliki kualitas yang “buruk”. Lebih baik memilih oli kompresor yang “agak” mahal, namun berkualitas demi kesehatan dan keterawatan ac mobil Anda.

2. Membersihkan Evaporator

Evaporator merupakan komponen ac mobil yang sudah tidak asing lagi di telinga. Evaporator ini sendiri berfungsi untuk menyalurkan “udara dingin” dari freon ke bagian kabin mobil. Bisa dibayangkan jika evaporator kotor, proses penyaluran udara ke kabin mobil pun akan terhambat sehingga suasana kabin pun berubah menjadi panas. Parahnya lagi, evaporator bisa saja dihinggapi oleh jamur dan lumut. Sehingga udara yang dihembuskan ac mobil bukan lagi udara segar melainkan udara berbau busuk.

Untuk itulah mengapa membersihkan evaporator secara berkala itu penting. Langkah-langkah membersihkan evaporator yang umumnya dilakukan di bengkel mobil, antara lain:

  • Melepaskan evaporator dari dashboard secara perlahan agar tidak merusak komponen lainnya
  • Mencuci evaporator dengan menyikat seluruh bagian yang dihinggapi debu, kotoran, jamur, dan lumut
  • Diamkan evaporator yang sudah bersih selama beberapa menit. Kemudian angkat dan pasang kembali ke tempatnya semula

3. Mengganti Freon yang Berkualitas

Freon yang paling banyak digunakan di ac mobil adalah freon berbentuk kaleng. Karena lebih simple dan praktis saat digunakan. Tapi, tidak semua bengkel ac mobil menjual freon dengan kualitas yang bagus. Sebagian bengkel ac malah menjual freon abal-abal karena harganya jauh lebih murah. Padahal freon abal-abal sangat berdampak buruk. Tidak hanya bagi kelangsungan hidup ac mobil, tapi juga bagi kelangsungan hidup Anda karena freon abal-abal dapat menyebabkan kematian.

Booking ServiceItulah sebabnya kenapa kualitas selalu menjadi nomor satu. Freon berkualitas bekerja dua kali lipat lebih bagus dan memberikan fungsi optimal. Hanya saja, freon berkualitas memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan freon abal-abal. Tapi demi ac mobil yang awet, tahan lama, dan tidak berbau gosong, freon berkualitas mungkin jadi pilihan terbaik untuk ac mobil Anda.

AC mobil yang bermasalah harus segera diperbaiki. Apabila alat-alat yang diperlukan memadai, Anda bisa memperbaiki ac mobil sendiri di rumah. Tapi jika kerusakan pada ac mobil parah, lebih baik dibawa ke bengkel khusus ac mobil saja agar hasilnya lebih efektif dan efisien.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Tinggalkan komentar