Tips Mengatasi Kebocoran Pada Kondensor AC Mobil - Rotary Bintaro - Bengkel AC Mobil & Supplier Spare Part AC Mobil

Mengatasi Kebocoran Pada Kondensor AC Mobil. Yang namanya kendaraan pasti membutuhkan pendingin atau ac. Tidak hanya pendingin mesin, tapi juga pendingin ruangan yang sangat dibutuhkan terutama di iklim tropis seperti di Indonesia. Ac yang tidak dapat beroperasi dengan baik sangat disayangkan, apalagi di terik matahari karena dapat membuat suhu udara di dalam kabin terasa panas. Penumpang dan pengemudi di dalam pun merasa tidak nyaman saat bepergian.

Di dalam ac mobil terdapat beberapa komponen yang secara langsung mendukung kinerja ac mobil itu sendiri. Salah satunya adalah kondensor. Bagian ini berfungsi untuk menurunkan suhu yang ada di refrigerant pada saat terjadinya proses kondensasi. Saat suhu panas berhasil diturunkan, terbentuklah cairan dingin yang nantinya akan dikeluarkan melalui lubang ac mobil. Beginilah sistem kerja komponen di dalam ac mobil hingga menghasilkan udara dingin ke bagian kabin.

Apabila bagian kondensor tersebut mengalami kebocoran, maka tidak ada lagi komponen yang nantinya bertugas untuk menurunkan suhu panas yang ada di refrigerant. Akibatnya suasana kabin pun terasa panas. Mengetahui penyebab kerusakan kondensor agar kondensor dapat berfungsi kembali, lakukan tips mengatasi kebocoran pada kondensor ac mobil di bawah ini.

1. Memeriksa Kondensor

Cara sederhana untuk mengetahui kerusakan yang terjadi adalah dengan memeriksa bagian kondensor ac mobil terlebih dahulu. Apabila Anda mahir dalam hal bongkar pasang komponen ac mobil, silahkan periksa kerusakannya sendiri. Tapi, lakukan dengan pelan ya agar tidak mengganggu ataupun merusak komponen lainnya.

Apabila Anda tidak bisa memeriksa kondensor sendiri, mintalah bantuan jasa teknisi spesialis ac mobil yang ada di bengkel resmi ataupun bengkel ac yang sering Anda kunjungi. Pemeriksaan di bengkel sebenarnya lebih akurat dibandingkan memeriksa sendiri karena teknisi sudah lebih tahu bagaimana ciri-ciri kondensor yang rusak.

2. Mengukur Tingkat Kerusakan

Mengetahui tingkat kerusakan kondensor tidaklah sulit. Cukup dengan menggunakan sebatang pipa, Anda dapat mengetahui apakah kerusakan kondensor ringan atau parah. Ambil pipa tersebut, lalu tiupkan ke bagian kondensor. Apabila tiupan pipa terasa ringan, maka kerusakan pada kondensor ac mobil masih ringan. Sebaliknya, jika tiupan pipa terasa berat, berarti kerusakannya parah sehingga Anda perlu mengganti bagian kondensor ac agar kerusakannya tidak bertambah parah.

3. Mengganti Kondensor

Jika tingkat kerusakan kondensor sudah parah, Anda perlu mengganti kondensor tersebut dengan kondensor yang baru. Penggantian ini bertujuan agar kerusakan kondensor tidak meluas ke komponen-komponen lainnya pada ac mobil. Sehingga komponen yang perlu diganti hanya bagian kondensor saja, tidak bagian lainnya. Dengan demikian, Anda pun dapat menghemat jumlah uang yang akan dikeluarkan.

Pilihlah kondensor yang bagus yang sesuai dengan tipe dan merk mobil. Perhatikan kualitas kondensor tersebut. Untuk mengetahui kualitas atau bertanya-tanya tentang kondensor, silahkan langsung mengunjungi bengkel ac mobil di kotamu.

Booking ServiceSerahkan Kepada Teknisi Berpengalaman

Kerusakan pada bagian ac mobil tidak boleh dipandang sebelah mata. Ibaratkan “penyakit mata” yang dapat menular, begitu juga kerusakan kondensor juga dapat menular ke komponen-komponen ac mobil lainnya. Maka dari itu, segera tangani kerusakan kondensor dengan cara mengganti kondensor ke kondensor baru.

Serahkan proses penggantian ini kepada teknisi yang sudah berpengalaman. Teknisi berpengalaman bisa Anda temukan di bengkel khusus ac mobil yang sudah lama berdiri dan sudah memiliki nama di kalangan pecinta dan pengguna mobil. Sehingga bentuk penanganannya pun lebih cepat, intens, dan bagus. Kasus penipuan pun tidak akan terjadi disini karena pada dasarnya semua teknisi bekerja dengan baik dan sepenuh hati.

Bengkel AC Mobil Rotay Bintaro

Alamat:

  • Jl. Kedoya Raya No. 20 RT.2/RW.2, Kedoya Selatan, Kb. Jeruk, Jakarta Barat
  • Jl. Ciledug Raya No. 7a – 7b, Petukangan Utara, Keb.Lama, Jakarta Selatan
  • Jl. RC Veteran No. 1A, Bintaro Raya, Tanah Kusir, Jakarta Selatan

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Previous Post Mau Mobil Avanza Awet? Lakukan Tips Ini!
Next Post Orang Indonesia Sering Ngelakuin Hal Aneh Ini Pada AC Mobil

Tinggalkan Balasan