Sebagai pengendara, kenyamanan di dalam mobil adalah hal yang penting. Tidak hanya dari segi keamanan saja tetapi jika pengendara sudah merasa nyaman maka perjalanan juga tidak akan terganggu. Dua hal ini memang saling berkaitan. Ada banyak faktor juga yang bisa mempengaruhi. Misalnya saja kondisi AC mobil yang normal akan membuat suasana dalam mobil menjadi sejuk. Pun juga sebaliknya, AC mobil yang tidak dingin tentu dirasa membuat hawa dalam mobil terasa panas. Penyebabnya bisa karena berbagai hal. Untuk tahu apa dan bagaimana mengatasinya kita perlu mengetahui bagaimana kondisi atau ciri dari masalah AC mobil tersebut.

Seperti yang anda tahu bahwa AC mobil terdiri dari banyak komponen. Mulai dari filter, evaporator dan lain sebagainya. Jika salah satu komponen tidak bisa berfungsi dengan maksimal maka bisa jadi AC mobil juga tidak berfungsi dengan baik. Setiap kendala yang muncul akan menunjukkan ciri atau tanda kerusakan. Dari sinilah kita bisa mengetahui dengan pasti apa yang menjadi penyebab untuk kita atasi dengan cara yang tepat.

12 Masalah AC Mobil dan Solusinya yang Tepat

1. Freon Kurang atau Habis

Salah satu masalah AC yang seringkali terjadi adalah kondisi AC yang tidak terasa dingin. Penyebab dari kondisi ini bisa jadi karena freon yang kurang atau justru habis. Yang perlu Anda ketahui adalah freon tidak akan habis jika saja tidak ada kebocoran yang terjadi pada sistemnya. Penyebab dari bocor juga beragam. Bisa jadi karena beberapa komponen karet yang sudah getas dan sudah lama. Bisa juga dikarenakan ada yang tidak beres pada komponen valve kompresornya. Pada poin ini yang dirasa seringkali terjadi. Freon fungsinya sama seperti darah manusia yang akan membuat kita hidup.

2. Filter AC yang Tersumbat

Masalah AC berikutnya adalah karena filter ac yang tersumbat. Saringan dari Ac mobil ini memang memiliki fungsi yaitu untuk menyaring segala macam debu dan kotoran kita. Jika anda malas untuk membersihkan maka bisa membuat kotoran yang ada jadi menempel dan menyumbat filter. Jika sudah tersumbat sudah bisa dipastikan sirkulasi udara yang dihasilkan oleh Ac mobil anda tidak bisa optimal. Meskipun kondisi AC mobil hidup tetapi jika filter yang dimiliki ini ada dalam kondisi kotor dan juga tersumbat maka yang terjadi adalah tidak ada udara yang keluar. Hal ini hanya akan membuat Ac seolah tidak berfungsi dan tidak dingin.

3. Motor Extra Fan Lemah atau Mati

Selain karena freon yang habis dan tersumbatnya filter, AC yang tidak dingin juga bisa dikarenakan extra fan di dalamnya. Motor extra fan yang bermasalah ini hanya akan membuat proses dari kondensasi di dalam kondensor tidak bisa secara optimal dalam fungsinya. Yang ada justru menimbulkan tidak adanya udara yang masuk dalam kabin. Masalah inti dari extra fan ini ada 2 yaitu mati atau tidak hidup sama sekali. Bisa juga ketika AC masih berjalan hanya saja putarannya terasa lemah dan hembusan anginnya memang kecil. Jika hal ini terjadi maka satu – satunya cara yang bisa dilakukan adalah mengganti motor extra fan dengan yang baru.

4. Evaporator dalam Kondisi Kotor

Berikutnya, masalah AC mobil dan solusinya harus diketahui dengan jelas. Termasuk evaporator dalam kondisi kotor. Debu memang menjadi hal utama yang akan membuat evaporator dari AC mobil anda menjadi kotor. Jika hal ini sudah terjadi maka sirkulasi AC tidak bisa lancar. Debu dan kotoran yang ada di evaporator merupakan debu yang tidak bisa tersaring oleh filter. Bisa juga karena kotoran yang ada sudah terlalu banyak. Cara untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan evaporator. Apabila anda tidak begitu bisa untuk menguasai cara mengatasinya maka jangan ragu untuk membawanya ke bengkel mobil dan utarakan keluhan anda.

5. Kondensor dalam Kondisi Kotor

Tahukah anda bahwa kondensor letaknya ada di bagian depan dekat dengan radiator? Sadar atau tidak, posisi ini seringkali membuat kotoran mudah masuk. Bisa saja saat kita sedang berkendara. Hal ini juga akan berdampak pada sistem kerja AC yang tidak dingin. Kondensor yang kotor karena lumpur dan kotoran lainnya bisa membuat proses kondensasi menjadi tidak lagi maksimal. Kondensor seperti pengantar. Fungsinya adalah untuk membuang panas yang telah dihasilkan dari mesin AC. Jika kondensor dalam kondisi kotor maka hasilnya tidak akan maksimal. Jika kerusakannya tidak parah maka kita bisa membersihkannya saja. Tetapi pastikan bahwa pembersihan dari kondensor ini menggunakan tenaga ahli atau yang paham betul mengenai komponen AC mobil.

6. AC Mengeluarkan Bunyi

Jika beberapa masalah sebelumnya karena AC yang tidak dingin, maka berbeda dengan yang satu ini. AC mobil justru mengeluarkan bunyi. Masalah ini bisa jadi karena kerusakan pada oli kompresor, kelonggaran yang terjadi pada trush bearing hingga kondisi aus pada piston. Sebaiknya anda mengecek bagian mana yang rusak. Caranya, cek oli kompresor terlebih dahulu. Oli ini memang berfungsi untuk menjaga suhu dari kompresor serta mengurangi adanya gesekan komponen. Apabila kurang atau justru kehabisan oli maka kerja AC ini menjadi lebih berat dan menimbulkan bunyi. Perhatikan jika belum 20.000 km tapi oli sudah berkurang banyak maka bisa jadi ada kebocoran. Solusinya, ganti saluran oli.

7. Tiupan Udara yang Lemah

AC mobil dalam kondisi hidup tetapi angin yang dikeluarkan terasa lemah. Kondisi ini juga seringkali terjadi. Yang perlu Anda ketahui adalah ada komponen yang bernama motor blower. Fungsinya untuk mensirkulasi udara. Beberapa jenis mobil memang memiliki filter AC yang gunanya adalah menyaring partikel debu supaya kabin bisa tetap bersih. Resistor blower juga berguna untuk mengatur kecepatan pada blower. Jika kondisinya adalah pengaturan blower sudah pas tetapi hembusan angin juga tidak kencang maka bisa jadi filter AC dalam kondisi buntu. Solusinya adalah dengan membersihkan filter AC. Tetapi jika penyebabnya adalah karena resistor blower yang bermasalah maka solusinya adalah harus diganti.

8. AC Tidak Bisa Hidup atau AC Mati

AC mobil yang mati memang sangat mengganggu perjalanan terutama ketika anda berkendara di cuaca yang panas. Ada beberapa penyebab mengapa AC tidak bisa menyala. Bisa karena sekring AC yang putus, relay AC putus, V Belt putus, motor cooling fan tidak bisa bekerja atau karena kompresor AC yang macet total. Jika sekring AC putus, maka hal ini terjadi karena adanya korslet. Ganti sekring yang bermasalah. Beda dengan relay AC yang putus. Relay AC ini memiliki fungsi sebagai pemompa arus listrik kepada bagian magnetic clutch. Ketika relay ini putus maka tidak ada lagi yang bisa bekerja sebagai penyuplai arus listrik. Hal ini bisa menyebabkan AC mati total.

9. AC Berbau Tidak Enak

Masalah pada AC mobil berikutnya adalah munculnya bau yang tidak sedap. Padahal mungkin anda ingin memasang wewangian agar bau pada mobil anda memang bisa begitu nyaman. Tetapi AC justru mengeluarkan bau yang tidak sedap. Tidak ada bagian AC yang rusak. Tetapi bisa dikarenakan adanya kotoran atau bakteri yang sudah melekat pada saluran dan juga evaporator AC. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Pastikan untuk menjaga kabin mobil tetap bersih. Hindari membuang sampah sembarangan pada mobil. Pasang filter kabin yang berguna untuk mencegah kotoran tersedot ke dalam blower.

10. Blower Tidak Menyala

Apabila Anda menemukan blower AC mobil yang tidak menyala padahal kondisi switch AC sudah ON maka periksa komponen dari motor blower yang ada pada evaporator. Apabila terjadi kerusakan di bagian ini Anda bisa mengganti atau memperbaikinya. Periksa aliran listrik di bagian blower evaporator. Apabila ada kabel yang putus maka segera perbaiki. Namun jika dirasa Anda tidak begitu mengetahui caranya, jangan ragu untuk membawa ke bengkel AC mobil.

11. Kipas Kondensor Tidak Berfungsi

AC yang tidak dingin bisa dikarenakan banyak hal. Salah satunya adakah karena kipas kondensor ini tidak bisa berfungsi seperti semestinya. Kalor yang dilepaskan tidak bekerja dengan maksimal. Solusi dari masalah ini adalah memeriksa bagian socket kabel, sekring dan juga konektor elektrik blower. Apabila setelah selesai di periksa memang diketahui terjadi kerusakan segeralah memperbaikinya. Anda bisa juga mengganti komponen dengan yang baru jika dirasa komponen lama sudah tidak layak pakai.

12. Grill Kabin Tidak Ada Angin

Pernahkah anda mengalami kondisi Ac mobil menyala tetapi tidak ada udara dingin dari grill kabin ? Maka bisa jadi gangguannya ada pada komponen. Misalnya saja seperti sistem kelistrikan, relay motor blower hingga blower itu sendiri. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti switch blower jika sudah rusak. Jangan lupa untuk periksa sekring, kabel, konektor kelistrikan dan juga socket kabel. Perbaiki apa yang rusak dengan hati – hati. Ada baiknya anda rutin mengecek kondisi AC mobil ini setiap 3 bulan sekali di bengkel AC mobil.

Setiap masalah AC mobil memiliki ciri atau tanda yang muncul. Anda bisa melihatnya dengan cermat dan mulai mencari tahu apa penyebab dari masalah tersebut. Untuk mengatasi masalah AC mobil dan mendapat solusi tepat, anda bisa mengunjungi rotarybintaro.co.id

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.