#SahabatRotary,

Seperti yang sudah diketahui bersama, dalam setiap kendaraan pastinya membutuhkan oli sebagai salah satu bagian terpenting dari mesin kendaraan anda, karena apabila tidak menggunakan oli, tentunya mobil anda akan mengalami kerusakan. Oli ini dikatakan sebagai salah satu hal yang penting karena berperan untuk menunjang performa kendaraan anda secara keseluruhan. Selain itu, oli juga berperan untuk menjaga komponen mesin kendaraan anda dari kerusakan serta keausan yang pada akhirnya akan berperngaruh pada performa mobil tersebut. Permasalahan yang seringkali terjadi pada oli mobil sebenarnya diakibatkan oleh hal – hal yang sepele seperti malas mengganti oli atau lupa kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli mobil tersebut. Agar tidak lupa, saat anda service biasanya terdapat catatan yang diberikan oleh bengkel penyedia jasa service mengenai kapan anda harus kembali ke bengkel untuk melakukan perawatan rutin. Nah anda bisa simpan catatan tersebut bersama dokumen – dokumen penting agar tidak hilang. Jika perlu buat pengingat di handphone anda agar bisa memberikan peringatan pada saat waktunya tiba.

Kinerja AC mobil berkaitan dengan kinerja mesin mobil anda juga loh, jadi sebagai bengkel AC mobil terpercaya kami menyarankan agar anda menjaga mesin tetap prima. Bengkel yang telah memiliki manajemen yang baik biasanya akan membantu mengingatkan anda kapan waktu yang tepat untuk melakukan service rutin dan penggantian oli mesin. Begitu juga dengan kami, sebagai bengkel AC mobil resmi, staf kami akan dengan senang hati mengingatkan  saat waktunya tiba perawatan AC mobil. Bengkel AC mobil Rotary Bintaro sudah tersebar luas di berbagai daerah di Jabodetabek : Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Tangerang, Bekasi.

Kami mampu dan mumpuni dalam menangani berbagai masalah AC yang terjadi pada mobil anda dan semua merk mobil tanpa terkecuali. Seperti Nissan, Honda, Suzuki, Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Mazda. Mobil Eropa seperti Mercedes Benz dan bmw kami juga sudah berpengalaman menanganinya. Jadi anda sekarang bisa bernafas lega bukan? Meskipun mobil anda tidak terlalu populer di masyarakat atau memang sudah keluaran lama, anda tidak perlu bingung lagi. Bengkel AC mobil Rotary Bintaro siap memberikan solusi terhadap permasalah AC mobil yang anda keluhkan.

Kembali ke permasalahan tentang oli mesin, sebelum membahas lebih dalam mengenai 3 musuh oli mesin, kami ingin sedikit mengulas tentang apa sih sebenarnya fungsi dari oli mesin secara umum? Berikut ulasan selanjutnya untuk anda, yuk simak!

Fungsi Oli Dalam Mobil

Sebagai referensi untuk anda, berikut ini adalah beberapa fungsi dan peranan oli tersebut pada mobil anda, antara lain :

  • Oli Berfungsi Sebagai Pelumas

Oli ini berfungsi sebagai pelumas dalam mesin kendaraan anda secara keseluruhan. Maksudnya sebagai pelumas adalah untuk memudahkan komponen – komponen mesin kendaraan anda bergerak. Atau dengan kata lain berfungsi untuk melicinkan komponen mesin kendaraan anda. Oleh karena itu anda tidak boleh lupa mengganti oli pada mobil anda ya.

  • Pelindung Mesin dari Karat

Adapun zat yang terdapat pada oli tersebut berfungsi untuk mencegah karat pada komponen mesin kendaraan anda. Selain itu, oli ini juga bisa mereduksi bahan – bahan kimia pada bensin yang berpotensi menimbulkan karat pada mesin kendaraan anda.

  • Pembersih Mesin

Oli ini mampu berperan untuk membersihkan atau melarutkan kotoran yang ada dalam mesin kendaraan anda. Adapun kotoran ini bisa saja ditimbulkan dari debu yang masuk ke dalam sel (terutama pada sel yang bocor ) dan kotoran ini juga bisa mengakibatkan gesekan antara komponen dalam mesin mobil anda.

  • Mendinginkan Mesin Kendaraan Anda

Suhu panas yang ada dalam mesin kendaraan anda, tentunya tak baik bagi kondisi komponen mesin tersebut. Oleh karena itulah, oli ini akan berperan untuk mendinginkan mesin kendaraan anda. Karena panas yang dibawa oleh komponen di bagian dalam mesin kendaraan, selanjutnya akan dibawa ke bagian dinding mesin anda, sehingga terciptalah kondisi mesin yang panas tersebut. Dan pada saat inilah, oli tersebut akan berperan untuk mendinginkan mesin kendaraan anda.

  • Meningkatkan Performa Mesin

Pemakaian oli yang tepat akan meningkatkan performa mesin kendaraan anda, sehingga tenaga dan torsi yang dihasilkan oleh komponen mesin kendaraan akan bisa memberikan hasil maksimal sesuai dengan standarnya.

  • Menghemat Bahan Bakar

Oli akan berperan untuk mengurangi konsumsi BBM pada mobil anda, karena dengan adanya oli ini pada bagian mesin, maka gesekan yang terjadi antar komponen dalam mesin anda juga akan berkurang. Yang pada akhirnya hal ini akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar pada mobil anda. Atau dengan kata yang lain, oli ini bisa anda jadikan sebagai salah satu komponen yang membantu untuk menghemat konsumsi BBM.

Oleh karena itu, oli ini memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting bagi mobil anda secara keseluruhan.

Dan berbicara mengenai oli tersebut, ternyata ada 3 musuh oli mesin yang bikin masa pakainya patut dipertanyakan. Apa saja 3 musuh yang dimaksud tersebut? mau tau penjelasan lengkapnya? berikut ulasannya untuk anda.

3 Musuh Oli Mesin Yang Bikin Masa Pakainya Patut Dipertanyakan

Adapun ada 3 musuh oli mesin yang bikin masa pakainya patut dipertanyakan tersebut adalah oksigen, debu dan juga air.

  • Oksigen

Pada saat oli bercampur dengan oksigen, maka oli tersebut akan mengalami oksidasi. Jika hal ini terjadi pada oli mesin anda, maka hasilnya oli dalam mesin kendaraan anda tidak akan kental seperti yang seharusnya. Namun bisa berubah menjadi lebih kental dan lengket sehingga tidak akan berfungsi secara maksimal dan tentunya masa pakainya pun patut kita pertanyakan.

  • Debu

Jika oli dalam mobil anda bercampur dengan debu, maka hal ini akan membahayakan mesin anda karena pada umumnya debu tersebut mengandung silica, seperti benda yang tajam namun halus, yang mana benda ini bisa membuat mesin anda menjadi baret.

  • Air

Musuh oli yang berikutnya adalah air. Anda semua tentunya sudah mengetahui akan hal ini ya, bahwasanya jika oli anda tercampur dengan air, maka oli tersebut bisa merusak kondisi jeroan mesin anda. Hal ini dikarenakan kandungan air yang seharusnya tak ada di dalam oli tersebut telah terkontaminasi dengan mesin anda, sehingga akan berpotensi merusaknya.

Demikian ulasan yang bisa kami share untuk anda pada postingan kali ini, harapan besar yang kami inginkan adalah anda menjadi lebih sadar mengenai pengetahuan – pengetahuan umum yang sudah menjadi sebuah keharusan untuk anda pahami sebagai pengguna mobil. Agar nantinya bisa digunakan sebagai tindakan pencegahan sejak dini.

Jangan lupa ya, jika anda memang sedang mengalami masalah pada AC mobil anda namun bingung bagaimana cara mengatasinya, maka anda bisa konsultasi langsung dengan bengkel AC mobil resmi Rotary Bintaro. Kami akan dengan senang hati membantu anda, terlebih lagi jika berhubungan dengan AC mobil, kami ini adalah ahlinya.

booking service