4 Hal Ini Wajib Anda Perhatikan Agar AC Mobil Awet

#SahabatRotary,
Mau AC mobil awet? Perlu anda ketahui bahwasannya sistem kerja kompresor yang merupakan komponen vital AC mobil, merupakan alat bergerak seperti halnya mesin. Oleh karenanya oli merupakan salah satu komponen penting yang menunjang kinerjanya secara keseluruhan. Berarti disini untuk menjaga tingkat keawetan AC mobil, diperlukan pengetahuan mengenai kapan waktu yang tepat untuk melakukan pengecekan oli kompresor dan kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian. Kebanyakan orang yang mempunyai mobil khususnya para ladies, pasti tidak menghiraukan akan hal ini. Padahal penting lo untuk diperhatikan. Jangan hanya mengeluhkan AC sering bermasalah dan tidak bekerja maksimal saja, anda sebagai pengguna pun juga harus memahami akan hal itu.
Nah untuk memperbaiki ketidaktahuan anda tentang pengecekan atau pun penggantian oli kompresor, sebaiknya anda simak penjelasan lengkap di bawah ini. Hal apa saja yang harus diperhatikan?
1.Lakukan Perawatan AC Mobil Secara Rutin
Bengkel resmi specialist AC mobil Rotary Bintaro adalah pilihan yang tepat untuk membantu anda dalam melakukan perawatan rutin. Bagi anda yang tinggal di daerah Tangerang, tidak perlu pusing mencari dimana tempat perawatan AC berkualitas, karena kami hadir di Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Bekasi dan juga di Tangerang, tepatnya di Gading Serpong. Kami akan melakukan perawatan rutin AC mobil anda sesuai dengan standar yang disarankan oleh bengkel resmi Denso.
Dengan melakukan perawatan secara rutin, ternyata bisa juga dijadikan sebagai salah satu cara untuk antisipasi sejak dini bagaimana kondisi AC mobil anda. Termasuk semua spare part pendukungnya. Seperti kata pepatah yang bahwasannya melakukan pencegahan itu memang jauh lebih baik dari pada melakukan pengobatan, atau dalam kondisi ini yang paling tepat adalah perbaikan. Salah satu manfaat dari perawatan rutin adalah anda menjadi tahu seberapa baik kondisi kompresor AC mobil anda beserta dengan olinya.
Yang perlu kami tekankan, anda tidak perlu ragu untuk melakukan perawatan AC di tempat kami, karena berbagai macam merk mobilpun bisa kami tangani dengan baik. Mulai dari Toyota, Honda, Mazda, Daihatsu, Nissan, BMW, Mercedes Benz, Ford dan lain sebagainya, kami sudah sangat berpengalaman dan profesional.
2.Lakukan Pengecekan Oli Kompresor Berkala
Tidak hanya mengandalkan perawatan rutin saja, apabila diperlukan anda bisa melakukan pengecekan secara mandiri. Namun jika memang anda hanya memiliki waktu luang yang sangat terbatas, datang ke bengkel bisa dijadikan solusi untuk mengatasi permasalahan yang anda alami agar bisa kami bantu untuk melakukan pengecekan. Pastikan bengkel yang anda datangi terpercaya dan memiliki mekanik yang sudah ahli. Bengkel resmi Denso bisa anda jadikan pilihan. Di Rotary Bintaro anda juga bisa melakukan pengecekan kondisi kompresor beserta olinya, dan itu GRATIS.
3.Perhatikan Waktu Penggantian Oli Kompresor AC Mobil
Waktu penggantian juga wajib anda perhatikan lo ya. Percuma anda melakukan pengecekan rutin jika tidak melakukan penggantian oli kompresor secara berkala. Tahukah anda kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian oli kompresor AC mobil? Pertanyaan ini sebenarnya simpel, tapi banyak juga yang tidak memahaminya.
Begini penjelasannya, penggantian oli kompresor AC idealnya jika sudah mencapai 20.000 km pemakaian jarak tempuhnya. Jika dihitung dalam kalkulasi tahun, setidaknya setengah sampai satu tahun. Tergantung sesering apa pemakaian AC mobil tersebut. Namun bisa jadi kurang dari satu tahun perlu diganti jika jam terbangnya sangat tinggi. Kondisi tersebut bisa anda terapkan untuk mobil pribadi yang memang didesain untuk mengangkut banyak penumpang (istilahnya car passanger).
4.Lakukan Medical Check Up
Seperti halnya manusia, kompresor AC mobil beserta olinya pun wajib untuk dilakukan medical check up (pengecekan secara keseluruhan). Medical check up ini biasanya harus dilakukan setelah batas waktu pemakaian terpenuhi. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kurang lebih setengah sampai satu tahun anda bisa melakukan medical check up dan selanjutnya jika memang kondisinya sudah buruk bisa langsung diganti olinya. Dengan melakukan medical check up permasalahan apapun yang terjadi pada AC mobil anda pun akan segera diketahui, tidak hanya fokus pada kompresos dan olinya saja.
Info tambahan bagi anda, selain anda harus melakukan pengecekan oli kompresor AC mobil secara rutin, anda juga harus memperhatikan faktor lain yang mungkin bisa berpengaruh pada kondisi oli kompresor AC mobil anda. Berikut ini terdapat perihal yang wajib anda perhatikan.
  • Pahami Komponen – Komponen Pendukung Kompresor AC Mobil
Selain melakukan pengecekan terhadap kompresor dan olinya, disarankan anda juga memahami tentang komponen–komponen pendukung kinerja dari kompresor. Dengan begitu kinerja dari kompresor AC mobil bisa dimaksimalkan karena memang kondisi olinya sudah dipastikan baik. Misalnya saja dalam hal melakukan pembersihan. Pembersihan komponen–komponen pendukung kompresor tentu ada teknik dan cara tepat tersendiri. Namun jika anda ragu untuk melakukan pembersihan karena takut menjadi bermasalah, lagi–lagi bengkel resmi specialist AC mobil Rotary Bintaro bisa anda andalkan.
  • Dilarang Keras Melakukan Perawatan AC Mobil Secara Sembarangan
Prosedur dan perlakukan terhadap part AC mobil bisa memberi pengaruh buruk pada kondisi oli kompresor AC mobil anda. Sudah banyak kasus yang terjadi akibat penanganan yang salah pada part AC mobil sehingga menyebabkan oli pada kompresornya bocor bahkan sampai habis. Jika hal ini dibiarkan tanpa ada tindakan yang tepat, maka kerusakan atau hal yang fatal bisa saja menimpa AC mobil anda. Dan itu artinya anda harus mengeluarkan budget untuk melakukan perbaikan. Wah, wah kacau kalau sampai hal seperti itu menimpa anda.
Bisa ambil contoh kasus pada penggantian part yang bernama dryer, karena memang poin ini yang sering terjadi. Pada saat penggantian part dryer, penggantian  oli kompresor sebaiknya dilakukan. Tapi faktanya, hal ini seringkali diabaikan karena minimnya pengetahuan dari pihak penyedia jasa abal–abal.
Inilah mengapa datang ke bengkel resmi specialist AC mobil Rotary Bintaro itu penting. Selain pengerjaan bisa dilakukan secara profesional, anda pun bisa tenang dan nyaman tanpa harus khawatir akan terjadi kerusakan. Ditambah lagi pengecekan seluruh komponen AC mobil anda dan estimasi biayanya, kami lakukan secara GRATIS.
Dampak lain yang bisa ditemukan jika oli kompresor berkurang dan tidak segera ditangani, tentu akan ada hubungannya dengan kondisi pelumasan. Pelumasan yang tidak maksimal pasti akan membuat umur dari kompresor AC mobil anda menjadi lebih pendek. Waduh, jangan sampai terjadi kepada anda ya, hal – hal seperti ini. Jika sampai terjadi pembengkakan biaya perawatan AC mobil tidak bisa dihindari.
Sekarang anda sudah paham bukan mengenai pengecekan oli kompresor AC mobil? Nah sekarang saatnya anda untuk bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari–hari. Ingat AC mobil, ingat juga Rotary Bintaro ya. Yuk mulai dari sekarang jadilah konsumen yang cerdas. Semoga pembahasan pada kesempatan kali ini bisa membawa manfaat bagi anda semua.
booking service

Tinggalkan komentar