#SahabatRotary,

Jika kita berbicara mengenai kendaraan roda empat atau mobil, maka tak akan lengkap rasanya jika kita tidak membahas mengenai bahan bakar atau BBM. Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, tanpa adanya bahan bakar atau BBM ini, tentunya mustahil mobil atau kendaraan anda bisa digunakan kecuali anda menggunakan jenis kendaraan listrik. Yang memang bahan bakarnya sendiri menggunakan daya listrik. Oleh karena itulah fungsi atau peranan bahan bakar atau BBM ini adalah salah satu hal yang vital bagi kendaraan anda secara keseluruhan.

Nah untuk meningkatkan peforma dari komponen mobil agar bisa bekerja dengan maksimal dalam rangka ikut membantu penghematan, tentu harus dibarengi dengan perawatan rutin. Misalnya saja pada AC mobil. Jika AC mobil anda tidak bekerja dengan baik, bisa saja mempengaruhi kebugaran dari aki mobil. Jika sudah begini komponen lain seperti mesin pun juga ikut terkena imbasnya. Kemudian tidak bisa dipungkiri akan merembet dan berpengaruh ke konsumsi bahan bakar. Anda tentunya tidak ingin hal tersebut terjadi bukan?

Yuk mulai dari sekarang tanamkan kedisiplinan dalam diri anda agar bisa lebih memperhatikan yang namanya perawatan secara rutin. Untuk menunjang proses perawatan tersebut, bengkel rekomendasi seperti kami tim bengkel resmi Rotary Bintaro siap sedia membantu anda semua. Semua type dan merk mobil seperti Nissan, Honda, Suzuki, Mercedes benz, Toyota, Daihatsu, BMW, Mitsubishi dan Chevrolet bisa kami tangani.

Kami yang merupakan tim yang semua anggotanya adalah orang – orang profesional dan berpengalaman, tentu akan bisa menangani segala permasalahan dengan baik. Selain itu dalam proses pencarian bengkel rekomendasi, anda tidak akan kesulitan karenanya. Kami hadir di banyak daerah khususnya Jabodetabek termasuk di Jakarta, Bekasi dan Tangerang.

Berbicara mengenai bahan bakar atau BBM tersebut, tentunya kita sebagai pemilik atau pengguna kendaraan, pasti kita menginginkan kendaraan yang bisa hemat BBM. Karena hal ini berhubungan dengan budget yang akan anda keluarkan untuk penggunaan BBM tersebut. Oleh karena itulah, kini perkembangan dan inovasi dalam teknologi otomotif tersebut dilakukan oleh pabrikan otomotif. Sehingga melahirkan fitur yang bisa menghemat penggunaan bahan bakar pada mobil anda. Namun meski demikian, tak jarang mobil tersebut tetap saja tenggak BBM dalam jumlah yang banyak. Sehingga anda harus mengeluarkan dana atau budget yang lebih besar untuk biaya BBM tersebut.

Lantas, apa faktor yang membuat mobil semakin rakus tenggak BBM terebut? Berikut ini penulis akan menyajikannya secara lengkap untuk anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

  1. Filter Udara yang Mampet

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, adapun fungsi dari filter udara dalam mobil anda adalah untuk menyaring udara yang akan masuk ke dalam ruang bakar mesin kendaraan anda. Cara kerja filter udara tersebut yakni dengan memblokir aliran udara di dalam saluran masuk dengan bahan kertas seperti kain berpori besar. Dan hubungan dengan borosnya mesin kendaraan anda adalah pada saat filter udara tersebut dipenuhi oleh banyak debu, maka mobil akan ngempos dan cenderung tak bertenaga, sehingga anda sebagai pengemudinya akan menekan pedal gas lebih dalam dari yang seharusnya. Sehingga hal ini akan membuat pasokan bensin bertambah namun power atau tenanganya masih berkurang. Dan inilah yang menyebabkan mobil semakin rakus tenggak BBM anda.

  1. Menyalakan AC Terlalu Dingin

Menyalakan AC saat anda berkendara merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan, mengingat iklim tropis yang ada di negara kita tercinta Indonesia ini, khususnya di daerah perkotaan baik pada siang hari sampai malam hari terasa sangat panas. Dan bagi mereka pengemudi atau penumpang mobil, menyalakan AC adalah hal yang dirasa bisa mengatasi masalah tersebut. Namun hal yang harus anda perhatikan, jangan terlalu sering menyalakan AC dengan suhu yang terlalu dingin, karena akan menyebabkan konsumsi bensin menjadi lebih boros pada kendaraan anda. Alasannya adalah saat kita menyalakan AC, maka mesin akan memutar kompresor AC yang fungsinya untuk memompa refrigerant. Dan daya yang diperlukan oleh kompresor tersebut tidaklah sedikit, apalagi jika anda menyakan AC dengan suhu yang sangat dingin. Dan tentunya daya yang dibutuhkan oleh kompresor mesin tersebut adalah bersumber dari bensin yang ada pada mobil anda, sehingga hal ini juga menjadi salah satu faktor mobil anda semkain rakus tenggak BBM tersebut.

  1. Penggunaan Velg yang Besar

Mungkin memang sekilas tak ada hubungannya dengan habisnya bensin pada mobil anda. Namun ternyata penggunaan velg yang besar sangatlah berpengaruh. Hal ini dikarenakan penggunaan velg yang lebih besar, pasti memiliki bobot yang besar pula. Sementara itu, velg ini juga berfungsi layaknya seperti kaki. Logikanya jika velg ini lebih besar dan lebih berat, maka tenaga yang dibutuhkan oleh mobil anda tentunya akan semakin banyak, yang pada akhirnya akan berpengaruh pada penggunaan bahan bakar atau BBM pada mobil anda. Jika memang anda memasang velg yang lebih besar, itu artinya anda sudah bersiap mengeluarkan budget yang lebih besar untuk biaya bahan bakar atau BBM pada mobil anda.

  1. Ban Kempes

Ban yang kempes atau ban yang memiliki tapak lebar juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan mobil anda semakin rakus tenggak BBM. Hal ini dikarenakan semakin banyak gesekan yang terjadi pada ban mobil anda, maka perlu adanya daya tambahan yang diperlukan oleh mobil anda dalam kondisi ban yang kempes tersebut. Dan pada kondisi seperti ini, tentunya anda akan menginjak pedal rem lebih dalam yang pada akhirnya akan berpengaruh pada pengunaan bahan bakar yang lebih boros pada mobil anda.

  1. Kampas Kopling Selip

Adapun kampas kopling yang selip akan menyebabkan terganggunya proses power train dari mesin ke transmisi yang pada akhirnya semua RPM tidak dapat disalurkan dengan sempurna. Hal ini akan berakibat kecepatan mobil akan tetap rendah meski kita sudah injak pedal gas full yang pada akhirnya membuat BBM anda boros. Pedal gas full yang sudah diinjak namun tenaga mobil seperti ngempos memang menjadi salah satu penyumbang terbesar mengapa keberadaan BBM lebih cepat habisnya.

Sebagai pengendara sudah menjadi keharusan bahwasannya anda harus menyadari kemungkinan – kemungkinan yang terjadi seperti halnya pembahasan di atas. Jangan hanya bisa menyetir saja tanpa mengetahui permasalahan – permasalahan yang timbul dan bagaimana solusi terbaiknya. Dengan menyimak penjelasan di atas yang sudah dijelaskan panjang lebar, kami sangat berharap kepada anda agar lebih peka terhadap setiap masalah pada mobil anda yang sebenarnya akan membuat pengeluaran anda menjadi semakin meningkat untuk alokasi pembelian BBM.

Untuk itu, yuk mulai dari sekarang anda harus lebih sadar akan pentingnya perawatan secara rutin. Keberadaan bengkel rekomendasi specialist AC mobil Rotary Bintaro sebaiknya manfaatkanlah dengan baik untuk menjaga peformasa dari mobil pribadi anda tersebut. Semoga membawa manfaat ya pembahasan kali ini.

 

booking service