7 Hal Sepele yang Bisa Buat AC Mobil Cepat Rusak

#SahabatRotary,
Ternyata tidak hanya AC pada mobil lawas saja yang bisa rusak, AC pada mobil yang baru sekalipun bisa juga cepat rusak karena hal – hal sepele yang tidak disadari dilakukan setiap hari. Memang sih dampaknya tidak dirasakan secara langsung, tapi apa salahnya melakukan pencegahan sejak dini agar anda tidak banyak mengeluarkan biaya nantinya untuk melakukan perbaikan. Pencegahan sejak dini bisa dikategorikan sebagai investasi jangka panjang lo ya. Meskipun AC anda masih berjalan dengan baik tanpa masalah, anda tetap wajib melakukan pengecekan secara berkala. Hadirnya bengkel resmi Rotary Bintaro yang bisa anda jadikan sebagai dokter AC mobil terpercaya di berbagai wilayah se-jabodetabek, bisa anda jadikan solusi. Mulai dari daerah Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Tangerang dan Bekasi, semua bisa ditangani karena anda bisa datang langsung ke bengkel resmi Rotary Bintaro yang berada di daerah–daerah tersebut. Bagi anda yang berada di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Pusat bisa service rutin mobil anda di bengkel resmi Denso terdekat ya.
Rotary Bintaro yang merupakan salah satu dokter AC mobil terpercaya melayani perawatan untuk berbagai merk mobil. Anda yang mempunyai merk mobil yang tidak populer pun bisa bernafas lega karena kami siap membantu. Jangan khawatir untuk segi kualitas, kami sudah tidak perlu diragukan lagi. Belasan tahun lamanya kami mendapatkan kepercayaan dari ribuan konsumen, tentu sudah sangat berpengalaman dalam memberikan penanganan pada berbagai jenis permasalahan AC mobil.
Mau tau hal sepele apa saja yang sering anda lakukan, tapi ternyata bisa membuat AC mobil cepat rusak? Yuk simak penjabaran lengkapnya di bawah ini.
1.Tidak Mengindahkan Jadwal Perawatan Rutin
Banyak sekali pemilik mobil yang melakukan hal satu ini karena memang menganggapnya sebagai hal yang remeh dan tidak terlalu penting. Jangankan perawatan AC mobil, perawatan mesin mobil pun banyak yang tidak mengindahkannya karena alasan ingin menghemat biaya. Padahal anggapan ini salah kaprah, jika dihitung – hitung tetap saja masih murah kemana – mana melakukan perawatan rutin ketimbang harus menunggunya sampai rusak. Justru jika anda menunggu AC mobil anda sampai bermasalah, budget yang dibutuhkan untuk perbaikan akan menjadi semakin membengkak. Jadi, kami harapkan mindset anda bisa berubah setelah membaca penjelasan pada poin ini. Anda bisa melakukan perawatan rutin dengan bantuan dari dokter AC mobil terdekat atau di bengkel resmi denso.
2.Kebiasaan Merokok Setiap Hari di Dalam Mobil
Kebiasaan merokok bagi mereka si perokok berat memang cukup sulit untuk ditunda atau bahkan dihentikan. Kondisi dimana seperti halnya jalanan ibukota yang teramat macet membuat para pengemudi mobil menjadi sangat jenuh menunggu. Untuk mengisi menghilangkan penat tersebut, sebagian besar pengemudi laki – laki senang melampiaskannya dengan merokok. Nah inilah yang menjadi salah satu faktor mengapa AC mobil menjadi lebih cepat rusak. Penjelasannya seperti ini, asap rokok yang menyebar ke setiap sudut kabin mobil anda sedikit demi sedikit pasti meninggalkan endapan pada AC mobil anda. Jika hal tersebut berjalan dalam jangka waktu lama, kerusakan AC mobil pun tidak bisa dihindari. Sekarang anda lebih paham bukan?
3. Malas Membersihkan Kabin Mobil
Poin ketiga ini juga banyak dilakukan oleh pemilik mobil. Padatnya aktivitas bekerja, terkadang membuat tubuh menjadi cepat lelah dan malas untuk melakukan aktivitas lainnya sepulang bekerja. Terlebih lagi bagi anda para pekerja yang berkarir di perkotaan. Sudah penat bekerja, masih berhadapan dengan jalanan yang macet setiap harinya, pasti rasa malas lebih cepat datang. Saran dari kami, jika anda malas membersihkan kabin mobil anda, sebaiknya anda menggunakan jasa steam mobil saja untuk membersihkannya. Sepekan sekali sudah cukup membantu menyumbang perawatan pada AC mobil anda. Sisihkan budget untuk membersihkan kabin tersebut.
4. Sering Membuka Kaca Mobil Saat AC Menyala dalam Waktu yang Lama
Poin ini sering dilakukan oleh para pengendara yang tidak tahan dengan bau AC mobil yang khas sehingga membuat kepala menjadi pusing, namun disisi lain terdapat penumpang yang senang menggunakan AC. Jika sudah begini kejadian membuka kaca mobil saat AC dinyalakan memang tidak bisa dihindari. Hal ini terkadang juga dilakukan oleh perokok, buka tutup kaca mobil untuk membuang sisa pembakaran rokok. Perlu anda ketahui, ternyata kebiasaan membuka kaca mobil saat AC mobil dalam keadaan menyala merupakan tindakan yang salah. Karena dalam jangka waktu yang panjang jika keadaan ini terus saja dibiarkan, maka lama kelamaan AC mobil anda akan lebih cepat rusak. Tidak lagi hitungan tahun, tapi bisa juga dalam hitungan bulan atau bahkan dalam hitungan hari. Bagaimana anda masih ingin melakukan kebiasaan tidak baik tersebut?
5. Mematikan Mobil Saat Kondisi AC Masih Menyala
Ini dia kebiasaan orang – orang yang cenderung tidak sabaran dan tidak mau repot. Karena ingin cepat istirahat, biasanya banyak orang yang melalaikan mematikan AC mobil terlebih dahulu sebelum mematikan mesin mobil. Perlu anda ketahui, kebiasaan mematikan mesin mobil dalam keadaan AC masih menyala ternyata bisa memicu kerusakan AC mobil. Penjelasannya sih cukup simpel dan masuk akal. Begini saja, kita ambil contoh nyata. Saat anda sedang menggunakan perangkat elektronik, tiba – tiba listrik padam, jika hal tersebut sering terjadi dan dibiarkan, pasti perangkat elektronik anda secara perlahan tapi pasti akan cepat rusak. Seperti halnya AC mobil yang dipaksa mati, pasti juga akan rusak lebih cepat. Paham kan apa yang kami maksudkan tersebut?
6. Jarang Memanaskan Mobil Saat Tidak Dipakai
Jika anda mempunyai mobil, tapi jarang digunakan, sebaiknya lakukan pemanasan pada semua komponen mobil anda tersebut secara rutin. Jangan biarkan begitu saja mobil anda terparkir tanpa adanya perhatian sedikitpun. Barang yang jarang dipakai dan tidak diperhatikan, justru akan lebih cepat rusaknya dibandingkan dengan barang yang biasa digunakan. Singkatnya seperti itu penjelasannya. Kondisi tersebut juga bisa anda terapkan pada komponen AC mobil, saat anda memanaskan mesin mobil, ada baiknya anda juga menyalakan AC nya sebentar untuk menjaga peformanya tetap baik meskipun jarang digunakan.
7. Kebiasaan Parkir Liar Sepanjang Hari
Mobil yang dibiarkan kontak langsung dengan sinar matahari sepanjang hari akan lebih cepat mengalami kerusakan pada beberapa komponennya dibandingkan dengn mobil yang parkir pada tempatnya. Kondisi seperti ini banyak ditemukan di daerah perkotaan yang memang faktanya lahan untuk parkir sangatlah terbatas. Jika anda termasuk salah satu orang yang melakukan hal tersebut, sebaiknya pikir – pikir ulang, karena AC mobil pun bisa cepat rusak karena setiap hari kepanasan dalam jangka waktu lama, pagi sampai sore.
Nah penjelasan di atas kami rasa sudah cukup jelas dan bisa dengan mudah anda pahami. Ternyata belajar dari kenyataan, bahwasannya hal sepele seperti itu yang tidak banyak orang memperhatikannya, bisa berdampak fatal tidak hanya pada AC mobil saja, tapi bisa saja berdampak buruk pada komponen mobil lainnya. Jangan lupa untuk perawatan AC mobil secara berkala, percayakan saja pada Rotary Bintaro dokterAC mobil ya.
booking service

Tinggalkan komentar