rotarybintaro.co.id

rotarybintaro.co.id

Ac Di Dalam Mobil Bau, Ada Apa?

Ac Di Dalam Mobil Bau, Ada Apa?
Ac Di Dalam Mobil Bau, Ada Apa?

Udara sejuk dari ac mobil sangat dibutuhkan, terutama bagi pengemudi di jabodetabek yang harus menghadapi kemacetan dan polusi udara. Namun, kenyamanan dapat terganggu karena bau menyengat yang dikeluarkan oleh lubang pendingin. Di awan, bau di kereta diabaikan karena dianggap normal. Pengemudi mobil kemudian memasang deodoran kabin. Bau kuat seperti plastik terbakar masih tertinggal di kabin. Dugaan tersebut juga mengakibatkan knalpot konon masuk ke kabin.

Kalau di dalam kabin ada bau yang menyengat, tolong dicek dulu powernya. Siapa tahu ada kabel yang gosong. Motor blower ac akan mengeluarkan bau yang sangat kuat dan mulai melelehkan kabel. Motor blower ac otomotif biasanya terletak di bawah dasbor, tepat di bawah laci.

Pada motor blower ac mobil terdapat lilitan kawat yang sobek dan meleleh serta menimbulkan bau yang menyengat. Masalah ini sering mengganggu mobil yang lebih tua 10 tahun ke atas. Tapi itu bisa terjadi dengan mobil yang baru berumur lima tahun.

Satu set motor blower ac mobil dapat dibeli di toko onderdil mobil yang disesuaikan dengan jenis mobil dan tahun pembuatannya. Namun, toko service ac mobil  juga menawarkan motor blower ac gm, yang juga dapat digunakan pada model dan merek mobil apa pun.

Ac mobil tiba   –   tiba panas, ini bisa jadi masalah

Ac Di Dalam Mobil Bau, Ada Apa?
Ac Di Dalam Mobil Bau, Ada Apa?

Jika suhu ac mobil tiba   –   tiba panas, kenyamanan berkendara pasti akan sangat terganggu. Pemilik akan merasa panik dan khawatir. Namun perlu diingat bahwa ada banyak faktor yang bisa menyebabkan ac mobil tiba   –   tiba panas. Namun, jika ac mobil tiba   –   tiba memanas dan penunjuk suhu radiator naik seiring suhu, itu sangat berbahaya. Jadi, apa alasannya?

Jjika ac mobil panas mendadak tanpa tanda   –   tanda sebelumnya, pemilik bisa mengecek kipas tambahan. Kipas ekstra berputar dengan suhu radiator dan suhu mesin naik karena sensor saklar termal radiator tidak membaca suhu operasi mesin yang meningkat. Saat tombol ac dihidupkan, motor extra fan mobil otomatis menyala. Extra fan akan mengatur suhu panas mesin untuk mendinginkan kondensor. Kipas ekstra yang mati sendiri bisa jadi sumber penyakit dari sakelar relai on   /   off yang terbakar. Namun, untuk kipas tambahan yang mati karena relay yang terbakar, secara teknis tidak dapat dikenali. Kecuali mati dan mempengaruhi ac dan radiator mobil.

Kalau ac tidak dingin bisa dicek sekring atau komponen extra fan relay switch. Ada dua indikasi sebelumnya bahwa relay kipas rusak. Pertama, kipas tambahan kipas ac terkadang hidup atau mati secara tiba   –   tiba, dan yang paling berbahaya adalah kipas mati total.

Selain itu, selain sekering relai putus, sumber kegagalan kipas tambahan bisa jadi adalah motor generator kipas yang lemah. Kerusakan pada relay fan bisa karena komponen yang lemah. Lama kelamaan bisa membeku total (macet), sehingga ac tidak bisa dingin.

Kipas visco lemah, kemungkinan penyebab ac mobil tidak dingin lagi

Ac Di Dalam Mobil Bau, Ada Apa?
Ac Di Dalam Mobil Bau, Ada Apa?

Meski tergolong teknologi kuno, banyak mpv dan suv yang diproduksi toyota, seperti all new kijang innova reborn dan all new fortuner, masih mengandalkan penggemar visco. Cara kerjanya adalah dengan mengatur putaran mesin, dan itu terjadi karena bilah kipas melemah saat oli silikon menyusut. Kipas kental biasa dengan putaran poros cenderung tidak berat atau ringan,

Baca Juga : Kesediaan mematikan AC mobil tanda hemat bensin, kok bisa?

Kipas terlalu encer itu tandanya oli silikon sangat sedikit. Kalau membelok terlalu keras, tambah atau isi oli terlalu banyak. Saat mesin dimatikan dan diputar dengan tangan, kipas yang agak lengket terasa ringan. Putarannya sangat ringan karena oli silicone fan sudah encer. Bisa juga karena bocornya oli di sekitar sun fan clutch. Sistem pendingin mobil, menggunakan kipas kental, alternator, kompresor ac dan mesin semuanya terhubung satu sama lain. Sehingga jika sticky fan tidak maksimal atau lemah maka otomatis akan mempengaruhi suhu ac di dalam kabin.

Masalah ac mulai tidak dingin, rata  –  rata pemilik mobil mengira refrigeran atau freon sudah habis atau karena filter kabin kotor. Bahkan bisa jadi soalnya kipas radiator sudah lemah. Untuk membedakan apakah masalah ac dari kipas yang lemah atau dingin yang disebabkan oleh sirkulasi ac yang kotor, anda dapat merasakan suhu kabin sebelum mesin menghangat naik. Kalau sudah yakin kipas mulai melemah, bisa diperbaiki dengan service ac mobil mengganti oli kopling kental. Atau kalau tidak terlalu encer bisa ditambah.

Awas, kebiasaan buruk ini bikin ac mobil cepat rusak

Ac Di Dalam Mobil Bau, Ada Apa?
Ac Di Dalam Mobil Bau, Ada Apa?

Meski ac (ac) sudah menjadi fitur wajib, tak sedikit pemilik mobil yang masih menggunakannya. Contoh paling sederhana terkait kebiasaan menghidupkan atau mematikan fungsi ac seperti diketahui, ritual mematikan ac sebaiknya dilakukan sebelum mesin mobil dimatikan, hal ini dipercaya dapat membuat komponen lebih awet. Begitu juga sebaliknya.

Namun, sebenarnya tidak ada masalah menyalakan ac saat pertama kali mesin mobil dihidupkan. Itu  lebih baik menunggu sampai mesin idle. Menyalakan ac mobil yang benar, lebih baik saat mesin idle stasioner. Sekitar 1 menit mesin hidup dan anda bisa menyalakan ac. Satu lagi, buka jendela dulu supaya ada sirkulasi udara

Hanya saja, kebiasaan buruk itu dapat mempengaruhi daya tahan komponen ac, sering mematikannya saat mesin dalam kecepatan tinggi. Kompresor ac menanggung beban berat saat putaran mesin tinggi. Jika pemilik sering melakukan kebiasaan buruk ini, sangat berisiko mempercepat bagian tengah kompresor yang lemah. Begitu pula sebaiknya komponen ac yaitu kompresor, kondensor, dan kopling magnet menjadi lebih baik. Lebih tahan lama, tidak disarankan selama matikan ac. Mesin yang mati saat kompresor ac masih berjalan akan menyebabkan sentakan pada kompresor ac.

Patokan ganti filter kabin agar ac mobil tetap dalam kondisi prima

Ac Di Dalam Mobil Bau, Ada Apa?
Ac Di Dalam Mobil Bau, Ada Apa?

Filter air conditioning (ac) atau filter kabin merupakan salah satu faktor yang menentukan kenyamanan kabin. Pasalnya, jika filter kabin kotor, otomatis mempengaruhi kualitas pendinginan di dalam kabin. Bahkan mencemari kualitas udara. Filter ac harus diganti secara berkala setiap enam bulan sekali. Namun tentunya perubahan juga tergantung dari kondisi jalan yang sering dilalui, apakah medan dan lingkungan yang selalu berdebu dan lain sebagainya.

Kalau filternya kotor akan menghalangi sirkulasi udara bersih. Banyak debu yang menempel, ac bau, dan jet terasa pengap. Pemilik mobil sebaiknya melakukan pengecekan dan perawatan ac secara rutin setiap dua atau tiga bulan sekali. Kalau mau tetap bersih dan wangi sebelum 10.000 kilometer (km) untuk perawatan ac. Filter dalam mobil yang jarang dibersihkan dapat mempercepat pertumbuhan bakteri dan jamur.

Bau kabin berjamur bisa berasal dari evaporator yang berlendir. Selain tidak sedap, jamur dan bakteri yang mengendap bisa membuat ac pengap. Jika evaporator kotor, dan jika benar – benar diperhatikan, maka menghisap udara di dalam kabin nantinya berarti udara kotor dan tidak sehat.

Jika evaporator kotor akan menyebabkan ac mobil mengeluarkan bau yang tidak sedap, dan selain kotor, deodoran mobil yang biasanya berbahan parafin juga memiliki bau yang tidak sedap. Bau apek. segeralah service ac mobil anda.

logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...