Kompresor merupakan bagian paling penting dalam komponen ACΒ  mobil. Itu alasan pertama kenapa bagian ini perlu dikasih perhatian khusus. Namun sering berjalannya waktu, kompresor AC Mobil dipastikan akan pernah mengalami masalah. Apalagi jika kita sudah menggunakan mobil selama bertahun-tahun. Tak heran, jika kompresor AC mengalami masa aus. Untuk kita perlu perhatikan baik-baik keadaannya dengan service rutin.

Masalah kompresor AC yang paling utama dan sering terjadi pada kompresor menyebabkan AC mobil bunyi.Β Suara berisik berisik yang dikeluarkan ini tentu akan mengganggu. Boleh AC mobil dingin tetapi suara berisik tentuk mengurangi kenyamanan dalam mobil.

Seperti sudah sedikit disinggung diatas. Penggunaan yang sudah lama adalah salah satu penyebab utama. Laly apa sih yang lainnya penyebab AC mobil bunyi?

Lalu bagaimana cara memperbaiki AC mobil bunyi ?

Berikut adalah ulasannya.

AC Mobil Bunyi? Apa Penyebabnya dan Bagaimana Cara Memperbaiki?

Penyebab dan Cara Memperbaiki AC Mobil Bunyi

Ada beberapa faktor yang menyebabkan AC mobil bunyi. Kita bahas satu per satu secara rinci. Bisa saja dalam praktek di lapangan teknisi menemukan berbagai alasan penyebab AC mobil bunyi. Namun dalam hal ini kita menghidupan beberapa di antaranya yaitu :

  1. Oli Kompresor AC Mobil yang Kurang

Pertama ini akan menjadi pusat perhatian teknisi. Oli kompresor AC merupakan bagian yang sangat penting. Oli Kompresor AC bermanfaat sebagai cairan pelumas agar tidak cepat panas. Jika AC mobil ini kekurangan oli, maka kinerja AC mobil akan lebih berat. Sehingga AC mobil mengeluarkan bunyi.

  1. Piston/Silinder Sudah AUS

Jika kita sudah menggunakan mobil selama bertahun-tahun, tentu mengalami masalah ini. Piston/silinder yang sudah AUS akan mempengaruhi kinerja AC. Sehingga AC mobil mengeluaran bunyi.

  1. Kebocoran Pada Saluran AC

Penyebab AC mobil bunyi selanjutnya, dikarenakan kebocoran pada saluran AC. Saluran AC yang bocor membuat refigerant cepat habis. Hal ini menimbulkan gesekan pada piston dan bola-bola didalamnya semakin kencang. Sehingga AC mobil mengeluarkan bunyi yang berisik.

Nah, jika AC mobil bunyi kita tidak perlu khawatir. Berikut adalah cara memperbaiki AC mobil bunyi :

  1. Memperhatikan Rembesan Oli

Memperhatikan rembesan oli bisa bertujuan untuk melihat apakah AC mobil mengalami kebocoran atau tidak. Jika mengalami kebocoran, kita bisa mengatasi dengan air sabun. Kucurkan air sabun sedikit demi sedikit di titik yang mengalami kebocoran.

  1. Bersihkan Komponen Kompresor

Jika AC mobil bunyi, maka kemungkinan bearing bambu berkarat. Bersihkan bearing bambu menggunakan antikarat. Kemudian amplas menggunakan amplas yang halus. Jika sudah dibersihkan, masukkan oli kedalam kompresor.

  1. Penggantian Komponen Kompresor

Jika AC mobil bunyi kemungkinan komponen yang didalamnya sudah mengeras. Sehingga, tidak bisa menahan freon. Jika komponennya sudah mulai mengeras, maka ganti komponen yang sudah mengeras tadi. Sehingga, tidak ada lagi suara AC mobil bunyi karena komponen yang mengeras.

  1. Penggantian Kompresor AC

Jika cara memperbaiki AC mobil bunyi yang diatas sudah dilakukan namun Ac mobil tetap bunyi. Maka kemungkinan dinding silinder pada sudah mulai aus. Sehingga, langkah terakhir yang harus dilakukan melakukan penggantian kompresor AC. Karena kerusakan AC mobil sudah parah.

Itulah penyebab AC mobil bunyi dan cara memperbaiki AC mobil bunyi. Dengan ulasan di atas, kita pun bisa melakukan perawatan lebih terhadap AC mobil kita. Jika AC mobil bunyi kita tidak perlu khawatir dan bisa mengikuti cara diatas. Masih bingung?

Silahkan hubungi teknisi bengkel AC mobil resmi.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.