
Tak hanya mesin atau kaki-kaki mobil yang harus diservis secara rutin, AC mobil juga demikian. Harus diakui tidak semua pemilik mobil mengetahui tentang perbaikan AC dan mengetahui gejala AC mobil yang rusak bukan? Biasanya kalau rusak parah, AC-nya tidak dingin, kompresornya berisik bahkan macet. Nah, sama seperti perawatan mesin, perawatan AC secara berkala juga dianjurkan. Perhatikan perawatan AC secara berkala setiap 20.000 kilometer atau setiap tahun atau 4.000 jam pemakaian. Pada mobil baru, 10.000 kilometer pertama dilakukan oleh Fresh Service AC Mobil, yang meliputi pembersihan kondensor dan blower, pembersihan filter kabin.
Nah, biaya service baru outlet Cool AC ini sekitar Rp. 175.000. Kemudian disebut Servis Ringan di 20.000 km, servis tersebut meliputi pembersihan evaporator, penggantian filter kabin, penggantian pipa pengering, dan penggantian oli kompresor. Biaya servis ringan ini berkisar Rp 700.000 untuk mobil dengan AC tipe single blower, dan Rp 750.000 untuk mobil double blower. Selanjutnya dilakukan servis heavy duty pada jarak 40.000 km yang meliputi penggantian ekspansi depan single blower, ekspansi depan dan belakang twin blower, dan pembersihan evaporator. Biaya layanan berkisar dari Rp. 1,3 juta rupiah. 1,9 juta.
Setting AC Mobil yang Cocok untuk Suhu di Indonesia

Bagi pengemudi mobil yang sering bepergian di siang hari, AC (Air Conditioner) sudah tidak diragukan lagi menjadi barang yang wajib dimiliki agar tetap nyaman saat berkendara. Dalam cuaca panas, penggunaan AC di dalam mobil seringkali menjadi perdebatan, mengubah suhu ke pengaturan paling dingin atau bahkan meningkatkan putaran kipas untuk membuat hembusan lebih kencang dan efektif.
Pengaturan suhu sudah dikembalikan ke pengguna mobil karena setiap orang berbeda-beda. “Kalau suhunya paling dingin tapi blowernya bertiup pelan, akan memakan waktu yang relatif lama untuk mencapai suhu yang diinginkan. Yang terpenting pengaturan suhu di dalam mobil nyaman bagi pengemudi dan penumpang, tidak terlalu dingin maupun terlalu panas. Suhu AC saat panas bisa diatur sesuai kebutuhan pengemudi dan penumpang.
Jadi tidak ada nilai standar, keduanya (suhu ke terdingin atau putaran kipas meningkat) bisa diterapkan sesuai kebutuhan. Temperatur bisa diatur dulu, baru AC. Namun, mobil ukuran sedang biasanya sudah memiliki pengaturan AC otomatis. Pengemudi dapat menggunakan fitur ini untuk mengatasi cuaca panas.Pada fungsi AC otomatis, blower AC akan secara otomatis mengatur kecepatan sesuai suhu yang ditentukan, karena fungsi ini memiliki sensor suhu. Jadi ketika mencapai suhu yang ditentukan, Kipas AC akan mengurangi hembusan angin.
Dengan fitur ini, kabin menjadi lebih cepat dingin, terutama setelah parkir di bawah terik matahari. Jangan lupa setel tombol ventilasi kabin ke posisi open loop. Blower memang menjadi keras, tetapi secara bertahap berkurang jika suhu yang diinginkan tercapai. Terakhir, jangan arahkan kisi-kisi AC ke kaca spion, karena dapat menyebabkan kaca berembun dan berpotensi mengaburkan pandangan di kaca spion.
AC mobil tidak dingin karena bagian ini tersumbat

Wah, sulit dipercaya. AC mobil tidak dingin, mungkin bagian ini macet. Ya, katup ekspansi yang tersumbat akan memicu AC tidak dingin. Salah satu kekhawatiran terbesar saat membeli mobil bekas adalah AC tidak dingin. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemeriksaan yang lebih ketat pada komponen AC mobil bekas. Jika tidak dingin, mungkin disebabkan oleh penyumbatan atau penyumbatan katup ekspansi AC mobil. Jika katup ekspansi tersumbat, maka evaporator tidak bisa mendapatkan aliran freon yang cukup.
Baca Juga : Service AC Mobil di Rotary Bintaro Cabang Rawamangun
- Pipa pengering AC mobil
Memang, aliran tekanan Freon diperlukan sebagai bahan utama untuk memancarkan udara dingin pada AC otomotif. Katup Ekspansi AC Otomatis macet karena penggantian rakitan pengering penerima yang jarang. Pengering penerima diperlukan untuk menyaring partikel pengotoran yang datang bersama Freon dari kompresor. Akibatnya, aliran freon yang masuk ke evaporator lebih bersih. Jika pengering penerima tidak diganti secara teratur, kotoran dapat menumpuk.Seiring waktu, banyak kotoran bisa masuk ke evaporator. Sebelum masuk ke evaporator, kotoran bisa menumpuk di katup ekspansi, menghalanginya.

- Evaporator AC Mobil Bocor
Evaporator pada sistem pendingin udara mobil sering mengalami kerusakan, terutama pada mobil tua. Kerusakan evaporator biasanya terjadi pada bagian kisi yang bocor. Evaporator bocor sedikit saja bisa mengakibatkan berkurangnya refrigerant atau biasa disebut freon. Oleh karena itu, AC akan terasa kurang dingin. Jika evaporator AC bocor, apakah harus diperbaiki atau diganti dengan yang baru? Kalau evaporator bocor walau sedikit, lebih baik diganti yang baru. Sebenarnya evaporator ini bisa diperbaiki dengan mengelas aluminium, tapi karena dipanaskan juga menyebabkan bagian lain bocor.
Ini karena ketika bagian yang bocor dipanaskan dan diperbaiki, bagian di sebelahnya berubah struktur materialnya. Sehingga bila tekanan diberikan terus menerus maka akan menimbulkan lubang pada bagian lain. Biasanya bahan vaporizer aluminium lama menjadi rapuh dan mudah bocor, jadi sebaiknya diganti baru-baru ini. Evaporator yang diperbaiki akan bertahan tidak lebih dari 1 tahun atau lebih jika pengelasan perbaikan buruk. Akan lebih baik jika evaporator AC mobil diganti dengan produk asli atau merek terpercaya. Kalau pakai merk tidak jelas yang murah pasti tidak akan bertahan lama.
- Kompresor AC
Kompresor AC berfungsi sebagai refrigerant atau pompa aliran Freon agar dapat bersirkulasi ke seluruh komponen AC mobil. Freon akan dihisap oleh kompresor kemudian ditekan dan diedarkan ke seluruh sistem. Freon yang keluar dari kompresor akan bertekanan tinggi, berbentuk gas dan bertemperatur tinggi. Cara kerja kompresor sekarang menggunakan tenaga dari puli mesin, dimana poros kompresor dihubungkan dengan komponen kompresor untuk menggerakkan piston di dalam kompresor. Dengan penggunaan dan kurangnya perawatan, kompresor AC mobil bisa menjadi rusak.
Titik kerusakan paling umum pada kompresor AC mobil adalah pada valve dan packing group pada kompresor. Karena faktor usia, biasanya servis kompresor yang paling umum adalah valve dan packing set kompresor. Gejalanya suhu kompresor tinggi dan AC tidak dingin. Biaya penggantian valve dan packing compressor set di bengkel Jaya Denso AC adalah Rp 500.000 sudah termasuk spare part dan service. Setelah diperbaiki, biaya flushing (pengurasan) oli kompresor Rp 400.000, dibandingkan Rp 200.000 untuk oli kompresor merek Denso, atau Rp 100.000 untuk oli biasa.

Kemudian biaya pengering AC chill filter Rp 350.000, dan pengisian akhir perflon mulai dari Rp 200.000 untuk tipe tunggal dan Rp 400.000 untuk tipe ganda. Total biaya perbaikan kompresor AC di bengkel spesialis Service AC Mobil Rotary Bintaro sekitar Rp. 1,65 juta. Kalau kerusakannya hanya diperbaiki, tapi kalau kompresor kehilangan kompresi dan piston terbentur karena tidak pernah mengganti oli (kompresor), kami sarankan untuk mengganti kompresor, itu akan bertahan lebih lama.