Alasan Mobil Matic Wajib Injak Pedal Rem Setiap Dari Posisi Diam

#SahabatRotary,

Salah satu komponen yang ada di dalam mobil kita yang memiliki peran atau fungsi yang sangat penting dan vital adalah sistem transmisi. Dan jika kita berbicara mengenai mobil tersebut, tak lengkap rasanya jika kita tidak membicarakan mengenai sistem transmisi tersebut. Dimana seperti yang sudah kita ketahui bersama, sistem transmisi ini memiliki fungsi atau peran untuk mengendalikan dan memindahkan gigi yang memberikan torsi. Maka dengan adanya komponen atau sistem transmisi pada mobil anda, anda bisa mengatur atau mengendalikan sistem kemudi atau kecepatan pada mobil anda. Oleh karena itulah penting bagi anda untuk melakukan pengecekan dan perawatan secara berkala terhadap sistem transmisi ini, karena sistem transmisi ini sangat erat sekali hubungannya dengan keselamatan dalam berkendara.

Untuk itu dalam menentukan dan memilih jasa bengkel mana yang akan anda gunakan dalam melakukan perawatan rutin, sebaiknya anda jeli dan teliti. Pilihlah bengkel resmi yang jelas – jelas profesional dan memenuhi standar seperti kami, bengkel AC mobil resmi Rotary Bintaro. Kami bisa membantu segala permasalahan AC mobil yang anda sedang keluhkan tersebut. Yuk, datang ke cabang kami di Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Tangerang dan Bekasi. Untuk wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Pusat, hubungi kami untuk diarahkan ke bengkel resmi terdekat.

Berbicara mengenai sistem transmisi, tentunya kita sudah mengetahui bahwasannya pada mobil secara umum, terdapat dua jenis sistem transmisi yakni sistem transmisi manual dan sistem transmisi matik. Mobil bersistem transmisi matik muncul untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang semakin hari semakin meningkat. Target pasar paling tinggi adalah wanita karir yang hari – harinya sangat sibuk, namun tetap bisa mudah dan nyaman saat berkendara menggunakan mobil. Kedua sistem transmisi ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Dan anda sebagai pengguna mobil tersebut, tinggal menyesuaikan saja sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Dibuat senyaman – nyamannya saja ya.

Namun pada postingan ini, kami hanya akan membahas mengenai salah satu dari sistem transmisi tersebut, yakni sistem transmisi matik.

Mau tau bagaimana penjelasan lengkapnya mengenai sistem transmisi matik? Yuk simak ulasan dan penjabarannya!

Sistem Transmisi Matik

Pada umumnya, sistem transmisi matik ini memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan sistem transmisi manual.

Sistem transmisi matik sendiri, memiliki fungsi yang sangat penting yakni untuk mengurangi beban mesin karena adanya torque conventer yang menghubungkan semua sistem tersebut secara hidrolis. Namun meski demikian, sistem transmisi matik ini juga memiliki kekurangan yakni biaya perawatan yang lebih mahal, lebih boros bensin, harga barunya mahal namun pada saat dijual harganya turun, dan juga tidak mempunyai engine brake. Namun sistem transmisi matik ini cocok bagi mereka yang baru belajar menyetir, karena secara penggunaan mobil dengan sistem transmisi ini lebih simpel dan lebih sederhana jika dibandingkan dengan mobil dengan sistem transmisi manual.

Berbicara mengenai sistem transmisi matik, salah satu hal yang harus anda perhatikan adalah mengenai pengoperasian pemindahan tuas dari sistem transmisi tersebut. Karena pada sistem transmisi ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan, terutama pada saat mobil berpindah posisi dari diam atau bergerak melawan, anda harus benar – benar teliti dalam hal ini.

Lantas mengapa pada saat berpindah posisi dari diam anda harus menginjak pedal rem dari posisi diam pada sistem transmisi matik tersebut? Akan kami berikan penjelasan bagi anda, agar saat berkendara menggunakan mobil matic menjadi lebih nyaman dan aman.

Jawaban Mobil Matik Wajib Injak Pedal Rem Setiap Dari Posisi Diam

Beriktut hal yang harus anda perhatikan pada saat anda akan berpindah dari posisi diam pada mobil dengan sistem transmisi matik tersebut.

Pada saat anda akan berpindah posisi dari diam, maka anda harus menginjak pedal rem mobil anda karena bertujuan untuk membuat keadaan lebih safety. Selain itu hal ini juga bertujuan agar mobil anda tidak mengalami yang sering disebut dengan ndosor. Kondisi seperti ini akan membuat umur sistem transmisi dalam mobil anda menjadi lebih cepat aus dan rusak. Dan pada saat ini terjadi, tentunya anda harus menyediakan budget yang lebih besar agar memastikan onderdil atau sistem transmisi tersebut bisa berjalan dengan baik dan benar.

Selain itu, hal lainnya yang juga harus anda perhatikan adalah pastikan pada saat memindahkan sistem transmisi antara P R N, terutama pada gerak berlawanan atau sebut saja dari D ke N, maka pastikan posisi mobil anda dalam konsisi diam. Sebut saja pada saat anda parkir dan melakukan gerakan maju mundur. Bila dari D ke R serta R ke P maka pastikan mobil anda dalam posisi diam. Karena pada saat anda melakukan perpindahan tuas dalam posisi mobil bergerak, maka kondisi tersebut akan menyebabkan komponen pada gearbox mesin kendaraan anda menjadi stress, ternyata mobil bisa stress juga ya. Sehingga hal ini akan berpengaruh kepada awet atau tidaknya komponen yang ada pada sistem transmisi secara keseluruhan. Karena dua komponen yang arah gerakannya berlawanan bertemu, maka akan terjadi gesekan yang berlebih yang mengakibatkan adanya rasa stress berlebih pada komponen tersebut. Dampak gesekan yang belebih ini, bisa menyebabkan komponen di dalam gearbox cepat aus dan juga oli pada sistem transmisi cepat panas. Kemudian pada akhirnya akan menyebabkan terjadinya overheating dan berujung pada kerusakan sistem transmisi mobil anda secara keseluruhan.

Itulah jawaban mengapa mobil matik wajib injak pedal rem setiap dari posisi diam yang selama ini mungkin belum anda ketahui. Kami harap setelah membaca penjelasan di atas, anda bisa langsung mempraktekkan pada mobil sistem transmisi matik yang anda miliki agar tak terjadi overheating pada mobil anda.

Sebagai informasi tambahan, jika anda sudah terlanjur melakukan kebiasaan yang salah, namun sekarang setelah membaca artikel ini anda baru mengetahuinya, tidak usah khawatir ya. Anda bisa melakukan pengecekan secara berkala ke bengkel resmi yang akan membantu anda mengatasi masalah yang terjadi. Selanjutnya setelah masalah tersebut bisa ditangani dengan baik, maka anda bisa menerapkan cara yang kami berikan tersebut, agar mobil anda bisa tetap fit peformanya saat digunakan. Jangan lupa, selain merawat transmisi matic mobil, AC mobil juga harus dirawat. Rotary Bintaro bisa menjadi bengkel AC mobil andalan anda dalam merawat dan memperbaiki AC mobil tentunya. Tim kami terdiri dari montir-montir Indonesia berpengalaman dan manajemen yang mumpuni. Sebagai bengkel resmi AC mobil, kami melakukan perawatan dan pekerjaan sesuai standar yang disarankan bengkel resmi Denso loh.

Semakin banyak anda membaca dan mencari bahan bacaan bermanfaat, pastinya anda akan menjadi mempunyai banyak pengalaman. Pengalaman tersebut bisa anda praktekkan pada kehidupan sehari – hari dan sharingkan kepada teman – teman anda.

Mengisi waktu luang dengan membaca artikel seperti yang kami sediakan ini, tidak akan merugikan kok bagi anda. Justru akan sangat membantu bagi anda khususnya dalam menangani masalah secara mandiri dan bisa digunakan dalam kondisi darurat. Semoga bisa membawa manfaat bagi anda semua. Jangan sungkan – sungkan ya, untuk berkonsultasi, bersharing ria, atau pun bertukar pikiran dengan kami untuk mendapatkan solusi terbaik atas permasalah yang sedang anda hadapi.

booking service

Tinggalkan komentar