Mobil yang melintasi tanjakan memang memerlukan tenaga yang lebih besar jika dibandingkan ketika melintasi jalanan yang menurun atau datar. Mesin mobil akan mati di tengah jalan apabila mesin mobil tidak dapat menghasilkan tenaga yang kuat ketika menanjak. Pada umumnya jalanan yang menanjak ini dapat ditemukan di daerah pegunungan. Sebaiknya jika melintasi jalanan yang menanjak pastikan bahwa mobil dalam kondisi prima dengan performa yang maksimal.

Sebaliknya, dengan kondisi mobil yang kurang maksimal bisa menimbulkan masalah yang perlu diwaspadai. Biasanya mobil akan kehilangan tenaga ketika melintasi jalanan yang menanjak,. Lalu apakah penyebabnya? Nah, Bengkel AC mobil Kedoya akan mengulas sedikit tentang penyebab mobil hilang tenaga saat tanjakan. Yuk, simak ulasannya di bawah ini agar Anda semakin tahu.

Apa Penyebab Mobil Hilang Tenaga Saat Tanjakan?

1. Kondisi saluran bahan bakar yang kotor

Menurut bengkel AC mobil Kedoya, salah satu penyebab mobil hilang tenaga saat menanjak adalah kondisi saluran bahan bakar yang kotor. Saluran bahan bakar pada mobil terdiri dari tangki bahan bakar dan injektor. Kotoran yang masuk kedalam sistem injeksi bisa tersumbat sehingga mesin mobil akan mengalami loss power dan bahkan mesin mobil akan mati mendadak. Kotoran yang menumpuk pada saluran bahan bakar akan membuat aliran bahan bakar terhalang dan akan membuatnya tersumbat.

2. Turbo vane yang bermasalah

Jika mobil Anda menggunakan mesin diesel mungkin akan mengalami penyebab hilangnya tenaga mobil ketika menanjak. Pada umumnya mobil dengan komponen turbo ini memiliki turbo vane, fungsinya untuk mengatur boost pressure. Rasio mobil akan mengalami peningkatan ketika mendapatkan supplai udara yang berlebihan apabila boost preasure tidak diatur dengan baik. Hal tersebut dapat membuat mobil menjadi tidak bertenaga serta mesin mobil akan mengalami overheat.

3. Tapak ban yang melebar

Penyebab mobil tidak bertenaga saat menanjak menurut bengkel AC mobil Kedoya adalah tapak ban yang melebar. Tenaga yang dibutuhkan mobil akan menjadi lebih besar ketika tapak ban sudah terlalu lebar. Oleh karena itu, memilih ban harus yang telah direkomendasikan oleh pabrikan agar bisa melintasi jalan raya dengan lancar.

4. Mobil terlalu banyak membawa beban berat

Mobil yang terlalu membawa beban berat yang melebihi kapasitas yang direkomendasikan ini dapat menjadi penyebab mobil hilang tenaga saat tanjakan. Biasanya mobil yang berjenis LCGC atau low MPV biasanya sering terkena masalah satu ini. Mobil dengan jenis tersebut rata-rata memiliki kapasitas mesin 1.0 l sampa 1.5 l, namun dipaksakan membawa banyak barang. Untuk mengatasinya Anda dapat membawa barang bawaan secukupnya ketika akan melintasi jalanan tanjakan.

5. Kampas kopling yang mulai habis

Mobil akan hilang tenaga ketika melintasi jalanan yang menanjak, salah satu penyebabnya kampas kopling mulai habis. Kampas kopling akan menjadi cepat aus jika terlalu sering menggunakan setengah kopling ketika menanjak. Inilah yang akan membuat pressure plat dan plat kopling yang bergesekan.

Apabila Anda merasa sedikit kesulitan ketika memindahkan gigi transmisi biasanya kampas kopling habis. Untuk itu mengganti kampas kopling dengan yang baru. Sebaiknya Anda juga tidak memaksakan diri untuk melintasi jalan yang menanjak karena sangat membahayakan diri atau orang lain.

Demikian ulasan mengenai penyebab tenaga habis ketika melintasi jalanan menanjak. Untuk mobil atau AC yang bermasalah, Anda dapat menghubungi bengkel spesialis AC mobil terdekat, seperti bengkel AC mobil Rotary Bintaro cabang Veteran, bengkel AC mobil Rotary Bintaro cabang Ciledug bengkel AC mobil Rotary Bintaro cabang Kedoya. Tentunya akan memberikan pelayanan dan perawatan terbaik untuk mobil kesayangan Anda.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.