Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Magnetic Clutch AC Mobil?
Cegah Masalah Magnetic Clutch AC Mobil dengan Service Rutin

Hai #SahabatRotary

AC mobil merupakan salah satu bagian dari mobil yang juga membutuhkan perhatian seperti bagian mobil yang lainnya. Namun kadang pemilik mobil hanya memperhatikan kebersihan bodi agar mobil tetap terlihat menawan sehingga rajin mencuci mobil, baik dicuci sendiri atau menggunakan jasa cuci mobil.

Selain itu, yang juga sering mendapatkan perhatian penuh adalah mesin mobil. Tidak dipungkiri jika mesin mobil memang salah satu hal yang penting sehingga dibutuhkan perawatan secara rutin agar performa mobil bisa tetap terjaga. Namun sebenarnya tidak hanya bodi dan mesin mobil saja, AC mobil juga membutuhkan perawatan.

Baca juga : Sepenting Apa Kita Melakukan Service AC Mobil Rutin

Kebiasaan Buruk Apa yang Bisa Berpengaruh Pada Magnetic Clutch AC Mobil?

AC mobil memang kadang keberadaannya dianggap sepele dan sering terlupakan. Hal ini membuat pemilik atau penggunanya kadang tidak menyadari bahwa perilaku yang dilakukan setiap saat pada mobil merupakan hal buruk yang bisa mempengaruhi pada AC mobil terutama pada komponen-komponennya, termasuk Magnetic Clutch.

Masalah yang sering muncul karena kebiasaan buruk yang selalu dilakukan adalah karena kurangnya perhatian pada AC mobil sehingga tidak pernah atau jarang melakukan service AC mobil. Jarangnya melakukan service tersebut bisa menimbulkan banyak hal. Salah satunya yang paling terlihat dari kebiasaan buruk ini adalah berkurangnya kinerja dari setiap komponen AC mobil.

Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Magnetic Clutch AC Mobil?

Bisa dikatakan jika masalah yang dapat terjadi pada Magnetic Clutch AC mobil bisa sangat beragam dengan penyebab yang beragam pula. Salah satu masalah yang bisa terjadi adalah AC mobil yang tiba-tiba menjadi tidak dingin, keluhan ini biasanya disebabkan oleh Magnetic Clutch yang rusak.

Magnetic Clutch yang rusak ini akan membuat kompresor tidak berputar maka freon tidak akan terpompa ke seluruh sistem AC mobil. Jika sudah begini maka terlihat jelas jika fungsi AC mobil menjadi tidak maksimal.

Jika AC mobil kadang panas dan kadang dingin maka salah satu penyebabnya adalah karena Magnetic Clutch kondisinya lemah. Atau bisa juga masalah yang timbul berupa bunyi yang berisik pada AC mobil ketika dalam keadaan menyala. Pada keluhan tersebut bisa disebabkan oleh Magnetic Clutch sudah berkarat.

Penyebab lain dari adanya suara berisik atau kasar pada AC mobil namun AC tetap terasa dingin adalah suara yang berasal dari Magnetic Clutch karena pergesekan permukaan magnet pulley dengan pelat Center Piece yang salah satu permukaan dari komponennya sudah tidak rata.

Tak hanya itu saja, keluhan lain yang ada pada Magnetic Clutch adalah Magnetic Clutch yang macet. Penyebab dari macetnya Magnetic Clutch cukup beragam, salah satu penyebab yang paling umum adalah karena bearing aus atau mobil digunakan untuk melintasi tempat yang banjir. Selain itu, bisa juga karena magnet coil yang mengalami korslet sehingga membuat bearing pulley terbakar.

Baca juga : Biaya Service AC Mobil Berdasarkan Kerusakan dan Perbaikannya

Cegah Masalah Magnetic Clutch AC Mobil dengan Service Rutin

Sangat terlihat jika banyak sekali yang bisa membuat Magnetic Clutch bermasalah dan semua masalah tersebut bisa dicegah dengan melakukan service rutin. Service yang secara rutin dilakukan akan sangat bermanfaat karena bisa segera tahu jika terjadi masalah pada Magnetic Clutch atau komponen AC mobil yang lainnya sehingga masalah tersebut bisa cepat diatasi.

Itulah sedikit ulasan tentang apa saja masalah yang bisa terjadi pada Magnetic Clutch AC mobil.

Semoga bermanfaat.

Senang berbagi.

booking service