Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Selang dan Pipa AC Mobil?
Cegah Masalah Selang dan Pipa AC Mobil dengan Service Rutin

Hai #SahabatRotary

Selang dan pipa AC mobil merupakan salah satu komponen pendukung AC mobil yang terbuat dari bahan-bahan tahan suhu tinggi dan kandungan kimia. Seperti selang yang terbuat dari bahan karet sintetis yang khusus dirancang agar bisa tahan pada tekanan suhu tinggi dan bisa tahan pada kandungan kimia dari refrigerant. Sedangkan pipa terbuat dari bahan alumunium atau bisa juga terbuat dari tembaga atau besi.

Selang dan pipa pada AC mobil ini berfungsi sebagai media penghubung dan penghantar tekanan freon ke seluruh bagian komponen AC mobil. Keduanya berfungsi sama, yang berbeda hanya pipa harus menempel pada benda atau komponen yang tidak bergerak karena memiliki sifat yang mudah patah sedangkan selang lebih fleksibel karena memang berbahan karet dan selang ini digunakan untuk komponen yang bergerak seperti kompressor.

Baca juga : Bagaimana Memperbaiki AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin?

Kebiasaan Buruk Apa yang Bisa Berpengaruh Pada Selang dan Pipa AC Mobil?

Memiliki mobil tentunya harus dilakukan perawatan yang maksimal agar performa mobil bisa tetap prima. Perawatan tersebut harus dilakukan untuk semua bagian mobil, seperti bodi, ban, mesin, atau bahkan AC mobil. Namun sering sekali pemilik mobil atau penggunanya melakukan kebiasaan buruk, terlebih pada AC mobil sehingga tak jarang ditemukan AC mobil yang memiliki masalah serius.

Kebiasaan buruk yang sering ditemukan adalah jarang melakukan service pada AC mobil sehingga selang dan pipa menjadi bermasalah. Jika sudah begini maka AC mobil tidak bisa berfungsi dengan baik.

Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Selang dan Pipa AC Mobil?

Tak sedikit masalah yang bisa terjadi pada selang dan pipa AC mobil, salah satunya adalah pipa yang tersumbat oleh oli atau terdapat serpihan dari kotoran gram kompressor atau silika gel yang jebol dari dryer filter akibat terlalu lama tidak diganti.

Selain itu, masalah juga bisa terjadi pada selang dan pipa jika kompressor AC mobil jebol. Masalah ini bisa membuat komponen yang ada di dalam kompressor menjadi tergerus dan termakan oleh freon yang bersirkulasi ke seluruh sistem AC mobil.

Hal ini akan membuat kotoran gram menjadi menyebar ke seluruh saluran AC, termasuk juga pipa dan selang AC mobil. Oleh karena itu, saat kompressor jebol yang harus diganti adalah semua komponen utama seperti kondensor, dryer filter, expansi valve, dan evaporator serta komponen pendukung seperti pipa dan selang.

Baca juga : Tidak Selamanya Merawat AC Mobil Itu Susah, Ini Buktinya!

Cegah Masalah Selang dan Pipa AC Mobil dengan Service Rutin

Untuk menghindari adanya masalah pada selang yang bisa menimbulkan kerusakan pada AC mobil, segera cegah masalah selang dan pipa AC mobil dengan service rutin. Melakukan service rutin akan membuat kinerja AC mobil bisa tetap baik karena selain selang dan pipa, komponen yang lain juga akan terjaga dari berbagai masalah AC mobil yang bisa saja muncul.

Selain bisa menjaga komponen agar tetap berfungsi dengan baik, melakukan service rutin juga akan membuat komponen terhindar dari kerusakan yang lebih parah karena kerusakan yang terjadi bisa diketahui lebih cepat. Dengan begini maka tidak hanya menjaga komponen AC mobil tetap baik tapi juga bisa lebih menghemat biaya yang digunakan untuk service AC mobil.

Itulah sedikit ulasan tentang apa saja masalah yang bisa terjadi pada selang dan pipa AC mobil.

Semoga bermanfaat.

Senang berbagi.

booking service