Bagaimana Cara Memperbaiki Dryer Filter AC Mobil Bermasalah?

Kebiasaan Buruk Pemilik Mobil yang Bisa Merusak Dryer Filter AC Mobil?
Segera Service Rutin Dryer Filter AC Mobil Bermasalah

Hai #SahabatRotary

Dryer filter merupakan salah satu komponen utama pada AC mobil yang juga disebut dengan receiver dryer. Komponen yang satu ini terletak di antara kondensor dan expansi valve. Dryer filter memiliki beberapa komponen di dalamnya yaitu filter, desiccant, sight glass, dan fusible plug. Namun perlu diketahui jika sight glass biasa ditemui pada dryer filter pada mobil buatan tahun 2000 dan pada tahun 2003 ke atas, komponen sight glass terpisah dengan dryer filter.

Bisa dikatakan jika dryer filter merupakan salah satu komponen vital yang fungsinya sangat berpengaruh pada AC mobil. Dryer filter berfungsi untuk menyaring segala kotoran yang ikut bersirkulasi bersama freon agar tidak mengganggu freon yang juga akan melewati expansi valve yang berukuran kecil. Jika ada kotoran yang ikut dengan aliran freon maka kotoran tersebut akan menyumbat freon yang bersirkulasi.

Selain itu, dryer filter juga berfungsi untuk menyerap air yang terkandung pada freon sehingga freon bisa melewati expansi valve dengan aman tanpa tersumbat oleh sisa air yang nantinya bisa membeku.

Baca juga : Ternyata Tidak Boleh Asal-asalan Memilih Bengkel Mobil

Kebiasaan Buruk Pemilik Mobil yang Bisa Merusak Dryer Filter AC Mobil?

Saat ini kebanyakan mobil memiliki fitur AC namun kadang pemilik mobil atau penggunanya melakukan hal-hal kecil yang bisa merusak dryer filter atau komponen lain yang bisa mengganggu fungsi AC mobil. Kebiasaan buruk tersebut sangat beragam, salah satunya adalah kabin mobil yang kotor atau bisa juga karpet yang kotor karena jarang dibersihkan. Merokok di dalam mobil juga akan mempengaruhi kinerja AC mobil meskipun dampaknya tidak langsung terasa.

Kebiasaan buruk lain yang sering ditemui adalah jarang melakukan service sehingga kondisi komponen AC mobil yang bermasalah tidak diketahui dengan cepat. Jika sudah begini maka komponen yang bermasalah kondisinya akan semakin memburuk dan kerusakan pada AC mobil tidak bisa dihindari.

Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Dryer Filter AC Mobil Karena Kebiasaan Buruk Itu

Ada beberapa masalah yang bisa terjadi pada dryer filter AC mobil karena kebiasaan buruk yang biasa dilakukan oleh pemilik mobil. Salah satunya adalah terjadi penyumbatan pada dryer filter. Dryer filter yang tersumbat ini bisa membuat angin yang keluar pada kisi-kisi AC mobil berupa asap atau kabut.

Banyak sekali yang bisa menjadi penyebab dryer filter tersumbat, salah satunya adalah kotoran pada freon yang bersirkulasi. Selain itu, silika dryer filter sendiri juga bisa menjadi penyebab penyumbatan. Silika tersebut bisa terlepas dari tempatnya sehingga saluran freon akan tertutup.

Baca juga : Tips Memilih Bengkel AC Mobil

Segera Service Rutin Dryer Filter AC Mobil Bermasalah

Agar kondisi AC mobil bisa terjaga, perlu dilakukan perawatan yang baik pada AC mobil. Segera service rutin dryer filter AC mobil bermasalah agar kerusakan tidak menyebar ke bagian AC mobil yang lainnya. Dengan begini maka tidak hanya dryer filter yang terjaga tapi juga komponen AC mobil yang lainnya.

Dengan melakukan service rutin maka banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan. Pemilik mobil akan tahu kondisi AC mobil yang dimiliki dengan cepat dan ketika terjadi masalah pada komponen akan segera ditangani sehingga kerusakan tidak bertambah parah. Biaya perbaikan yang akan dikeluarkan juga tidak akan bertambah besar jika masalah pada komponen AC mobil bisa segera diperbaiki.

Itulah sedikit ulasan tentang cara memperbaiki dryer filter AC mobil bermasalah.

Semoga bermanfaat.

Senang berbagi.

booking service

Tinggalkan komentar