Bagaimana Cara Memperbaiki Evaporator AC Mobil Bermasalah?


Share :

#SahabatRotary

Evaporator merupakan salah satu bagian dari AC mobil yang keberadaannya sangat penting. Evaporator berfungsi untuk menjadi media penghantar dingin yang dibantu dengan angin blower. Atau dengan kata lain, evaporator yang juga disebut dengan cooling unit ini bertugas untuk mengeluarkan hawa sejuk di dalam kabin mobil.

Selain evaporator, AC mobil juga memiliki bagian yang lain. Bagian-bagian tersebut memiliki tugas yang berbeda-beda namun saling terkait antara satu sama lain. Seperti hubungan evaporator dengan condensor yang harus memiliki jumlah yang sama pada udara panas yang diserap oleh evaporator dengan jumlah udara dingin yang diserap oleh condensor.

Kebiasaan Buruk Pemilik Mobil yang Bisa Merusak Evaporator AC Mobil?

Merawat mobil yang dimiliki adalah kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan. Tidak hanya perawatan bodi mobil yang harus selalu bersih atau performa mesin mobil yang selalu terjaga, AC mobil juga membutuhkan perawatan agar bagian-bagian AC mobil lebih awet dan AC mobil bisa berfungsi dengan baik.

Namun kadang meskipun sudah dilakukan perawatan, gangguan pada evaporator tetap saja terjadi. Salah satu penyebab yang umum terjadi adalah karena kebiasaan buruk pemilik mobil yang bisa merusak evaporator. Salah satu kebiasaan buruk tersebut adalah membuka kaca jendela terlalu sering.

Baca juga : Flushing dan Perawatan Rutin Bisa Hemat Harga Biaya Service AC Mobil

Selain itu, merokok di dalam mobil serta kabin dan karpet mobil yang kotor juga merupakan kebiasaan buruk yang sampai sekarang banyak ditemui. Lebih baik jaga kondisi kabin dan karpet dalam keadaan bersih agar selain kabin menjadi bersih dan evaporator terjaga, penumpang juga akan merasakan kenyamanan ketika melakukan perjalanan.

Baca Juga :  Mau Mobil Avanza Awet? Lakukan Tips Ini!

Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Evaporator Karena Kebiasaan Buruk Itu?

Banyak sekali masalah yang bisa terjadi pada evaporator karena kebiasaan buruk pemilik mobil yang tidak juga berubah. Salah satu masalah yang bisa terjadi pada evaporator adalah AC mobil tidak dingin. Selain itu, evaporator juga bisa bocor, kotor, menimbulkan bau yang tidak sedap, dan hembusan angin AC yang lambat atau kecil.

Bagaimana Cara Memperbaiki Evaporator Bermasalah?

Cara memperbaiki evaporator bermasalah cukup beragam, jika evaporator kotor maka yang bisa dilakukan adalah service. Namun jika evaporator sudah bocor dan terjadi korosi maka tidak akan bisa dilas karena material yang dimiliki evaporator terbuat dari alumunium dan saat ini tipe mobilnya menggunakan evaporator dengan bahan tipis, berbeda dengan mobil yang diproduksi sebelum tahun 2000an yang memiliki bahan tebal.

Baca juga : Rekomendasi Bengkel Mobil Jago dan Jujur

Dengan kata lain, jika mobil yang Anda miliki merupakan keluaran lama atau tipe mobil jadul maka saat evaporator bocor masih ada kemungkinan dapat dilas. Namun jika mobil keluaran baru yang evaporatornya bocor kemudian dilas maka pasti akan langsung berpindah ke titik lain yang sudah keropos atau korosi.

Segera Service Rutin Evaporator Bermasalah

Langkah yang tepat untuk menangani masalah evaporator adalah segera service rutin evaporator bermasalah. Melakukan service rutin akan memberikan banyak sekali manfaat untuk Anda. Salah satunya adalah bisa mengetahui dengan cepat kondisi yang dimiliki oleh evaporator atau bagian AC mobil yang lainnya.

Melakukan service rutin juga bisa membuat Anda segera mengambil tindakan jika diketahui terjadi masalah. Dengan begini maka evaporator yang bermasalah tidak akan menularkan kerusakan ke bagian AC mobil yang lain dan kerusakan tersebut tidak akan bertambah parah karena akan segera ditangani.

Baca Juga :  Membongkar Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Xenia

Itulah sedikit ulasan tentang cara memperbaiki evaporator bermasalah.

Senang bisa berbagi,

Semoga bermanfaat.

booking service

Share :

No comment

Leave a Reply