Hai #SahabatRotary

Mobil merupakan perangkat atau alat yang bisa digunakan sebagai moda transportasi, baik itu untuk mengangkut barang atau manusia. Namun saat ini yang lebih banyak adalah menggunakan mobil sebagai sarana untuk berlibur, melakukan perjalanan bisnis, atau yang lainnya. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya angkutan umum atau bahkan banyak ditemui usaha persewaan mobil.

Jika melihat banyaknya orang yang memilih, maka bisa dipastikan jika lebih banyak yang suka melakukan perjalanan menggunakan mobil daripada moda transportasi yang lain. Ketika diperhatikan dengan baik, banyak faktor yang menyebabkan mobil menjadi pilihan namun salah satu alasan yang sangat jelas adalah faktor kenyamanan.

Perlu diingat bahwa rasa nyaman tersebut tidak hanya karena menggunakan mobil untuk perjalanan bisa terhindar dari panas atau hujan tapi juga dari berbagai fitur yang terdapat pada mobil, salah satunya adalah AC mobil.

Lihat Juga :

Kebiasaan Buruk Pemilik Mobil yang Bisa Merusak Kompressor AC Mobil?

Tak sedikit pemilik mobil yang hanya suka memakai mobil tapi jarang memperhatikan kondisi mobil yang dimiliki. Hal ini merupakan kebiasaan buruk pemilik mobil yang bisa merusak kompressor AC mobil serta komponen lain dari AC mobil. Ketika kompressor rusak maka AC mobil tidak bisa berfungsi dengan maksimal sehingga kabin mobil akan terasa panas dan tidak nyaman.

Saat perawatan AC mobil secara rutin tidak dilakukan maka pemilik mobil tidak bisa mengetahui kondisi komponen-komponen pada AC mobil. Jika sudah begini maka ketika ada kerusakan atau gejala awal pada komponen tidak akan diketahui. Dan saat kerusakan tersebut benar-benar tidak diketahui sampai lama maka kerusakan yang sebenarnya hanya terjadi pada satu komponen bisa menyebar ke komponen yang lainnya.

Baca Juga :

Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Kompressor AC Mobil Karna Kebiasaan Buruk Itu

Ketika kebiasaan terus berlangsung dan tidak diperbaiki maka fungsi AC mobil tidak akan maksimal karena terjadi kerusakan pada komponen seperti kompressor AC mobil. Karena memang menjadi salah satu komponen terpenting maka tidak aneh jika kerusakan yang terjadi pada kompressor bisa sangat mempengaruhi kualitas AC mobil. Salah satu masalah yang terjadi pada kompressor dan paling sering ditemui adalah kekurangan oli yang menyebabkan kompressor macet.

Selain kekurangan oli, penyebab lain dari kompressor yang macet adalah kompressor yang sudah aus dan hal ini ditandai dengan adanya bunyi yang kasar. Bearing puli kompressor yang rusak juga bisa menjadi penyebab dari macetnya kompressor.

Jika pemilik mobil memiliki mobil Eropa keluaran di atas tahun 2000 yang menggunakan kompressor sistem sensor tanpa magnetic clutch maka kasus yang biasa ditemui adalah kadang panas kadang dingin. Masalah ini disebabkan dari adanya sensor selenoed yang sudah mulai lemah.

Bagaimana Cara Memperbaiki Kompressor AC Mobil Bermasalah?

Hmm, caranya cuma 1 saja #SahabatRotary

Service rutin

Yap, segera service rutin kalau AC mobil mulai mermasalah.

Untuk menghindari berbagai macam kerusakan atau masalah pada komponen AC mobil, tidak ada salahnya jika segera membiasakan diri untuk melakukan service rutin kompressor AC mobil. Dengan segera service rutin kompressor AC mobil bermasalah maka akan banyak sekali manfaat yang didapatkan, salah satunya adalah agar tidak merusak komponen AC mobil yang lain.

Selain itu, dengan melakukan service secara rutin maka kerusakan pada komponen AC mobil tidak bertambah parah. Pencegahan yang dilakukan tersebut akan menghindarkan pemilik mobil dari biaya perbaikan yang semakin besar karena bisa mengetahui kerusakan yang terjadi sedini mungkin.

Itulah sedikit ulasan tentang cara memperbaiki kompressor AC mobil bermasalah.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.