Kebiasaan Buruk Pemilik Mobil yang Bisa Merusak Expansi Valve AC Mobil?
Segera Service Rutin Jika Expansi Valve AC Mobil Bermasalah

Hai #SahabatRotary

Expansi valve merupakan salah satu bagian yang ada di AC mobil. Selain expansi valve masih ada bagian yang lainnya, seperti compressor, condensor, filter dryer, dan evaporator. Semua bagian tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda dan saling terhubung satu sama lain sehingga AC mobil bisa berfungsi dan mendinginkan kabin mobil.

Ekspansi valve memiliki salah satu bagian yang berupa membran yang bisa terbuka dan tertutup. Bisa dikatakan jika valve merupakan katup yang bisa membuka dan menutup yang prosesnya dilakukan oleh thermostat.

Cara kerja AC mobil ini cukup sederhana yaitu ketika kabin memiliki suhu yang panas maka valve akan terbuka dengan lebar. Hal ini akan membuat aliran refrigerant akan lebih banyak digunakan untuk mendinginkan kabin. Begitu juga sebaliknya, jika kabin dalam suhu yang rendah maka valve hanya terbuka sedikit sehingga refrigerant yang diberikan akan lebih sedikit.

Baca Juga : Apa Saja Komponen AC mobil yang Perlu Untuk Dirawat Rutin?

Kebiasaan Buruk Pemilik Mobil yang Bisa Merusak Expansi Valve AC Mobil?

Expansi valve merupakan salah satu bagian yang penting agar AC mobil bisa berfungsi dengan normal karena fungsinya yang saling terhubung dengan bagian lain. Ketika terjadi masalah pada expansi valve AC mobil penyebabnya bisa karena berbagai hal. Namun kebiasaan buruk pemiliki mobil yang bisa merusak expansi valve AC mobil juga bisa menjadi salah satu penyebab.

Kebiasaan buruk pemilik mobil yang bisa merusak ekspansi valve AC mobil tersebut terjadi karena pemilik mobil tidak melakukan perawatan rutin. Melakukan perawatan secara rutin harus dilakukan agar kinerja semua bagian AC mobil bisa lebih maksimal. Jangan hanya melakukan perawatan mesin atau hanya mencuci mobil saja tapi perhatikan juga bagian penting lainnya, seperti AC mobil.

Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Expansi Valve AC Mobil Karena Kebiasaan Buruk Itu?

Ketika AC mobil kurang mendapatkan perawatan maka sistem saluran freon bisa tersumbat. Hal ini membuat AC tidak dingin dan untuk mengatasinya Anda harus membawa mobil ke bengkel AC mobil agar mobil bisa ditangani dengan benar. Jika bagian yang tersumbat sudah dibersihkan maka AC mobil akan berfungsi dengan normal sehingga kabin bisa kembali terasa sejuk dan penumpang bisa menikmati perjalanan yang menyenangkan.

Baca Juga : AC Mobil Panas dan Hanya Keluar Angin Saja :Β #ServiceACMobilΒ Honda Jazz

Segera Service Rutin Jika Expansi Valve AC Mobil Bermasalah

Sudah disebutkan jika kebiasaan buruk bisa berakibat buruk pada mobil dan untuk mengindari berbagai masalah yang akan muncul, segera service rutin expansi valve bermasalah. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan ketika melakukan service AC mobil secara rutin, salah satunya adalah lebih cepat mengetahui kerusakan expansi valve sehingga bagian AC mobil yang lain juga tidak rusak.

Perlu diketahui jika AC mobil terhubung dengan bagian mobil yang lain sehingga jika salah satu bagian AC mobil rusak atau bahkan AC mobil itu sendiri yang rusak dan tidak segera diketahui maka kerusakan bisa menyebar ke bagian yang lain. Oleh karena itu lakukan service AC mobil secara rutin agar kerusakan tidak bertambah parah. Selain itu, dengan mengetahui kerusakan lebih cepat maka biaya perbaikan yang dikeluarkan juga tidak bertambah besar.

Pastikan untuk memilih bengkel AC mobil yang sudah terjamin kualitasnya dan memiliki mekanik profesional yang sudah memiliki banyak jam terbang. Pemilihan bengkel AC mobil yang tepat akan membuat mobil Anda ditangani dengan profesional.

Itulah sedikit ulasan tentang cara memperbaiki valve bermasalah.

Semoga bermanfaat.

Senang bisa berbagi.

booking service