Bagaimana Cara Mencegah AC Mobil Bau Gosong?


Share :

Jika kita menyalakan mobil kita lalu tiba-tiba berbau. Itu sebenarnya hal yang biasa. Itu sangat mungkin bisa terjadi. Jadi sebagai pengguna mobil yang awam untuk urusan memperbaiki mobil. Jangan panik duluan ya. Karena memang pembakaran mesin berbau seperti itu.

Tetapi bagaimana jika asal bau gosong adalah dari AC Mobil?

Sebagai pengendara mobil yang mengalami hal ini sudah pasti kita langsung takut dengan hal tersebut. Tetapi tak perlu berlebihan. Karena setiap masalah ada jalan keluarnya sama juga dengan urusan bau gosong ini. Jika sudah terlanjur terjadi AC mobil bau gosong. Kalian bisa melakukan service ke bengkel AC Mobil silahkan langsung bergerak ke bengkel spesialis AC mobil.

Bagaimana Cara Mencegah AC Mobil Bau Gosong?

Kalau tidak ingin keluar uang banyak dan ingin menambah ilmu bisa juga sih dengan memperbaikinya sendiri. Karena faktanya tidak bisa kita pungkiri memang ada saja pengguna mobil yang penasaran. Tetapi dari pengalaman teknisi kita ada yang bertambah parah.

Maka dari sudut pandang teknisi dan bengkel spesialis AC mobil. Kita menyarankan untuk pengguna mobil berkonsultasi dengan bengkel spesialis AC mobil. Maka dari itu silahkan di simak berikut ini. Cara mencegah AC mobil bau gosong dengan mudah dan cepat yaitu:

1. Mengganti Oli pada Kompresor di AC Mobil

Jika kita mencium bau gosong dari AC Mobil. Maka yang pertama diperiksa sama teknisi adalah bagian kompresornya.  Karena sering sekali oli dari kompresor yang tidak diganti dalam tempo waktu yang sudah terlalu lama akan berdampak buruk. Fungsi oli yang awalnya yang baik malah berbalik merusak kompresor itu sendiri.

Baca Juga :  Tahu Ga??? Kapan Waktu Terbaik Servis AC mobil?

Oleh karena itu teknisi akan melakukan penggantian oli pada kompresor. Lalu selanjutnya teknisi akan coba nyalakan hingga 30 menit. Jika bau gosong tidak ada lagi maka tidak perlu lagi di perbaiki. Masalah berarti selesai.

Tetapi jika sudah lebih 30 menit dinyalakan dan bau gosong tak kunjung hilang maka ke tahap selanjutnya. Kita akan lanjutkan dengan tahap membersihkan evaporator.

2. Membersihkan Evaporator

Eveporator adalah bagian penyaring yang ada di AC mobil. Sering sekali kita sebagai pengguna mobil tidak membersihkan bagian evaporator ini. Karena kesibukan dalam pekerjaan sampai akhirnya hingga debu menumpuk, berjamur dan hal lainnya.

Oleh karena itu teknisi akan melanjutkan membersihkan Evaporator mobil. Teknisi akan memulai dengan copot Evaporator dari Dashboard mobil. Lalu kemudian evaporator akan dicuci dengan sabun. Setelah sudah bersih maka perlu untuk dikeringkan. Karena evaporator tidak boleh dipasang dalam keadaan basah. Barulah dipasang kembali.

Tetapi jika tetap saja AC Mobil mau gosong. Teknisi akan melakukan pemeriksaan-pemerikasaan lain sesuai SOP bengkel AC Mobil. Karena hal ini bisa jadi berbahaya pada pengemudi dan juga penumpang jika terjadi keracunan gas dan hal lainnya yang dapat mengancam keselamatan kita. Sebaiknya sejak awal memang serahkan pada ahlinya.

Nah begitulah bagaimana cara mencegah AC mobil bau gosong, jika merasa terbantu dengan artikel ini jangan lupa komentar dan juga share ke sosial media yang kalian sukai ya.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.

Share :

No comment

Leave a Reply