#SahabatRotary

Terdapat beberapa bagian penting yang dimiliki oleh mobil selain mesin, salah satunya adalah AC mobil. Banyak sekali bagian atau komponen pada AC mobil, seperti condensor, compressor, filter dryer, ekspansi valve, dan evaporator. Namun selain itu masih ada bagian yang lain yaitu blower.

Jika berbicara tentang blower maka tidak akan jauh dengan kipas AC yang juga disebut dengan kipas kondensor. Kipas AC ini juga sama seperti blower yang memiliki peranan penting pada AC mobil. Pada umumnya kipas AC ini diparalel dengan magnetic clucth sehingga ketika AC mobil digunakan maka kipas AC akan berputar.

Apa Itu Blower AC Mobil?

Bisa dikatakan jika blower merupakan komponen penting yang harus selalu dijaga agar tetap berfungsi dengan baik. Blower AC mobil adalah alat pada sistem AC mobil yang berbentuk motor dinamo beserta daun kipas.

Apa Fungsinya Blower AC Mobil?

Blower AC mobil berfungsi untuk mengembuskan udara ke arah evaporator yang kemudian akan dihembuskan lagi oleh blower untuk melewati evaporator. Saat AC mobil dalam keadaan normal maka udara bersuhu panas yang melewati blower panasnya akan diserap oleh freon sehingga suhu akan dingin dan dikeluarkan menuju kabin. Untuk penjelasan yang lebih singkat, blower AC mobil berfungsi sebagai sumber penghasil angin dingin di kisi-kisi atau grill AC mobil.

Setelah mengetahui fungsi blower, tidak ada salahnya mengetahui juga fungsi kipas AC yang posisinya tak jauh dari blower. Kipas AC berfungsi untuk mengembuskan udara ke arah condensor untuk mendinginkan refrigerant. Dengan begini maka refrigerant akan mengalami kondensasi dan berubah dari gas menjadi cair.

Ketika kipas AC tidak berputar maka AC mobil menjadi tidak dingin. Selain itu, tekanan refrigerant juga menjadi terlalu tinggi. Banyak sekali yang bisa membuat kipas AC tidak berputar, seperti sekring putus, motor kipas AC rusak, dan yang lainnya.

Baca juga : Kelebihan dan Manfaat Flushing AC Mobil Menggunakan Mesin

Kalau Blower Bermasalah Apa Dampaknya Pada AC Mobil?

Ketika melakukan perjalanan dan AC mobil tidak berfungsi dengan normal maka bisa jadi salah satu penyebabnya berasal dari blower yang bermasalah. Kalau blower bermasalah maka dampaknya pada AC mobil adalah AC mobil yang tidak dingin karena tidak keluar angin dan embusan angin yang mengecil.

Bagaimana Cara Mencegah Blower Bermasalah?

Setelah mengetahui berbagai macam tentang blower AC mobil maka yang diharapkan adalah blower AC mobil yang dimiliki bisa berfungsi dengan sempurna. Jangan khawatir dengan berbagai masalah blower yang akan muncul karena hal tersebut bisa diatasi dengan mencegah blower bermasalah.

Banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk mencegah blower bermasalah, salah satunya adalah melakukan perawatan dengan cara service rutin. Selain itu, menjaga kebersihan ruang kabin dan karpet sangat penting karena salah satu masalah yang datang pada blower AC mobil adalah ruang kabin dan karpet yang kotor.

Cegah Blower Bermasalah Dengan Service Rutin

Lebih baik untuk meluangkan sedikit waktu untuk melakukan perawatan mobil untuk cegah blower bermasalah dengan service rutin. Sebelum melakukan service, pastikan untuk memilih bengkel AC mobil yang sudah terpercaya agar mobil bisa ditangani dengan profesional.

Biasanya ketika melakukan service rutin ke bengkel AC mobil maka semua bagian AC mobil akan diperiksa, begitu juga dengan blower. Hal itu akan membuat pemilik mobil menjadi lebih tahu tentang kondisi AC mobilnya saat itu juga.
Itulah sedikit ulasan tentang cara mencegah blower bermasalah. Semoga bermanfaat.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.

booking service