Bagaimana Cara Mencegah Dryer Filter AC Mobil Bermasalah?

Apa Fungsinya Dryer Filter AC Mobil?
Kalau Dryer Filter Bermasalah Apa Dampaknya Pada AC Mobil?

Hai #SahabatRotary

AC mobil merupakan salah satu bagian penting pada mobil yang memiliki banyak sekali komponen, seperti kompresor, kondensor, dryer filter, expansi valve, dan evaporator. Semua komponen yang sudah disebutkan merupakan komponen yang termasuk dalam komponen utama.

Selain komponen utama, AC mobil juga memiliki komponen pendukung dan komponen kelistrikan. Komponen pendukung pada AC mobil terdiri dari oli kompresor, magnetic clutch, fan belt, selenoid kompressor (kompressor tanpa magnetic clutch), seal o ring, pipa dan selang, serta filter cabin. Sedangkan untuk komponen kelistrikan AC mobil terdiri dari cooling fan, idle up, resistor, thermostat, motor blower, relay, fuse, amplifier, dan masih banyak yang lainnya.

Apa itu Dryer Filter AC Mobil?

Sudah disebutkan jika dryer filter AC mobil merupakan salah satu komponen yang termasuk dalam komponen utama AC mobil. Dryer filter ini merupakan salah satu komponen yang berperan penting dalam sistem AC mobil dan kadang komponen yang satu ini dikenal dengan nama receiver dryer.

Baca juga : Rekomendasi Bengkel Mobil Jago dan Jujur

Apa Fungsinya Dryer Filter AC Mobil?

Dryer filter memiliki dua fungsi utama, yang pertama adalah untuk menyaring segala kotoran yang bersirkulasi bersama freon. Penyaringan ini sangat penting karena jika dibiarkan maka kotoran bisa mengganggu jalannya aliran freon. Sedangkan fungsi dryer filter yang kedua adalah untuk menyerap air yang terkandung pada freon. Air harus terserap dengan sempurna karena nantinya freon akan melewati expansi valve yang memiliki suhu rendah. Jika freon mengandung air ketika melewati expansi valve maka air berpotensi membeku dan hal ini bisa menyumbat saluran pada expansi valve.

Alat Penyaring Freon yang Sudah Berubah Menjadi Cair

Dryer filter yang merupakan alat penyaring freon yang sudah berubah menjadi cair ini terletak di antara kondensor dan expansi valve. Komponen yang satu ini memiliki beberapa komponen yang lain di dalamnya, komponen-komponen tersebut adalah filter, desiccant, sight glass, dan fusible plug. Perlu diketahui jika sight glass melengkapi mobil buatan tahun 2000 namun pada tahun 2003 ke atas, mobil-mobil tersebut tidak menggunakan sight glass pada dryer filter. Sight glass pada mobil-mobil terbaru tersebut terpisah pada pipa dengan ukurana 3/8.

Kalau Dryer Filter Bermasalah Apa Dampaknya Pada AC Mobil?

AC mobil memiliki banyak sekali komponen sehingga tidak aneh jika timbul berbagai masalah pada komponen-komponen tersebut. Salah satu komponen yang juga bisa bermasalah adalah dryer filter yang bisa berdampak pada AC mobil.

Dryer filter bisa mengalami penyumbatan atau ada masalah yang lain di sekitar area dryer filter dan hal tersebut bisa terjadi karena freon yang mengalir ke area dryer filter lebih banyak daripada oli sehingga supplay freon menjadi berlebihan dan hal tersebut bisa menyebabkan pembekuan pada area expansi sehingga dari proses tersebut akan menghasilkan kabut atau asap.

Tak hanya itu saja, silika dryer filter juga bisa menjadi penyebab dryer filter menjadi tersumbat. Silika tersebut bisa terlepas dari tempatnya sehingga saluran freon akan tertutup dan aliran freon menjadi terhambat.

Baca juga : Kisaran Harga Service AC Mobil Jakarta Barat

Cegah Dryer Filter AC Mobil Bermasalah dengan Service Rutin

Jika melihat ulasan yang sebelumnya maka terlihat jelas jika dryer filter bisa bermasalah dan memberikan dampak pada AC mobil. Oleh karena itu cegah dryer filter AC mobil bermasalah dengan service rutin sehingga kondisi dryer filter akan tetap terjaga.

Itulah sedikit ulasan tentang cara mencegah dryer filter AC mobil bermasalah.

Semoga bermanfaat.

Senang berbagi.

booking service

Tinggalkan komentar