Apa itu Selang dan Pipa AC Mobil?
Kalau Selang dan Pipa Bermasalah Apa Dampaknya Pada AC Mobil?

Hai #SahabatRotary

Saat ini sudah bukan rahasia lagi jika setiap orang memiliki kesibukan yang padat sehingga waktu yang dimiliki terasa sangat sedikit. Jika sudah begini maka yang dibutuhkan adalah liburan. Jika berbicara tentang liburan maka yang biasa menjadi pilihan adalah melakukan perjalanan ke tempat baru menggunakan mobil. Mobil menjadi pilihan yang tepat karena mobil bisa memuat beberapa orang.

Namun perlu diketahui jika mobil memiliki beberapa bagian yang penting untuk dilakukan pengecekan, seperti mesin, ban, atau bahkan AC mobil. AC mobil menjadi bagian yang sering terlupakan meskipun sebenarnya AC merupakan bagian mobil yang paling sering digunakan.

Baca Juga : Supir Sedang Tidak Masuk Kerja dan Butuh Service Rutin AC Mobil?

Apa itu Selang dan Pipa AC Mobil?

AC mobil memiliki beberapa bagian, salah satunya adalah selang dan pipa AC mobil yang merupakan komponen pendukung AC mobil. Selang dan pipa AC mobil terbuat dari bahan khusus yang bisa membuat fungsi AC mobil semakin maksimal.

Selang tersebut terbuat dari bahan karet sintetis yang bisa bertahan pada suhu tinggi dan tahan kandungan kimia. Sedangkan untuk pipa terbuat dari bahan alumunium atau tembaga. Sering juga ditemukan pipa AC mobil yang terbuat dari bahan yang lain seperti besi.

Apa Fungsinya Selang dan Pipa AC Mobil?

Selang dan pipa AC mobil memiliki fungsi yang sederhana yaitu sebagai media penghubung dan penghantar tekanan freon ke seluruh bagian komponen AC mobil. Keduanya memang memiliki fungsi yang sama, namun baik selang atau pipa memiliki penempatan yang berbeda.

Pipa biasanya menempel pada bagian atau komponen yang tidak bergerak karena sifatnya yang mudah patah, misalnya pada kondensor yang menuju ke dryer filter atau dari evaporator yang menuju ke selang kompressor. Berbeda dengan selang yang digunakan untuk komponen bergerak seperti kompressor karena memang selang terbuat dari bahan karet yang lebih fleksibel.

Kalau Selang dan Pipa Bermasalah Apa Dampaknya Pada AC Mobil?

Ketika selang dan pipa bermasalah, dampak yang ditimbulkan bisa bermacam-macam. Salah satunya adalah tekanan freon yang terlalu panas sehingga AC mobil terasa kurang dingin ketika mobil berhenti dan akan dingin lagi ketika mobil sudah kembali berjalan. Keluhan tersebut ditimbulkan oleh pipa yang tersumbat oleh oli atau bisa juga karena adanya serpihan dari kotoran gram kompressor atau silika gel yang jebol dari dryer filter.

Selain itu, ada masalah lain yang bisa ditimbulkan dari selang dan pipa yang bermasalah yaitu ada air menetes dari area bawah dashboard. Keluhan ini bisa terjadi karena jalur air pembuangan AC mobil mampet yang disebabkan oleh evaporator kotor dan berlendir sehingga kotoran tersebut menutup selang pembuangan.

Bisa juga kerusakan pada selang dan pipa AC mobil disebabkan oleh kerusakan bagian lain, misalnya kompressor yang jebol sehingga komponen yang lain seperti selang dan pipa juga bisa rusak sehingga perlu dilakukan penggantian agar AC mobil bisa berfungsi dengan normal.

Baca Juga : GRAND OPENING – ROTARY BINTARO CAB. GADING SERPONG!!!

Cegah Selang dan Pipa AC Mobil Bermasalah dengan Service Rutin

Sama seperti yang komponen yang lain, selang dan pipa juga bisa bermasalah yang bisa membuat kinerja AC mobil menjadi terganggu. Oleh karena itu, cegah selang dan pipa AC mobil bermasalah dengan service rutin. Selain bisa mengetahui segala masalah lebih awal, service rutin juga bisa bermanfaat untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.

Itulah sedikit ulasan tentang cara mencegah selang dan pipa AC mobil bermasalah.

Semoga bermanfaat.

Senang berbagi.