Bagaimana mengatasi magnetic clutch bermasalah? Tentu solusi yang tepat adalah meminta bantuan dari ahlinya yang memberikan jasa perawatan dan perbaikan AC mobil. Akan tetapi sebagai pemilik mobil yang selalu mengendarai kendaraan yang Anda miliki mungkin pernah mengetahui gejala magnetic clutch bermasalah. Juga ketika bagian kompresor tersebut mengalami kerusakan.

Akan tetapi sebagian orang lain kurang mengetahuinya sehingga baru menyadari ketika bagian magnetic clutch tersebut rusak saat kompresor tidak bekerja dan AC mati. Umumnya gejala yang dapat dirasakan pengendaraΒ  mobil adalah hembusan AC terasa tidak dingin, ini merupakan gejala awal dari mulai bermasalahnya magnetic clutch.

Seperti yang diketahui kompresor AC mobil merupakan bagian yang memiliki harga yang cukup tinggi. Sehingga bila mengalami kerusakan untuk mendapatkan penggantian kompresor yang baru tersebut pemilik kendaraan harus rela mengeluarkan biaya untuk bagian vital system AC tersebut sebesar jutaan rupiah.

Baca juga : Solusi Memperbaiki AC Mobil Berisik dan Tidak Dingin

Oleh karenanya bila mengalami masalah pada bagian tersebut disarankan jangan langsung mengganti kompresornya terlebih dulu, namun pastikan terlebih dulu penyebabnya. Magnetic clutch bila mengalami kerusakan penggantiannya tidak sampai menghabiskan biaya seperti membeli kompresor baru. Bagian magnetic clutch yang aus dan tidak mau nyangkut membuat kompresor tidak bekerja. Ada pula ciri lainnya magnetic clutchnya mengalami slip sehingga pinggiran pully nya pun memerah gosong karena panas.

Jika bagian magnetic clutch sudah mengalami hal tersebut, lalu bagaimana mengatasi magnetic clutch bermasalah? Di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat dijadikan pedoman bagaimana mengatasi magnetic clutch bermasalah:

1.Pressure Plate / center piece

Pemeriksaan pada permukaan pressure platenya terdapat minyak atau benda asing yang menempel pada permukaan atau tidak. Walaupun mungkin terlihat bersih, tetap saja harus dibersihkan permukaan tersebut untuk menghindari kerusakan kembali. Jadi jika sudah tidak ada yang menempel di bagian preassure plate kemungkinan rusaknya magnetic clutch pun akan dapat diminimalisir atau dihindari.

2.Saluran Listrik

Lakukan juga pemeriksaan pada kabel-kabel serta saluran listrik menuju magnetic clutch dari baterai apakah terdapat kabel yang putus atau tidaknya. Periksa juga kondisi baterai yang harus dalam kondisi terisi atau lebih meyakinkan lagi jika system kelistrikannya dibenahi untuk antisipasi.

3.Stator Coil / Spul Magnet

Penyebab lainnya dapat timbul dari bagian stator coilnya yang terputus atau terbakar, sehingga Anda dapat mengganti dengan yang baru.

Jadi pada dasarnya jika tahu penyebabnya dan tahu bagaimana mengatasi magnetic clutch bermasalah, Anda pun dapat memperbaikinya sendiri tanpa harus pergi ke bengkel. Jika mengalami kesulitan mintalah bantuan teman yang memiliki keahlian dalam mekanik atau bila tidak memiliki dapat dengan datang ke Bengkel AC Mobil Rekomendasi Komunitas Mobil yang memberikan pelayanan terbaik dengan adanya layanan purnajual.

Baca juga : Harga Kompresor AC Mobil

Dengan begitu Anda akan terhindar dari bengkel nakal yang melebih-lebihkan masalah pada mobil anda dimana ujungnya menyarankan pengguna untuk menggantiΒ  kompresor. Bengkel yang rekomendasi teman atau orang-orang komunitas mobil umumnya memberikan harga yang terjangkau serta pelayanan after service yang baik. Montirnya pun memiliki keahlian dalam segi pemasangan magnetic clutch agar tidak selip sehingga tidak akan bermasalah kembali.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.