Cegah Magnetic Clutch AC Mobil Bermasalah dengan Service Rutin
Apa Fungsinya Magnetic Clutch AC Mobil?

Hai #SahabatRotary

Melakukan perawatan setiap barang yang dimiliki merupakan sebuah keharusan agar fungsi dari barang tersebut bisa tetap normal dan kinerjanya tetap terjaga. Seperti mobil yang harus dijaga semua bagiannya, baik itu bodi atau beberapa bagian yang lainnya seperti mesin atau AC mobil.

Namun pada kenyataannya yang paling sering diperhatikan oleh pemilik mobil adalah bodi dan mesin mobil saja. Perawatan AC mobil kadang tidak dilakukan karena keberadaannya sering terlupakan padahal jika diperhatikan lagi, AC mobil memiliki fungsi yang cukup dibutuhkan agar penumpang bisa merasa nyaman ketika melakukan perjalanan.

Lihat Juga :

Apa itu Magnetic Clutch AC Mobil?

AC mobil memiliki beberapa bagian yang terbagi menjadi komponen utama, komponen pendukung, dan komponen kelistrikan. Pada bagian-bagian tersebut ada beberapa komponen yang memiliki fungsi saling berkaitan sehingga jika salah satu komponen mengalami masalah maka bisa mempengaruhi kinerja AC mobil.

Salah satu komponen yang terlihat jelas terkait dengan komponen lain adalah Magnetic Clutch. Magnetic Clutch yang termasuk dalam komponen pendukung ini juga dikenal dengan sebutan kopling magnet. Bisa dikatakan jika Magnetic Clutch ini merupakan salah satu komponen pendukung yang memiliki peran penting pada AC mobil.

Apa Fungsinya Magnetic Clutch AC Mobil?

Salah satu komponen pendukung ini memiliki fungsi untuk memutus dan menghubungkan kompressor dengan penggeraknya (putaran mesin). Jika melihat fungsi tersebut bisa dikatakan jika Magnetic Clutch ini berfungsi layaknya saklar.

Saat mesin mobil mulai menyala maka pulley akan berputar karena terhubung melalui fan belt dengan putaran mesin. Namun dalam aktivitas tersebut kompressor tidak menyala atau tidak bekerja karena Magnetic Clutch belum dialiri arus listrik. Ketika AC mobil sistemnya mulai menyala maka amplifier akan memberikan arus listrik yang cukup ke Magnetic Clutch.

Medan elektromagnet akan timbul sehingga akan menarik Center Piece dan menekan permukaan gesek pulley. Hal tersebut akan menyebabkan Center Piece berputar yang mengikuti putaran pulley sehingga kompressor juga akan berputar.

Baca Juga : Ini Masalah yang Bisa Terjadi Pada Magnetic Clutch AC Mobil

Kalau Magnetic Clutch Bermasalah Apa Dampaknya Pada AC Mobil?

Banyak sekali masalah yang bisa timbul karena Magnetic Clutch dan berbagai masalah tersebut akan berdampak pada AC mobil. Salah satu dampak yang akan sangat terasa adalah AC mobil tetap dingin namun kompressor mengeluarkan bunyi yang kasar. Masalah ini timbul karena suara kasar pada Magnetic Clutch yang berasal dari pergesekan permukaan magnet pulley dengan pelat center piece yang salah satu komponen di antara keduanya memiliki permukaan tidak rata.

Selain itu, ketika mengalami keluhan berupa AC mobil kadang panas dan kadang dingin maka masalah tersebut terjadi karena Magnetic Clutch lemah. Namun jika yang terjadi adalah AC mobil tiba-tiba tidak dingin maka bisa saja terjadi karena Magnetic Clutch sudah rusak.

Cegah Magnetic Clutch AC Mobil Bermasalah dengan Service Rutin

Banyak sekali dampak yang didapatkan AC mobil jika Magnetic Clutch bermasalah. Hal tersebut pastinya akan mengganggu kinerja komponen lain AC mobil dan pada akhirnya AC mobil tidak bisa berfungsi dengan sempurna. Jika sudah begini maka perjalanan bisa saja terganggu karena kabin mobil terasa panas.

Untuk menghindari hal tersebut, cegah Magnetic Clutch AC mobil bermasalah dengan service rutin. Melakukan service AC mobil akan sangat bermanfaat untuk pemilik mobil agar kerusakan yang terjadi bisa segera diatasi dan tidak terjadi kerusakan yang lebih besar.

Itulah sedikit ulasan tentang cara mencegah Magnetic Clutch AC mobil bermasalah.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.