fbpx

Beli Mobil Baru Kredit? Silakan Di Cek, Bank Mana yang Paling Murah

Beli Mobil Baru Kredit? Silakan Di Cek, Bank Mana yang Paling Murah

karya webhost


Sedang tertarik ingin membeli sebuah mobil idaman? Atau mobil terbaru? Atau bahkan mobil keren keluaran terbaru? Diskon atau potongan harga pembelian mobil yang ditawarkan memang sangat menggiurkan. Maklum saja, harga mobil normalnya cukup mahal. Mendapatkan diskon hingga jutaan rupiah tentu menjadi angin segar yang kadang susah diabaikan. Bahkan ada beberapa mobil yang ditawarkan dengan uang muka di bawah Rp 10 juta! Ini berarti, hanya dengan memberikan uang Rp 10 juta dan menyepakati skema kredit mobil, kita bisa langsung membawa pulang mobil incaran ke rumah.

Tapi, jangan buru-buru terlena dengan tawaran promo mobil murah itu. Mobil pada dasarnya termasuk barang yang harganya cukup menguras kantong. Rata-rata kendaraan roda empat tersebut dibanderol dengan harga di atas Rp 100 juta. Hal ini membuat keputusan pembelian mobil membutuhkan pertimbangan yang sangat matang, agar tidak memberikan dampak negatif terhadap kesehatan finansial kita.

Mendapatkan tawaran promosi dengan diskon yang cukup besar hingga puluhan juta rupiah, down payment murah atau cicilan ringan, mungkin membuat kita tergiur ingin segera melakukan pembelian. Tapi, sebelum itu ada baiknya kalau setiap keputusan finansial yang besar, seperti halnya membeli mobil, kita matangkan terlebih dahulu. Membeli mobil tidak bisa disamakan seperti kita membeli baju seharga ratusan ribu, apalagi seperti membeli sayur dipasar. Oleh karena itu, akan lebih baik kalau sebelum memutuskan membeli sebuah mobil, kita perlu mempertimbangkan untung & ruginya.

Berikut ini hal-hal yang kita bagikan untuk bisa diperhatikan sebelum mengambil kredit mobil, berdasarkan situs perbandingan dan pengajuan produk keuangan HaloMoney.co.id:

  1. Kemampuan Dalam Finansial
    Kita semua sepaham bahwa mobil termasuk barang konsumtif yang harganya mahal. Oleh karena itu, pastikan sebelum memutuskan membeli dengan fasilitas kredit mobil, kita menghitung dulu kemampuan keuangan kita. Dengan membeli mobil idaman dengan kredit, sudah jelas lebih mahal dibanding membeli dengan uang tunai. Tapi, kredit mobil memungkinkan kita mempercepat proses perpindahan mobil dari dealer ke tangan kita tanpa harus menyiapkan dana penuh secara tunai.  Hanya cukup dengan memastikan adanya dana yang memadai untuk uang muka kredit mobil. Nah, sebelum akhirnya memutuskan untuk ambil kredit mobil, jawab dulu beberapa pertanyaan ini:
    – Berapa dana yang sudah kamu miliki untuk persiapan uang muka kredit mobil?
    – Apakah keuangan memungkinkan untuk memiliki cicilan?
    – Berapakah total beban cicilan saat ini disetiap bulan? Ada beberapa prinsip yang perlu kita taati ketika mengambil kredit mobil, yaitu:
    – Total dari beban cicilan per bulan maksimal sekitar 30% – 35% dari penghasilan bulanan. Termasuk dengan hutang kartu kredit dan kredit tanpa angsuran.- Mempunyai dana darurat sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, bila statusnya adalah lajang, maka besar dana darurat minimal sebesar 3 kali pengeluaran bulanan. Kalau status menikah, maka besarnya dana darurat adalah minimal 6 kali nilai pengeluaran bulanan, dan seterusnya.

– Jika nanti ditambah beban cicilan mobil, total cicilan yang kita tanggung tidak boleh melebihi 30% dari nilai penghasilan rutin bulanan. Jangan memaksakan diri jika kondisi keuangan kita tidak memungkinkan untuk kredit mobil. Karena, mobil adalah barang konsumsi yang nilainya bisa menurun seiring berjalannya waktu. Di setiap tahun, penurunan harga mobil bisa mencapai hingga 15%. Belum lagi biaya perawatan yang harus ditanggung nanti kalau mobil kita bermasalah. Semuanya ini harus diperhatikan agar keputusan membeli mobil tidak menyebabkan kondisi keuangan berantakan.

2. Carilah tipe mobil sesuai kebutuhan
Kalau keuangan kita hanya memungkinkan untuk mengambil kredit mobil, maka pilihlah mobil yang sesuai kebutuhan. Misalnya, jika mobil sering digunakan dengan keluarga, sebaiknya memilih yang tipe multi purpose vehicle (MPV) yang bisa memuat banyak orang, jadi tidak kepanasan dan rebutan AC mobil jika kelebihan penumpang. Selain itu, ada juga tipe mobil sedan dan tipe mobil kompak. Pilihlah CC mobil yang tidak besar agar kebutuhan kita lebih ke fungsinya, karena mobil dengan CC besar cenderung boros bahan bakar. Kalau kebutuhan kita adalah kendaraan untuk antar jemput, mungkin jenis mobil yang tepat adalah jenis city car yang bentuknya kompak dan bisa dengan mudah menerobos padatnya jalan raya.

3. Pertimbangkan harga jual mobil
Rata-rata, harga sebuah mobil akan turun sekitar 10%-15% setelah keluar dari showroom. Banyak kalangan berencana untuk mengganti mobil setiap 5 tahun biar masih bisa menjual mobil dengan harga yang bersaing. Wajar saja. Karena semakin tua mobil, sering kali biaya perawatannya semakin mahal, karena lebih sering ‘ngambek’. Di sinilah letak dari pentingnya dalam memperhatikan harga jual mobil di pasar sekunder. Jauh lebih baik kalau kita memilih mobil yang harga jualnya di pasar mobil bekas terhitung stabil serta penurunannya tidak tajam. Jadi, ketika nanti kita ingin menjualnya lagi, penurunan harganya tidak terlalu merugikan.

4. Detail skema kredit mobil
Perhatikan dengan teliti tawaran skema kredit yang ditawarkan oleh setiap leasing ataupun bank. Beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti,
– Berapa besar uang muka yang harus disiapkan, berapa tingkat bunga kredit yang dibebankan
– Berapa beban cicilan di setiap bulannya
– Berapa biaya pelunasan lebih awal
– Apa penalti dari keterlambatan cicilan
– Hingga asuransi yang tersedia.

Para perencana keuangan menyarankan agar mengambil kredit mobil dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Karena, semakin lama proses kredit, akan semakin tidak ekonomis. Disarankan maksimal 3 tahun saja, agar total pembayaran yang kita lakukan untuk mempunyai mobil idaman tidak terlalu mahal.

Sekarang ini, kredit mobil tersedia mulai dari 1 tahun hingga 5 tahun.
Sebagai contoh:
Kredit mobil di ABC Finance untuk mobil seharga Rp 200 juta.
Jangka waktu peminjaman selama 3 tahun, membutuhkan uang muka sebesar Rp 60 juta dengan angsuran tiap bulan Rp 5, 11 juta.
Untuk pembayaran pertama mencapai Rp 82,2 juta, yang terdiri dari uang muka, pajak, asuransi, cicilan pertama, dan lain sebagainya.
Sehingga total pembayaran yang harus kita tanggung saat membeli mobil dalah Rp 266,3 juta.
Sedangkan kalau kita ingin mengambil pinjaman, kita dapat mengeluarkan biaya total hingga Rp 287,77 juta, atau lebih mahal Rp 21,47 juta. Tapi, dengan tenor kredit 2 tahun, maka total yang harus kita bayarkan adalah sebesar Rp 251,38 juta.
Hal ini lebih murah Rp 15 juta dibanding mengambil kredit tenor 3 tahun.

5. Perhatikan tawaran dari bunga kredit mobil
Bunga kredit mobil berlaku secara bunga flat seperti halnya penghitungan kredit tanpa agunan. Jadi, pilihlah tawaran bunga kredit mobil yang paling murah, agar beban cicilan kita nanti juga ringan. Sekarang ini, bunga kredit mobil rata-rata berada di bawah 10% per tahun. Ada beberapa program promo kredit mobil dari leasing maupun bank yang menawarkan bunga di bawah 5% per tahun. Metode hitungan bunga flat ini termasuk kategori yang paling mudah dimengerti. Di dalam pinjaman dengan skema bunga flat, besarnya cicilan akan dipatok sama selama jangka waktu pinjaman. Sedangkan bunga dihitung berdasarkan kepada pokok utang keseluruhan. Nah, metode hitungan bunga seperti ini tidak memperhitungkan besar pokok utang yang sudah kita bayarkan. Bunga akan selalu dihitung berdasarkan besar keseluruhan pokok utang. Oleh karena metode hitungnya seperti ini, maka bunga flat muncul sebagai hitungan bunga paling mahal.

Baca juga: Bengkel Rekomendasi Service AC Mobil Jakarta Barat

 

Beli Mobil Baru Kredit? Silakan Di Cek, Bank Mana yang Paling Murah

karya webhost

Setelah kita mempelajari mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kredit mobil, seperti yang telah dijabarkan diatas, berikut beberapa pilihan tempat untuk kredit mobil paling murah yang bisa membantu kita menemukan tempat kredit yang tepat.

  • Bank Bukopin KKB
    Berdasarkan berbagai sumber yang dikumpulkan, Bank Bukopin merupakan penyedia kredit mobil yang paling murah. Dengan membayarkan DP minimum 30% dan suku bunga 4% per tahun, kita sudah bisa memiliki mobil baru maupun bekas. Jangka waktu yang berlaku hingga 5 tahun.
  • Panin Bank KPM
    KPM Panin memberikan fasilitas kredit dengan sistem pinjaman. Persyaratan yang berlaku di bank ini cukup fleksibel serta mudah. Hanya dengan mengeluarkan down payment sebesar 30% dan suku bunga hanya 4,15% per tahun, mobil idaman kita sudah bisa dibawa pulang. Jangka waktu pinjamannya hingga 5 tahun.
  • Bank Jasa Jakarta KPM Pribadi
    Agak berbeda dari sebelumnya, Bank Jasa Jakarta KPM Pribadi ini menerapkan suku bunga sebesar 4,20% per tahun dengan uang muka minimal sebesar 30%. Lebih istimewanya lagi, bank ini tidak menerapkan sistem penalti kalau kita ingin melakukan pelunasan di awal.
  • Bank Jasa Jakarta KPM In Advance
    Bank Jasa Jakarta KPM In Advance akan membantu kita dalam mewujudkan impian untuk mendapatkan mobil baru dengan suku bunga sebesar 4,48% per tahun dan DP minimum 30%. Hal ini berlaku untuk kredit mobil pribadi maupun niaga.
  • BRI KKB Mobil
    Dari pihak BRI KKB menawarkan pinjaman dana untuk kredit mobil baru ataupun bekas dengan persyaratan yang cukup mudah, cepat dan dilengkapi juga dengan fasilitas asuransi kendaraan. DP yang harus kita bayar hanya sebesar 25%, dengan beban suku bunga sebesar 4,99% per tahun dan tenor hingga 5 tahun.
  • CIMB Niaga KPM Smart Reguler
    Kredit mobil idaman kita dapat diwujudkan dengan meminjam dana dari CIMB Niaga KPM. Dengan suku bunga yang ringan sebesar 5,55% per tahun dan down payment minimal 25%, serta persyaratan pengajuan yang cukup mudah akan semakin mendekatkan impian kita untuk mempunyai sebuah mobil baru. Di sini ada beragam masa tenor yang bisa kita pilih.
  • Bank OCBC-NISP KPM
    Kita dapat menikmati kemudahan pengajuan pinjaman untuk kredit mobil hingga nominal 2 milyar rupiah. Dengan proses pengajuannya yang tidak sulit, kita bisa langsung mengendarai mobil idaman dengan DP sebesar 30% dan suku bunga sebesar 5,99% per tahun. Pihak Bank menyediakan beberapa varian tenor yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita.
  • OTO Multiartha KPM
    Perusahaan bidang otomotif yang satu ini, menyediakan fasilitas kredit dengan menawarkan suku bunga sebesar 8,25% per tahun dan juga uang muka sebesar 30%. Pelayanannya pun ramah, fleksibel dan mudah memanjakan kita sebagai konsumen.
  • BCA Finance KPM
    BCA Finance KPM memberikan berbagai kemudahan buat kita untuk kredit mobil baru, hanya dengan minimum DP 30% dan suku bunganya sekitar 15% per tahun. Di sini tersedia juga kredit untuk mobil bekas dengan kualitas yang masih gres. Masa tenornya hingga 6 tahun. Yang lebih oke lagi, persyaratan pengajuannya mudah, cepat dan sistematis.

Itulah beberapa referensi untuk kita yang ingin mendapatkan kredit mobil baru paling murah. Patut untuk diingat, bahwa selalu pertimbangkan berbagai hal sebelum pada akhirnya mengambil keputusan untuk mengambil kredit mobil. Terutama soal kondisi keuangan kita.

 

Blog

ac mobiljual mobilMObil barumobil bekasmobil idamanmobil kerenmobil mewahmobil murahmobil terlaris

Leave a Reply