Beli Mobil Baru Nggak Cukup Uang? Kredit Aja

Guideline Dalam Membeli Mobil Baru Secara Kredit karya alwin-sunny

Share :

Menjadi salah satu transportasi yang penting di era sekarang ini, mobil sudah menjadi impian untuk banyak orang. Tidak hanya praktis, tetapi juga dikarenakan kondisi transportasi umum yang jauh dari kata nyaman, membuat banyak orang berpikir untuk memiliki kendaraan pribadi.

Untuk memiliki mobil saat ini, sudah ada banyak cara dan pilihan. Kalau dana tunai yang kita miliki tidak mencukupi untuk membeli secara langsung, masih ada cara lain, yaitu dengan kredit atau pembayaran secara mencicil, maupun angsuran tiap bulan. Pembelian secara kredit ini memang sudah menjadi pilihan banyak orang untuk memiliki mobil idaman mereka.

Pembelian mobil secara tunai pun bisa dihitung dengan jari. Apalagi dengan munculnya berbagai program kredit mobil murah, disertai DP ringan untuk menekan biaya yang dikeluarkan, tidak heran jika orang-orang lebih senang mengajukan kredit, dibanding membeli secara tunai. Dengan semakin banyaknya peminat mobil, maka lembaga-lembaga pembiayaan kredit pun juga semakin banyak yang bertumbuh. Mulai dari bank, hingga leasing sekarang ini sudah sangat menjamur. Hal ini dapat dijadikan pilihan buat kita untuk mengajukan kredit pembelian mobil.

Oleh karena banyaknya pilihan tersebut, banyak orang dibuat bingung untuk menentukan lembaga mana yang harus dipilih untuk mendapatkan kredit mobil yang terbaik dan menguntungkan, serta memberikan kredit mobil murah dengan DP yang ringan. Entah itu bank ataupun leasing, keduanya memiliki konsep dan peran yang sama untuk menyediakan dana talangan disaat kita ingin memiliki sebuah mobil impian, tetapi tidak ada dana yang cukup untuk membayar kontan. Lembaga ini akan membayarkan terlebih dahulu sebagian dari harga mobil yang kita inginkan, lalu setelah itu, secara berkala kita akan membayar hutang dengan cicilan di setiap bulannya.

Baca juga : Pedoman Service AC Mobil di Bengkel Resmi Denso

Beli Mobil Baru Nggak Cukup Uang? Kredit Aja

karya alwin-sunny

Sekalipun memiliki cara kerja yang sama, tapi kita pasti ingin menemukan lembaga yang bisa memberikan suku bunga rendah untuk kredit mobil murah dengan DP yang ringan serta menguntungkan. Lalu, bagaimanakah untuk bisa mendapatkan mobil impian kita dengan cara kredit, namun dengan cara yang aman, murah dan menguntungkan?

Nah, sebelum itu, yuk, kita mengenal terlebih dahulu tentang apa itu kredit mobil dan bagaimana caranya,

  • Persamaan antara Bank dan Leasing
    Sebelum kita membahas perbedaan, kelebihan serta kekurangan kredit melalui bank ataupun leasing, sebaiknya kita membahas persamaannya terlebih dahulu. Selain cara kerja yang sama seperti yang telah disebutkan sebelumnya, persamaan kredit antara bank dan leasing yaitu, sama-sama memberikan syarat DP minimal 30% dari harga jual mobil yang sudah disepakati antara penjual dan pembeli. Ketentuan yang berlaku ini telah diatur oleh Bank Indonesia yang dicantumkan ke dalam Surat Edaran Ekstern Nomor 14/10/DPNP yang menetapkan kalau down payment itu minimal 30% dalam melakukan pembelian kendaraan bermotor roda empat non produktif.
    Meskipun sudah ada ketentuannya, masih ada seluk beluk dari kedua lembaga pembiayaan kredit ini yang mempunyai perbedaan serta kekurangan dan kelebihan yang dapat kita jadikan sebagai pedoman untuk mengambil kredit mobil.
  • Kredit Melalui Bank
    Sekarang ini sudah ada banyak bank yang menawarkan produk kredit mobil. Untuk kita yang ingin mengambil kredit di bank, kita akan menerima suku bunga yang lebih rendah dibanding ketika kita mengambil kredit di leasing. Ini tentu saja akan cocok sekali untuk kita yang menginginkan kredit mobil murah dengan DP yang ringan. Apalagi kalau kita memiliki uang tunai lebih, kita bisa melunasi sebagian utang pokok dalam jangka waktu tertentu. Dengan cara ini, kita dapat mengurangi beban dari angsuran tiap bulannya.
    Untuk kekurangan dari mengambil kredit lewat bank adalah prosesnya yang cukup lama dan rumit, dibandingkan kalau kita mengajukan kredit di leasing. Selain itu, kita sebagai debitur masih harus mengurus semua dokumen yang disyaratkan. Tentu saja hal ini bukanlah perkara yang mudah untuk mengurusi kelengkapan dokumen seperti slip gaji, surat keterangan domisili, akta kelahiran, kartu keluarga, dan sebagainya.
    Ketika dokumen lengkapnya sudah kita kumpulkan, tidak berarti kredit yang kita ajukan bisa langsung diterima. Hal ini dikarenakan bank masih harus mengirimkan wakilnya untuk melakukan survei. Pihak bank akan menilai status kelayakan calon konsumen untuk mendapatkan kredit. Mereka tidak hanya akan bertanya dan melakukan wawancara kepada kita, tapi juga akan meneliti berkas-berkas tagihan seperti listrik, PDAM, hingga kartu kredit. Proses pengajuan memang cukup lama karena pihak bank harus menjalankannya secara hati-hati, dengan meminta kita melengkapi semua data dan dokumen yang diperlukan demi menjamin kemampuan pembeli mobil untuk membayar cicilan serta uang muka.
  • Kredit Melalui Leasing
    Lembaga lain yang dapat membantu kita dalam mengajukan kredit adalah melalui leasing. Cara ini juga memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Melalui leasing ini akan membuat kita mendapatkan kredit dengan lebih cepat dan mudah. Bahkan tidak jarang kita sebagai debitur atau calon konsumen, akan diperlakukan dengan istimewa. Prosesnya yang mudah dan cepat di leasing ini dikarenakan para staff leasing yang akan membantu kita dalam keseluruhan prosesnya. Mulai dari menyiapkan kelengkapan dokumen, hingga fasilitas penjemputan bola ke rumah kita. Hal ini membuat kita tidak perlu lagi bolak-balik ke dealer untuk mengurus semua persyaratan, karena semuanya akan diurus oleh petugas leasing.
    Sekalipun semua prosesnya berlangsung sangat cepat dan mudah, tapi mengajukan kredit di leasing membuat kita harus membayar suku bunga yang cukup tinggi dibanding dengan di bank. Biaya lain yang juga harus kita tanggung saat mengambil kredit di leasing adalah biaya fidusia, biaya asuransi dan juga biaya provisi. Biaya asuransi ini bersifat wajib karena pihak leasing ingin menghindari risiko, seperti hilang atau rusak karena kecelakaan terhadap mobil yang dikreditkan. Dengan adanya asuransi tersebut, maka pihak asuransi akan mengganti nilai mobil yang hilang atau rusak tersebut ke pihak leasing terlebih dahulu, setelah itu baru ke konsumen bila nilai itu ada sisanya.
    Di dalam asuransi kredit mobil, ada dua jenis asuransi yang ditawarkan, yaitu “all risk” dan “Total Loss Only (TLO)”. Kita bisa memilihnya sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Tetapi kalau kita ingin lebih irit, tidak ada salahnya mengambil keduanya. Maksudnya, di tahun pertama kita bisa mengambil asuransi all risk karena status mobil masih mulus, kemudian di tahun berikutnya mengambil yang TLO.

Itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan dan persamaan antara kredit mobil melalui bank dan leasing, dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Selanjutnya, untuk membuat perhitungan yang cermat sebelum memutuskan untuk membeli sebuah mobil baru, agar tidak salah langkah dan menguntungkan kita, berikut beberapa hal yang dapat diperhatikan dan dipertimbangkan:

  • Mobil Baru Murah?
    Sekalipun dibilang mobil murah, tidak berarti harganya bisa kita bayarkan dengan satu kali gaji, apalagi kalau kita hanya berstatus sebagai karyawan level menengah. Kategori murah dalam mobil tetap saja bernilai puluhan juta atau bahkan hingga ratusan juta, yang di mana harganya akan disesuaikan dengan jenis dan kondisi mobil yang kita inginkan. Hal pertama yang harus kita pikirkan dahulu adalah jenis mobil yang akan kita beli, kemudian memperhatikan hal-hal berikut terkait dengan informasi mengenai mobil yang ditawarkan seperti:
    – Melakukan pengecekan terhadap nilai atau harga pasaran mobil tersebut terlebih dahulu. Hal ini akan penting sekali, agar mencegah kita membeli sebuah mobil dengan harga yang terlalu mahal.
    – Melakukan survei terhadap beberapa dealer mobil, atau mencari informasi yang banyak di internet. Bisa juga dengan menanyakan teman atau kerabat yang juga mempunyai mobil dan pengetahuan yang cukup dalam hal ini.
    – Ketahui kebutuhan dan jenis mobil yang sesuai dengan keuangan. Saat ini, di pasaran sudah ada banyak mobil baru dengan harga yang cukup terjangkau, di mana kita dengan mudah bisa memilih dan menyesuaikan kebutuhan kita dengan jenis-jenis mobil tersebut.
    – Membeli sebuah mobil baru yang sederhana, dapat menjadi pertimbangan jangka panjang, karena mobil seperti ini tidak akan membutuhkan berbagai biaya pemeliharaan atau kerusakan yang berlebihan, dikarenakan kondisi mesinnya yang masih bagus. Pertimbangkanlah dengan matang sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah mobil baru.
  • Down Payment
    Hal selanjutnya yang harus kita pikirkan adalah jumlah uang muka. Tentu saja ini berlaku kalau kita akan membeli sebuah mobil secara kredit melalui leasing. Pastikan bahwa kita memiliki sejumlah dana yang cukup sebagai uang muka, karena jumlah ini akan sangat berpengaruh pada jumlah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Sekalipun ketentuannya hanya sebesar 25% saja, tapi tidak ada salahnya untuk mengusahakan supaya membayar uang muka yang lebih besar dari ketentuan tersebut, agar nilai hutang kreditnya semakin kecil. Utang kredit yang kecil tentu akan berbanding lurus dengan jumlah cicilan bulanan yang kecil juga. Hal ini akan mempengaruhi bunga cicilan yang harus dibayarkan di setiap bulannya.
  • Negosiasi Diskon
    Sebagai seorang pembeli, tentu saja kita ingin mendapatkan penawaran harga terbaik di pasaran. Mempunyai pengetahuan yang cukup tentang fitur yang terdapat di mobil dan harga mobil di pasaran, tentu akan membantu kita untuk melakukan negosiasi dan mendapatkan penawaran yang paling menguntungkan kita ketika melakukan pembelian.
    Ada banyak dealer yang menawarkan potongan harga pembelian dan kita bisa pilih satu yang terbaik di antara mereka. Jangan terburu-buru ketika menentukan pilihan, lakukanlah perbandingan ke beberapa dealer sebelum akhirnya memutuskan untuk memilih penawaran yang terbaik dan menguntungkan.
  • Melakukan Survei
    Ketika akan membeli sebuah barang, maka kita wajib melakukan survei, terutama kalau kita akan membeli sebuah barang yang bernilai cukup besar. Dengan survei, kita akan memiliki peluang untuk mendapatkan harga terbaik dan mencegah kita menghadapi kerugian terhadap pembelian yang sudah dilakukan. Survei pertama yang bisa kita lakukan adalah ke sejumlah dealer yang sudah terpercaya dan memiliki kredibilitas baik. Kalau tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang mobil, maka tidak ada salahnya untuk kita mengajak saudara atau teman yang punya pemahaman yang cukup dalam hal ini.
    Biasanya pihak dari dealer akan memberikan referensi mengenai leasing yang dapat kita gunakan sebagai lembaga pembiayaan kredit yang akan kita ajukan. Pahami dengan benar tentang aturan dan ketentuan yang mereka terapkan di dalam kerja sama tersebut. Kita bisa memilih dan menentukan sendiri jasa leasing tertentu yang kita anggap paling baik dan layak untuk digunakan.
  • Melakukan Simulasi
    Setelah mendapatkan informasi yang cukup dari para dealer dan leasing, hal terakhir yang wajib kita lakukan sebelum mengambil keputusan adalah melakukan simulasi kredit. Hal ini akan membantu kita untuk menentukan pilihan akhir dan menyesuaikan kemampuan kita dalam melakukan pembayaran yang akan kita lakukan.
    Contoh:
    Harga mobil 80 juta
    Beban bunga sebesar 7% per tahun
    Masa kredit selama 2 tahun, maka perhitungannya adalah sebagai berikut:
    Uang muka : 80 juta x 25% = 20 juta
    Jumlah kredit ke bank : 80 juta – 20 juta = 60 juta
    Beban bunga dalam 2 tahun : 7% x 2 (tahun) x 60 juta = 8.4 juta
    Total hutang ditambah bunga : 60 juta + 8.4 juta = 68.4 juta
    Jumlah cicilan per bulannya : 68.4 juta / 24 (bulan) = 2.85 juta
    Total cicilan pertama yang seharusnya dibayarkan,
    Down payment :  20 juta
    Cicilan pertama : 2.85 juta
    Biaya asuransi (dengan asumsi 1,8% / tahun) : 1,8% x 2 x  60 juta = 2.16 juta
    Biaya administrasi : 800 ribu
    Jadi total uang muka yang harus dibayarkan = 25.81 juta
  • Murah dan juga Berkualitas
    Sekalipun pada akhirnya kita hanya punya kemampuan untuk membeli sebuah mobil yang murah, tapi bukan berarti kita tidak bisa mendapatkan sebuah mobil yang kualitasnya baik. Perhatikanlah kondisi mesin dan semua komponen mobil yang akan kita beli, supaya tidak membutuhkan banyak biaya untuk perawatannya nanti, seperti kemudi, AC mobil, mesin di dalam mobil, bagasi dan sebagainya. Sesuaikan jenis mobil yang kita pilih dengan kebutuhan kita, dan pastikan keuangan kita tidak mengalami gangguan dengan adanya cicilan mobil di tiap bulannya.

Pada dasarnya, semua hal yang memiliki kaitan dengan keuangan itu bisa dihemat. Tapi, berhasil atau tidak, akan kembali lagi kepada kita sebagai orang yang melakukannya. Untuk kaitannya dengan kredit mobil, dengan melakukan tips di atas, pengeluaran membeli mobil bisa ditekan dan kita pun juga bisa mendapat mobil yang kondisinya masih bagus.

 

Share :

No comment

Leave a Reply