Hai #Sahabat Rotary! Mobil sekarang ini sudah pasti menjadi kendaraan pribadi terfavorit yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan mobil kita kendarai dalam kondisi dan situasi apapun. Oleh karena sering digunakan untuk perjalanan kemanapun itu, AC mobil yang sejuk menjadi sangat penting. Kalau AC Mobil kamu tidak dingin, jangan mutung. Mending mampir ke bengkel AC Mobil Cijantung untuk melakukan service AC mobil.

Tapi, selain AC Mobil, salah satu hal yang harus kita perhatikan kondisinya adalah setir mobil yang bergetar terutama kalau kita mengendarai nya dalam kecepatan yang tinggi.

Getaran yang kita rasakan tentunya membuat kita merasa tidak nyaman dalam berkendara. Dan kondisi seperti ini tidak boleh kita biarkan begitu saja, karena bisa saja mengakibatkan munculnya hal yang tidak kita inginkan, seperti kecelakaan dan lain lainnya.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya agar kita  mengetahui terlebih dahulu penyebab setir mobil bergetar sebelum kita mengalaminya dan kebingungan untuk memperbaikinya.

Tapi sebelum kita masuk ke langkah praktis untuk mengatasi kondisi stir mobil bergetar, coba deh kita cek terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya.

Kita bisa melakukan pengecekan langsung ke bengkel AC mobil Cijantung, tapi jika belum ada waktu untuk ke bengkel, #SahabatRotary bisa coba dengan melanjutkan membaca artikel ini.

Kesal Dengan Stir Mobil yang Nakal Berikut Solusinya maxime-renard

So, berikut beberapa kondisi yang menyebabkan setir mobil kita bergetar saat digunakan.

  1. Kondisi ban mobil tidak seimbang

Terjadinya kondisi kemudi mobil yang bergetar juga bisa terjadi karena munculnya ketidakseimbangan pada keempat roda mobil.

Hal ini bisa sekali terjadi dikarenakan mobil kita sering dipakai untuk menempuh perjalanan jarak jauh dan melintasi jalanan yang tidak rata, berlubang ataupun sering menaruh barang berat pada posisi yang tidak berimbang dan hanya bertumpu pada satu bagian mobil saja.

Mobil yang harus terus menerus melaju di jalanan yang bergelombang dan berlubang akan mengakibatkan porsi beban mobil yang dirasakan oleh setiap roda tidak seimbang.

Hal ini dapat menyebabkan bagian roda mobil yang mendapat beban paling banyak akan cepat menjadi tidak seimbang. Kondisi yang tidak seimbang inilah yang membuat setir mobil kita menjadi bergetar saat sedang digunakan.

2. Kondisi dari kaki yang aus maupun rusak

Penyebab lainnya bisa diakibatkan oleh rusaknya bagian kaki mobil atau understeel. Hal ini mengakibatkan kondisi setir mobil kita akan bergetar kalau digunakan untuk menempuh jalanan dalam kecepatan tinggi.

Terjadinya keausan yang tidak wajar maksudnya seperti terdapat benjolan pada ban mobil kita. Hal ini bisa menandakan kalau sistem ban mobil kita mengalami masalah sehingga membuat ban mobilnya menggelembung.

3. Komponen sistem pengeremannya bermasalah

Penyebab lainnya yang menyebabkan setir mobil bergetar yaitu kondisi rem mobil yang bermasalah seperti pada sepatu rem, cakram, dan komponen lainnya.

Sebuah cakram rem mobil yang tidak rata biasanya akan terjadi dikarenakan faktor usia penggunaannya yang sudah cukup lama maupun karena pemasangan rem nya yang tidak benar.

Hal ini tersebut mengakibatkan kondisi sisinya terjepit dengan cukup kuat saat proses pengereman terjadi. Sehingga muncul getaran yang kemudian disalurkan pada setir kemudi mobil kita.

4. Kondisi velg mobil

Munculnya getaran pada setir mobil juga bisa disebabkan oleh kondisi velg mobil yang bermasalah, seperti kondisi pelek penyok mengayun turun. Bentuk pelek mobil yang penyok akan mengakibatkan putaran ban menjadi oleng dan membuat getaran pada roda kemudi mobil. Sehingga, tentu saja akan sangat membahayakan buat kita kalau kondisi ini terus menerus dibiarkan.

5. Kondisi dari bearing maupun lakher yang sudah aus

Kondisi yang seperti ini, akan membuat kinerja komponen-komponen menjadi tidak maksimal untuk menyangga beban mobil kita. Sehingga saat mobil sedang dikendarai akan menyebabkan lakher bergerak dan bergetar. Getaran tersebut akan diteruskan ke setir kemudi mobil yang akan membuat setir mobil bergetar ketika sedang dikendarai.

Lakher yang mengalami aus akan membuat getaran secara terus menerus pada kemudi kalau tidak segera diganti. Selain itu, kondisi ini juga dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen-komponen lainnya seperti bushing arm, tierod, joint, dan bagian lainnya, yang akan membuat biaya perbaikan mobilnya akan semakin bertambah mahal.

6. Masalah pada bagian engine mounting

Kalau muncul getaran pada setir kemudinya terasa ketika mobil menyala, maka terdapat masalah pada bagian engine mounting. Jika bagian mobil ini bermasalah biasanya akan membuat getaran pada mesin dan getaran tersebut akan menyebar hingga ke seluruh bagian mobil termasuk setir.

7. Masuknya gear

Kemudi mobil bergetar juga bisa diakibatkan masuknya gear. Ketika mesin mobil dalam keadaan diam, maka mobil akan terasa getarannya dan biasanya terjadi terhadap kendaraan dengan umur cukup tua.

Baca juga: Mobil Jarang Digunakan Lebih Awet Fakta atau Mitos

Tapi, selain masalah setir diatas, ada lagi lho beberapa masalah lain yang bisa saja muncul dan membuat kita tidak nyaman saat memegang kemudi mobil saat berkendara.

  1. Setir mobil berat, hal ini bisa saja terjadi dikarenakan power steering oil yang kurang ataupun bocor. Kebocoran pada minyak power steering diakibatkan oleh rusaknya selang power steering tekanan tinggi. Tapi bisa juga disebabkan setelan setir yang terlalu kencang. Ataupun diakibatkan oleh tekanan angin pada ban mobil yang berkurang.
  2. Kemudi mobil mengeluarkan bunyi saat kita membelokan stirnya ke kanan ataupun ke kiri.
  3. Munculnya masalah setir mobil yang speleng atau kosong, membuat kita harus memegang setir mobil agar dapat stabil.
  4. Posisi dari setir kemudi mobil yang tidak bisa kembali ke posisi awal setelah kita belokkan ke kanan maupun kiri.
  5. Kerusakan lain yang sering terjadi pada stir mobil adalah kulit pembungkusnya yang sudah pecah-pecah atau sangat kotor serta berminyak yang mengakibatkan permukaannya menjadi lengket.

Bagaimana #SahabatRotary, apakah kita sudah paham alasan mengapa stir mobil kita tidak nyaman seperti bergetar atau tidak terkendali?

Nah, sebelum kita mengakhiri artikel ini, yuk kita sama-sama melihat apa saja yang bisa kita lakukan untuk menghindari ketidaknyamanan yang terjadi pada kemudi mobil kita.

  • Melakukan spooring balancing.
    Spooring balancing mungkin terdengar sepele sebagai salah satu perawatan kendaraan.

Tapi, tahukah bahwa hal ini sangat penting untuk menjaga kondisi mobil?

Spooring balancing sendiri merupakan perawatan mobil yang sangat penting karena erat kaitannya dengan masalah setir. Kalau kita  tidak rutin untuk melakukan perawatan ini, bisa dipastikan akan muncul kendala setir bergetar pada mobil dikarenakan hal ini.

Biasanya interval waktu untuk melakukan servis spooring balancing sebaiknya dilakukan saat mobil telah menempuh jarak 10.000 km.

Salah satu tujuan dari spooring balancing adalah untuk menyelaraskan bagian roda mobil, agar posisi roda dan tinggi mobil dengan tanah bisa sesuai dan stabil.

  • Mengganti komponen yang ada pada bagian kaki mobil dengan spare part orisinil yang baru.
  • Segera ganti kampas rem dengan komponen pengganti yang asli agar kualitas spare part yang kita gunakan terjamin.
  • Mengganti velg mobil kita dengan yang baru kalau kondisinya sudah tidak meyakinkan untuk dipakai. Agar tidak mempengaruhi kinerja dari stir mobil kita.
  • Tidak membersihkan kemudi mobil hingga terlalu licin dan mengkilap. Karena bisa membuat tangan kita tergelincir atau sulit mengatur kemudinya.
  • Mengganti lakher mobil dengan segera kalau sudah muncul gejala kerusakan atau aus.

Tapi kalau kondisi lakher mobil masih bagus, tetap lakukan perawatan rutin yang akan menjaga kondisi lakher tetap prima. Perawatan yang bisa kita lakukan adalah dengan melumasi komponen tersebut dengan menggunakan grease.

Hal ini bertujuan agar kondisi lakher tidak kering sehingga kita bisa menghindari resiko terjadinya gesekan antar komponen berbahan logam yang membuat lakher menjadi cepat aus.

Nah, sekian informasi mengenai dunia rem mobil.

Untuk #SahabatRotary, jangan lupa ya untuk selalu rutin melakukan pengecekan terhadap seluruh bagian mobil kita. Entah itu AC mobil, bagian joknya, spion, bagasi maupun bagian mesin mobil.

Kalau bingung mau melakukan perawatan dimana, #SahabatRotary bisa mencarinya secara online dengan memasukan kata kunci seperti, bengkel AC mobil Cijantung, bengkel mobil Depok, dan lain sebagainya sesuai kebutuhan kita.