Perawatan Mobil Tidak Boleh Sembarangan, Mobil Perlu Rutin Dicuci Selain Mendapatkan Service Mobil di Bengkel Mobil Terdekat

Hai #SahabatRotary!

Mobil adalah salah satu alat transportasi yang sering ditemui di jalanan. Bahkan bisa dibilang jumlah pengendara mobil selalu bertambah dari waktu ke waktu. Banyak orang memilih untuk mengendarai mobil karena alasan keamanan yang jauh lebih tinggi daripada menggunakan kendaraan umum. Selain itu, harga mobil saat ini pun lebih beragam yang memungkinkan kita untuk mendapatkan mobil dengan harga bersahabat alias terjangkau. Tentunya kita juga perlu membawa mobil ke bengkel mobil terdekat seperti bengkel AC mobil Cikeas untuk mendapatkan service AC mobil berkualitas dari teknisi profesional.

bengkel AC mobil Cikeas

Baca juga: Penggemar Mobil Matic, Ini Deretan Mobil Matic Termurah 2019!

Mencuci Mobil Perlu Berhati-hati Supaya Tidak Mudah Rusak, Berikut Adalah Cara Mencuci Mobil yang Benar dan Bisa Diterapkan Mulai Dari Sekarang

Sebagai pemilik mobil bertanggungjawab, tentunya kewajiban kita bukan hanya rutin membawa mobil kesayangan ke bengkel AC mobil Cikeas. Kita juga perlu menjaga kebersihan mobil dengan maksimal sehingga mobil bisa berjalan dengan optimal. Mobil yang kotor pun justru menyebabkan sparepart mobil bermasalah yang dengan kata lain perjalanan kita akan terganggu karenanya.

Pastinya tidak ada yang mau kan jika perjalanan terganggu hanya karena mobil jarang dicuci? Kita bisa memercayakan pencucian mobil ini di bengkel mobil terdekat atau mencuci mobil sendiri. Perlu kita ingat jika mencuci mobil tidak boleh asal karena bisa menyebabkan cat mobil terkelupas yang dengan kata lain akan menambah biaya service mobil. Lalu bagaimana cara mencuci mobil yang tepat?

Nah, daripada penasaran, nih, simak tips mencuci mobil yang satu ini!

  • Bersihkan dulu seluruh area mobil

Membersihkan area mobil terlebih dahulu adalah salah satu hal yang jarang diketahui oleh masyarakat. Memang apa sih pentingnya membersihkan mobil sebelum mencucinya? Bukankah mencuci mobil sama saja dengan membersihkannya? Perlu diingat jika ada beberapa bagian mobil yang tidak boleh bersentuhan dengan air karena hal ini justru memicu timbulnya berbagai masalah pada mobil kesayangan. Misalnya saja sebaiknya kita membersihkan bagian jok dengan vacuum cleaner agar segara debu yang menempel bisa benar-benar hilang dan jok pun kembali bersih.kita juga perlu memastikan jika area dashboard mobil juga sudah bersih mengingat kotoran yang menempel pada dashboard bisa masuk ke AC mobil dan menyebabkan AC pun akan bermasalah nantinya.

  • Menggunakan alat steam mobil

Apabila kita memang tidak sempat ke bengkel AC mobil Cikeas ataupun bengkel mobil terdekat, tidak ada salahnya untuk mencuci mobil dan AC mobil sendiri. Sebaiknya kita menggunakan alat steam sehingga mobil bisa bersih dengan maksimal mengingat alat steam ini memang didesain untuk mencuci mobil. Bagaimana dengan harga dari alat steam mobil ini? Jangan khawatir karena alat steam mobil ini ditawarkan dengan harga yang terjangkau dan pastinya kita bisa mendapatkan yang memang sesuai budget. Menggunakan alat steam pun tidak boleh sembarangan agar mobil pun bisa bersih dengan maksimal dan kita pun akan lebih nyaman ketika berkendara.

  • Mengarahkan semprotan air dalam posisi yang tepat

Meskipun kelihatannya sepele, namun mengarahkan air ketika mencuci mobil adalah hal berikutnya yang harus kita perhatikan. Jangan sampai kita mengarahkan air dengan sembarangan dan justru air hanya akan membasahi diri kita sendiri namun mobil tidak bersih dengan maksimal. Ada baiknya kita mengarahkan air dari kiri ke kanan alias menyamping sehingga kotoran mobil pun bisa berjatuhan. Sebaliknya ketika kita menyiram air dengan posisi horisontal, kotoran pun cenderung masih menempel yang dengan kata lain mobil belum bersih dengan optimal.

  • Memilih shampo mobil terbaik

Ketika kita sudah menyiapkan alat steam beserta peralatan mencuci mobil lainnya, ada satu hal yang tidak boleh ketinggalan yaitu shampo mobil. Memilih shampo mobil pun tidak boleh asal karena kandungan pH shampo mobil yang terlalu kuat hanya akan menyebabkan cat mobil rusak. Pastinya tidak ada yang ingin mengalami hal ini bukan? pH shampo mobil yang terlalu tinggi juga akan menyebabkan sparepart mobil mudah karatan dan hal ini tentunya hanya akan merugikan diri kita sendiri. Hindari mencuci mobil menggunakan deterjen mengingat kandungan pH pada deterjen yang tinggi.

  • Menggunakan lap khusus

Lap mobil adalah hal berikutnya yang perlu kita siapkan sebelum cuci mobil dimulai. Memilih lap mobil pun tidak boleh sembarangan, mengingat permukaan lap mobil yang kasar hanya akan merusak cat mobil. Tentunya hal ini hanya akan merugikan diri sendiri karena harus mengecat ulang mobil sedangkan biaya pengecetan ini yang juga tidak murah. Sebaiknya kita menggunakan handuk berbulu karena permukaannya yang lembut. Sebaliknya kanebo justru perlu dihindari karena permukaannya yang kasar dan bisa menyebabkan timbulnya lecet pada mobil kesayangan.

  • Menggunakan claying untuk membersihkan kotoran yang menempel

Pastinya bukan rahasia lagi jika kotoran yang menempel pada mobil akan menurunkan penampilan mobil kita alias tidak lagi terlihat keren. Oleh sebab itulah cuci mobil juga perlu rutin dilakukan layaknya kita membawa mobil kesayangan ke bengkel AC mobil Cikeas untuk mengecek kondisi AC mobil. Apabila ada kotoran mobil yang menempel dan sulit dihilangkan, maka sebaiknya menggunakan claying agar mobil kembali mengkilap dan terlihat seperti baru. Perlu kita ingat jika hindari penggunaan claying secara berlerbihan karena kadar pH-nya yang juga tinggi. Kita bisa menggunakan claying dalam jangka waktu 3 hingga 6 bulan sekali.

  • Mencuci mobil di waktu yang tepat

Banyak orang yang kurang memperhatikan waktu mencuci mobilnya di mana kebanyakan orang cenderung mencuci mobilnya pada waktu luang. Namun ternyata ada jam-jam tertentu di mana sebaiknya kita menghindari untuk mencuci mobil lho! Wah yang benar nih? Sebaiknya kita menghindari cuci mobil saat pagi hari ini mana mobil terpapar sinar matahari. Meskipun sinar matahari untuk kita, namun tidak sama halnya dengan cat mobil. Cat mobil yang terus-terusan terpapar sinar mobil justru bisa mengelupas dan tentunya hal ini hanya merugikan diri kita sendiri.

  • Pastikan tidak ada busa sabun yang tertinggal

Mencui mobil ini cenderung makan waktu yang cukup lama, di mana kira-kira satu mobil membutuhkan waktu satu jam hingga benar-benar besih. Nah hal inilah yang membuat orang sering kali tidak sabar dengan hal ini dan tidak memperhatikan apakah mobil benar-benar sudah bersih atau belum. Busa mobil yang tertinggal pada mobil inilah yang menyebabkan cat mobil mudah rusak dan berarti kita perlu mengecat kembali mobil kesayangan. Kadar asam yang tinggi pada shampo mobil inilah yang menyebabkan cat mobil rusak, belum lagi mobil yang terpapar sinar matahari ketika dicuci.

Nah, bagaimana? Bukanlah suatu hal yang sulit untuk diingat ketika kita ingin mencuci mobil dengan mandiri bukan? Kita juga bisa mengandalkan bengkel AC mobil Cikeas untuk mengurus bagian AC mobil dan tidak lupa pencucian mobil supaya mobil kesayangan siap digunakan kapan saja. Yuk, lebih sayangi mobil pribadi mulai dari sekarang!