Musim Hujan! Begini Cara Rawat Mobilmu dari Bensin Beku

Share :

Hai #SahabatRotary

Bensin sangat penting sebagai bahan bakar untuk berbagai modal transportasi. Namun, seperti cairan lainnya, bensin bisa membeku pada suhu tertentu. Untuk menghindari masalah mekanis hanya karena bahan bakar beku, pertama-tama, kita harus tahu dulu, pada suhu berapa bensin membeku.

bengkel ac mobil kedoya

Baca juga: Heii, Perhatikan 9 Hal Ini Biar Tidak Kena Mogok Saat Macet di Kuningan

  1. Mengenal Komposisi Bensin

Kita dapat memahami dan mnegetahuin pada suhu berapa bensin membeku, dengan cara mengidentifikasi unsur-unsur yang menyusun bensin.

Pertama, bensin bukan zat biasa. Besin bukan suatu zat murni. Sebaliknya, itu adalah campuran dari berbagai hidrokarbon dan aditif yang berjumlah ratusan. Yang umum ditemukan sebagai elemen yang ada pada bensin adalah etanol, toluena, oktan, heksana, dan heptana.

Di sisi lain, yang opsional adalah butana dan pentana, tergantung pada iklim musim dingin daerah tertentu. Sebagian besar bahan kimia yang disebutkan dapat memiliki beberapa bentuk struktural yang disebut isomer.

Itu mengarah pada fakta bahwa segala sesuatu yang membentuk bensin memiliki titik lelehnya sendiri. Jelas, mereka juga memiliki titik beku yang berbeda.

  1. Pada Suhu Berapakah Bensin Akan Membeku Dan Mobil Tidak Bisa Menyala?

Kita mungkin telah memikirkan jawaban yang didasarkan pada fakta bahwa bensin adalah campuran. Pada suhu berapa bensin membeku lagi? Tidak ada yang persis. Bensin tidak memiliki titik beku. Gagasan yang sama berlaku untuk lilin dan diesel. Yang benar adalah, bensin memiliki kisaran titik beku.

Sementara suhu menurun, bensin berubah secara bertahap. Bagian pertama adalah sedikit endapan dan gusi yang keluar dari cairan. Selanjutnya, ketika menjadi sangat dingin, molekul hidrokarbon terberat seperti cyclo-heptane dan iso-nonane perlahan-lahan mengeras. Mereka akan terlihat seperti lilin.

Sekarang, ketika suhu menjadi semakin tidak tertahankan, bensin menjadi jauh lebih lilin dan cair sampai elemen cair yang tersisa adalah molekul paling ringan.

Baca Juga :  Beli Mobil Bekas? Jangan Lupa Cek Kondisi AC Mobilnya, Yah

Sementara itu, beberapa sedimen terbentuk karena kotoran di dalam tangki bensin. Suhu dingin hanya membuat mereka lebih padat. Untungnya, filter yang terletak di saluran bahan bakar benar-benar dapat menangkap sedimen ini. Kisarannya luas karena bensin memiliki berbagai jenis campuran dan campuran. Faktor lain adalah sumber minyak mentah bensin.

Karena kilang benar-benar dapat mengubah campuran bensin tertentu, mereka dapat memberikan campuran khusus untuk daerah-daerah dengan iklim yang sangat dingin. Mereka dapat membuat bensin memiliki rentang pembekuan yang lebih rendah. Contohnya adalah gas etanol.

Udara yang terlalu dingin memang tidak baik karena bisa menyebabkan bensin beku. Tapi, kalau suhu di dalam mobil terlalu tinggi, tentunya tidak nyaman juga, bukan? Kalau mulai merasa ada yang tidak beres dengan AC mobil kita, kita juga bisa membawa mobil kita di bengkel AC mobil Kedoya.

  1. Apa yang Membuat Bensin Tersebut Membeku Akibat Hujan?

Kita tentu tidak bisa menggambarkan tanda-tanda atau gejala bensin yang membeku. Karena, proses dari membekunya bensin di mulai dari elemen pertama yang membeku adalah air dan uap air, jauh sebelum bensin membeku di dalam mobil.

Jadi, mari kita bicara tentang tanda-tanda saluran bahan bakar beku sebagai gantinya. Ketika air dan uap air membeku di dalam mobil, mereka memblokir gas di saluran bahan bakar dari memasuki mesin. Untuk mengetahui apakah bensin sudah tersumbat oleh air beku, berikut adalah gejala yang harus diperhatikan:

  • Mesin Macet

Kadang-kadang, ketika ada hal yang urgent terjadi, mau tidak mau kita punya kebutuhan untuk mengendarai mobil mereka bahkan jika suhu di luar menjadi dingin tak tertahankan. Masalahnya, tidak peduli bagaimana mobil menghasilkan panas saat kita mengemudi, tangki bensin tetap masih bisa membeku.

Baca Juga :  Tahu Ga? 10 Merek Mobil Produk Indonesia yang Pernah Dibuat

Kita pasti akan tahu jika tangki sudah tidak berfungsi karena kedinginan. Mobil akan mulai macet atau tergagap alisa batuk-batuk. Sebenarnya, bahkan jika tangki masih baik-baik saja, saluran gas beku masih dapat memberikan gejala ini.

  • Tidak Bisa Di-starter

Kita tidak perlu terlalu khawatir jika mesin tidak hidup. Kalau memang masalahnya karena suhu yang terlalu dingin, kita tinggal tunggu saja sampai suhunya cukup hangat. Dengan kesabaran, mobil kita dapat bekerja secara normal kembali, meskipun suhu di luar membeku.

  • Tidak Bisa Menghidupkan over

Sementara saluran bahan bakar masih beku tapi belum benar-benar beku, mesin masih bisa berputar meskipun tidak dapat mulai lagi. Kita akan tahu jika saluran bahan bakar sudah dalam kondisi terburuk jika mesin benar-benar gagal untuk dinyalakan. Jangan khawatir, ada cara bagaimana memperbaiki saluran bahan bakar beku, atau kita bisa melakukan pengecekan di bengkel mobil terdekat. Kalau masalah yang kita rasakan ada pada AC mobil, tentu saja kita bisa langsung mampir ke bengkel AC mobil Kedoya

  1. Bagaimana Kita Bisa Membuat Mobil Tersebut Menyala?
  • Dorong mobil ke dalam daerah yang tertutup

Pertama-tama, begitu kita mendengar musim hujan akan datang, pastikan kendaraan kita berada di tempat yang aman. Ini murni ide buruk untuk meninggalkan mobil kita di tempat terbuka selama musim hujan. Langkah awal yang perlu kita lakukan adalah mendorong mobil kita ke arah garasi. Namun, pastikan kita menyiapkan area tersebut. Garasi harus kering dan hangat agar berhasil mencairkan saluran bahan bakar beku. Menunggu akan memakan waktu berjam-jam, tetapi seluruh gagasan itu efektif. Untuk mempercepat waktu tunggu, nyalakan kero en atau pemanas listrik di dalam garasi, khususnya menghadap mobil. Ini membuat proses pencairan lebih cepat menjadi satu jam saja. Berhati-hatilah; mobil benar-benar mudah terbakar sehingga letakkan ruang besar antara sumber panas dan mobil.

  • Letakkan Atau Tambahkan Anti Freeze Ke Dalam Mobil
Baca Juga :  Bengkel AC Mobil Grogol: Tips Berkendara Nyaman & Aman untuk Ibu

Apa pun musimnya, pergilah ke toko onderdil mobil dan beli zat tambahan antifreeze. Perawatan ini sangat berguna selama musim dingin, jadi selalu ingat untuk memilikinya di garasi kita. Disarankan untuk memasukkan dua hingga tiga botol perawatan antibeku ke dalam tangki. Kita masih harus menunggu beberapa jam untuk membiarkan antifreeze sepenuhnya bercampur dengan bahan bakar, tetapi itu benar-benar berfungsi. Kitajuga dapat membuat waktu tunggu lebih cepat. Goyangkan mobil ke depan dan ke belakang untuk membuat antifreeze menyatu dengan bensin dengan cepat.

  1. Bagaimana Kita Bisa Mencegah Bahan Bakar Yang Beku?

Untuk menghindari semua kesulitan mencairkan saluran bahan bakar beku, pencegahan adalah kuncinya. Berikut adalah beberapa tips tentang cara menjaga saluran bahan bakar agar tidak membeku selain menjaga mobil tetap berada di garasi Anda:

  • Tetapkan Tangki Penuh.

Ini mengurangi kelembaban dalam sistem. Uap air adalah penyebab utama pembekuan saluran bahan bakar. Kondensasi menghasilkan air, dan kita semua tahu bahwa air membeku dalam suhu dingin.

  • Tambahkan Perawatan Antifreeze.

Antifreeze adalah solusi dan faktor pencegah dalam hal saluran bahan bakar beku. Pastikan untuk mengikuti instruksi produk.

Nah, itu dia beberapa penjelasan tentang bagaimana bahan bakar tersebut bisa membeku, pada suhu berapa akan membeku.

Kalau punya masalah atau sekadar mau melakukan pengecekan terhadap AC mobil, percayakan semua pada bengkel AC mobil Kedoya.

Senang berbagi.

Semoga bermanfaat.

 

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?