Hai #SahabatRotary

Apakah pernah mengalami masalah mobil mogok ketika sedang berkendara? Trus AC mobil mati lagi, kurang dingin. Buat kita yang punya pengetahuan tentang mesin, hal seperti ini tidak menjadi masalah besar. Tapi, beda cerita untuk orang awam. Apalagi kalau mobil yang kita kendarai berhenti di daerah terpencil atau tempat yang asing. Hmm, apalagi kalau sampai mogok di daerah macet seperti Kuningan, Jakarta misalnya.

Beuhh.

Kalau kena macet di daerah macet, tuh, ampun-ampunan deh. Misalnya, tadi kita ambil daerah Kuningan, Lenteng Agung, Pasar Rebo, Sudirman, Thamrin, dan sekitarnya. Kan susah, tuh, cari bengkel mobil di sekitarnya. Kebanyakan kantor doang, kan. Coba buka mesin pencari deh, ketik bengkel mobil kuningan atau bengkel AC mobil kuningan. Tidak ada yang benar-benar dekat sama kantor!

Baca juga :Β Rempah-rempah untuk Bahan Pewangi Mobil Alami

Bengkel AC mobil Kuningan karya asoggetti

Lalu, bagaimana cara mengatasi mobil yang mogok? Yuk, sama-sama kita belajar beberapa hal yang bisa kita lakukan ketika hal tersebut terjadi.

  1. Usahakan Tidak Panik
    Pada umumnya, sebagian besar orang akan terserang panik ketika tiba-tiba mobilnya mogok. Saat hal ini terjadi, usahakan agar tetap tenang. Karena panik hanya akan membuat kita kesulitan dalam berpikir, apalagi mengambil keputusan. Kalau kita panik, kita bisa mencoba untuk menahan napas dan menghembuskannya secara perlahan. Lakukan hal ini sampai kita bisa tenang kembali.
    Kalau kondisi AC mobil kita sedang bagus, sebaiknya tetap didalam mobil dengan kondisi adem. Kita akan lebih mudah menenangkan diri.
  2. Mengamankan Mobil
    Kalau tiba-tiba mobil kita mogok di tengah jalan, kita harus mendorongnya hingga ke tepi jalan. Hal ini dilakukan agar kita bisa mengamankan kendaraan dan juga menjaga keselamatan diri dan pengendara lainnya.
  3. Menyalakan Lampu
    Untuk langkah yang ini, hanya dilakukan saat mobil kita mogok di malam hari. Kita wajib sekali untuk menyalakan lampu hazard atau penerangan yang lain. Ini tujuannya untuk memberikan tanda kalau sedang ada kendaraan yang mengalami masalah. Jadi, para pengendara lain akan lebih berhati-hati ketika melintas.
  4. Memasang Segitiga Pengaman
    Segitiga pengaman merupakan tanda darurat yang dapat digunakan untuk membantu kita saat mobil mogok. Pasanglah segitiga pengaman pada bagian depan dan belakang mobil dengan jarak sekitar tiga hingga sepuluh meter. Kalau mobilnya mogok di jalanan berliku, pasanglah segitiga pengaman di sebelum tikungan.
  5. Mengecek Lampu Indikator
    Sebenarnya pada kondisi mobil mogok, ada banyak penyebabnya. Nah, untuk mengetahui hal tersebut, kita bisa memeriksa lampu indikatornya. Lewat simbol yang ada di indikator, kita bisa dengan mudah mengetahui kenapa mobil kita mogok. Apakah kerusakannya di mesin, suhu radiatornya yang terlalu tinggi, masalah pada aki, atau justru bahan bakarnya yang habis? Kalau misalnya mobil kita berhenti mendadak karena radiatornya mengalami overheat, alias panas yang berlebih, tunggu sebentar sampai suhu mobilnya turun. Buka tutup radiatornya dan tambahkan air ke dalamnya. Untuk hal ini, juga berlaku kalau mobil kita kehabisan oli. Nah, misalnya bahan bakarnya yangΒ  habis, kita harus mengisinya dengan beli bensin di pedagang eceran.Kekurangan bahan bakar bisa memicu masalah pada bagian karburator. Kalau hal ini terjadi, akan membuat proses pembakarannya tidak akan sempurna. Jadinya mesin mobil tidak akan hidup meskipun sudah kita nyalakan berkali-kali. Selain dari minim bahan bakar, klep yang terlalu kotor juga bisa menyebabkan mobil mogok. Hal ini dikarenakan kotoran menghambat aliran bahan bakar menuju ke karburator.
  6. Pengecekan Mobil
    Kalau masalahnya tidak ditemukan pada lampu indikator, maka cara terbaiknya yaitu melakukan pengecekan mobil, mulai dari ban hingga switcher starter. Kalau masalahnya ban mobil bocor, tentu saja mudah diatasi, yaitu dengan mengganti ban atau menghubungi jasa tambal ban keliling. Penyebab lain yang kadang sulit untuk dideteksi adalah lemahnya arus listrik pada aki yang merupakan pusat energi. Selain itu kalau terjadi masalah pada kabel, terminal aki, atau intensitas air, kita harus segera memperbaikinya karena kalau tidak mobil akan tetap dalam kondisi mati.Selain dari permasalahan aki, switcher starter yang aus bisa menjadi pemicu dari mobil mogok. Pada umumnya, kabel yang aus harus segera diganti, sedangkan kabel yang sudah renggang masih dapat diperbaiki dengan cara menggunakan penyambung sementara.Untuk pengecekan mobil ini ada kasus khusus, meski kita mencegah mogok terjadi. Potensinya kan tetap saja ada. Karena itu, pastikan AC mobil kita selalu dalam kondisi terbaik, yah. Kalau tadi tinggal misalnya di daerah Kuningan sana. Tidak perlu ribet kok, ketik saja bengkel AC mobil Kuningan, gitu. Nah, pastikan kita mendapatkan perawatan dari bengkel AC mobil yang tepat. Kenapa? Sederhana sih, kalau sudah mogok, nih dan di daerah macet pula. Sudah hati panas bersatu lagi dengan panasnya suhu, ampun-ampunan, deh. Kalau pun macet dan mogok, eh, masih ada AC mobil yang bisa bikin adem, kan, mending tuh.
  7. Hubungi Jasa Derek
    Kalau kita tidak bisa menangani mobil mogok sendirian, segera hubungi jasa derek terpercaya. Sambil kita menunggu kedatangan mobil dereknya, pastikan kita berada di luar kendaraan. Sekarang ada bengkel mobil tertentu yang sudah menyediakan jasa derek. Karena tadi kita membahas macet dan mogok di daerah Kuningan, Lenteng Agung, Pasar Rebo, Sudirman, Thamrin, dan sekitarnya. Lebih baik cari bengkel mobil terdekat situ juga.

Nah, kita sudah selesai membahas soal mobil mogok nih.

Selanjutnya kan kita mau mencegah mogok apalagi saat macet. Penyebab utama mobil mogok di saat macet adalah baterai yang mati. Atau bisa juga ada masalah dengan saklar pembakarannya, yang membuat mobil mogok saat macet, kunci ban atau wheel lock. Dan yang paling sering dikarenakan kehabisan bahan bakar.

Pastikan kita sudah mengerti permasalahan di atas dulu, ya. Penyebab mogok harus benar-benar dipahami, nih.

Nah, untuk kita yang berdomisili di Jakarta, apalagi di daerah padat lalu lintas kota macam Semanggi, Sudirman, Kuningan, Mampang, dan lain sebagainya. Pasti sangat hafal dengan keriweuhan serta kepadatan ibukota. Mulai dari pagi hingga malam, pasti ada saja hal yang membuat jalanan padat dan menguji kesabaran kita. Tapi, jangan dulu menyerah, karena masih ada solusi untuk menghindari macet jalanan di Jakarta yang bisa menyebabkan mobil kita mogok secara tiba-tiba.

Langsung saja kita lihat beberapa tips berikut ini:

  • Berangkat lebih pagi, pulang lebih malam
    Tips untuk kita yang berkegiatan di waktu rush-hour, lebih baik jika bersiap-siap berangkat jauh lebih pagi! Selain udara lebih sejuk, jadi kita tidak perlu menyalakan AC mobil, jalanan pun lebih lengang. Jadi kalau membawa mobil sendiri, akan terbebas dari kemacetan. Sayang seribu sayang pilihan untuk jam pulang kantor lebih awal.
    Tapi kalau pun harus begitu, daripada terpaksa menghadapi jam-jam macet, lebih baik sambil menunggu jalanan ibukota lengang, kita bisa sambil mengerjakan kegiatan lainnya yang bermanfaat baik seperti fitnes, mengambil kursus, atau refleksi sejenak di sekitaran kantor. Tapi, kalau kita memang mobilisasi seperti biasa, usahakanlah untuk sudah jalan sebelum jam 5 sore. Karena jalanan nya akan lebih sepi dan kita juga bisa menghindari aturan batasan ganjil-genap di beberapa jalan.
  • Hindari truk, bus, dan angkot
    Kita pasti sudah sangat hafal dengan kebiasaan truk atau bus apalagi angkot yang berseliweran di jalan raya. Oleh karena itu, agar kita tidak terjebak dengan kemacetan, lebih baik kita tidak berada di belakang kendaraan-kendaraan tersebut saat di jalan raya. Sebisa mungkin hindari berada di posisi belakang angkutan umum karena mereka sering berhenti dan tidak bisa ditebak rutenya. Kalau bisa, mengambil jalur lain yang jarang digunakan pengguna kendaraan, atau jalan alternatif lain yang bisa kita lihat dengan menggunakan aplikasi Google Maps atau Waze.

Seharusnya setelah mengikuti 9 hal biar tidak kena mogok saat macet ini. Sudah aman, sih.

Nah, untuk kita yang tiba-tiba kena apesΒ mobilnya mogok di daerah padat merayap seperi Kuningan, kita bisa segera searching di website untuk mencari bengkel terdekat yang bisa kita hubungi. Cukup ketik saja bengkel mobil kuningan atau bengkel AC mobil kuningan.

Mudah, kan?

Ada kendala lain? Silahkan komentar di bawah, ya!

Senang bisa berbagi.

Pasti bermanfaat.