fbpx

Mobil Sering Tidak Bisa Distarter? Jarang Diservice Bisa Penyebabnya

Bengkel AC Mobil Jakarta karya jessica weiller

Hai #SahabatRotary

Tinggal di Jakarta?

AC mobil perlu dikasih perhatian khusus tuh. Segera laporin kesehatan AC mobil Anda ke bengkel AC mobil Jakarta terdekat.

Nah …

Mobil adalah salah satu kendaraan yang sering digunakan untuk berpergian baik dalam jarak dekat ataupun jauh. Banyak orang memilih untuk menggunakan mobil untuk berpergian karena lebih praktis dan juga jauh lebih aman daripada menggunakan motor. tidak bisa dipungkiri juga alasan kenyamanan seperti kitaterlindungi dari panas ataupun hujan adalah alasan lainnya kenapa banyak orang lebih memilih menggunakan mobil.

Ketika kita memiliki sebuah mobil, tentunya Anda juga perlu bertanggungjawab dalam merawat mobil tersebut, jangan sampai kita lupa merawat mobil karena hal ini hanya akan merugikan diri kita sendiri. Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk merawat mobil adalah dengan rutin melakukan service mobil. Service yang dilakukan di sihi pun jenisnya bisa berbeda-beda yang bisa kitasesuaikan dengan kebutuhan. anda juga bisa memilih akan pergi ke bengkel resmi ataupun bengkel yang ada di pinggir jalan untuk menggunakan jasa teknisi dalam melakukan service. kita juga tidak usah bingung dalam memilih bengkel mengingat saat ini banyak bengkel AC mobil Jakarta yang buka selama 24/7. 

Ternyata Inilah Penyebab Mobil Susah Distarter
Tanda Jika Kita
Perlu Lebih Memperhatikan Kondisi Mobil Mulai Dari Sekarang

Meskipun banyak bengkel mobil  yang bisa kita kunjungi, bukan berarti kita bisa  memilih bengkel dengan asal-asalan. Jangan sampai kita mendapatkan pelayanan yang mengecewakan dan justru timbul berbagai kerusakan pada mobil. Bukannya untung malah menjadi rugi bukan? kita bisa mengetahui suatu bengkel berkualitas atau tidak dari banyak hal seperti kinerja para teknisinya. Teknisi yang profesional akan memberitahu kerusakan apa saja yang terjadi pada mobil.

Lalu apa jadinya jika kita jarang melakukan service mobil? Seperti yang dijelaskan barusan, service merupakan salah satu bentuk kita  merawat mobil. Tentunya hal ini berarti mobil akan rentan mengalami kerusakan apabila jarang diservice. Salah satu masalah yang sering terjadi ketika kita jarang melakukan service adalah mobil yang menjadi susah distarter. Nah berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan mobil menjadi susah distarter meskipun Anda terburu-buru sekalipun:

  • Ring piston macet

Penyebab ring piston macet pun bisa karena berbagai kondisi dan antara satu mobil dengan mobil lainnya pun berbeda-beda. apabila ring piston sudah macet maka hal ini berarti kita perlu segera membawa mobil ke bengkel mobil agar mobil segera mendapatkan penanganan. Segera melakukan service pada bagian mobil yang rusak merupakan hal tepat sehingga kerusakan ini tidak akan menyebar ke bagian mobil lainnya.

  • Dinding silinder kasar

Apakah pernah berkendara dalam cuaca yang tidak bersahabat, misalnya ketika hujan atau banjir?cuaca yang tidak menentu adalah salah satu hal yang biasa ditemui baik berkendara dalam jarak dekat ataupun jauh. Meskipun kita tetap bisa menlewati banjir, apabila jarak banjir yang dilalui cukup jauh maka hal ini juga akan berdampak terhadap kondisi mobil pula. salah satu dampak nyata dari banjir ke mobil adalah menyebabkan dinding silinder kasar yang berarti piston tidak bisa bergerak naik turun dengan leluasa. Banyaknya air yang masuk ke ruang bakar akan menyebabkan mesin panas dan berujung pada mobil susah distarter. kita perlu segera melakukan service mobil untuk mencegah masalah ini menjadi lebih parah lagi.

  • Oli mesin habis

Oli adalah salah satu komponen mobil yang harus dicek setiap waktu untuk mengetahui apakah oli masih cukup dalam melakukan suatu perjalanan atau tidak. Apa jadinya jika oli mesin habis padahal kitamasih di tengah perjalanan atau masih jauh dari tujuan? Tentunya hal ini bukan pertanda baik karena mobil bisa mogok sewaktu-waktu karenanya. Oleh sebab itulah kita perlu cek dulu kondisi oli terlebih dahulu sebelum berpergian jauh agar mobil selalu aman untuk dikendarai. Teknisi bengkel juga biasanya akan mengecek kondisi oli mesin kita ketika dilakukan service mobil bahkan bisa diberikan service gratis apabila dilakukan dalam jangka waktu 1 tahun setelah pembelian.

  • Alternator

Banyak orang menyangka jika salah satu penyebab mobil susah distarter hanya semata-mata karena kehabisan air aki. Ternyata penyebabnya jauh lebih kompleks daripada yang Anda bayangkan lho! penyebab mobil susah distarter ini bisa karena  kinerja alternator yang terganggu, di mana alternator ini adalah salah satu komponen mobil yang berfungsi untuk menyuplai listrik ke aki. Tidak heran ketika alternator rusak maka mobil akan susah distarter karena hal ini berhubungan dengan listrik. Kerusakan alternator ini biasanya dialami pada mobil yang sudah dipakai dalam kurun waktu 8 hingga 10 tahun.

  • Dinamo starter

Mobil yang susah distarter ini tentunya juga tidak terlepas dari kondisi dinamo starter itu sendiri.  Dinamo starter yang macet adalah penyebab utama mobil tidak bisa distarter dan tandanya Anda perlu segera melakukan service mobil. Kerusakan pada dinamo starter ini biasanya jarang terjadi namun biasanya disebabkan karena mesin mobil dipaksa untuk menyala padahal kondisi aki sedang soak. Apabila dinamo starter ini sudah selip maka Anda perlu segera mengganti dinamo starter yang berarti membutuhkan biaya lebih daripada hanya memperbaiki dinamo starter yang macet.

Bengkel AC Mobil Jakarta karya jessica weiller

Berencana Memasang Pengharum Mobil?
Simak Tipsnya, Jangan Sampai Mengganggu Kinerja AC

Nah bagaimana? Pastinya sudah lebih paham kan mengenai apa saja yang menyebabkan mobil menjadi sulit distarter? Selain lebih memperhatikan kondisi sparepart yang disebutkan barusan, rutin membawa mobil ke bengkel mobil terdekat adalah jadwal yang tidak boleh terlewatkan. Salah satu komponen mobil yang juga tidak boleh luput dari perhatian Anda adalah AC.

AC mobil adalah komponen mobil yang rentan mengalami kerusakan sehingga kita perlu menjaga kondisi mobil dengan maksimal. Terlebih jika berencana untuk memasang pengharum mobil, Anda perlu memasangnya dengan benar karena pemasangan pengharum mobil yang salah bisa mengganggu kinerja AC. nah berikut adalah beberapa tips memasang pengharum mobil:

  • Hindari pemasangan di dekat AC

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, AC mobil adalah salah satu komponen mobil yang rentan untuk rusak sehingga kita juga perlu lebih berhati-hati ketika meletakkan benda di dekatnya. Untuk mencegah AC rusak, maka sebaiknya kita meletakkan pengharum jauh dari AC dan bisa juga kita menaruhnya di dekat kabin.

  • Hindari gunakan pengharum berbentuk gel

Adanya berbagai jenis pengharum mobil sering kali justru menyebabkan bingung parfum manakah yang sekiranya tepat untuk mobil. Sebaiknya hindari pengharum yang berbentuk gel ataupun padat karena partikel pengharum bisa menghambat AC kapan saja.

Pastinya sudah lebih paham kan bagaimana cara memasang pengharum yang tepat sehingga kinerja AC mobil tidak akan lagi terganggu di kemudian hari? jangan lupa jika melakukan service adalah kegiatan yang tidak boleh terlewatkan sehingga kondisi sparepart  mobil juga lebih terjaga. Yuk segera ke bengkel AC mobil Jakarta terdekat untuk mendapatkan pelayanan service yang berkualitas!

Senang bisa berbagi.

Pasti bermanfaat.

Blog

Bengkel AC Mobil Bandungbengkel ac mobil bekasiBengkel AC mobil BogorBengkel AC mobil DepokBengkel AC mobil JakartaBengkel ac mobil tangerang

Leave a Reply