fbpx

Tanda Awal AC Mobil Bermasalah dan Waktu Tepat ke Bengkel AC

Bengkel AC Mobil Pasar Jumat karya anja

Hai #SahabatRotary

AC mobil merupakan salah satu fasilitas yang mendukung kenyamanan berkendara. Adanya AC mobil membuat suasana di dalam mobil terasa dingin dan bebas polusi dari udara luar. AC membantu udara di dalam mobil bertukar sehingga tetap bersih dan mengandung oksigen. Oleh karena itu, jika AC mobil Anda bermasalah, segera lakukan service AC, misalnya saja mengunjungi bengkel AC mobil Pasar Jumat yang bisa membantu menyelesaikan permasalahan AC mobil Anda dengan cepat dan tepat.

Sayangnya, masih banyak pemilik mobil yang tak bisa mengenali kondisi kesehatan AC mobilnya. Akibatnya, service mobil dilakukan jika kondisinya sudah parah. Nah, jika sudah demikian, Anda juga yang merasakan imbasnya. Bukan hanya kenyamanan berkendara yang terganggu, biaya yang harus Anda keluarkan untuk service juga makin meningkat.

Tanda Awal AC Mobil Bermasalah

Agar tak perlambat mengunjungi bengkel mobil, Anda perlu mengetahui gejala awal kerusakan AC mobil. Beberapa gejala tersebut, antara lain :

  • Berbunyi Kasar

Pernah mendengar bunyi yang kasar dari AC? Jika iya, Anda harus segera membawa mobil Anda ke bengkel. Normalnya, AC tak akan mengeluarkan suara kasar, kecuali beberapa merk AC yang mengeluarkan suara berisik ketika pertama kali dinyalakan.

Jika mobil mengeluarkan bunyi kasar dan bunyi tersebut langsung hilang ketika AC dimatikan, maka ada beberapa kemungkinan yang harus Anda waspadai. Mungkin saja AC kekurangan oli, piston aus, atau letak AS yang bergeser. Jika bunyi kasar disertai dengan bunyi seperti bergetar, maka Anda perlu waspada AC bocor.

  • Tekanan Kompresor Berkurang

AC memerlukan kompresor untuk mengatur pertukaran udara. JIka sudah lama digunakan, kompresor bisa saja melemah sehingga Anda harus mengunjungi bengkel AC mobil Pasar Jumat dengan segera.

Tekanan kompresor yang melemah bisa ditandai dengan hembusan angin yang tak sedingin biasanya. Kondisi ini umumnya membaik ketika mobil Anda jalankan dengan kecepatan tinggi. Sebaliknya, jika mobil berjalan dengan kecepatan rendah, AC akan terasa kurang dingin atau bahkan tak dingin sama sekali.

  • Masalah Pada Kopling Magnet

Kopling magnet atau magneting clutch. Fungsi dari komponen ini adalah untuk mengatur putaran putaran kompresor dan kompresor engkol. JIka ada masalah pada kopling magnet, maka AC akan terasa tak dingin. Pada kerusakan yang parah, AC mungkin tak akan menyala sama sekali karena kompresor gagal memompa freon.

  • AC Tidak Dingin

Banyak pemilik mobil yang baru mengunjungi bengkel AC mobil Pasar Jumat ketika AC tak terasa dingin. Jika sudah demikian, akan sedikit sulit mencari penyebab AC rusak. Perlu dilakukan pemeriksaan secara lengkap untuk mengetahui penyebab pastinya. Pasalnya, banyak penyebab AC tak dingin, mulai dari v belt yang aus, kopling magnet yang bermasalah, tekanan kompresor yang melemah, hingga freon yang habis. Dari sekian banyak masalah yang ada, freon habis menjadi penyebab AC tak dingin yang paling umum terjadi karena kerusakan AC ini tak menunjukkan tanda apapun sehingga baru disadari ketika AC mobil tak dingin.

Dampak AC Rusak yang Perlu Anda Waspadai

Selain berkurangnya kenyamanan berkendara, ada beberapa bahaya AC rusak yang harus Anda waspadai. Contoh kecilnya, udara di dalam mobil bisa bercampur dengan polutan sehingga udara menjadi tak sehat. Dalam kondisi seperti ini, kesehatan Anda dan keluarga bisa terancam.

Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, kerusakan AC juga dapat merembet pada komponen mobil lainnya. Misalnya saja AC yang kurang dingin berpengaruh pada sound system dalam mobil, kinerja mesin yang terlalu berat, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengunjungi bengkel AC secara rutin untuk menghindari kerusakan lebih parah. Selain itu, mengunjungi bengkel AC secara berkala dan rutin justru lebih irit biasa dibanding menunggu rusak baru melakukan service. Lagi pula, jika service dilakukan secara rutin, aktivitas berkendara Anda tak akan terganggu hanya karena AC rusak, bukan?

Bengkel AC Mobil Pasar Jumat karya anja

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengunjungi Bengkel AC?

Banyak pemilik mobil yang bingung mengenai waktu tepat melakukan service AC mobil. Akibatnya, mereka baru mengunjungi bengkel AC ketika kondisi AC sudah rusak. Jika sudah demikian, penanganan akan membutuhkan waktu dan juga biaya.

Parahnya lagi, banyak yang baru menyadari AC mobil mengalami kerusakan ketika kompresor sudah dalam kondisi ‘skarat’. Padahal, kompresor layaknya jantung pada manusia yang tak bisa diservis ulang ketika sudah rusak parah. Pada AC, kompresor bertugas untuk mengatur peredaran udara, sama halnya dengan jantung yang mengatur peredaran darah, Jika kompresor sudah rusak, maka tak ada cara lain selain mengganti baru dengan biaya yang relatif mahal.

Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, And perlu mengecek kesehatan AC setiap pagi sebelum berkendara, tepatnya ketika memanasi mesin mobil. Tes kesejukan udara di dalam mobil untuk mengetahui seberapa baik kesehatan AC mobil Anda. Segera kunjungi bengkel AC mobil Pasar Jumat jika AC mengeluarkan bunyi seperti orang mendengkur atau ada tetesan embun pada ventilator AC.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kondisi oli AC Anda. Sama halnya dengan mesin mobil, AC juga memiliki sistem yang dijalankan dengan piston dan gear yang membutuhkan oli agar tidak aus. Normalnya, Anda butuh mengganti oli setiap speedometer menunjukkan angka 20 ribu kilo meter.

Mengingat AC harus diservis secara rutin, Anda mungkin akan berpikiran untuk melakukan service AC sendiri untuk menghemat biaya. Namun, hal ini sebaiknya tak pernah Anda lakukan karena service AC membutuhkan peralatan khusus yang memadahi.

Contoh kecilnya, Anda tak bisa mengecek tekanan kompresor hanya dengan menempelkan telapak tangan pada ventilator atau blower. Cara ini mungkin ampuh untuk mengetahui kuat atau lemahnya tekanan kompresor. Namun, Anda tak akan pernah tahu seberapa besar tekanan tersebut dalam angka sehingga tak menemukan solusi yang benar-benar tepat untuk mengatasinya.

Masalah kompresor pada AC hanya bisa diatasi oleh teknisi ahli, itupun jika alat vakum khusus untuk mengecek kesehatan kompresor tersedia.

Contoh lainnya adalah masalah mengganti oli. Anda mungkin bisa mengganti oli mesin Anda sendiri mengingat takarannya yang jelas. Namun, untuk urusan oli AC mobil tentunya tak sesederhana itu. Oli AC diukur dengan satuan miligram per kilo meter jarak yang sudah ditempuh. Jadi, meskipun Anda memiliki kemampuan service mobil, belum tentu Anda bisa melakukan service AC sendiri jika tak ada peralatan memadhi.

Nah, itulah tadi tanda AC bermasalah sehingga Anda harus segera mengunjungi bengkel AC mobil Pasar Jumat. Ingat, selalu perhatikan jadwal service AC mobil Anda jika tak ingin kenyamanan Anda berkendara terganggu.

Anda juga perlu mencatat, selain saat AC menunjukkan gejala di atas dan saat perlu ganti oli, Anda juga perlu melakukan service AC ketika akan hendak berkendara dengan jarak tempuh yang jauh. Hal ini untuk menjamin kenyamanan berkendara dan mewaspadai kerusakan AC ketika di perjalanan.

Senang bisa berbagi.

Pasti bermanfaat.

Blog

Bengkel AC Mobil BantenBengkel AC mobil CikupaBengkel AC mobil CilegonBengkel AC mobil Citra RayaBengkel AC mobil Pasar JumatBengkel AC mobil Pasar Kamis

Leave a Reply