Rotary Bintaro

Rotary Bintaro

Pengertian AC Mobil dan Fungsi Sistem Kerja Komponennya

Air Conditioner (AC) mobil merupakan rangkaian komponen yang memiliki fungsi sebagai penyejuk ruangan pada kendaraan. Sistem kerja ac mobil adalah dengan memberikan sirkulasi udara di mana komponen-komponen berfungsi saling berkaitan satu dengan yang lainnya, dengan freon yang berfungsi sebagai aliran sirkulasi itu sendiri.

Aliran tersebut akan terus bersirkulasi jika mesin pada mobil dihidupkan.  AC mobil memiliki 5 komponen utama dan pipa yang memiliki fungsi sebagai penyambung komponen.

Apa saja yang dimiliki AC mobil sehingga bisa bekerja dan menjadi pendingin mobil? Gimana cara kerja AC mobil?

Sistemnya memang terlihat rumit, tetapi sebenarnya sangat sederhana. Setelah kita tau bagaimana menghasilkan udara dingin, kita akan mendapat informasi lebih baik ketika masalah terjadi dan bagaimana cara memperbaikinya. Kita juga bisa datang ke bengkel AC mobil Puri kalau kita mau lebih memahami apa yang harus diperbaiki.

Pemanas dan pendingin udara (HVAC) memiliki tiga fungsi, yaitu mendinginkan interior mobil, memanaskan interior dan mencairkan kaca depan.

Ketiga hal tersebut bekerja bersama sebagai sistem kontrol. Sistem ini dikendalikan oleh komputer utama yang ada di dashboard dan juga menampung kontrol untuk mengatur mode dan suhu. Komputer memberikan perintah kepada kompresor untuk mulai memberi tekanan pada refrigeran bersama dengan aktuator pintu campuran untuk mengarahkan aliran udara dari ventilasi lantai, pertengahan, dan defrost.

Hali ini juga mengontrol kecepatan kipas blower. Aktuator juga mengontrol suhu udara dengan mencampurkan udara panas dari pemanas dan udara dingin dari AC mobil.

bengkel ac mobil puri

Ketika kita  menghidupkan sistem, tegangan diberikan ke pengontrol iklim, kipas motor blower dan kopling kompresor atau katup internal. Komponen-komponen ini kemudian mulai beroperasi terhubung melalui sekering dan relay memanfaatkan kabel kontrol iklim

  1. Compressor

Compressor merupakan mesin pemompa freon yang di dalamnya terdapat piston, atau sitem pengerak lainnya serta dua buah katup tiup dan hisap, yang mana katup tiup adalah berfungsi menyalurkan hasil proses pompa gas freon yang bertekanan tinggi kepada condensor.

Katup hisap memiliki fungsi yang menarik lagi gas sisa pendinginan pada evaporator. Pada compressor juga terdapat magnet clutch yang berfungsi sebagai pengontrol dan pelistriakan.

Kompresor, yang ditenagai oleh mesin menggunakan sabuk serpentine dan memiliki port sisi rendah yang terhubung ke evaporator bersama dengan port sisi tekanan tinggi yang terhubung ke kondensor menggunakan selang karet. Kompresor adalah bagian mekanis utama dari sistem dengan cara kerja internal yang harus dilumasi dengan peg oil (sintetis).

Kompresor dilengkapi dengan kopling yang diaktifkan ketika sistem dinyalakan. Bagian internal kompresor mulai berputar melalui tenaga mesin dan memberi tekanan pada refrigeran.

Pada mesin hibrida kompresor bertenaga listrik. Kompresor kendaraan listrik dan hybrid ditenagai oleh paket baterai kendaraan bukan mesin bensin. Motor listrik kecil dipasang di bagian dalam kompresor yang menekan refrigeran.

Kompresor ini memiliki sepasang kabel pengukur besar dari pengontrol kompresor. Maka dari itu, jika tidak mau ribet bawa aja ke Bengkel AC Mobil Puri.

  1. Condensor

Komponen ini berfungsi sebagai menyerap panas dan dingin atau biasa di sebut dengan pelepas kalor (kalor) dari gas freon yang sudah melewati proses dari kompresor.

Tekanan tinggi diubah menjadi liquid, atau cairan dan dialirkan lagi ke filter dryer. Maka, tidak heran jika condensor selalu diletakan pada bagian depan setelah radiator mesin, hal ini bertujuan agar condesor bisa dibantu dan didinginkan oleh aliran udara dan putaran kipas pada saat mobil berjalan.

Sebuah kondensor terletak di depan radiator mesin dan mendinginkan refrigeran dari kompresor sebelum menuju ke evaporator yang terletak di dalam kendaraan. Beberapa kondensor dirancang dengan pengering penerima terpasang yang bertindak sebagai pembersih pendingin dan penghilang kelembaban yang membantu sistem bertahan lebih lama. Beberapa sistem akan memiliki akumulator yang melakukan pekerjaan yang sama, setiap pembuat mobil sedikit berbeda, tetapi melakukan operasi yang sama.

Beberapa sistem pendingin udara memiliki kipas terpisah untuk kondensor daripada kipas pendingin radiator, atau mereka akan memiliki kipas tambahan untuk membantu kipas radiator mendinginkan pendingin. Kipas ini dikendalikan oleh komputer pengontrol suhu yang memberikan perintah ke relay kontrol untuk menyalakan kipas. Kondensor di bawah ditempatkan tepat di depan radiator mesin sehingga dapat menarik udara seperti radiator oleh kipas pendingin mesin.

Evaporator adalah tempat dingin dibuat menggunakan katup ekspansi atau tabung lubang yang seperti lubang kecil dan merupakan tempat cairan bertekanan tinggi dilepaskan ke evaporator.

  1. Evaporator

Proses terakhir terjadi pada komponen ini. Di mana embun yang memiliki tekanan rendah dihasilkan dari expansi valve tadi akan disalurkan melalui cooling coil melalui pipa-pipa kapiler yang terstruktur pada cooling coil dan telah menjadi dingin karena proses tersebut dan dihembuskan oleh blower yang keduanya terdapat dalam evaporator. Dengan begitu, kita dapat merasakan dingin dan sejuk pada kabin ruang kendaraan melalui kisi-kisi angin yang terdapat pada dasbor mobil.

Hasil sisa dingin tadi kemudian dikembalikan lagi ke compressor, begitulah proses kerja AC mobil terjadi terus-menerus, saat mesin dihidupkan tentunya. Jika kita mulai merasakan AC mobil kita kurang dingin dan ingin memperbaiki AC mobil, atau mungkin sekadar melakukan pengecekan rutin, bawa saja ke Bengkel Mobil AC Puri

 

  1. Filter Dryer dan Expansi Valve

Filter Dryer berfungsi sebagai alat penampungan dan penyaring cairan yang telah melalui proses pendinginan dari condensor.

Di dalam filter dryer sendiri terdapat bermacam lapisan saringan yang berfungsi memimalisir dan menyaring kotoran dan uap air sisa-sisa cairan yang ada. Setelah dari situ, hasil terbaiklah yang dialirkan lagi kepada expansi valve.

Fungsi dari expansi valve adalah sebagai katup pengaturan dan mengecilkan cairan yang setelah melalui proses dari filter dryer. di dalam expansi valve cairan yang ada disemburkan sedemikan kecil (meminimalisir gas freon) sehingga menghasilkan embun dingin dengan tekanan yang lebih rendah kepada evaporator (cooling coil), kita bisa melihatnya di Bengkel Mobil AC Puri

Seperti yang telah disampaikan, sistem kerja AC mobil secara garis besar adalah sirkulasi udar. Karenanya, maka sangat berpengaruh juga dengan kondisi suhu temparatur mesin dan kabin kendaraan.

Oleh karena itu, penting juga untuk kita menjaga kedua hal tersebut. Seperti rajin mengotrol air radiator dan jangan parkirkan kendaraan kita pada panas matahari langsung.

Tentu saja hal ini akan berdampak pada kabin mesin yang panas dan akhirnya memerlukan proses pendingian yang cukup lama untuk AC mobil dapat mendinginkan ruang kabin kendaraan kita.

Selain itu, yang perlu diperhatikan juga adalah selang AC mobil digunakan untuk memindahkan refrigeran ke dari berbagai komponen dan merupakan tempat yang populer untuk menemukan kebocoran. Port servis sisi tinggi dan rendah digunakan untuk menambah Freon dan vakum ke bawah dan mengisi ulang dan sistem. Port-port ini biasanya terletak di setiap selang tetapi bisa juga di kompresor atau akumulator.

Nah itu dia beberapa penjelasan tentang AC mobil.

Mungkin terlihat ribet untuk kita yang masih awam. Oleh sebab itu, sekarang sudah banyak bengkel AC mobil yang mudah kita temukan, seperti Bengkel AC Mobil Puri. So, jika ada masalah dalam AC mobil, kita bisa datang di Bengkel AC Mobil Puri. Layanan yang memuaskan dan sudah terpercaya bisa kita dapatkan di sana.

 

logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...