Coba dihitung sebentar, sudah berapa lama mobil di garasi tidak diganti?  Pasti ingin, dong, ganti mobil baru jika memang ada kesempatan. Setiap ada keinginan baik, pasti ada jalan kok.  Sebelum memutuskan beli mobil baru, kita harus pastikan dulu mobil lama dalam performa yang baik, agar harga jualnya tidak jatuh. Biar cuan, kalau bahasa gaulnya.

Memutuskan jenis mobil yang ingin dibeli memang harus jeli.  Selain mempertimbangkan nilai ekonomis, tentu juga harus sesuai dengan minat kita.  Ada baiknya juga kita mulai melirik mobil-mobil keren yang eksis di tahun 2019 ini.  Deretan mobil SUV Sporty mungkin bisa jadi referensi pilihan yang cocok buat kita-kita yang inign tampil trendy.  

2013-17 Audi SQ5 

Jenis ini adalah desain mobil SUV paling tua dibanding yang lain.  Meski demikian, tampilannya tetap terlihat berkelas dan berkualitas.  Seri Audi SQ5 memiliki kabin dan boot (540L) yang cukup luas. Ditambah lagi sistem keamanannya sangat lengkap dan memiliki drivetrain turbodiesel 230kW dengan penanganan yang cukup gesit. Bisa lah dibawa untuk shet shet di jalan.    

2015 BMW X4 

BMW lebih mudah dikendarai jika dibandingkan dengan Audi SQ5.  Namun, luas kabinnya memang tak seluas Audi. Seri ini cocok jika kita gunakan di daerah pelosok karena mudah dioperasikan dan didesain untuk bergerak gesit.  Secara keseluruhan BMW memang lebih user friendly.  

2014 Porsche Macan 

Eksterior Porsche Macan ini sangat elegan ditambah dengan desain kabin yang mengagumkan.  Operasi setirannya juga mudah ditangani sehingga kita dapat mengemudikannya dengan tenang.  Hanya saja kekurangan terdapat di size boot (500L) dan drivetrain.  

Tiga referensi mobil SUV diatas sangat eksis di tahun ini.  Apakah sudah terinspirasi ingin ganti mobil dengan salah satu jenis diatas?  Kalau belum, tenang, masih ada deretan mobil canggih lain yang bisa kita pilih.  Mayoritas mobil keren di era saat ini memang mengusung tema teknologi canggih, setidaknya ada 4 jenis mobil tercanggih di dunia saat ini yang mungkin bisa menginspirasi kita.  

bengkel ac mobil wijaya

  1.  Buggati Veyron

Mobil ini jenis mobil sport yang terdiri dari mesin twinturbo.  Kecanggihan mesin ini membuat Buggati Veyron bisa melaju dengan kecepatan amat tinggi yaitu 100 kilometer hanya dalam waktu 2,7 detik.  Berani coba?

  1. Koenigsegg Agera R

Mobil canggih ini juga jenis mobil sport pabrikan dari Swedia.  Desainnya terkesan eksotis namun gagah dan berkelas.  Sama seperti Buggati, mobil ini dijalankan dengan mesin twin turbo berbahan bakar bensin.  Kualitas bahan mobil tidak perlu ditanyakan sebab mampu mengimbangi mesin yang membawa mobil melaju hanya dalam waktu 2,9 detik untuk jarak 100 kilometer.  

  1. Ultimate Aero TT

Sama seperti dua jenis mobil sebelumnya, Ultimate Aero TT hadir dengan mesin twin turbo dengan sistem transmisi yang manual.  Tenaga super power dari mesin tersebut mampu membawa Ultimate Aero TT melaju dengan kecepatan mencapai 413 km/jam.  Karenanya mobil ini termasuk ke dalam mobil tercanggih di dunia.  

  1. Buggati Veyron Grand Sport

Desainnya yang mewah dan modern membuat banyak pecinta mobil jatuh hati.  Mobil ini mampu melaju dengan kecepatan 100 km/jam hanya dalam waktu 2,6 detik.

Luar biasa deh kecanggihan teknologi saat ini.  Mobil-mobil diatas tentu tidak hanya canggih dan keren, tetapi juga aman dan super nyaman.  Kenyamanan memang faktor penting saat kita mengendarai mobil.  

Sekeren apapun mobil kita, pasti gak nyaman dong kalau siang-siang mesti kepanasan karena AC nya rusak?  Apalagi kalau sampai harus dibawa ke bengkel AC mobil WijayaSo, kita juga perlu memahami hal-hal apa saja yang menyebabkan AC mobil tidak berfungsi dengan baik.  Ternyata cukup banyak loh penyebabnya:

  1. Temperatur Mesin Berlebih

Tekanan dalam sistem AC dapat menyebabkan kondisi overheat pada mesin.  Jika hal ini terjadi, magnetic clutch bisa saja putus.  Begitu juga dengan arus listrik yang menuju field coil.  Akibatnya kompresor tidak dapat berfungsi maksimal.

  1. Gangguan Pada Kompresi

Kompresi berfungsi sebagai distributor freon.  Distribusi ini akan terhambat saat kompresor drop.  Penurunan kinerja kompresor disebabkan oleh tekanan dan udara panas di siang hari.  

  1. Putaran Fan Radiator Tidak Optimal

Udara panas di dalam kondensor dibuang oleh fan radiator.  Jika putaran fan lemah, otomatis suhu di dalam mesin juga meningkat sehingga menyebabkan sistem AC pun terganggu.  Jika fan rusak tentu harus segera dibawa ke bengkel AC mobil Wijaya agar tidak merusak sistem AC yang lain.  

  1. Freon Bocor

Masalah pada sistem AC saling berhubungan.  Suhu yang tidak stabil akibat putaran fan radiator yang kurang kencang dapat menyebabkan tekanan pada freon.  Akibatnya freon akan keluar melalui seal shaft atau sambungan pipa. Kebocoran ini menyebabkan jumlah freon habis.  Satu-satunya penyebab freon habis adalah kebocoran, bukan proses sirkulasi freon di dalam AC. 

  1. Evaporator Kotor

Evaporator adalah distributor udara dingin ke seluruh bagian dalam kabin.  Evaporator merupakan paru-paru untuk mobil yang menghantarkan udara penuh O2 dan mengeluarkan udara yang mengandung CO2.  Jika evaporator kotor tentu udara yang didistribusikan juga kurang segar, bukan?

Kondisi semakin parah saat siang hari.  Evaporator kotor dan udara memang panas.  Evaporator dalam kondisi kotor akan terbebani saat menyeimbangkan udara di dalam kabin.  Segera bersihkan evaporator di bengkel AC mobil Wijaya agar terhindar dari kerusakan.  

  1. Filter Kabin Kotor

Filter kabin berfungsi menyaring udara kotor dair luar.  Jika filter kotor maka proses penyaringan juga tidak berjalan dengan baik.  Filter diibaratkan sebagai ventilasi rumah. Saat filter tertutup kotoran maka udara di dalam kabin akan menjadi lebih panas dan pengap.  

  1. Ekstra Fan Lemah

Ekstra fan adalah komponen yang berfungsi mempercepat proses pendinginan freon.  Jika eksta fan lemah maka proses kondensasi akan terganggu. Ekstra fan juga berfungsi menyerap panas dari radiator.  Jika kondisi ekstra fan lemah atau mati akan menyebabkan panas radiator terserap oleh kondensor sehingga terjadi overheating.  Pengecekan kondisi eksta fan bisa kita lakukan di bengkel AC mobil Wijaya  

  1. Tekanan Berlebih Pada Sistem Ac Mobil

Jumlah oli kompresor yang berlebih dapat meningkatkan tekanan pada freon sehingga kondisi kompresor akan terlalu panas.  Saat ini terjadi, kondensor akan sulit berfungsi dengan optimal sehingga udara yang dihasilkan pun tidak terlalu sejuk.  

  1. Saluran Pembuangan Air Kondensasi Tersumbat

Aliran air kondensasi yang tidak lancar akan menghasilkan lender yang menyumbat saluran pembuangan.  Hal ini disebabkan oleh kotoran yang terdapat pada evaporator atau blower. Kondisi ini dapat ditandai dengan adanya tetesan air di bawah dashboard mobil.   

Selain sebab-sebab diatas, teknisi bengkel AC mobil Wijaya juga mengatakan kondisi kelebihan muatan mobil bisa menyebabkan AC tidak bekerja dengan maksimal.  Solusinya kita bisa gunakan AC double power agar penyesuaian suhu kabin lebih ringan dan cepat.  

Baca Juga: Rawat AC Mobil, Supaya 5 Masalah Ini Tidak Menimpa

 

Senang berbagi.

 

Semoga bermanfaat! 😀