fbpx

Bengkel Bus : 10 Daftar Kerusakan Parah Sebelum Kecelakaan dan Cara Merawatnya

Hai #SahabatRotary pelanggan bengkel bus

Sebentar lagi musim mudik tiba #SahabatRotary sudah punya persiapan apa saja nih untuk mudik? khususnya untuk pemilik perusahaan otobus jangan lupa cek kondisi busnya di bengkel bus terdekat yaah.

Semua orang yang berkendara maupun penumpang kendaraan pasti berharap perjalanan lancar, aman dan bisa selamat sampai tujuan. Namun, banyakan sekali kendala yang dapat kita temui di jalan salah satunya adalah kondisi kendaraan. Berbagai rintangan seperti macet dan banjir selalu jadi hal yang dihadapkan saat berkendara pada saat biasanya namun diperparah bila hal ini juga terjadi pada musim mudik. Maka dari itu kita harus rajin merawat dan service kendaran kita secara berkala agar kondisinya selalu prima.

Bagi perusahaan otobus tentu keselamatan penumpang yang paling utama, memastikan kendaraan dapat beroperasi dengan aman dan nyaman pasti menjadi prioritas perusahaan. Maka dari itu mengecek kondisi bus secara berkala di bengkel bus terdekat menjadi solusi menghindari masalah yang akan dihadapi.

Untuk menghindari kecelakaan lalu lintas berikut beberapa kerusakan parah yang dapat ditemukan sebelum kecelakaan dan cara merawatnya :

1. Rem Tidak Berfungsi

Biasanya banyak pengemudi yang tidak tahu apakah remnya berfungsi atau tidak. Mengecek kondisi rem menjadi hal yang penting sebelum melakukan perjalanan. Karena pada kondisi yang bila sampai terjadi “rem blong” menjadi sebuah kekhawatiran bagi penumpang maupun pengemudi kendaraan. Bisa #SahabatRotary bayangkan dengan kendaraan besar Anda tentunya menjadi sulit untuk dikendalikan.

Umumnya, sistem rem utama pada kendaraan besar seperti bus dan truk terdiri dari rem pedal dan rem tangan. Namun yang menariknya, juga ada rem ‘tambahan’ yang dapat mendukung kinerja bus agar lebih optimal, yaitu rem gas buang (exhaust brake) sebagai rem bantuan dalam menahan laju kendaraan menggunakan kekuatan dari putaran mesin. Fitur ini menjadi standar bagi kehadiran kendaraan-kendaraan besar yang dapat digunakan melalui tuas atau tombol yang berada di area pengemudi. Rem ‘tambahan’ lainnya yaitu rem angin (full air brake) yang berfungsi untuk mendorong kampas rem sehingga perputaran ban nantinya akan tertahan karena adanya tekanan udara tinggi dari kompresor khusus yang dialirkan ke ban. Penggunaannya dilakukan saat pengemudi menginjak pedal rem.

Ciri – ciri rem tidak berfungsi dengan baik adalah pedal rem terasa keras saat diinjak dan tidak pakem. Salah satu penyebab rem tidak berfungsi adalah air yang masuk kedalam karet rem. Oleh karena itu pengemudi bus harus menghindari genangan air atau banjir. Jika rem mengalami kebocoran atau tidak berfungsi, maka sentral rem harus diganti.

2. Knalpot Bocor

Knalpot yang rusak dan tidak segera diperbaiki dapat menyebabkan kerusakan lain pada komponen kendaraan. Ada banyak penyebab knalpot rusak diantaranya usia kendaraan, kebocoran pada titik sambungan las, knalpot yang terkena lontaran batu saat kendaraan melaju kencang dijalan, karat dibagian dalam dan luar knalpot karena kondensasi dari garam yang cukup tinggi bila kendaraan Anda melintas daerah yang dekat pantai, pengendapan air di bagian dalam pipa knalpot karena sering terjebak macet yang menyebabkan kendaraan Anda melaju dalam kecepatan rendah.

Cara mengenali kondisi dari knalpot Bus Anda dapat diketahui sangat mengaktivasi mesin Anda, coba biarkan selama tiga menit dan dengarkan suara mesin yang dihasilkan, bila menjadi berisik ada kemungkinan ini disebabkan dari kebocoran pada knalpot. Jika #SahabatRotary melihat ada asap yang keluar dari bagian lain selain dari lubang pipa knalpot mengindikasikan adanya kebocoran pada kendaraan Anda, langsung periksakan bagian dalam knalpot Anda.

Knalpot bocor juga akan memengaruhi tenaga mesin yang dihasilkan menjadi kurang maksimal hal ini akan memicu kendaraan Anda menjadi boros bahan bakar juga sehingga bau yang menyengat yang terkadang masuk kedalam kabin kendaraan, tentu membuat penumpang Anda tidak nyaman.

Buat #SahabatRotary sangat disarankan untuk menjaga kebersihan bagian kolong kendaraan Anda. Untuk perbaikan atau mengatasi kebocoran knalpot Anda bisa dengan dilakukan pengelasan pada bagian yang bocor, namun hanya untuk kebocoran dalam skala kecil atau belum parah ya. Begitu terjadi kerusakan yang parah, sebaiknya lakukan penggantian. Begitu #SahabatRotary menemukan ciri – ciri tersebut segera bawa bus ke bengkel bus terdekat.

3. Roda Gila Kendur

Roda gila adalah roda yang digunakan untuk meredam perubahan kecepatan putaran mesin ke transmisi. Jika roda gila ini kendur perpindahan transmisi bus menjadi keras menyebabkan bunyi “gemeretak” saat gigi transmisi dipindahkan. Flywheel atau roda gila yang sudah dalam kondisi tidak rata atau tidak sempurna lagi akibat sudah terlalu lama digunakan harus segera dilakukan penggantian karena akan menimbulkan getaran saat pedal kopling diangkat ketika Anda melakukan perpindahan transmisi yang tentunya bila terus menerus dibiarkan akan berpotensi merusak kopling kendaraan manual Anda.

Cara merawat roda gila diantaranya selalu gunakan gigi 1 saat start awal kendaraan, karena jika tidak kopling akan dibebani secara berlebihan dan akan menyebabkan cepatnya keausan.

4. Gir Transmisi Persneling Rusak

Persneling mobil bus yang sulit masuk ini pasti sering bikin #SahabatRotary kesal. Bila dipaksakan Jika dipaksakan akan terdengar bunyi kasar yang malah bisa menyebabkan merusak gigi percepatan. Selain membuat tidak nyaman, persneling yang susah masuk juga bisa berpotensi kecelakaan.

Ada beberapa penyebab persneling susah masuk kabel tuas persneling yang macet, bushing tuas persneling rusak dan kabel kopling yang keras. Kalau #SahabatRotary sudah kesulitan memasukan persneling mobil bus harus cepat cepat dibawa ke bengkel bus. Segeralah lakukan penggantian komponen yang berada di area transmisi maupun kopling yang sudah terlihat mulai rusak, dan yang paling pentingnya adalah dari cara #SahabatRotary berkendara pun sangat bisa memengaruhi keawetan kopling dan transmisi bus Anda. Maka rawatlah kendaraan secara berkala dengan mengganti gigi pada waktu yang pas.

5. Rem Angin Tidak Berfungsi

Kendaraan besar seperti truk maupun bus mempunyai sistem yang berbeda, salah satunya dengan adanya sistem pengereman udara (rem angin). Karena bobot kendaraan yang dimiliki sangat besar tentu membuat sistem kerja pada rem harus bekerja lebih keras. Kalau pada kendaraan mobil, sistem pengereman dalam hal ini untuk menekan kampas dibutuhkan penggunaan dari media fluida minyak rem, sedangkan kendaraan seperti bus menggunakan bantuan dari rem angin yang didapatkan dari tekanan angin yang dihasilkan dari gerakan sistem hidrolik.

Berbeda fungsi dengan rem yang biasa digunakan untuk menghentikan laju kendaraan, fungsi rem angin ini adalah untuk memperlambat laju kendaraan. Jika rem ini tidak berfungsi pengereman menjadi tidak maksimal dan dibutuhkan waktu yang lama untuk berhenti. Terdapat dua jenis rem angin yang digunakan oleh bus, yaitu tipe Combi Air Brake dan yang lainnya tipe Full Air Brake.

Berikut cara untuk merawat rem angin yang harus diketahui #SahabatRotary

  • Pastikan tekanan minimun untuk kendaraan tidak kurang
  • Pastikan kondisi air tank
  • Periksa supply udara pada air compressor bekerja secara normal
  • Dengarkan apakah ada kebocoran udara pada saluran pipa dengan cara menginjak pedal gas

6. Packing Mesin Bocor

Banyaknya komponen-komponen yang terlibat dalam menjadikan sebuah mesin yang dapat berfungsi secara optimal, harus menjadi perhatian #SahabatRotary apalagi bila berencana untuk bepergian dalam jarak jauh. Salah satu kendala yang dapat Anda alami bila packing mesin mobil bus yang bocor menyebabkan air merembes masuk kedalam dan membuat oli menjadi tercampur dengan air. Jika kondisi kendaraan #SahabatRotary sudah begini segera bawa bus ke bengkel bus untuk mengecek yang lebih mendetail. Satu – satunya cara untuk memperbaikinya jika sudah begini adalah mengganti packing tersebut. Jangan sampai diabaikan karena akan menyebabkan kerusakan pada mesin lain yang memperparah kondisi bus anda.

7. Dampler Pulley Tidak Ada

Dampler Pulley ini berfungsi dalam menggerakkan berbagai onderdil kendaraan yang mana sebagai alat bantu dalam akselerasi dan deselerasi mobil Anda. Dengan bantuan dari pulley ini dihasilkan pergerakan dari as mobil yang terhubung v-belt ke berbagai komponen lain seperti power steering, kompresor, dan pompa air. Selain itu pada kendaraan Anda juga terdapat beberapa pulley penghubung yang digunakan untuk saling menghubungkan satu sama lain pada komponen Anda sehingga dapat bergerak.

Berikut cara merawat dampler pulley mobil #SahabatRotary agar terhindar dari kerusakan :

  • Perhatikan fungsi pulley yang terhubung dengan komponen lain karena bila hanya dilakukan oleh salah satunya menyebabkan pulley yang lain menjadi rusak karena tertarik dan menyebabkan posisinya menjadi oleng dan mengganggu performa yang lainnya
  • Periksa karet peredam, agar pulley bisa tetap fleksibel dan dapat menahan getaran dari v-belt
  • Lakukan pengecekan pada karet damper pulley, karena bila sudah getas (sobek) menyebabkan pulley tidak dapat menghantarkan tenaga ke pulley lainnya

8. Mekanik Spelleng Booster Rusak

Bila tidak adanya dampler pulley pada mobil Anda, hal ini berdampak pada mekanik spelleng booster #SahabatRotary karena menjadi rusak sehingga kopling kendaraan Anda menjadi lengket. Jangan sampai mudik Anda terkendala. Apalagi kalau di perjalanan sampai terjebak banjir atau melintas jalan yang tergenangi air cukup tinggi. Perlu diingat kalau plat kopling sangat rentan dengan air, yang menjadikan plat kopling Anda akan berubah bentuknya sehingga menempel pada plat penekan kopling dan roda gila di mesin.

9. Rem Tangan Rusak

Perlu hati-hati #SahabatRotary, rem tangan (hand brake) memiliki peranan cukup penting ketika Anda berkendara yang mana akan membuat mobil Anda berhenti atau tidak meluncur dengan sendirinya apalagi di saat jalanan menanjak.

Tanda-tanda rem tangan Anda rusak dapat dirasakan sebenarnya saat tarikan tuas pada rem tangan dirasa tidak membuat nyaman. Perhatikan bila jarak tarik rem tangan tidak sesuai seperti biasanya, yaitu lima sampai tujuh klik karena ini merupakan settingan dari pabrik pada biasanya. Kalau lebih dari itu atau tarikan yang dihasilkan malah semakin tinggi bisa langsung Anda lakukan pengecekan untuk memastikan kondisi rem. Mekanisme yang terbilang cukup rumit bila terjadi kerusakan pada rem tangan terjadi, karena memengaruhi komponen yang lainnya. Alangkah baiknya, lakukan pengecekan dan perawatan rutin pada rem Anda paling lama satu tahun penggunaan.

Terdapat kemungkinan lainnya juga, jika #SahabatRotary rasa sudah tidak sesuai dengan yang kebiasaan yang dilakukan sehari-hari hal ini disebabkan oleh kampas rem yang sudah menipis. Kondisi rem yang kotor juga menjadi penyebab tarikan dari rem tangan kendaraan Anda menjadi berubah. Sehingga pada kondisi ini, otomatis sling rem atau jalur kabel rem Anda juga akan ikut mengalami penyumbatan.

10. Tidak Ada Pelindung Kaliper Rem

Ada kalanya fungsi kendaraan pada rem tidak bekerja secara optimal. Sebagai salah satu suku cadang yang memiliki peran penting tentu harus dijaga kualitasnya. Selain membuat kesan kendaraan Anda menjadi sporty, pelindung kaliper rem juga berfungsi melindungi kampas rem #SahabatRotary dari kotor dan basah.

Cara merawatnya bisa dengan melakukan pembersihan secara rutin dan berkala pada kaliper rem maupun pelindungnya, tujuan dilakukannya hal ini agar nantinya saat berkendara tekanan yang diberikan oleh kampas rem kendaraan Anda bisa merata. Apalagi bila setelah turun hujan harus langsung dibersihkan #SahabatRotary, supaya pasir-pasir atau tanah yang menempel di kampas dan piringan cakram yang membuat kampas rem Anda cepat aus akan menghilang.

Sebagai catatan bagi #SahabatRotary saat dilakukan penggantian kampas rem di bengkel akan selalu dilakukan sepasang. Bila Anda melakukan penggantian pada kampas rem depan, maka kampas rem di roda depan kanan dan kiri akan diganti bersamaan. Ciri-ciri kampas rem anda perlu diganti, diantaranya dihasilkan suara memekik ketika Anda menginjak rem, pedal rem diinjak hinga lebih rendah dari biasanya, lampu peringatan akan menyala (pada beberapa mobil), dihasilkan getaran pada roda kemudi.

Bila cara-cara di atas sudah #SahabatRotary lakukan namun masih terdapat kendala, alangkah baiknya segera hubungi bengkel resmi atau bengkel kendaraan Anda untuk diperbaiki. Pentingnya dilakukan servis ini untuk keamanan dalam berkendara, yang tentunya merupakan hal yang diharapkan bagi pengemudi maupun penumpang yang menggunakan Bus sebagai moda transportasi pilihan berkunjung ke kampung halaman. Mudik nyaman, keluarga di rumah tenang.

 

AC mobil mu sudah dingin, nyaman, dan sehat?bengkel bus
Yakin sudah bebas dari bakteri / virus?
Sudah atau belum tahu, silahkan klik disini untuk kita bantu.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

 

Blog

bengkel bus

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?