Begini Penjelasan dan Cara Klaim Asuransi Mobil Karena Banjir

Begini Penjelasan dan Cara Klaim Asuransi Mobil Karena Banjir

Share :

Hai #SahabatRotary

Hai pelanggan bengkel cibubur …

Asuransi mobil merupakan perlindungan wajib yang harus dimiliki sebagai pemilik kendaraan roda empat. Soalnya dengan memiliki asuransi, kalian bakal terlindungi dari berbagai macam risiko; seperti kehilangan hingga kerusakan kendaraan kesayangan.

Apalagi, di awal tahun 2020 ini sebagian wilayah Indonesia tergenang banjir. Semua harta berharga; baik itu perhiasan, dokumen penting, motor, sampai mobil pun hanyut terbawa arus air yang tak terbendung. Bahkan, ga sedikit loh yang mengalami kerusakan di bagian mesin karena saking parahnya.

Bagaimana #SahabatRotary pelanggan bengkel cibubur, banjir nya parah tidak disana?

Coba bayangin deh, berapa kira-kira uang yang harus dikeluarkan jika mobil kesayangan rusak akibat terjangan banjir?

Pastinya nih, selain merogoh kocek untuk perbaikan mobil, kalian juga masih harus mengeluarkan uang untuk biaya pengobatan dan perbaikan pasca banjir, repot kan?

Tapi beda ceritanya kalau Anda adalah pengguna asuransi mobil. Dijamin perasaan kalian bakal jauh lebih tenang.

Nah, bagi Anda pemilik sekaligus pengguna asuransi kendaraan, kali ini kita bakal bahas cara mengklaim asuransi mobil yang terkena banjir. Selain itu, ada juga informasi tentang tata cara klaim, tips sebelum musim banjir yang bisa merusak kendaraanmu datang, hingga penjelasan mengenai syarat klaim asuransi kendaraan beserta jenisnya. Cekidot!

bengkel cibubur

Tips Penting Buat Anda Sebelum Banjir Datang dan Merusak Kendaraan

  • Coba cek dan baca lagi isi dari polis asuransi mobil yang sudah Anda miliki. Perhatikan poin tertulis satu demi satu mengenai pertanggungan kerusakan mobil akibat banjir. Biasanya nih, pertanggungan kerusakan akibat banjir dinamakan dengan istilah perluasan.
  • Kalau ternyata Anda tidak punya perluasan risiko banjir di asuransi kendaraan, maka segera hubungi pihak asuransi terkait untuk meminta penambahan perluasan tersebut ke dalam polis asuransi.
  • Perlu Anda ketahui, kalo kalian bakal dikenai biaya tambahan dengan adanya perluasan banjir dipolis asuransi mobil tersebut.

Bagaimana #SahabatRotary pelanggan bengkel cibubur, sudah pernah mencoba tips ini?

Lakukan Ini Kalau Anda Sudah Punya Asuransi Banjir

  • Inget satu hal, meskipun kendaraan kalian sudah punya perluasan pertanggungan risiko banjir dari asuransi, bukan berarti Anda bisa dengan sengaja dan leluasa menerobos tingginya genangan air ya! Sebisa mungkin hindari genangan air dan jaga agar kendaraan kesayangan tidak terkena banjir.
  • Anda wajib menghindari jalan yang tergenang air agar klaim asuransi kendaraan gak gugur karena perbuatan yang sengaja memaksa atau menerobos daerah terdampak banjir.
  • Biasanya, kendaraan yang statusnya masih dalam masa kredit sudah punya asuransi. Pastikan saja dengan bertanya apakah asuransi cicilan mobil ataupun motor kalian sudah mencakup perluasan akibat bencana alam atau banjir. Dengan begitu, Anda bisa tenang karena mendapat uang ganti rugi sesuai harga pertanggungan dikurangi sisa angsuran ketika musibah terjadi.
Cara Memilih Asuransi Mobil untuk Banjir

Premi Asuransi Mobil Karena Banjir dan Aturan Pemerintah yang Berlaku

Saat terjadi bencana banjir di berbagai wilayah, pastinya pihak asuransi juga bakal dibanjiri oleh klaim dari para nasabahnya. Oleh karena itu, pemerintah melakukan penataan ulang atas sejumlah peraturan dan regulasi premi asuransi mobil yang ditetapkan terhadap musibah banjir dan bencana alam lainnya. Ini perlu menjadi perhatian  #SahabatRotary pelanggan bengkel cibubur.

Perlu Anda ketahui, hal ini penting dilakukan demi menghindari terjadinya perang tarif antara perusahaan penyedia layanan asuransi di negara ini. Pemerintah juga melakukan pemantauan kebijakan asuransi kendaraan melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Anda tentu udah sering dong mendengar atau menemukan kata OJK. Nah, meski nyatanya sering ditemui dan sudah ga asing bagi sebagian orang, ga semua paham dan tahu apa itu OJK. Simpelnya, OJK adalah lembaga independen di Indonesia yang bebas dari campur tangan pihak lain. Fungsinya meliputi, tugas, wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, serta penyidikan.

Nah, sebenarnya kebijakan ini sudah diatur oleh Pemerintah dalam Surat Edaran No. SE06/D.05/2013 Tanggal 31 Desember 2013. Surat ini berisi tentang tarif premi asuransi kendaraan bermotor dan harta benda serta biaya akuisisi, sekaligus jenis risiko khusus meliputi gempa, banjir, letusan gunung, dan tsunami tahun 2014.

Jadi, ga bisa dipungkiri lagi kalo hal ini sangat membantu terciptanya persaingan sehat di antara para penyedia layanan asuransi kendaraan di Indonesia. Dengan begitu, hak dan kewajiban kedua belah pihak, yakni penyedia layanan asuransi dan pengguna asuransi itu sendiri bisa terjamin dan terlindungi secara keseluruhan tanpa merugikan salah satu pihak yang berkepentingan.

Cara Memilih Asuransi Mobil untuk Banjir

Mengenal Jenis-jenis Asuransi Mobil

Sebelum mulai membahas langkah-langkah klaim asuransi kendaraan yang benar, ada baiknya kita mengulas dulu tentang jenis asuransi mobil. Secara umum, ada beberapa jenis asuransi kendaraan yang masing-masing memiliki fasilitas klaim berbeda. Yok kita perhatikan #SahabatRotary pelanggan bengkel cibubur.

Nah poin satu ini juga penting loh untuk Anda ketahui lebih dulu, sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan pilihan perlindungan mobil kesayangan. Apalagi mobil merupakan salah satu aset atau barang yang bernilai tinggi. Ga heran deh kalo bukan hanya properti aja, tapi kendaraan juga memerlukan perlindungan asuransi. Repot banget kan kalo salah pilih dan malah nyesel di kemudian hari?

1. All risk

Jenis asuransi satu ini cukup dikenal oleh sebagian besar masyarakat. Umumnya, segala hal kerusakan pada mobil bakal ditanggung jika Anda memilih asuransi ini. Mulai dari kerusakan ringan sampai berat, seperti lecet hingga hilang karena tindak pencurian. Tidak heran kalau asuransi all risk banyak digunakan untuk mobil yang baru dibeli. Jadi ini pilihan tepat untuk #SahabatRotary pelanggan bengkel cibubur.

2. Collision Coverage

Asuransi jenis ini menanggung kerugian akibat kecelakaan yang ditabrak. Jadi, asuransi ini membiayai segala urusan kerusakan mobil Anda, atau memberikan ganti rugi hingga senilai harga mobil kesayanganmu.

3. Liability Insurance

Asuransi berikut ini juga untuk menanggung kerugian akibat kecelakaan. Tapi ga hanya memberikan ganti rugi seharga mobil aja. Liability Insurance bakal memberikan jaminan tambahan, yaitu biaya tagihan medis atas cidera pengemudinya.

4. Personal Injury Protection (PIP)

Produk asuransi kendaraan yang biasa disebut dengan personal injury protection ini merupakan asuransi yang melindungi pengemudi saat mengalami kecelakaan tunggal. Asuransi ini juga memberikan sejumlah biaya tambahan dari kecelakaan yang menimpa si pengemudi beserta penumpangnya. #SahabatRotary pelanggan bengkel cibubur ini juga bisa menjadi pilihan bagus.

5. Total Loss Only (TLO)

Jika mobil Anda mengalami kerusakan hingga 75% yang membuatnya ga bisa diperbaiki atau digunakan lagi, bahkan hilang sekalipun, maka asuransi jenis ini bakal memberi kalian perlindungan secara keseluruhan. Artinya, mobil Anda bakal diganti jika rusak atau hilang dicuri dengan jenis asuransi kendaraan total loss only ini.

Ini Loh Jenis Asuransi yang ‘Mengcover’ Kerusakan Mobil Karena Banjir

Kalau Anda merasa sudah mengasuransikan mobil kesayangan, coba deh teliti lagi. Apakah asuransi yang kalian punya itu benar-benar bisa menanggung kerugian kerusakan mobil karena banjir?

Inget ya, ternyata asuransi kendaraan itu ga selalu dan serta-merta menanggung kerugian karena banjir loh. Emang sih, kerusakan mobil yang disebabkan oleh banjir atau bencana alam itu bisa ditanggung sama pihak asuransi. Namun, asuransi yang bisa mengcover kerugian akibat banjir ternyata ga termasuk asuransi kendaraan yang biasa atau standar. #SahabatRotary pelanggan bengkel cibubur pasti bertanya “Lah, terus asuransi jenis apa dong?”.

Kalau dilihat dari jenis-jenis asuransi kendaraan yang ada, maka kerusakan mobil yang diakibatkan oleh banjir ini tidak ditanggung asuransi biasa. Anda sebagai pemilik kendaraan diharuskan menambah perluasan asuransi yang emang dikhususkan untuk mengcover mobil rusak karena banjir.

Makanya, Anda perlu banget mengecek lagi apakah asuransi kendaraan yang dimiliki sudah dilengkapi dengan perlindungan terhadap bencana alam seperti banjir. Pastinya, dengan perluasan perlindungan seperti ini maka kalian akan dibebankan tambahan biaya premi sekitar 0,3% dari harga pertanggungan yang wajib Anda bayarkan.

Cara Memilih Asuransi Mobil untuk Banjir

Syarat Klaim Asuransi Mobil Karena Banjir

Poin paling penting yang harus Anda tahu sebagai pemilik pertanggungan asuransi kendaraan yang mencakup perluasan banjir adalah tidak bisa semena-mena dan dengan sengaja menerobos genangan air atau banjir, tanpa memikirkan kerusakan yang bakal dialami oleh kendaraan kalian. #SahabatRotary pelanggan bengkel cibubur, percaya lah. Itu bukan tindakan yang bijak.

Pahami kalo pihak penyedia asuransi juga punya ketentuan dan batas standar yang akan mereka tanggung terhadap mobil Anda. Jadi sebisa mungkin hindari genangan air, dan dengan sengaja menerobos banjir. Karena risiko klaim asuransi kalian bakal gugur dan ga ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Cara Memilih Asuransi Mobil untuk Banjir

Prosedur Standar Pengajuan Klaim Asuransi Mobil Karena Banjir

  • Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghubungi call center atau kantor perwakilan asuransi terdekat secepatnya. Informasikan dengan jelas kejadian yang kalian alami, posisi kendaraan, dan kondisi genangan air atau banjir yang terjadi. Jika Anda berada di luar kota, segera hubungi agen asuransi kalian dan ceritakan permasalahannya. Biasanya, agen tersebut akan merekomendasikan bengkel tertentu. Dan jangan lupa mengisi formulir klaim yang tersedia di bengkel tersebut. Setelah tanda-tangan di atas materai, lampirkan persyaratan lain. Selanjutnya, pihak bengkel yang akan melakukan konfirmasi ke perusahaan asuransi. Jika pengajuan klaim disetujui, maka mobil kalian bisa langsung diperbaiki saat itu juga.
  • Jangan pernah menunda untuk memutuskan aliran listrik di mobil termasuk aki ya Anda. Dan jangan mencoba menghidupkan mesin mobil jika kondisinya mulai terendam air.
  • Segera meminta bantuan evakuasi sebelum banjir terlalu parah untuk menghindari kerusakan di area mesin.
  • Siapkan semua dokumen yang diperlukan, misalnya nomor polis asuransi kendaraan Anda, atau jika ada, fotokopi sekaligus dokumen aslinya untuk mempermudah proses klaim. Jika kendaraan kalian rusak, segera foto bagian tersebut untuk bukti pendukung klaim. Dan jika rusak akibat kecelakaan, jangan lupa juga untuk membuat kronologi tertulis.
  • Aturan umum proses pelaporan klaim ini harus sudah Anda lakukan maksimal 72 jam setelah kejadian, ya! Namun, aturan ini fleksibel kok dan tergantung pada layanan serta ketetapan yang dimiliki oleh perusahaan penyedia jasa asuransi. Pastikan aja kalian ga menunda-nunda lagi melaporkan dan mengajukan klaim asuransi akibat banjir.

Apa Sih Penyebab Klaim Asuransi Mobil Ditolak?

Pada dasarnya, pengajuan klaim asuransi kendaraan itu nggak sulit, tapi bukan berarti juga bebas penolakan. Beberapa hal berikut ini yang sering jadi penyebab manfaat perlindungan yang Anda incar jadi gagal diperoleh.

1. Sengaja ga melapor saat memodifikasi mobil

Kalo Anda pengin menambahkan aksesori atau memodifikasi mobil, jangan pernah lupa atau malah sengaja ga lapor terlebih dulu kepada perusahaan asuransi yang kalian miliki. Pastikan modifikasi yang kalian pengin diperbolehkan dan ga menggugurkan manfaat perlindungannya. Kemungkinan, Anda bakal dikenakan biaya premi tambahan karena ada penambahan nilai NSA (non standar accessories).

2. Pengemudi melanggar hukum

Ga usah berharap deh pengajuan klaim Anda bakal diterima kalo kecelakaan terjadi karena menerobos lampu lalu lintas, atau mengemudi secara ugal-ugalan. Pasalnya, perusahaan asuransi ga bakal menanggung kerugian yang disebabkan oleh tindakan yang melanggar hukum.

3. Kerusakan karena unsur kesengajaan

Anda udah tahu nih ada genangan air lumayan tinggi, tapi tetep aja maksa menerjang banjir sampai mesin mobil mati, atau dengan sengaja menabrakkan mobil ke kendaraan lain. Kalo emang benar begitu, udah pasti deh pengajuan klaim asuransimu ga bakal diterima.

4. Dokumen ga lengkap

Pastikan lagi semua dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap sebelum mengajukan klaim asuransi mobil. Mulai dari salinan polis asuransi, salinan SIM, STNK, hingga surat keterangan kepolisian kalo emang diperlukan.

5. Polis lapse atau ga aktif

Pengajuan klaimmu tentu bakal ditolak kalo polis asuransi yang Anda miliki berstatus lapse atau ga aktif. Kondisi ini biasanya terjadi karena kalian sebagai nasabah ga membayar premi asuransi hingga melewati masa tenggang.

6. Klaim melebihi batas waktu

Jangan menunda pengajuan klaim asuransi kendaraan Anda, karena perusahaan asuransi jelas sudah menetapkan maksimal waktu pelaporan klaim; mulai dari 3-5 hari setelah kejadian. Ada baiknya kalo kalian mengecek ketetapan ini sekali lagi pada polis asuransi, agar ga terlambat mengajukan klaim.

7. Klaim ga tercakup dalam klausul

Jangan lupa pastikan lagi di polis asuransi yang Anda miliki; apakah peristiwa yang dialami termasuk dalam pertanggungan. Terutama kalo risiko yang kalian alami bukan perlindungan dasar alias jaminan perluasan, seperti perlindungan terhadap banjir.

Kalo asuransi mobil Anda ga punya perluasan risiko banjir, maka kalian bisa segera menghubungi perusahaan asuransi terkait untuk meminta layanan tambahan perluasan tersebut. Ingat ya, karena sifatnya penambahan, maka bakal ada biaya tambahan juga.

Tapi, kalo dibandingkan dengan biaya perbaikan atau kerugian finansial yang bakal Anda tanggung tanpa perlindungan asuransi, biaya premi asuransi ini dengan perlindungan risiko banjir tetap aja terhitung lebih hemat loh!

Pastikan aja Anda memahami isi polis asuransi yang sudah dibeli, terutama tentang manfaat perlindungan, pengecualian, serta cara klaimnya. Pada dasarnya ga sulit kok mengurus klaim asuransi, asal kalian mengikuti prosedur yang berlaku dengan baik dan benar.

bengkel cibubur

Tidak Perlu Cemas, Jika Asuransi Mobil Sudah Tepat

Mengetahui jenis-jenis serta manfaat asuransi mobil itu wajib hukumnya bagi Anda yang punya kendaraan roda empat. Apalagi kalo mobil kalian tergolong mahal dan belinya secara kredit.

Jangan sampai deh cicilan mobilnya belum lunas, tapi malah harus rela menghadapi kenyataan mobil rusak akibat banjir. Makanya ketahui dulu manfaat apa aja sih yang ada dalam asuransi mobil sebelum menentukan pilihan. karena emang ga semua asuransi kendaraan mengcover kerugian akibat banjir.

Setiap produk asuransi kendaraan punya fasilitas berbeda sesuai dengan jenisnya. Biasanya diikuti dengan besaran premi yang berbeda juga untuk mendapatkan fasilitas lengkap. Dijamin deh, Anda bakal bebas cemas saat banjir kalo punya asuransi mobil yang tepat.

Belum punya asuransi mobil?

Hmm, buruan deh asuransikan mobil kesayangan kalian sebelum menyesal di kemudian hari. Segera kunjungi kantor asuransi terdekat di kota kalian dan pelajari perlindungan asuransinya secara menyeluruh.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat ya!

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?