Bagaimana Sih Sejarah Wiper atau Penyeka Kaca Mobil?


Share :

Hai #SahabatRotary

Pernah tidak sih #SahabatRotary pelanggan bengkel jakarta barat berpikir tentang benda-benda yang ada di sekitar kita sekarang?

Kayak di mobil tuh, kan ada banyak benda remeh padahal kalau dipikir lagi ternyata ada banyak gunanya loh. Salah satu contohnya adalah seperti penyeka kaca mobil atau biasa disebut sebagai wiper.

Nah, kalian tahu ga sih sejarah wiper itu gimana?

Penasaran kan?

Nah makanya cek ulasan dibawah ini. Tapi sebelum beranjak ke sejarah penyeka kaca mobil, lebih baik kita ulas dulu yuk apa itu yang disebut wiper.

Apa itu Wiper?

Pasti #SahabatRotary sekalian tahu apa itu wiper. Itu loh yang muter bolak-balik dikaca depan mobil buat nyeka air pas hujan. Kalau ga ada yang nyekain kaca depan, pastinya pengemudi kesusahan untuk lihat jalan kan kalau lagi hujan atau gerimis.

Penyeka kaca mobil atau yang lebih sering dikenal dalam bahasa Inggris nya Widescreen Wiper, merupakan salah satu alat yang nempel di bagian depan mobil. Wiper berguna banget, apalagi pas hujan biar pengemudi bisa lihat jalan.

Selain di mobil, #SahabatRotary juga bisa nemuin penyeka kaca di berbagai kendaraan lain. Di kereta api, ada juga penyeka kaca yang desainnya sama kayak wiper mobil. Helikopter juga ada yang make wiper. Kapal laut dan juga pesawat juga ada wiper dengan desain yang mirip-mirip dengan kaca mobil.

1. Fungsi Umum Wiper

Orang Indonesia tahunya pasti wiper untuk menghilangkan air pas saat hujan. Kalau di luar negeri, benda ini ada manfaat lainnya. Fungsi wiper juga bisa untuk menghilangkan debu dan pasir jika kendaraan sedang masuk ke daerah gurun yang berpasir. Selain itu, wiper kadang dipake buat ngebersihin kaca depan mobil Jeep.

Alat ini juga sangat berguna pas lagi turun salju. Malahan, wiper pertama kali diinovasikan oleh pembuatnya untuk melawan salju yang nemplok di kaca depan mobil. Sebelum ada wiper, pengguna mobil biasanya kerepotan banget. Tiap ada salju atau ujan mereka harus selalu bolak-balik keluar mobil buat bersihin kaca depan.

2. Cara Kerja

Di mobil atau kendaraan yang berkaca lainnya, biasanya wiper punya berbagai macam tingkat kecepatan. #SahabatRotary biasanya bisa lihat wiper kalau muter bisa lambat dan bisa juga agak cepat.

Umumnya, wiper punya tiga mode yaitu lambat, sedang, dan sangat cepat. Ini juga ada waktu dan tempat masing-masing buat pakai tiap mode.
Biasanya, mode lambat digunakan pas lagi gerimis. Selain ga overkill, wiper dalam mode lambat juga ga selalu menghalangi pandangan pengemudi.

Bayangin coba kalau nyalain wiper pas gerimis dikit, tapi modenya super cepat. Ya, nantinya bisa overheat kali ya karena gesekan dengan kaca mobil. Apalagi kalau airnya dikit dan kacanya masih belum licin. Nah, pas lagi ujan gede, baru mode turbo wiper umumnya dipake. Jadi gunakan mode-mode wiper di saat yang pas ya.

Mungkin kita gak pernah bayangin gimana sih orang-orang dulu bikin alat wiper. Atau mungkin juga gimana sih kehidupan orang jaman dulu dengan mobil tua mereka? Ternyata, wiper juga punya banyak sejarahnya, dan dulu malah pernah mau dilarang karena dianggap membahayakan.

 

Sejarah Wiper

  1. Mary Anderson, si Penemu Penyeka Kaca Mobil
    Wiper ditemukan oleh seorang wanita bernama Mary Anderson pada tahun 1903. Jadi #SahabatRotary pelanggan bengkel jakarta barat sekarang tahu ya kalau yang bikin atau desain wiper di mobil kalian itu seorang lady. Mbak tersebut berasal dari Amerika Serikat, tepatnya dari daerah Alabama.Seperti yang tertulis di atas, Mbak Mary awalnya punya ide untuk membuat alat pembersih salju yang nempel di kaca depan. Dari sinilah mbak Mary menciptakan wiper untuk kendaraannya, biar ngga usah berhenti pas lagi turun salju. Capek kan karena tiap kali kudu bersihin mobil pas lagi di jalan.Kisahnya balik ke tahun 1902 saat Mbaknya sedang dalam perjalanan ke New York mengendarai street car, ceritanya lagi pulang kampung gitu. Mary Anderson saat itu sedang asyik mengendarai dan kemudian turun salju. Jalan tempuhnya sangat jauh sehingga mbaknya kudu rajin-rajin bersihin kaca mobil depan, kalo nggak ya nggak bakal bisa lihat jalan di depan. Masak kudu nyopir kayak mister Bean yang pake kursi sofa di atas mobil? Kan ga bisa ya? Jadi gitu, repot banget si Mbak Mary kala itu.Kemudian si Mbak Mary Anderson mikir, kira-kira bisa nggak ya bikin bilah yang setidaknya bisa ngelap salju di depan kaca mobil. Terus bilah itu bisa diputer atau digerakkan lewat dalam mobil. Setelah berpikir masak-masak, panjang lebar, dan bertapa di gunung kawi (gak deng..), Mary Anderson pun mencoba bikin alat yang bisa menyeka kaca depan mobil secara semi-otomatis atau internally-operated.

    Karena semi-otomatis, wiper pertama bikinan mbak Mary harus dioperasikan secara manual dari dalam mobil. Tapi masih mendingan banget lah ya, dibanding harus keluar masuk mobil terus ngelap kaca mobil dari luar pas lagi salju atau hujan.

  2. Wiper Pertama
    Wiper pertama bikinan mbak Mary Anderson masih dalam bentuk “internal-manual”, gaes. Wiper pertama tersebut hanya bisa dioperasikan dengan tangan dari dalam mobil. Tapi, untuk jaman 1903-an, punya alat tersebut masih lebih baik ketimbang bolak-balik keluar masuk mobil buat nyekain kaca mobil pakai lap.
  3. Wiper Pertama Dipatenkan
    Setelah membuat alat penyeka kaca mobil manual yang dioperasikan secara internal tersebut, mbak Mary Anderson pun mempatenkan ciptaannya. Si mbak penemu mempatenkan desain wipernya pada 18 Juni 1903, setelah melakukan tes menggunakan alat tersebut. Paten yang dimiliki Mary Anderson untuk Wiper kaca mobil memiliki nomor 743.801. Bentuk berupa bilah yang bisa dicopot. Bila cuaca sedang baik, si wiper bisa dicopot supaya ga kelihatan aneh.
  4. Wiper Pertama Lainnya
    Selain Mary Anderson, dulunya juga ada inventor wiper yang menggunakan alat yang berbeda. Mary Anderson tentunya menjadi penemu bilah wiper yang paling populer dan digunakan oleh semua orang. Namun, sebelumnya juga ada penemuan menggunakan wiper kuas. Tapi seperti yang dibuktikan sejarah, desain Mary Anderson merupakan desain yang lebih efisien, sehingga hingga saat ini mobil-mobil menggunakan alat wiper yang berbentuk bilah.

Sempat Dianggap Berbahaya

  1. Kok Gitu? Masa Sih Bahaya?
    #SahabatRotary pelanggan bengkel jakarta barat, Wiper sendiri pernah dianggap berbahaya pada jaman dahulu kala. Ada banyak sekali perusahaan mobil yang blak-blakan nolak penemuan Mary Anderson tersebut. Meskipun sangat berguna, memang alat wiper pertama masih digunakan secara manual.Dijaman sekarang, pasti kita bakal ditegur polisi jika lagi berkendara tapi malah fokus main hape. Mungkin pada jaman dahulu juga kayak gitu. Wiper manual yang masih menggunakan tangan mungkin dianggap distracting dan menghamburkan fokus saat menyetir.Meskipun sempat dicemooh dan juga ditolak untuk menjadi standar kendaraan otomatis, wiper penyeka kaca depan akhirnya dipasang di mobil-mobil pada tahun 1916.
  2. Penemuan Wiper Otomatis
    Akhirnya ada standarisasi di tahun1916, setahun setelahnya ada penemuan wiper otomatis. Dan lagi-lagi, penemuan ini dicipatakan oleh seorang cewk, yaitu wiper otomatis bertenaga motor. Inovasi wiper otomatis yang bermesin itu ditemukan oleh wanita yang bernama Charlotte Bridgewood. Ada juga penemu lain untuk sistem wiper otomatis dengan mekanik yang berbeda. Penemu tersebut adalah William M. Folberth. Salah satu inovasi wiper otomatisnya muncul pada tahun 1916. Wiper tersebut menggunakan vakum dan digunakan oleh berbagai mobil dan kendaraan darat lainnya sampai tahun 1960.Sekitar 100 tahun setelah pembuatan wiper pertama, akhirnya teknologi wiper berkembang dan menjadi lebih baik. Ada juga tambahan washer fluid yang membantu membersihkan kaca mobil. Itu tuh, yang kalo diklik salah satu tombolnya bisa keluarin air.Nah itu yang biasa dinamakan wiper fluid atau washer fluid. Semprotan itu ditemukan oleh bapak yang bernama Robert Kearns. Karena mobil jaman dulu jarang yang memiliki motor elektrik, mau tidak mau wiper juga tidak ada daya untuk menjalankannya. Ada banyak jenis wiper yang kemudian menggunakan daya hidraulik dan juga berbagai jenis mesin vakum. Dan tentunya, kemudian wiper elektrik dengan komponen mekanik menjadi terkenal seperti sekarang ini.

Tentang Mary Anderson

#SahabatRotary pelanggan bengkel jakarta barat, tahu tidak …

Ada cerita mengharukan mengenai Mary Anderson dan paten wipernya yang tidak dia jual. Mbaknya memberikan hak paten wiper secara cuma-cuma sehingga orang-orang dan perusahaan mobil bisa menggunakan wiper tanpa perlu bayar. Dulunya, Mary Anderson bekerja sebagai real estate developer. Dia juga adalah seorang viticulturalist atau pekebun anggur untuk wine.

1. Kehidupan Mary Anderson
Mary Anderson sendiri lahir pada tahun 1866 di Greene County, Alabama, dan wafat pada tahun 1953 pada usia 87 di Monteagle Tennessee.

Mary Anderson pada kehidupan awalnya tinggal di Alabama bersama ibunya yang pada saat itu menjanda. Penemu wiper tersebut membangun beberapa real estate dan apartemen yang dinamai Fairmount Apartment di Highland Avenue setelah tinggal di Birmingham, Alabama. Mary Anderson kemudian pindah ke Fresno, California sampai tahun 1898, dimana dia mengoperasikan bisnis anggur untuk membuat minuman wine.
Mbak Mary sendiri akhirnya mendapatkan penghargaan dan masuk ke salah satu inventor yang disebutkan dalam “Inventors Hall of Fame”.

2. Mary Anderson di Media Populer
Mary Anderson juga sering disebutkan namanya dan juga kisah penemuan wiper-nya di berbagai media populer. Ada beberapa film yang menyebutkan penemu wiper seperti di serial “Girls Just Want to Have Sums” pada season 17, episode 19.

Wiper Masa Kini

  1. Motor dan Mesin Penggerak Wiper Otomatis
    Wiper bisa diberi daya lewat berbagai cara loh. Wiper penyeka kaca umunnya diberi kekuatan listrik lewat serangkaian mekanik. Wiper lama biasanya juga diberi kekuatan dan digerakkan oleh motor-motor vakum. Mobil-mobil yang berasal dari era ‘60 atau ‘70-an seperti Lincoln Continental biasanya memiliki wiper hidraulik.
  2. Material Wiper
    Kalau di jaman now, manufaktur-manufaktur mobil biasanya membuat wiper dari bahan yang disediakan oleh supplier lain. Wiper modern juga memiliki bahan aluminum untuk bilah utama dan juga karet untuk mengelap air dari kaca mobil. Ada juga berbagai komponen yang terbuat dari plastik dan tentunya juga motor pemberi daya untuk menggerakkan wiper mobil. Bilah wiper dibuat dari berbagai metal aluminum dan karetnya terbuat dari karet natural atau bahan komposit.
  3. Jenis Bilah Wiper Moderen
    Ada berbagai jenis wiper jaman now yang bisa ditemui pada mobil-mobil dimasa kini. Ada yang bernama wiper full-frame, merupakan penyeka yang memiliki bilah metal dengan tambahan karet untuk mengelap kaca. Wiper full-frame merupakan wiper yang paling sering ditemui di mobil-mobil sekarang ini.Ada juga wiper lain yang berjenis Flat-Blade. Jenis ini memiliki komponen sebagian besar dari karet namun ada gagang besi yang memperkuat konstruksi bilah. Kalo #SahabatRotary mencari wiper yang lebih beken, ada juga jenis wiper refill. Biasanya,jenis yang ini memiliki konstruksi bilah dan karet yang mudah dilepas. Karena sistemnya yang refill, kita bisa dengan mudah melepas bagian wiper yang lama dengan komponen refill baru ketika sudah aus atau tipis.
  4. Perawatan Wiper
    Saat mengecek wiper, pastikan kalau karet dan semua area menyentuh kaca mobil. Dengan begitu, nggak ada air yang kelewat saat sedang digunakan. Kalau bisa, jangan gunakan wiper pas kaca lagi kering. Semakin kering kaca depan, semakin kasar pula gaya gesek yang akan dihasilkan. Bila wiper sering digunakan pada gaya gesek yang besar, nantinya motor wiper bisa jadi aus.

Wiper di Kendaraan Lain

Kalau dengar kata wiper pasti langsung bayangin mobil kan #SahabatRotary pelanggan bengkel jakarta barat. Tapi ternyata alat ini juga digunakan oleh banyak kendaraan lain. Tidak hanya pada mobil, tapi juga pesawat dan juga pada kapal. Dimana ada kaca untuk melindungi wajah si pengendara, pasti ada wiper atau penyeka yang terpasang disitu (tsah).

Ada banyak pesawat dan juga helikopter yang juga menggunakan wiper. Sepertinya hal itu udah jelas ya? Coba bayangin kalau lagi hujan terus si pilot helikopter ga bisa lihat apa-apa karena banyak air yang nempel. Pasti serem tuh. Kalau mobil sih bisa berhenti di tempat, lha kalau helikopter mau berhenti dimana??

Kalau kita lihat di bagian depan kereta, kaca-kaca depan juga ada wipernya. Sama juga dengan kapal. Ada banyak wiper yang terpasang di berbagai jendela kaca kapal.

Wiper Masa Depan

Hingga saat ini, para anak teknik masih mencoba untuk mempercanggih wiper. Meskipun yang ada sekarang sudah terlihat OK, tapi demi memberikan visibilitas maksimal, para produsen mobil masih mencoba untuk membuat wiper yang lebih moderen.

Ada berbagai wiper masa depan yang sedang dikerjakan, diantaranya desain pintar yang bisa nyala dan mati tanpa harus ada ikut campur tangan manusia. Diharapkan wiper bisa otomatis ngelap kaca kalau ada air yang turun dikaca mobil. Semakin banyak air yang nempel kayak lagi pas ujan gede, semakin cepat pula si wiper ngelap kaca mobil.

Wah, panjang juga cerita tentang wiper ini ya #SahabatRotary pelanggan bengkel jakarta barat. Banyak sejarah dan figur-figur yang membuat wiper hingga menjadi seperti sekarang ini. Walaupun kadang dianggap remeh, alat ini ternyata memiliki banyak sekali cerita dan kisah-kisah menarik untuk disimak oleh #SahabatRotary sekalian. Makanya, pastikan kalau si komponen penting ini selalu terawat ya!

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?