Bengkel Mobilio : Mobil Penyok, ke Bengkel Resmi atau Umum?

bengkel mobilio

Share :

Hai #SahabatRotary

Honda Mobilio di Indonesia

Kita pasti sering melihat banyak Mobilio melintas di jalanan. Mobilio memang bisa dikatakan sebagai salah satu mobil andalan keluaran produsen motor dan mobil asal Jepang, Honda. Di Indonesia, mobil dengan jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) atau kendaraan multi fungsi, memang sangat digemari karena daya muat yang cukup banyak. Mobilios tergolong dalam MPV mini yang berkapasitas 7 tempat duduk.

Menawarkan desain bodi yang modern dan daya tampung yang luas, tak heran jika Mobilio menjadi salah satu mobil sejuta umat di negara kita. Bersaing ketat dengan kendaraan di kelasnya yang sama-sama berasal dari Jepang, yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Bahkan saking digemarinya, lima tahun lalu yakni pada 2015, mobil ini sempat dijadikan armada taksi oleh perusahaan taksi terbesar di Indonesia, Blue Bird. Sebelum akhirnya digantikan oleh MPV lainnya, lagi-lagi berasal dari Jepang, Mitsubishi Xpander, pada 2017.

Honda Mobilio pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2013 melalui pameran otomotif terbesar di Indonesia, Indoneia International Motor Show 2013. Kemudian mulai  dipasarkandi Indonesia sejak 25 Januari 2014. Jenis yang dipasarkan di Indonesia ini merupakan Mobilio generasi kedua, yang berbasis Honda Brio. Sementara, generasi Mobilio pertama yang diproduksi dan dipasarkan di Jepang pada 2001-2008 berbasis Honda Small Max.

Honda Mobilio menggunakan mesin 1.5L L15Z1 i-VTEC 16 valve dengan tenaga 118 PS @ 6600 RP, dengan torsi maksimal 14,8 N.m pada 4600 RPM. Sistem suplai bahan bakarnya menggunakan teknologi PGM-FI yang mampu menggunakan bahan bakar secara minimal namun mampu mengeluarkan energi secara maksimal. Ini yang menjadi salah satu alasan kenapa Mobilio sangat populer di Indonesia. Sistem suspensinya MacPherson Strut untuk bagian depan dan H-Shape Torsion Beam untuk bagian belakang.

Di Indonesia, konsumen dapat memilih enam tipe Honda Mobilio, yaitu S, E, E CVT, E CVT Prestige, RS dan RS CVT.

Karena banyaknya peminat di negara kita, Mobilio tentunya sempat juga menyabet beberapa penghargaan otomotif, khususnya di tahun debutnya, 2014. Tercatat penjualannya mencapai lebih dari 25.000 unit, Honda Mobilio berhasil mendapatkan empat sekaligus yakni ” Car of The Year 2014 “, ” Best of The Best MPV “, ” Best Low MPV “, dan “Otoneters Car Favorite ” pada ajang Otomotif Award 2014.

Kelebihan Honda Mobilio

Mengapa mobil ini termasuk ke dalam mobil yang begitu diminati di awal kemunculannya? Tentunya banyak kelebihan yang ditawarkan sehingga mampu menarik banyak konsumen. Ketika Mobilio menawarkan versi facelift atau penyegaran pada 2017, konsumen pun lebih tertarik karena Mobilio mengalami perbaikan baik di eksterior maupun interior. Bahkan tahun lalu saja, konsumen mobil second atau bekas pun banyak yang membeli Mobilio, selain Misubishi Xpander.

Sekian lama rasanya di Indonesia, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia menjadi primadona di kelas Low MVP (LMVP) atau mini MVP, baik untuk mobil baru maupun bekas. Namun belakangan konsumer mulai beralih ke Honda Mobilio da Mitsubishi Xpander. Mungkin karena sudah bosan dengan eksterior Avanza atau Xenia yang sudah bertahun-tahun merajai jalanan di Indonesia, sementara Mobilio dan Xpander menawarkan eksterior yang lebih segar dan modern. Dan pasti juga ada alasan-alasan lainnya.

Apa saja yang menjadi keunggulan Honda Mobilio? Mari kita simak.

  1. Luasnya Kabin
    Tahukah Anda, bahwa secara eksterior mobil Hoda Mobilio termasuk yang paling rendah dibanding mobil lain di kelasnya? Namun di sisi lain, Mobilio menawarkan kabin yang luas dan terkesan lega dibanding lainnya. Rupanya dengan mobil ini, Honda memaksimalkan keleluasaan bagi para konsumen dengan hadirnya kabin yang luas, tanpa membuat mobil terlihat besar.
  2. Sistem Kendali Lebih Baik
    Honda Mobilio memikiki sistem kendali atau handling yang sangat baik. Body roll dan feedback setir mobil ini masih lebih baik dibandingkan mobil-mobil sekelasnya. Walau saat menggunakan Electronic Power Steering (EPS) akan mengurangi feeling mengemudi.
  3. Performa Mesin Baik Namun Hemat
    Mobilio memiliki mesin 1.500 cc L 15Z1. Ini adalah mesin terbaru dari Honda, jika dibandingkan dengan Honda City, dan akan diterapkan juga pada Honda Jazz. Tetapi, jika dibandingkan dengan Honda Jazz, tenaga yang dikeluarkan oleh mesin mobil Honda Mobilio ini lebih kecil 2 Hp, yaitu 118 Hp. Salah satu strategi jitu Honda untuk Mobilio adalah pengurangan tenaga ini, yang bertujuan agar konsumsi bahan bakar lebih irit dan lebih hemat. Takhanya itu, mobil ini juga menggunakan intake manifold, yaitu bagian berbentuk pipa tabung terletak di bagian atas mesin, berbahan plastik untuk mengurangi bobot kendaraan.
  4. Bagasi Luas
    Ternyata bagasi Honda Mobilio bisa dikatakan sebagai yang paling luas di kelasnya, disebutkan juga luasnya melebihi luas bagasi Kijang Innova. Ditambah lagi, Honda menempatkan dongkrak dan toolkit di tempat yang tersembunyi agar tidak mengurangi ruang bagasi dan memberi kesan mewah. Agar memberikan kesan yang mewah. Namun, sayangnya jok mobil ini tidak bisa dilipat menjadi rata dengan lantai.
  5. Desain Eksterior Berkelas
    Dirancang khusus untuk menjadi mobil keluarga yang sporty, Honda Mobilio memiliki desan eksterior yang berkelas jika dibandingkan dengan mobil-mobil sekelasnya. Karena itu, banyak konsumen yang tertarik hanya dengan melihat eksteriornya saja.

Kekurangan Honda Mobilio

Tentunya setiap produk juga memiliki kekurangan yang perlu kita tahu juga sebelum memutuskan untuk membeli.

Berikut beberapa kekurangan yang ditemukan pada Honda Mobilio.

  1. Kualitas Pengerjaan Kurang
    Dilihat dari segi kualitas pengerjaan, seperti bodi dan engine bay, dashboard, door trim, dan sambungan bodi, Mobilio masih dirasa kurang, sehingga terkesan pengerjaannya asal-asalan. Hal ini mungkin dikarenakan Honda sedang menambah jumlah produksi Honda Mobilio, sehingga menurukan kualitas pengerjaan dan material yang digunakannya kurang bagus.
  2. Suspensi Tidak Nyaman
    MVP ini sayangnya memiliki suspensi yang tidak nyaman, terutama jika berkendara di jalan yang bergelombang atau berlubang, maka akan sangat terasa, khususnya suspensi belakang. Walau begitu, handling yang nyaman yang dimiliki Mobilio bagi sebagian orang sudah cukup untuk membayar kekurangan pada suspensinya.
  3. Kurangnya Kualitas Kedap Suara
    Sayangnya Mobilio menggunakan plat bodi tipis dan hanya menggunakan satu lapis karet peredam, sehingga sangat berpengaruh pada kualitas kekedapan suara. Jika kita mengemudi dalam kecepatan rendah, maka tidak akan begitu terasa. Namun, ketika mobil dipacu dengan kecepatan di atas 80 km/ jam, maka Anda akan merasakan kekedapan suara yang sangat kurang, suara mesin, angin, dan ban sangat mengganggu. Tak hanya suara yang berasal dari mobil, namun juga suara dari luar akan sangat terdengar, seperti suara orang mengobrol dan tentunya situasi di luar mobil seperti semua suara kendaraan lainnya.
  4. Desain dan Kualitas Interior Kurang Menarik
    Interior Honda Mobilio yang diwarkan pada awal peluncurannya memang kurang menarik, terlihat sama persis dengan Honda Brio. Kompartemen penyimpanan juga tidak banyak. Namun setelah facelift atau penyegaran pada 2017, kita sudah nisa mendaatkan peningkatan pada desain interiornya.
  5. Pintu Bagasi Rata dengan Bemper Belakang
    Mobilio memang memiliki eksterior yang cukup mewah, namun tidak terleoas dari kekurangan, yakni desain pintu bagasi yang sama rata dengan bagian bemper. Fungsi bemper sehatusnya adalah agar bodi mobil terhindar dari benturan langsung apabila terjadi tabrakan atau kecelakaan ringan. Tapi karena Mobilio memiliki permukaan rata antara pintu bagasi dan bempernya, maka apabila terjadi benturan, maka pintu bagasi akan langsung terkena dampaknya.

Biaya Bengkel Resmi Mahal?

Tentu tidak ada yang ingin mengalami kecelakaan di jalan saat mengemudi, tapi terkadang hal ini tetap terjadi sekalipun Anda sudah hati-hati mengemudi. Hal yang sempat viral adalah banyaknya jumlah Honda Mobilio yang penyok di bagian belakang karena kecelakaan yangvterkadang tidak begitu parah. Hal ini disebabkan oleh permukaan pintu bagasi yang sama rata dengan bemper.

Menurut salah seorang Service Advisor di salah satu bengkel resmi Honda, besar biaya perbaikan bemper Mobilio yang penyok tergantung dari seberapa parah kerusakannya. Apabila kerusakan tidak terlalu parah dan hanya sekedar penyok, biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp 1,2 juta sudah termasuk ppn. Tetapi jika kerusakan lebih parah, bahkan hingga menimbulkan kerusakan di bagian tulang mobil, maka kita akan disarankan untuk mengganti pintu bagasi secara total agar bisa mendapatkan bentuk aslinya. Tentu saja biaya yang harus dikeluarkan akan bertambah.

Untuk Mobilio yang hanya mengalami kerusakan kecil di pintu bagasinya, hanya membutuhkan sedikit proses perbaikan panel untuk mengembalikan ke bentuk aslinya. Sedangkan untuk tingkat kerusakan pintu bagasi yang parah, maka langkah yang terbaik adalah untuk mengganti pintu bagasi dengan unit baru.

Apakah tidak bisa dengan ‘diketok’ saja? Tentu saja bisa. Tetapi jika dipaksakan memperbaiki pintu bagasi yang rusak parah hanya dengan ‘mengetok’-nya, tidak akan dapat kembali layaknya keadaan semula.

Adapun untuk waktu pengerjaannya, menurut Service Advisor bengkel Honda resmi, akan membutuhkan waktu satu hingga dua minggu untuk memperbaiki panel pintu. Ditambah lagi, sebelum masuk ke proses perbaikan, juga ada kemungkinan konsumen harus menunggu antrian tergantung dari banyak atau tidaknya konsumen lain yang juga memperbaiki kendaraan mereka.

Apakah harga di atas terlalu mahal menurut Anda dan ingin mencoba konsultasi ke bengkel umum saja? Sebelum terburu-buru ke bengkel umum, ada baiknya kita cari tahu sedikit kisaran harga perbaikan pintu bagasi Honda Mobilio berikut.

bengkel mobilio Mobil Penyok, ke Bengkel Resmi atau Umum

Biaya Bengkel Umum Murah?

Bagi sebagian orang, bengkel resmi menjadi pilihan utama karena keamanan lebih terpercaya, hal ini disebabkan bengkel resmi sudah pasti menggunakan peralatan yang lebih memadai ditambah lagi dengan spare parts yang dijamin keasliannya. Jadi konsumen tidak perlu ragu lagi kendaraannya akan ditangani secara asal-asalan. Hanya saja, dapat diipastikan kita harus merogoh kocek yang lebih dalam. Selain itu juga harus lebih bersabar karena proses pengerjaan terkadang lebih lama dikarenakan antrian atau harus menunggu beberapa spare parts dari pabrik dan bahkan lebih lama lagi kalau harus diimpor. Tetap saja, banyak pemilik kendaraan yang tetap menentukan pilihan pada bengkel resmi.

Lalu bagaimana jika Anda mengalami benturan saat mengendarai Mobilio tetapi sedang tidak ada dana berlebih untuk ke bengkel resmi? Jangan kuatir, tentu saja ada banyak pilihan bengkel umun sampai bengkel ketok magic di luar sana. Apakah aman? Untuk ini, sepertinya Anda pergi ke bengkel langganan yang sudah Anda percaya atau mencari rekomendasi dari saudara atau teman yang punya bengkel langganan, agar tidak diketok juga harganya jadi melambung tinggi dan agar Honda Mobilio Anda diperbaiki dengan benar.

Karena kelemahan Honda Mobilio di bagian belakang bodinya, yakni pintu bagasi yang sama rata dengan bemper, dilansir dari otodriver.com menurut pemilik salah satu bengkel umum, cukup banyak Mobilio yang datang ke bengkelnya dengan masalah yang sama: pintu bagasi penyok. Bahkan pada 2018 hingga 2019 hal ini sempat viral di dunia maya, dengan beredarnya beberapa foto bagian belakang bodi Mobilio yang penyok.

Ada beberapa bengkel yang sudah biasa menangani hal ini. Ada baiknya kita simak kisaran harga perbaikan pintu bagasi di bengkel umum di bawah ini.

Masih dilansir dari otodriver.com, ada tiga bengkel umum yang didatangi. Salah satunya adalah bengkel Paint Auto Repair yang berada di Jalan Raya KSU No.1 Serab, Depok. Bengkel yang satu ini sudah menjadi rekanan asuransi, jadi cukup memudahkan jika Anda hendak menggunakan klaim asuransi. Di bengkel ini dipatok harga Rp 1,2 juta untuk memperbaiki kerusakan yang tidak terlalu parah. Waktu yang dibutuhkan untuk perbaikan? Tidak terlau lama, paling lama hanya hingga 5 hari untuk kerusakan yang tida terlalu parah. Namun, jika penyok sudah terlalu parah, pihak bengkel menyarankan hal yang sama dengan bengkel resmi, yaitu melakukan penggantian pintu bagasi secara total. Bisa dipastikan biayanya pun lebih mahal. Harganya sama saja dengan bengkel resmi, tetapi di sini menawarkan proses pengerjaan yang lebih cepat.

Ada pula bengkel yang tidak mematok harga pasti untuk jasa perbaikannya. Apapun kerusakannya bisa disesuaikan (harganya), waktu pengerjaannya juga bervariasi bisa satu sampai tiga hari, tergantung tingkat parah tidaknya kerusakan tersebut. Tentunya bisa menjadi nilai tambah karena konsumen tidak perlu menunggu terlalu lama dan mobil bisa cepat digunakan untuk beraktivitas kembali. Ini bisa menjadi pertimbangan untuk #SahabatRotary pelanggan bengkel mobilio.

Pemilik bengkel JPAuto24 yang berada di kawasan Sukmajaya, Depok itu menjelaskan, jika kerusakannya tidak terlalu parah dan hanya penyok biasa, pelayanan yang ia tawarkan adalah melakukan Paintless Dent Repair (PDR) yang dihargai Rp 800,000 dengan catatan kondisi panel tersebut tidak memerlukan pengecatan ulang. Kerusakan dengan tingkat yang lebih parah dibanderolnya mulai dari Rp 1,2 juta hingga Rp 1,5 juta dengan jaminan warna cat tidak terlihat ‘belang-belang’.

Yang terakhir adalah bengkel Siaga Motor yang terletak di Jalan Siaga, Pejaten Barat, Jakarta Selatan. Bengkel ini menawarkan harga lebih murah dibandingkan kedua bengkel sebelumnya, yakni Rp 1 juta. Waktu pengerjaan? Estimasi tiga hari pengerjaan. Tetapi sayangnya, pemilik bengkel menambahkan bahwa akan ada kemungkinan belang pada warna cat tertentu seperti putih atau candy red.

Selain ketiga bengkel di atas, ada pula beberapa bengkel ketok magic yang menawarkan harga lebih murah. Dimulai dari Rp. 500,000 hingga Rp. 800,000. Waktu pengerjaan hanya dua jam untuk Mobilio yang tidak mengalami kerusakan parah, dan satu sampai dua hari untuk kerusakan yang cukup parah. Kualitasnya? Bahkan pemilik bengkel pun menjelaskan bentuk bodi atau eksterior tidak akan kembali mulus seperti sempurna. Booking Service

Demikian estimasi harga perbaikan Honda Mobilio di bengkel resmi dan bengkel umum. Tentu keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihan terakhir tetap berada di tangan pemilik kendaraan, agar bijak memilih bengkel mana yang tepat untuk Mobilio Anda.

AC mobil mobilio mu sudah dingin, nyaman, dan sehat?
Yakin sudah bebas dari bakteri / virus?
Sudah atau belum tahu, silahkan klik disini untuk kita bantu.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?