Memilih Bengkel Mobil Rekomendasi: Yuk, kenali Montir Nakal


Share :

Hai #SahabatRotary

Bengkel Mobil Rekomendasi – Bengkel mobil yang memiliki banyak fasilitas dan keunggulan pasti akan dapat tempat tersendiri dihati pelanggan, ya kan?

#SahabatRotary tentu bukan orang yang asal-asalan dalam memperbaiki mobil bukan? Karena harga mobil yang mahal tentu juga perlu perawatan yang baik di bengkel mobil yang recommended. Apalagi di era sekarang ini sudah  terdapat banyak banget bengkel mobil, jadi #SahabatRotary perlu memilih bengkel mobil yang bisa dipercaya. Lalu, gimana memilih bengkel yang bisa dipercaya?

 

bengkel mobil rekomendasi

Yuk, kita simak tips memilih bengkel mobil yang rekomendasi.

  1. Adanya Jaminan Garansi

Jika Anda melakukan pergantian sparepart atau service pastikan datang ke bengkel yang ada jaminan garansi. Selain untuk menghindari praktik kecurangan, garansi akan mempermudah Andauntuk komplain.

Anda tentu tidak mau kan jika sparepart yang telah Anda ganti baru kemarin, malah harus ganti lagi karna sekarang sudah rusak kembali. Jika Anda hendak melakukan penggantian sparepart diharap datang ke bengkel yang menjamin garansi penggantian.

  1. Terpercaya dan Tidak Melakukan Kecurangan

Jangan sekali-kali melakukan service di bengkel mobil yang melakukan tindakan kecurangan. Banyak bengkel mobil yang melakukan tindak kecurangan dalam hal penggantian sparepart ori mobil dengan sparepart KW.

Bagaimana cara Anda menghindari praktik kecurangan? Tentu sebelum Anda memasukkan mobil ke bengkel, pastikan Anda paham mengenai mobil, jika tidak tahu menahu tentang mobil pastikan Anda datang ke bengkel mobil resmi atau terpercaya.

Cara mudah jika Anda ingin terhindar dari praktik curang bengkel, cukup tanya pada teman Anda mengenai bengkel yang recommended.

  1. Montir Jago

Jika Anda pernah melakukan service mobil tentu Anda tahu dan bisa memutuskan apakah montir jago dan bengkelnya bagus. Setelah diservice apakah mobil Anda semakin nyaman dan enak digunakan atau malah kacau. Jika setelah diservice mobil Anda tidak kunjung nyaman atau malah semakin parah, maka Anda wajib meakukan komplain.

bengkel mobil rekomendasi

  1. Biaya yang Tidak Terlalu Mahal

Kerusakan pada mobil tentu berbeda antara mobil satu dengan mobil yang lainnya, akan tetapi jika biaya yang Anda tanggung terlalu besar dan tidak pada umumnya maka hal ini perlu ditanyakan kepada pihak bengkel.

Tetapi bila Anda mengukur hanya berdasarkan harga maka tidak adil juga. Karna memang saat service, mobil Anda memerlukan penggantian tersebut. Bengkel yang bagus dan jujur pasti akan lebih terbuka tentang masalah harga.

  1. Kelengkapan Bengkel

Kondisi bengkel bisa terlihat dari kelengkapan peralatan yang tersedia juga tempat yang digunakan sebagai bengkel itu sendiri. Kelengkapan peralatan menjadi indikasi bengkel tersebut cukup bagus atau memuaskan. Anda juga bisa mengecek para tenaga mekanik yang bekerja. Seorang mekanik yang berkualitas, akan memberikan layanan dengan ramah, tidak membohongi konsumen, mendengarkan setiap keluhan, dan tentu saja memahami mesin dengan baik.

  1. Banyak Pengunjung

Ciri selanjutnya yang bisa dikenali bahwa bengkel tersebut memang bagus adalah banyaknya pengunjung. Anda bisa mengartikan banyaknya pengunjung menggambarkan bengkel tersebut laris manis. Bukan hanya kualitasnya yang bagus, tetapi juga bisa jadi pelayanannya yang memuaskan serta dapat dipercaya.

  1. Kondisi Fisik Bengkel

Banyaknya bekas oli, pekatnya dinding, atau lantai karena oli bisa jadi karena bengkel sudah lama dibangun dan sudah menjadi bengkel yang profesional dalam hal kualitas dan layanan. Tetapi tentunya tetap terjaga dan terawat menjaga kondisi fisik bengkel agar tidak terjadi kecelakaan kerja.

  1. Pelayanan Bengkel

Bengkel yang bagus, selain karna berkualitas, tetapi juga melingkupi baiknya layanan. Anda akan senang mengunjungi bengkel yang menyambut Anda dengan ramah dan menyenangkan dibandingkan bengkel yang acuh terhadap konsumen. Bengkel yang terbukti bagus, memiliki pegawai yang informatif alias tidak bertele-tele, sabar, dan juga ramah, ngebuat pengunjungnya menjadi pelanggan tetap.

Bengkel menjadi tempat untuk berkumpulnya pemilik mobil yang memiliki kendala kerusakan pada mobil. Jika Anda salah satu pemilik mobil yang masih bingung untuk menaruh hati atopun menaruh kepercayaan service mobil, Anda dapat mempercayakannya pada Rotary Bintaro karna bintaro termasuk Bengkel Mobil Rekomendasi.

 


13 Tips Sebelum Memilih Bengkel Rekomendasi

Pengennya sih menghemat pengeluaran uang, bengkel yang tidak kompeten bisa menimbulkan kerusakan yang bertambah parah. Akibatnya Anda memerlukan perbaikan yang lebih banyak dan tentu saja menghabiskan lebih banyak uang.

Untuk membantu Anda yang ingin melakukan perbaikan mobil, service dan lainnya, kali ini akan diberikan tips untuk memilih bengkel mobil yang tidak abal-abal agar Anda tidak tertipu.

1.Ketersediaan Suku Cadang Lengkap

Waktu Anda ingin mencari bengkel mobil yang tidak abal-abal, pastikan bahwa bengkel tersebut menyediakan suku cadang mobil yang lengkap dengan berbagai macam pilihan. Kemudian, ingin bisa memilih sendiri suku cadang yang disediakan mengikuti budget yang dimiliki.

2.Bengkel dengan Teknisi Profesional

Tak kalah penting, pastikan bahwa bengkel  yang akan Anda datangi tersebut memiliki teknisi yang profesional dan bersertifikat. Dengan adanya teknisi andal tersebut, maka perbaikan mobil Anda akan terjamin karena teknisi memiliki pengetahuan yang detail mengenai seluk beluk mobil.

3.Bengkel dengan SOP dan QC Berkualitas

Memilih bengkel mobil yang udah memiliki  SOP (standard operating procedure) dan QC (Quality Control) berkualitas bagus untuk memperbaiki mobil Anda akan mendatangkan banyak keuntungan. Dengan begitu, bengkel tersebut akan mendiagnosa permasalahan mobil Anda dengan akurat dan mengerjakannya dengan profesional.

4.Bengkel Mudah Didatangi Kapanpun

Sejumlah bengkel memiliki jam operasional tersendiri,  beberapa diantaranya tutup pada hari Minggu atau tanggal merah. Namun, ada juga bengkel yang tetap beroperasi saat hari Minggu dan tanggal merah. Untuk itu, pilihlah bengkel dengan waktu operasional yang sesuai dengan waktu yang Anda miliki.

5.Pantau Bengkel Terlebih Dulu

Tips ini berlaku untuk Anda yang sedang berada di luar kota. Saat Anda ingin mengunjungi sebuah bengkel, cari tahulah mengenai pelayanan di bengkel tersebut. Dalam hal ini, tidak ada salahnya untuk bertanya ke kerabat terdekat mengenai kualitas dari bengkel tersebut.

6.Gunakan Pelayanan Bengkel Paling Mudah

Pada saat Anda akan menggunakan jasa bengkel dengan tujuan memperbaiki mobil yang kerusakannya cukup berat, ada baiknya untuk mencoba pelayanan bengkel yang paling mudah terlebih dulu.

Anda bisa melakukan perbaikan oli, spooring-balancing atau pelayanan mudah lainnya untuk mengetahui kualitas bengkel tersebut. Jika merasa puas, maka Anda bisa melanjutkan proses perbaikan mobil yang cukup berat.

7.Ajak Diskusi Teknisi

Saat ingin memperbaiki mobil, tidak ada salahnya untuk berdiskusi dengan teknisi mengenai pengerjaan perbaikan mobil Anda. Di sini, Anda akan bisa tahu dan menilai kemampuan teknisi tersebut mengenai dunia perbaikan mobil.

Ini penting demi pencegahan penipuan. Nah, di luar sana ada banyak sekali oknum mekanik bengkel yang curang. Bahkan mereka bukan hanya datang dari bengkel non resmi, namun juga ada yang bertugas di bengkel resmi. Agar Anda tak terjebak dalam aksi oknum mekanik bengkel yang curang ini, maka harus mengenali ciri-cirinya.

8. Selalu Minta Penggantian Suku Cadang

Ciri mekanik yang akan berniat mengelabui konsumennya biasanya akan memvonis penggantian suku cadang mobil. Bahkan keputusan ini mereka lakukan hanya berdasarkan cerita dari keluhan konsumen. Saran penggantian suku cadang ini tak jarang dilakukan tanpa mereka mendeteksi lebih lanjut tentang kerusakan pada kendaraan Anda.

9. Menyimpan Suku Cadang Bekas dari Mobil Anda

Setelah mereka menyarankan buat mengganti suku cadang mobil Anda tanpa lebih dulu memeriksanya, biasanya ada ciri lain dari mekanik bengkel yang curang. Yaitu menyimpan suku cadang dari mobil Anda yang telah diganti dengan suku cadang rekomendasinya.

Banyak yang tidak menyadari hal ini, karena dianggap suku cadang yang sudah tidak berfungsi tidak akan terpakai. Padahal Anda tidak pernah tahu, apakah suku cadang di mobil Anda tersebut benar-benar diganti atau hanya dicopot dan dipasang ulang setelah dibersihkan terlebih dahulu.

10. Harga Jasa Servis Terlalu Mahal

Sebaiknya Anda juga lebih baik hindari mekanik bengkel yang curang dengan cara menaikkan harga jasa servis. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya tanyakan dulu berapa jasa service saat Anda akan melakukan perbaikan di sebuah bengkel. Jika harganya tidak masuk akal, sebaiknya mengganti ke bengkel yang lain.

11. Tanyakan ke Komunitas

Hal ini memang terdengar sulit, terlebih jika Anda tidak bergabung dengan komunitas mobil. Namun, tips memilih bengkel mobil yang tidak abal-abal ini bisa Anda coba terapkan karna umumnya komunitas mobil memiliki pengetahuan soal bengkel mobil di mana saja yang terpercaya dan bagus.

Bisa jadi, Anda mendapatkan diskon khusus karna anggota dari sebuah komunitas.

12. Bengkel Ramai Bisa Menjadi Indikasi

Biasanya, bengkel mobil yang bagus dan berkualitas akan dipadati oleh banyak konsumen, terlebih saat hari libur. Meskipun hal ini bukan suatu jaminan, tetapi hal ini bisa menjadi indikasi karna bengkel ramai tersebut kemungkinan besar memiliki reputasi bagus dan terjamin.

13. Catatan Service Mobil Terperinci

Jangan ragu untuk mengandalkan bengkel mobil dengan catatan service yang terperinci karna catatan tersebut akan dibutuhkan saat Anda lakuin perbaikan. Dengan catatan service mobil, Anda bisa tahu akar masalah yang terjadi pada mobil, serta membantu Anda  untuk menghitung anggaran perbaikan mobil yang pernah dikeluarkan.

14. Andalkan Bengkel Rekanan Perusahaan Asuransi

Biasanya, perusahaan asuransi mobil menjalin kerjasama dengan bengkel berkualitas untuk mempermudah proses klaim konsumen. Anda bisa menjadikan acuan bengkel yang menjadi perusahaan resmi untuk mendapatkan pelayanan berkualitas, sekaligus terhindar dari kecurangan bengkel abal-abal.

15. Manfaatkan Bengkel Online

Tanpa mengandalkan bantuan dari komunitas mobil, Anda pun bisa menggunakan jasa bengkel online yang saat ini sudah banyak tersedia di sejumlah kota.

Bengkel online biasanya menyediakan konsultasi gratis, jadi Anda bisa menanyakan kerusakan yang terjadi pada mobil kesayangan, suku cadang apa saja yang perlu diganti dan mendapatkan informasi harga secara detail, jadi bisa lakuin perbandingan.

16. Jadikan Bengkel Resmi Sebagai Acuan

Pilihan paling aman agar terhindar dari bengkel mobil yang abal-abal tentu saja adalah bengkel resmi. Bengkel resmi tentu saja menyediakan suku cadang asli dan teknisi yang profesional, serta memegang kontrak dengan Agen Tunggal Pemegang Merk (APTM) dari sang produsen.

Meskipun suku cadang mobil asli harganya lebih mahal, namun budget tersebut akan sebanding dengan kualitasnya yang berdampak pada umur dari mobil kesayangan Anda

16 Tips Sebelum Memilih Bengkel Rekomendasi di atas bisa dilakukan jadi  perbaikan mobil kesayangan Anda bisa dilakukan dengan tepat dan terjamin. Jadi, jangan asal memilih bengkel mobil sembarangan karna hasilnya bisa merugikan Anda!

Ciri Montir Nakal Saat Servis di Bengkel Mobil

Tingginya jumlah pengguna kendaraan bermotor di Indonesia buat keberadaan bengkel motor dan mobil menjamur. Saat ini, bengkel resmi maupun tidak, semakin mudah ditemukan. Bengkel sepeda motor tidak resmi bahkan dengan mudah banyak ditemui di pinggir jalan. Sebagian bengkel telah memiliki pelanggan setia karna montir-montirnya tidak kalah andal dibanding mekanik bengkel resmi.

Meskipun demikian, masih sering muncul keluhan dari konsumen tentang kualitas pelayanan sejumlah bengkel motor tidak resmi. Keluhan soal pelayanan bengkel motor resmi pun ada. Sebagian keluhan konsumen dipicu oleh ulah montir nakal. Jika pemilik kendaraan bermotor memiliki pengetahuan memadai soal mesin, nasib sial “dikerjai” montir bengkel mungkin bisa dihindari. Namun, lain soal jika pemilik kendaraan “awam” soal mesin.

Oleh karna itu, ada baiknya jika Anda tahu sejumlah tanda-tanda yang mengindikasikan bahwa montir “nakal” sedang berulah. Berikut tanda-tandanya sebagaimana dikuti dari berbagai sumber:

  1. Tidak Ada Penjelasan Meyakinkan Soal Kondisi Kendaraan

Saat mendatangi bengkel, pemilik kendaraan biasa menyampaikan keluhan soal kondisi mesin. Montir yang baik akan menjelaskan kondisi sebenarnya dari kendaraan milik pelanggan secara terbuka. Selain itu, montir juga akan memberi tahu sejumlah alternatif solusi. Pemilik kendaraan sebaiknya aktif bertanya kepada montir. Namun, kalau si montir terkesan tidak mau memberikan penjelasan secara terbuka, pemilik kendaraan perlu waspada.

  1. Montir Menyarankan Penggantian Banyak Sparepart Setiap Servis Berkala

Servis berkala memang penting dilakukan agar mesin motor atau mobil selalu prima. Tapi, saat servis berkala tersebut dilakukan, ada sebagian montir yang rajin menyarankan penggantian onderdil dengan sparepart baru. Alasannya sangat beragam, bahkan ada montir yang terkesan menakut-nakuti pemilik kendaraan. Pemilik kendaraan perlu waspada apabila setiap melakukan servis berkala, montir menyarankan banyak onderdil diganti dengan sparepart baru. Sebab, bisa jadi belum saatnya diganti. Oleh sebab itu, apabila pemilik kendaraan ragu, lebih baik mengabaikan saran mengganti sparepart.

  1. Sparepart Akan Diganti Meski Tidak Dikeluhkan Pemilik Kendaraan

Pemilik kendaraan juga perlu berhati-hati apabila montir menyarankan penggantian onderdil meskipun tidak dikeluhkan. Misalnya, awalnya mungkin pemilik kendaraan hanya mengeluhkan kondisi kampas rem. Namun, montir lalu mengaku menemukan ada sejumlah sparepart lain yang perlu diganti, padahal sebelumnya pemilik kendaraan tidak merasakan tanda-tanda kerusakan. Di kasus semacam ini, apabila pemilik kendaraan mudah pasrah, bisa jadi harus membayar lebih mahal meski sebenarnya tidak perlu.

  1. Montir Mengganti Sparepart Tanpa Meminta Izin Pemilik Kendaraan

Sebenarnya, setiap montir wajib meminta izin pemilik kendaraan sebelum mengganti sparepart. Namun ada juga montir yang nekat mengganti sparepart tanpa meminta izin terlebih dulu. Jika menemui kasus seperti ini, pemilik kendaraan sebaiknya tidak ragu untuk menegur si montir.

  1. Montir Enggan Menunjukkan Kerusakan pada Sparepart Lama yang Diganti

Saat ada sparepart kendaraan yang diganti oleh montir, pemilik sebaiknya minta montir menunjukkan onderdil lama dan menjelaskan kondisi kerusakannya. Jika montir enggan menunjukkannya, pemilik kendaraan perlu curiga. Sebab, ada mungkin sparepart lama sebenarnya masih layak pakai.

  1. Montir Menawarkan Sparepart dari Merek yang Jarang Terdengar

Pemilik kendaraan sebaiknya juga waspada apabila montir menawarkan sparepart baru dengan merek yang jarang terdengar. Apalagi, jika pemilik kendaraan meragukan kualitas sparepart itu. Ada baiknya, pemilik mobil atau motor memastikan terlebih dahulu kualitas sparepart yang ditawarkan si montir.

  1. Montir Menjelaskan Risiko Kerusakan Kendaraan Secara Berlebihan

Pemilik kendaraan perlu bersikap skeptis apabila ada montir yang menjelaskan risiko akibat kerusakan mesin kendaraan dengan cara berlebihan. Misalnya, kendaraan dibilang mudah mengalami kecelakaan jika rusakannya tidak lekas ditangani. Dalam kasus seperti ini, pemilik kendaraan sebaiknya mencari bengkel lain untuk mendapatkan saran alternatif.

  1. Kendaraan Diminta Ditinggal di Bengkel

Saat kendaraan diservis, pemiliknya lebih baik menunggu di bengkel, kecuali jika ada kerusakan berat yang buat perbaikan mesin butuh waktu seharian atau lebih. Dengan ‘melototi’ proses kerja si montir, pemilik kendaraan bisa meminimalisir risiko ‘dikerjai’, seperti membeli suku cadang baru yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Jika montir menyarankan pemilik meninggalkan kendaraan di bengkel tanpa alasan yang jelas, saran itu perlu diabaiin.

  1. Montir Menawarkan Sparepart dengan Harga Kelewat Murah

Pemilik kendaraan sebaiknya tidak gampang terbujuk saat montir menawarkan penggantian sparepart lama dengan harga kelewat murah. Tawaran seperti itu mencurigakan. Sebab, ada kasus ketika montir melepas onderdil lama, ia kemudian mengaku menemuin masalah baru. Hal ini bisa menjadi alasan montir menawarkan penggantian sparepart lain dengan biaya yang jauh lebih mahal.


Kenapa Harus Rotary Bintaro?

  • SDM kami fokus, pengalaman dan profesional tentunya kami pastikan itu akan konsisten dengan adanya SOP (Standart Operation Procedure).
  • Rotary bintaro sangat mengerti dan perhatian dengan keluhan dari para konsumen kami, maka itu kami menyediakan fasilitas KONSULTASI GRATIS baik secara online maupun datang langsung ke bengkel Rotary Bintaro.
  • Rekomendasi dari komunitas-komunitas mobil.
  • Menjadi Bengkel rekanan dari puluhan perusahaan swasta maupun pemerintahan
  • System pembayaran yang fleksibel (cash, credit card, debit, dan lain2) apalagi sampai saat ini kami telah bekerja sama dengan beberapa bank besar seperti BCA, BNI, MANDIRI, BRI untuk cicilan 0% selama 12 bulan, semua itu demi kemudahan konsumen kami.
  • Database konsumen yang tersimpan rapi sejak tahun 2000, sehingga kami mengetahui history pengerjaan semua konsumen kami.
  • Komunikatif adalah menjadi fokus kami dalam menjelaskan segala permasalahan yang terjadi pada mobil konsumen kami sedetail-detailnya.
  • Ruang tunggu yang nyaman dengan fasilitas WIFI.
  • Fasilitas antar jemput.
  • Full Garansi (Ganti Baru ketika ada complain) yang artinya kami tidak akan coba-coba repair atau istilahnya akalin yang mungkin pernah Anda lihat di tempat lain.
  • Selalu memberikan edukasi tentang permasalah ac mobil secara up to date.

AC mobil mu sudah dingin, nyaman, dan sehat?Booking Service
Yakin sudah bebas dari bakteri / virus?
Sudah atau belum tahu, silahkan klik disini untuk kita bantu.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?