rotarybintaro.co.id

rotarybintaro.co.id

Bengkel Resmi : Freon Bukan Bensin Sebenarnya Tidak Perlu di Isi Ulang

Hai #SahabatRotary, Tulisan kali ini kita buat khusus untuk #SahabatRotary pelanggan bengkel resmi.

Pengertian Freon

Freon adalah tempat (bisa berbentuk macam-macam tetapi yang paling sering adalah tabung seperti kaleng) yang berisikan senyawa senyawa kimia tertentu yang dapat mengubah suhu udara menjadi dingin, freon ini juga berperan dalam menghancurkan ozon di bumi karena menghasilkan unsur yang mendukung pemanasan global yang berdampak buruk pada bumi walau hanya sedikit.

Freon ini biasanya dijual pada bengkel AC mobil atau bengkel mobil biasa, harganya juga cukup terjangkau yaitu di antara puluhan ribu atau yang sudah termasuk mahal hingga ratusan ribu; tergantung dari kebutuhan #SahabatRotary pelanggan bengkel resmi untuk memilih jenis dan harga yang mana. Tetapi menurut saya lebih baik Anda memilih Freon yang lebih mahal ketimbang membeli yang murah tetapi tidak berkualitas. Hindarilah membeli freon murah yang harganya tidak sewajarnya, agar Anda tidak menyesal di kemudian hari. Setelah mengetahui bahwa freon tersebut  berkualitas atau tidak, maka cermatlah dalam membelinya.

Fungsi dari Freon di AC Mobil

Freon sangatlah penting bagi mobil #SahabatRotary pelanggan bengkel resmi, karena tanpanya mobil Anda tidak akan sedingin AC Mobil pada umumnya, jadi seperti ini cara kerjanya AC Mobil dengan freon:

  1. Udara masuk ke Evaporator yang bekerja sebagai penyaring udara pada AC Mobil, fungsinya agar tidak masuk benda asing selain udara yang dapat merusak komponen di dalam AC Mobil.
  2. Udara yang sudah di saring Evaporator masuk ke dalam AC Mobil dan mengenai Freon, fungsinya adalah mendinginkan udara panas yang masuk melewati Evaporator atau penyaring udara pada AC Mobil tadi.
  3. Kemudian udara yang sudah di dinginkan oleh Freon di dorong keluar oleh Kompresor, fungsinya dari Kompresor adalah seperti kipas yang mendorong dan meghisap udara yang ada di sekitarnya.
  4. Setelah udara keluar maka sudah pasti suhu yang ada di Dekat AC mobil menjadi lebih dingin dari pada yang sebelumnya. Begitulah cara kerja AC Mobil yang #SahabatRotary pelanggan bengkel resmi gunakan saat ini, ada pun perbedaannya sedikit jika ada tetapi kebanyakan seperti prosedur di atas.

Bukan cuma itu saja nih yang bisa bikin nyaman dan tenang, tapi ada AC mobil juga lho yang punya fungsi sama. AC mobil memberikan kenyamanan (adem) kalau AC mobil berfungsi normal.

Yuk buruan simak lebih dalam di pembahasan berikut ini:

AC mobil adalah salah satu komponen di dalam mobil yang diharapkan bisa menambah kenyamanan dan ketenangan. Tapi ada juga masalah  seperti AC mobil bau, AC mobil panas, belum lagi AC mobil berisik kayak omongan tetangga yang suka sirik; tentu saja sangat mengganggu konsentrasi kita dalam berkendara. Ada banyak permasalahan AC mobil yang mengganggu. Tapi, hal ini tentu bisa kita atasi dengan service AC mobil di bengkel AC mobil Kedoya. Tempat yang memiliki alat canggih dengan mekanik yang gigih yang siap untuk memperbaiki AC mobil #SahabatRotary pelanggan bengkel resmi.

Bengkel AC mobil memberi pelayanan terbaik yang tentu bikin asik dengan adanya alat canggih seperti Flushing Machine dan Cooling Machine. Peralatan ini yang bisa men-service AC mobil tanpa harus bongkar dashboardSo, kalian tinggal sampaikan keluhan tentang AC mobil kepada mekanik untuk segera diperbaiki. Simple banget kan? Iya dong, ngapain dibikin ribet.

Jenis-Jenis Freon dan Service Ac Mobil

Jadi, freon adalah  salah satu komponen yang penting untuk menjadi bagian dari sistem pendinginan di AC mobil . Meski begitu, #SahabatRotary pelanggan bengkel resmi juga perlu tahu bahwa freon yang cocok digunakan AC mobil seperti apa. Di pasaran terdapat dua jenis freon yaitu R134a dan juga R12. Untuk mobil yang ada di bawah tahun 1994 masih banyak yang menggunakan freon R12. Sementara mobil tahun 1994 hingga sekarang menggunakan R134a.

Sementara untuk freon R12 sendiri memang sudah dihentikan produksinya. Hal ini karena adanya zat HFC yang ada padanya membuat kerusakan lapisan ozon di bumi. Jenis freon yang sesuai dengan standar pabrikan bisa kita temukan di dinding ruang mesin. Ada juga  jenis oli kompresor yang umumnya bergantung pada jenis freon yang telah digunakan.

Untuk freon R12 sendiri memiliki oli yaitu ND-OIL 6 atau ND-OIL 7 yang mana memiliki bahan dasar mineral. Sementara untuk oli kompresor R13a sendiri memiliki kode ND-OIL8 atau ND OIL 9 yang merupakan base oil syntetic. Tetapi memang setiap kompresor sendiri memiliki stiker yang menunjukkan bagaimana spesifikasi oli sesuai dengan pabrikan.


Sudah menjadi kebiasaan, jika sebuah kabin mobil mengalami kejadian AC atau air conditioning tidak dingin maka kesalahan dilimpahkan kepada Freon. Disebutkan bahwa Freon habis atau tidak lagi berfungsi.

Padahal, seperti dikutip dari laman Hyundai Indonesia, sebenarnya Freon pada AC mobil tidak mungkin habis. Freon bukan bensin sebenarnya tidak perlu di isi ulang. Freon berfungsi sebagai cairan utama bagi sistem AC. Dalam suhu ruang zat ini berwujud gas, dan saat mengalami pendinginan melalui evaporator  akan berubah menjadi cairan.

Daur hidup Freon AC mobil bervariasi tergantung pemakaian. Tidak ada waktu pasti berapa masa pakainya, karena semuanya bergantung kepada penggunaan. Namun, biasanya bisa bertahan hingga bertahun-tahun.

Freon adalah elemen penting pada sistem AC, baik AC rumah atau AC didalam mobil. Gas ini berperan sebagai sumber pendingin udara pada ventilasi AC. Sehingga kalau AC mobil freonnya habis, jelas AC mobil tersebut akan terasa tidak dingin.

Tapi, kebocoran gas freon ini sulit sekali terdeteksi. Karena freon merupakan gas yang mudah sekali menguap bahkan di temperature dingin. Sehingga begitu ada lubang kecil pada selang AC, maka tak butuh waktu lama bagi freon untuk menguap semuanya.

Dan alau freon habis, logikanya kita harus mengisi freon baru. Tapi kalau kita langsung isi freon di bengkel AC, maka dalam sekejap freon itu langsung habis lagi. Karena bocor pada selang AC belum diperbaiki. Sehingga kita perlu memperbaiki kebocoran AC dulu baru mengisi freon baru.

Hal lain yang sedikit membingungkan adalah gejala AC tidak dingin itu tidak hanya disebabkan karena freon habis. apa jadinya kalau AC tidak dingin, Sahabat mengira freonnya habis. Setelah akan mengisi freon, ternyata freon didalam mobil masih penuh ? Tentu sia-sia freon yang sudah kita beli. Oleh sebab itu, diartikel ini akan kita jelaskan tanda-tanda kalau freon AC mobil habis.


Ciri Freon AC Mobil Habis

1. AC hanya keluar angin dan tidak dingin

Saat Sahabat menyalakan AC, harusnya dengan sekejap udara yang berhembus dari ventilasi udara memiliki suhu yang dingin. (lebih dingin dari suhu kabin). Tapi kalau AC bermasalah, maka meskipun selektor suhu AC sudah diset di temperatur yang paling dingin, udara yang berhembus dari ventilsai AC tetap saja suhunya, alias tidak bertambah dingin.

Gejala ini menjadi tanda bahwa ada yang tidak beres dengan sistem AC mobil Sahabat, bisa kompresor yang rusak, magnetic clutch yang rusak, kipas pendingin mati, atau karena freon habis.

Kalau freon habis, maka semuanya seolah berjalan normal. Saat AC dinyalakan, terdengar bunyi ketukan yang menandakan kompresor AC bekerja, RPM mesin juga naik serta kipas pendingin nyala. Tapi hembusan angin tidak dingin, dan ini artinya freon AC mobil habis.

2. Kompresor AC tidak berhenti bekerja saat AC On

Ada juga masalah sistem AC, dimana ketika saklar AC dinyalakan magnetic clucth terus saja terhubung. Normalnya, magnetic clutch akan terhubung saat saklar AC dinyalakan. Tapi magnetic clutch akan terbebas dalam interval waktu tertentu ketika tekanan freon sudah maksimal.

Mungkin Sahabat sendiri sering menemui kondisi dimana suara ketukan dari ruang mesin sering muncul ketika AC dinyalakan.

Tapi kalau Sahabat menemui kondisi dimana magnetic clutch dari awal AC ON terus saja tersambung, maka itu menjadi tanda bahwa freon AC habis.

Ini disebabkan saat freon habis karena kebocoran, maka didalam selang AC itu dipenuhi oleh udara. Sifat udara, itu mudah dikompresi. Dibandingkan freon, udara lebih mudah dikompresi sehingga saat kompresor bekerja, itu hanya akan memompa udara biasa.

Karena udara lebih mudah dikompresi, maka tekanan udara pada selang high pressure pun tidak bisa sampai maksimal. Sehingga pressure switch belum bisa memutuskan magnetic clutch karena tekanannya belum sampai maksimal. Berbeda dengan freon yang lebih padat, diberi tekanan sedikit saja tekanannya langsung naik.

3. Tidak ada freon di sight glass

Kedua ciri diatas, bisa Sahabat rasakan didalam kabin mobil saat AC dinyalakan. Kalau Sahabat menemukan kondisi diatas, segera turun dan buka kap mesin untuk mengecek sirkulasi Acnya.

Yang Sahabat cek itu sight glass, sight glass adalah sebuah kaca bulat yang transparan, fungsi kaca ini adalah untuk melihat sirkulasi freon didalam sistem AC. Biasanya sight glass terdapat pada driyer atau filter freon.

Dalam kondisi mesin masih hidup dan AC dinyalakan, coba Sahabat tengok pada sight glass ini. Kalau freon masih, maka akan ada cairan yang mengalir. Tapi kalau freon habis, maka tidak ada apa-apa yang mengalir dibalik sight glass.

Mengapa cairan, bukannya freon itu gas ?

Dalam wujud normalnya, freon memang berbentuk gas. Tapi kalau diberi tekanan, freon akan berubah menjadi cair. Ini seperti korek api gas, dimana didalam tanki bentuknya cair tapi kalau dikeluarkan akan menjadi gas.

4. Tidak ada embun pada selang low pressure AC

Selanjutnya, masih pada ruang mesin. Kali ini Sahabat perhatikan selang-selang AC mobil Sahabat.

Ada dua buah selang dari kompresor, yakni selang high pressure dengan bentuk yang lebih kecil mengarah dari kompresor menuju kondensor. Selang low pressure dengan bentuk yang lebih besar mengarah dari evaporator (didalam kabin) menuju kompresor.

Saat AC hidup dengan normal, maka akan terbentuk embun pada selang low pressure. Embun ini merupakan hasil dari perbedaan suhu antara suhu didalam selang low pressure yang dingin dengan suhu mesin yang panas. Tapi kalau tidak terbentuk embun, atau kalau Sahabat raba tidak terasa dingin, berarti freon habis.


Lantas bagaimana cara agar pemilik mobil bisa tahu saat Freon AC tadi sudah habis?

Mesti dicatat bahwa sejatinya Freon tidak bakal habis bila tidak terjadi kebocoran pada sistem AC mobil.  Atau dengan kata lain, penyebab habisnya Freon AC disebabkan karena adanya kebocoran pada sistem AC itu sendiri. Biasanya memang karena faktor usia. Sebab, dalam sistem AC terdapat beberapa komponen yang berkaitan satu sama lain. Di antaranya kompresorkondensor, receiver drier, dan evaporator.

Kejadian Freon habis biasanya disebabkan karena adanya kebocoran atau kerenggangan pada karet seal pada sambungan selang dan pipa sehingga gas Freon bocor. Bisa juga akibat munculnya lubang pada selang maupun pipa. Solusi yang dapat diakukan adalah dengan mencari penyebab kebocoran, menambalnya, lalu mengisi ulang Freon AC mobil.

Bisa juga melihat indikator saat menghidupkan AC mobil. Biasanya kompresor yang terdapat pada AC mobil akan berputar dan bergerak. Namun, bila kompresor AC mobil ini tidak bergerak, kemungkinan freon AC mobil sudah habis.

Terakhir disarankan, cara paling bijak agar AC mobil tetap dingin dan tidak perlu menambah freon adalah melakukan servis rutin AC mobil setiap satu tahun sekali. Tujuannya, selain menjaga menjaga pendingin udara tetap optimal sehari-hari, juga agar lebih cepat untuk mendeteksi apakah terjadi kebocoran atau tidak.


Lalu Apa Solusinya Kalau Freon Habis ?

Seperti yang dikatakan diatas, sebelum Sahabat mengisi freon Sahabat perlu mencari tahu penyebab mengapa freon AC mobil Sahabat habis.

Untuk mengetahui letak kebocoran freon secara pasti, ada beberapa cara yang bisa digunakan.

Dengan menggunakan air sabun, ini merupakan cara tradisional yang terbukti bisa mencari letak kebocoran freon. Caranya dalam kondisi mesin nyala dan AC ON, oleskan air sabun secara merata pada setiap saluran AC. Kalau ada kebocoran, pasti akan ada gelembung-gelembung.

Cara kedua yakni dengan menggunakan leak detector, alat ini menggunakan cairan seperti tinta khusus yang dimasukan kedalam saluran AC. Kemudian AC dinyalakan selama beberapa menit, lalu saluran AC disoroti senter ultrasonic. Cairan tinta yang dimasukan, akan menunjukan dimana lokasi kebocoran.

Untuk cara terakhir, bisa Sahabat lakukan tanpa alat apapun. Caranya dengan memperhatikan setiap centi selang AC. Kalau ada rembesan, bisa jadi itu adalah bekas kebocoran freon. Tapi cara ini hanya bisa dilakukan kalau freon baru bocor, kalau sudah kelamaan maka bekas rembesan itu akan mengering sehingga sulit dideteksi.


Kalo Freon Bocor Jangan Isi Ulang

Salah satu yang harus dilakukan untuk membuat AC mobil menjadi normal lagi adalah dengan melakukan service secara rutin. Terutama jika #SahabatRotary pelanggan bengkel resmi ingin menghindarkan AC mobil dari kerusakan seperti AC mobil bau, AC mobil panas dan lain sebagainya. Service AC mobil di bengkel AC mobil Kedoya tentu merupakan piliihan tepat. Sebab, jika ada masalah terkait freon memang tak melulu tentang harus diisi ulang. Freon yang bocor membutuhkan penanganan sendiri.

Banyak para pengguna yang datang dan mengeluhkan mobilnya kurang dingin,ba hkan ada juga yang datang ke bengkel AC mobil Kedoya dengan meminta untuk mengisi ulang freon. Padahal, bukan itu masalahnya. Tetapi, ada spare-part yang bocor atau rusak. Sehingga untuk mengatasinya adalah dengan mengganti spare part yang tepat. Penanganan tepat hanya bisa dilakukan di bengkel spesialis AC mobil seperti yang ada di bengkel AC mobil Kedoya.

AC mobil bukan hanya digunakan selama di dalam mobil. Tapi, juga harus diperhatikan bagaimana perawatan dan kebutuhan service-nya. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan service rutin tanpa harus menunggu adanya masalah yang muncul. Jadi, Ibarat sedia payung sebelum hujan, jangan nunggu hujan baru nari payung; nanti bikin repot deh!
Freon bukanlah satu-satunya komponen yang ada di dalam AC mobil, tetapi jika freon mengalami kendala dikhawatirkan bisa mempengaruhi yang lainnya.

Tak ada salahnya untuk selalu mengecek komponen AC mobil tiap akan melakukan perjalanan jauh, hal ini untuk memastikan bahwa komponen di dalamnya tidak bermasalah. Juga melakukan pembersihan pada kotoran yang ada di dalamnya agar tak membuat AC mobil bau.

 #SahabatRotary pelanggan bengkel resmi AC mobil mu sudah dingin, nyaman, dan sehat?Booking Service
Yakin sudah bebas dari bakteri / virus?
Sudah atau belum tahu, silahkan klik disini untuk kita bantu.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...