Cegah Corona dengan Bengkel Service AC Mobil Terdekat di Jakarta

Cegah Corona dengan Bengkel Service AC Mobil Terdekat di Jakarta 2

Share :

Hai #SahabatRotary pelanggan bengkel Service  AC mobil terdekat di Jakarta

Selama masa #dirumahaja ini, sudah rawat mobil belum?

Khususnya AC mobilnya, sudah belum?

Terlepas belum atau tidak, #SahabatRotary perlu tahu nih

Berapa Lama Virus Corona Bisa Bertahan dalam Mobil Kamu?

Virus Corona bisa terbawa ke dalam mobil saat kamu masuk ke kabin usai melakukan aktivitas luar ruangan. Berapa lama virus tersebut bisa bertahan di dalam kendaraan?

Para ahli telah meneliti kalau virus corona bisa menyebar melalui droplets dari orang yang terinfeksi ke orang lain yang sehat. Droplets bisa berpindah dari cairan bersin atau batuk.

Droplets dari orang positif tersebut membawa partikel virus yang bisa masuk ke tubuh orang lain jika terhisap masuk ke dalam tubuh, baik melalui hidung atau mulut. Tapi selain itu, orang bisa juga tertular jika mereka menyentuh benda yang di permukaannya menempel partikel virus. Virus bisa masuk ke dalam tubuh yang sehat jika orang itu kemudian menyentuh wajahnya.

Itu artinya virus berpeluang masuk ke dalam mobil jika kamu habis beraktivitas di luar rumah. Misalnya belanja, mengisi bensin, atau pergi ke ATM.

Membersihkan mobil setelah pergi kini sangat dianjurkan. Soalnya virus corona ternyata bisa bertahan cukup lama di berbagai permukaan benda yang berbeda.

Daya tahan virus untuk hidup dalam mobil sangat tergantung pada jenis material tempat virus itu hinggap. Menurut penelitian yang dipublikasikan The Lancet Microbe pada 2 April, diketahui kalau virus corona bisa bertahan paling lama selama tujuh hari pada permukaan luar masker operasi. Itu artinya, pastikan masker sekali pakai langsung dibuang.

Lalu bagaimana dengan permukaan lain?

Masih dari laporan penelitian yang sama, didapat daya hidup virus corona pada berbagai benda sebagai berikut:

Kertas dan tisu: 3 jam
Uang logam: 4 jam
Kardus: 24 jam
Kayu: 2 hari
Kain: 2 hari
Stainless steel: 2-3 hari
Plastik polypropylene: 3 hari
Gelas/kaca: 4 hari
Uang kertas: 4 hari
Sisi luar masker operasi: 7 hari

Tapi jangan khawatir. Kebiasaan hidup bersih, termasuk dalam mobil, bisa membantu kamu dari menghindari ‘memelihara’ virus corona di dalam mobil. Membersihkan interior mobil pun tak perlu cairan disinfektan khusus.

Pembersih mobil yang dijual di pasaran terbilang efektif menangkal virus Corona karena mengandung deterjen. Bersihkan saja mobil sesuai cairan pembersih yang umumnya dibedakan berdasar permukaan.

AC mobil memiliki peran untuk menjaga mobil kita tetap sehat, dengan 2 fungsinya

  • Bekerja untuk mengatur suhu udara yang ada di dalam mobil

Fungsi utama dari air conditioner tentu saja sudah jelas, untuk pengaturan suhu udara yang disirkulasi di dalam kabin mobil dan ac juga dapat  diatur menggunakan remote atau remote control. Suhu paling rendah yang terdapat pada AC mobil sekitar 18C dan suhu paling yang paling rendah yaitu biasanya sekitar 30C.

  • Bekerja sebagai pengatur kelembapan udara yang ada di dalam mobil

Fungsi lainnya dari AC mobil adalah untuk pengaturan kelembapan udara di dalam kabin mobil mengapa demikian?

Karena suhu dan kelembapan udara di dalam mobil saling berkaitan satu sama lainnya, selain itu AC juga memiliki fungsi sebagai pengatur kelembaban udara. Suhu yang baik digunakan di dalam mobil adalah sekitar 12 hingga 26 derajat Celcius, udara yang terlalu dingin bisa mengakibatkan kulit Anda menjadi mudah kering.

Cegah Corona dengan Bengkel Service AC Mobil Terdekat di Jakarta

BAGAIMANA CARA KERJA AC MOBIL?

Selanjutnya kita akan memahami tentang cara kerja AC mobil, ini lah proses kerja AC mobil.

  • Langkah awal, AC akan bekerja melakukan sirkulasi udara di dalam kabin mobil. ketika Anda menyalakan AC mobil maka Freon yang ada di dalam sistem AC mobil akan dipompa dan diberi tekanan oleh kompresor menuju ke beberapa bagian yang terdapat didalam AC mobil.
  • Pada saat kompreor memberikan kompresi maka akan berpengaruh terhadap kecepatan pendinginan udara yang terjadi di kabin mobil.
  • Freon yang berbentuk gas selanjutnya akan dikompresi dengan menggunakan tekanan tinggi dan menghasilkan suhu sebesar 100C.
  • Pada saat suhu telah mencapai pada batas maksimum lalu Freon akan berubah menjadi wujud cair dan akan bergerak menuju ke arah kondensor AC.
  • Freon akan dicairkan dalam kondensor AC mobil sehingga suhu Freon mencapai 60C.
  • Lalu Freon akan disaring memakai filter dryer bertujuan agar udara yang dihasilkan lebih bersih, setelah udara  disaring kemudian Freon akan dialirkan menuju ke komponen expansi valve, Freon yang sudah berwujud cair akan disemprotkan tetapi dalam bentuk uap dingin dan expansi valve dan tekanan akan diturunkan.
  • Setelah Freon sudah berbentuk uap lalu selanjutnya akan dialirkan menuju ke evapator AC mobil dan akan di distribusikan ke kabin menggunakan blower dengan cara dialirkan keseluruh ruangan di dalam kabin mobil. Udara yang telah dialirkan, udara yang dialirkan lalu akan dihisap kembali oleh kompresor dan diproses kembali seperti saat pertama dan disirkulasi secara terus menerus.

KOMPONEN-KOMPONEN AC MOBIL

Komponen Mekanikal AC Mobil

Komponen mekanikal meliputi seluruh bagian pada AC mobil yang ada didalam sistem AC mobil. Yaitu meliputi kompressor, kondensor, evaporator, Receiver dryer, Exspansi Valve, Heater, High Low Pressure Switch dan blower AC. Simak penjelasan tentang komponen mekanikal dari AC mobil berikut ini.

  • Kompresor

Kompresor AC mobil mempunyai fungsi untuk menggerakan udara pendingin yang biasa disebut dengan Refrigerant atau Freon untuk bekerja melakukan sirkulasi di dalam sistem AC. Ada pun fungsi kompresor yang lain yaitu untuk memberikan tekanan sesuai dengan kebutuhan AC. Kompresor AC mobil akan menghisap gas refrigerant yang berasal dari evaporator bertekanan dan bersuhu rendah lalu memampat gas tersebut menjadi bentuk cair  yang bertekanan dan bersuhu tinggi. Komponen ini biasanya akan bergerak karena kerja dari mesin mobil. Penghubung putaran ke mesin akan membantu untuk menghidupkan dan mematikan kompresor sesuai kebutuhan mesin ini berupa kopling magnet. Pada saat AC menyala maka kopling magnet ini akan menghubungkan putaran mesin ke arah kompresor AC. Dan pada saat AC tidak menyala maka putaran yang terjadi pada mesin akan berhenti dan tidak terhubung ke bagian kompresor.

  • Kondensor

Kondensor merupakan seuatu alat yang berfungsi pertukaran panas udara, kondensor akan mengubah bentuk refrigerant dari gas menjadi berbentuk cair, dan akan bekerja menurunkan suhu pada refrigerant AC. Udara sebagai media yang dipakai oleh kondensor sebagai dan akan dilakukan pendinginan. Jumlah udara panas pada refrigerant akan dilepaskan ke udara lepas dengan dibantu oleh kipas motor di dalam AC mobil. Pipa pada kondensor berbentuk berliku-liku dan dilengkapi oleh sirip bertujuan agar pelepasan panas lebih cepat.

  • Evapator

Komponen ini mempunyai tugas untuk mengeluarkan udara dingin keseluruh ruang kabin mobil. Evaporator akan berkerja  menyerap udara panas dan selanjutnya akan  dikeluarkan dalam bentuk udara dingin dan sejuk. Hal ini  berkebalikan dengan fungsi kondensor yang memproses peenyerapa udara dingin dan mengeluarkannya dalam bentuk udara panas.

  • Receiver dryer

Cara kerja komponen ini yaitu pada saat refrigerant cair yang berasal dari kondensor masuk ke dalam inlet receiver drier dan akan melewati desiscant untuk melakukan penyaringan jiak ada kotoran yang ikut terbawa. Pada beberapa istem ac  tidak memerlukan komponen receiver dryer karena proses pada proses pendingin yang baik akan terjadi di kondensor sehingga proses proses kondensasi di kondensor akan lebih baik lagi.

Komponen ini posisinya ada di antara kondensor dan expansi valve pada AC mobil. Freon yang ada di dalam akan mengalir dari arah kompresor menuju ke kondensor  AC dan kemudian akan melewati receiver dryer. Setelah itu masuk ke dalam expansi valve AC. Fungsi dari receiver dryer yaitu digunakan sebagai penampungan Freon untuk sementara, penyaring kotoran dan juga yang masuk lalu terbawa ketika AC mobil menyala, untuk menyerap kandungan air yang terbawa di refrigerant.

  1. Untuk tempat penampungan Freon sementara pada saat Freon masih berwujud cair.
  2. Kotoran dan debu yang ikut tersirkulasi di dalam sistem AC akan masuk pada saat AC mobil ketika dinyalakan. Kotoran dan debu yang masuk akan ikut tersirkulasi dan akan melewati bagian expansi valve. Apabila kotoran dan debu ikut tersirkulasi Anda abaikan begitu saja maka akan menyebabkan masalah yang terjadi pada kerjan Freon di dalam sistem AC mobil.
  3. Sebagai penyerap kandungan air yang terdapat pada Freon, Freon biasanya akan banyak mengalami masalah sewaktu melewati expansi valve ini. Di bagian expansi valve akan terjadi penurunan temperature menjadikan Freon memiliki uap dan kemudian akan terjadi pembekuan.
  • Expansi valve

Expansi valve adalah tempat berbentuk saluran kecil untuk pengaliran refrigerant cair yang memiliki tekanan tinggi yang berasal dari receiver dryer menuju ke bagian evaporator. Kemudian Refrigerant cair akan memiliki tinggi pada saat refrigerant melewati saluran expansi valve kemudian terjadi pengabutan di dalam.

Sistem kelistrikan di dalam AC mobil meliputi sensor tekanan Freon, sendor temperature, magnetic clutch, fan belt, mesin blower, sensor blower temperature, input sistem AC, HVAC modul control.

  • Refrigerant

Refrigerant adalah sebuah sistem yang digunakan untuk meengatur suhu udara, kelembaban udara, dan juga digunakan pada proses sirkulasi udara, untuk penyaringan udara agar udara yang dikeluarkan mejadi lebih bersih dan sejuk. Refrigerant di dalam AC mempunyai cara kerja sebagai berikut :

  • Refrigerant didalam sistem AC akan melalu proses kompresi hingga tekanan dan juga temperaturnya bisa naik dan berubah wujud menjadi gas.
  • Lalu refrigerant akan di distribusikan menuju ke kondensor AC yang fungsinya untuk menyerap panas refrigerant dan refrigerant berubah menjadi cair dan bertekanan dan bertemperatur tinggi.
  • Refrigerant kemudian akan menuju ke receiver dryer dan kotoran yang ikut terhisap akan disaring dan air akan yang ikut terbawa oleh refrigerant agar tidak tersirkulasi di dalam sistem AC.
  • Refrigerat akan dialirkan menuju ke expansi valve.
  • Tarjadi proses pengkabutan.
  • Proses penurunan temperature dan tekanan pada refrigerant kemudia akan didistribusikan menuju ke bagian evapator dan udara berbubah menjadi lebih didingin.

SERVICE BERDASARKAN JENISNYA

Perlu  diketahui jika service AC mobil terbagi ke dalam 2 bagian berdasarkan pengerjaannya diantaranya ada tipe basic service dan tipe advance service,

  • Basic service

Service ini akan dilakukan pada saat mobil Anda telah mencapai jarak 10.000 Km hingga jarak 20.000 Km. Jika pengguna mobil berada dan sering melewati jalan di daerah kota biasanya tingkat folusi akan lebih tinggi maka jika mobil sudah menempuh jarak 10.000 km Anda harus langsung melakukan perawatan karena jika mobil sering melewati daerah perkotaan maka AC mobil akan bekerja lebih berat dari pada biasanya, dalam service basic biasanya ini mekanis bengkel akan membersihkan kotoran dan debu yang sudah menumpuk kemudai aka nada sparepart yang diganti jika dibutuhkan

  • Advance service

Adapun service tipe kedua ini akan dilakukan jika mobil sudah menempuh jarak 20.000 Km. Komponen yang harus diservice juga lebih banyak dari pada basic service hal ini dikarenakan interval waktu yang lebih lama dari pada service tipe pertama. Lakukan service  pada komponen seperti kompresor, Evaporator, dan juga kondensor AC. Lakukan penggantianpada komponen AC sekali pakai. Proses pengerjaan advance service ini biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama.

SERVICE BERDASARKAN KERUSAKAAN KOMPONEN AC

  • AC Mobil Tidak Dingin

Fungsi AC pada mobil adalah untuk menyalurkan udara dingin yang kemudian akan membuat kabinmobil terasa lebih sejuk. Kerusakan AC mobil yang sering dialami oleh para penggunanya yaitu AC menjadi tidakapa bila hal ini terjadi biasanya karena Freon di dalam AC mobil yang lebih cepat habis karena terjadinya kebocoran Freon.

  • Fan Belt Terputus

Bagian fan belt ini merupakan komponen sejenis karet, berfungsi untuk penghubung kerja putaran pada mesin kompresor, jika fan belt terputus maka kompresor tidak berputar secara baik hingga berhentinya putaran di dalam kompresor AC.

  • Kondensor dan Radiator Bermasalah,

Kondensor merupakan suatu komponen pada AC mobil yang berfungsi untuk pembuangan udara panas dari Freon. Jika terjadi penyumbatan yang terjadi akibat kondensor yang kotor maka akan menghambat performa pada kondensor AC mobil. Perlu Anda ketahui bahwa kondensor ini terletak di bagian depan mobil sehingga dapat menyebabkan debu dan kotoran sangat mudah masuk, kondisi kondensor yang kotor dan penuh dengan debu tentu saja akan mengganggu sirkulasi udara yang masuk ke dlaam kabin mobil. Untuk mencegah hal ini terjadi maka Anda harus membersihkan bagian kondensor secara rutin tapi apabila Anda kurang mnegerti tenang komponen mobil, Anda bisa membawanya ke bengkel AC mobil.

  • AC Mobil Mengeluarkan Bau

Hal ini juga sering sekali tejadi pada AC mobil yang akan membuat Anda menjadi tidak nyaman. Bau yang ditimbulkan oleh AC mobil ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Anda harus membawanya ke bengkel AC untuk dilkaukan pengecekan lebih lanjut dan pembersihan pada komponen AC.

  • AC Mobil Mati Total,

Penyebab dari matinya AC mobil ada banyak, sebagai berikut: bagian sekring AC yang terputus, relay yang terputus, bagian fan belt putus, fan blower tidak bekerja dan kompresor AC tidak menyala. Sekring pada AC yang putus biasanya karena terjadinya korslet dibagian kelistrikan, atau komponen yang sudah harus diganti. Relay listrik berfungsi sebagai penyedia aliran listrik agar AC mobil bisa bekerja, jika terjadi masalah pada bagian ini maka komponen kelistrikan AC tidak akan bisa bekerja.

Cegah Corona dengan Bengkel Service AC Mobil Terdekat di Jakarta 2

Bengkel Service  AC Mobil Terdekat di Jakarta

Seperti yang sudah diketahui bahwa bengkel service AC mobil terdekat atau tempat service AC mobil terdekat di Jakarta sudah sangat banyak apalagi mengingat Jakarta adalah ibu kota pastinya banyak penduduk yang sudah menggunakan mobil sebagai kendaraan pribadi. Berikut ini adalah bengkel service AC mobil terdekat atau tempat service AC mobil terdekat di Jakarta :v

AlamatKontak
Tanah Kusir
Jl.RC Veteran No.1a, bintaro raya.
tanah kusir, Jak-Sel. 12330
(021)7388 0022 (021)734 2209
Jl.Ciledug Raya No.7a-7b, Petukangan utara, kebayoran lama. Jak Sel
12260.
(021)7388 9500
Jl.Kedoya Raya no.20, Kedoya selatan, kb.Jeruk. Jakarta Barat (samping pom bensin pertamina)(021)2258 4369
Jl. Balap Sepeda No.46A, RT.6/RW.6
Rawamangun, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220
(021) 22471472
Jl. Kembang kerep raya No.6
RT.2/RW.2, Meruya Utara Kembangan
Jakarta Barat – 11620
(Belakang Lippo Mall Puri)
0878 3344 5551 (WA)
Jl. H. R. Rasuna Said No.51, RT.2/RW.2, Kuningan Barat
Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
0878-3344-5550

AC mobil mu sudah dingin, nyaman, dan sehat?Booking Service
Yakin sudah bebas dari bakteri / virus?

Sudah ke bengkel service AC mobil terdekat?
Sudah atau belum tahu, silahkan klik disini untuk kita bantu.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?