Bengkel Tangerang: Service Kompresor AC Mobil Denso vs Sanden


Share :

Hai #SahabatRotary pelanggan Bengkel Tangerang.

Semoga kita semua sehat selalu!

#SahabatRotary pemilik mobil, apakah sempat menemukan masalah pada AC mobil Anda? AC yang kurang dingin, menimbulkan suara berisik, bahkan sampai AC tersebut tidak dingin lagi. Pernahkah? Jika pernah, sudahkah #SahabatRotary mengetahui penyebab AC mobil tersebut bermasalah?

Seperti kita ketahui, bengkel khusus untuk AC mobil sekarang sudah menjamur. Bukan tanpa alasan, mekanik yang menanganinya memang lebih mengerti dan memahami berbagai komponen di dalam AC mobil. Apalagi jika ada kerusakan di dalamnya yang harus segera diperbaiki. Jika kita pengguna mobil dengan fasilitas AC di dalamnya, tentu sudah tidak asing mendengar apa itu kompresor. Menurut #SahabatRotary, apa sih kompresor itu? Dan apa pula fungsinya? Simak Pemaparan berikut ini.

Apa Itu Kompresor AC mobil?

Kompresor AC mobil berfungsi untuk menghisap freon pada tekanan rendah dan mendistribusikannya ke kondensor dalam tekanan dan suhu tinggi. Secara garis besar fungsinya yakni mengkompres suhu dan tekanan refrigerant yang akan disalurkan ke kondensor.

Kenapa perlu ke bengkel khusus AC mobil seperti bengkel AC Denso? Salah satu alasannya untuk perawatan spare part AC mobil yang satu ini. Salah satu perawatanya adalah penggantian oli kompresor AC mobil.

Penggantian oli kompresor AC mobil yang tak bisa sembarangan. Ada beberapa jenis oli AC mobil yang bisa kita pilih sesuai dengan jenis mobil atau komponen AC di dalamnya. Jika #SahabatRotary pelanggan Bengkel Tangerang tak mengetahuinya dengan pasti, jangan ragu untuk membawa mobil pada bengkel khusus AC mobil yang juga memberi kemudahan jual oli kompresor AC mobil.

Oli kompresor yang dibutuhkan AC mobil sebagai pelumas pada sistem di dalamnya. Untuk mendapatkan informasi seputar oli kompresor AC mobil Anda bisa menemukan bengkel khusus AC mobil yang juga menjual oli kompresor AC mobil lengkap dengan layanan servicenya. Mengingat jika #SahabatRotary pelanggan Bengkel Tangerang ingin mengatasinya sendiri dengan keahlian yang tak begitu mahir, dikhawatirkan bisa mengganggu komponen lainnya.

Apa Sajakah Bagian-Bagian Penting Kompresor AC Mobil?

Kompresor AC mobil memiliki beberapa bagian,diantaranya adalah :

  • Tutup Depan Kompresor

Berfungsi melindungi bagian dalam kompresor dan menahan tekanan refrigerant yang berada didalam ruang kompresi.

  • Body Kompresor
  • Piston Kompresor

Piston kompresor berfungsi membuat tekanan dan suhu tinggi pada refrifreant yang selanjutnya akan di distribusikan ke arah kondensor.

  • Tutup Belakang Kompresor

Berfungsi melindungi bagian dalam kompresor dan menahan tekanan refrigerant yang berada didalam ruang kompresi.

  • Valve Out

Valve out berfungsi untuk mengeluarkan refrigerant yang di proses didalam ruang kompresi. Benda ini mampu menahan suhu dan tekanan tinggi sebab telah disambungkan menggunakan dengan kondensor.

  • Valve In

Valve in verfungsi kebalikan dari valve out. Yakni menyerap refrigerant yang  akan di proses didalam ruang kompresi. Valve out ini disambungkan dengan evaporator menggunakan pipa yang digunakan untuk mendistribusikan refrigerant bertekanan dan bersuhu rendah.

  • Trust Bearing / Laker Bambu
  • Kruk As
  • Ruang Kompresor
Baca Juga :  Daftar Harga Jual Kompresor AC Mobil

Ruang kompresor berfungsi menjadi tempat pemprosesan tekanan dan suhu tinggi,yang selanjutnya akan di salurkan ke kondensor.

  • Magnet Kompresor
  • Pully

Pully ini berfungsi untuk menggerakkan motor kompresor. Pully disambungkan dengan menggunakan venbelt yang disambungkan juga ke bagian alternator.

  • Clucth Kopling

Cara Kerja Kompresor AC Mobil

Kompresor AC mobil bekerja mengikuti sistem pergerakan mesin mobil. Tahukah Anda bagaimana AC mobil bekerja? Betul sekali! Dengan menyedot refrigerant yang disalurkan melalui pipa low dari evaporator lalu menekan gas refrigerant menuju kondensor AC mobil melalui pipa high pressure, begitulah cara AC mobil bekerja.

Fungsi Compressor layaknya fungsi jantung pada tubuh manusia dan refrigerant sebagai darahnya. Kompresor memiliki dua saluran, yaitu saluran hisap atau yang disebut suction dan saluran buang  atau yang disebut discharge. Saluran hisap atau suction ini dihubungkan dengan evaporator dan merupakan sisi bertekanan rendah, sedangkan pada saluran buang dihubungkan dengan kondensor dan merupakan sisi bertekanan dan bersuhu tinggi.

Refrigerant dalam fase gas pada tekanan dan temperature rendah dihisap oleh compressor menggunakan saluran hisap kemudian dimampatkan menjadikan tekanan dan temperaturnya semakin naik yang selanjutnya di alirkan ke condensor melalui saluran buang. Jika kompresor sudah lemah maka performa AC mobil akan menurun, dan hal tersebut dapat dilihat dari alat bantu pengukur tekanan pada AC (manometer). Compresor yang saat ini tersebar di pasaran umumnya terdapat 2 merk ternama yakni Denso (ND), dan Sanden (SD).

Kondensor merupakan bagian dari sistem sirkulasi AC mobil setelah kompressor. Bagian ini difungsikan untuk mendinginkan freon yang dialirkan ke dalam evaporator. Prinsip kerja condensor ini adalah dengan menghisap dingin lalu mengeluarkan panas, maka bagian condensor ini jika disentuh dengan tangan akan terasa panas.Pada bagian condensor ini freon yang tadinya berbentuk uap dan ditekan oleh compresor akan diubah menjadi cair. ini disebabkan karena freon mengalami proses pendinginan atau kondensasi.

Jenis Jenis Kompresor AC Mobil

Kompresor AC mobil ada 2 tipe, yakni jenis rotary dan jenis piston. Dilihat dari ukurannya, kompresor untuk jenis rotary berukuran lebih kecil meskipun memiliki PK yang sama. Selain itu kompresor rotary bekerja dengan cara: sebuah rotor berputar di dalam stator dengan memanfaatkan kompresi dan juga menekan gas yang berasal dari ruang chamber. Kemudian dari ruang chamber diarahkan menuju ke saluran tekan yang berdiameter kecil untuk menurunkan volume gas.

Sedangkan kompresor piston bekerja layaknya sebuah sistem mesin kendaraan. Cara kerjanya, saat piston bergerak ke bawah, ruangan di atas piston volume membesar menjadikan tekanan turun kemudian katup pemasukan bergerak membuka. Refrigerant terhisap masuk ke poros engkol yang berputar yang akan menggerakkan piston untuk bergerak ke atas. Tekanan di atas piston naik lalu menyebabkan katup pengeluaran membuka sehingga refrigerant terdorong keluar menuju ke kondensor.

Selalu rawat kompresor AC mobil Anda untuk menjaga performa AC mobil . Rekomendasi bengkel Ac mobil yang menyediakan kompresor berkualitas dengan harga bersaing, Anda dapat menghubungi bengkel spesialist Ac mobil Rotary Bintaro

Jenis Oli AC Mobil untuk Kendaraan Anda

Seperti yang kita tahu bahwa tugas utama kompresor AC mobil adalah untuk mengkompresi AC suhu dan tekanan refrigrant atau freon yang akan disalurkan ke kondensor AC. Ada dua mereka kompresor AC mobil yang banyak dikenal di pasaran. Yang dikenal adalah Denso atau ND dan Sanden atau SD. Tidak hanya mesin mobil yang membutuhkan oli, kompresor AC mobil juga membutuhkan oli. Seperti yang Anda tahu bahwa oli kompresor memang dibutuhkan untuk menjaga AC mobil tetap berfungsi sempurna.

Baca Juga :  AC Mobil Tidak Dingin? Flushing Machine Solusinya

Oli kompresor yang biasa digunakan adalah ND 8 yang merupakan oli khusus untuk R134a atau HFC 134 A. Kalau dulu freonnya R12 menggunakan oli ND 6 atau ND 7 yang mana bahannya masih dari mineral. Sementara untuk sekarang, oli kompresor R134a yang menggunakan oli ND 8 adalah base oli sintetik. Oli kompresor AC mobil memang wajib untuk diganti setiap 35 ribu kilometer yang harganya berada di kisaran Rp. 300 ribu hingga Rp. 500 ribu per liternya.

Informasi seputar oli kompresor AC mobil memang bisa Anda ketahui di bengkel AC mobil Denso maupun bengkel AC mobil biasa. Terutama mereka yang jual oli kompresor AC mobil. Mengingat oli kompresor ini dibutuhkan agar kendaraan kita bisa nyaman digunakan karena adanya AC yang berfungsi sempurna. Perawatan dengan menggunakan oli kompresor yang benar bisa menjaga usia dari kompresor AC mobil. Sebab, jika kompresor mobil rusak harganya tentu tidak murah. Jika komponen ini rusak juga tidak ada cara lain selain menggantinya.

Bagaimana cara mencegah komponen AC mobil agar tidak rusak?

Pastikan untuk tidak melewatkan service AC mobil agar bisa mengetahui apakah ada kerusakan pada AC mobil. Melihat jenis oli AC mobil ini akan membantu Anda untuk mengenal apa saja seputar oli kompresor AC mobil. Sebab oli kompresor memang sangat dibutuhkan untuk menunjang kinerja AC mobil agar stabil. Jenis oli AC mobil berbeda sesuai dengan spesifikasi mobil Anda. Perhatikan dengan baik apa jenis oli kompresor untuk AC mobil Anda.

#SahabatRotary pelanggan Bengkel Tangerang bisa mendatangi bengkel khusus AC mobil yang jual segala jenis oli kompresor AC mobil. Juga, kita bisa menanyakan berbagai hal seputar oli kompresor AC mobil. agar terhindar dari masalah AC mobil yang serius dan membutuhkan banyak biaya nantinya, Anda bisa melakukan service rutin di bengkel khusus AC mobil. Mengingat jenis oli AC mobil berbeda-beda, oli kompresor juga dibutuhkan untuk membuatnya tetap bekerja maksimal. Service rutin di bengkel khusus AC mobil Anda atau percayakan di Rotary Bintaro.

Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Berkala

Fitur penyejuk kabin atau air conditioning (AC) menjadi salah satu fitur terpenting untuk memberikan kenyamanan berkendara. Untuk itu penting menjaga dan merawat komponen yang satu ini secara berkala, agar lebih awet dan dapat bekerja secara normal. Masih banyak pemilik yang mengabaikan perawatan sistem pendingin mobilnya secara rutin. Dengan anggapan selama tidak bermasalah, AC mobil tidak perlu diservis.

Rusaknya AC mobil bisa disebabkan beberapa hal, salah satunya kompresor AC rusak. Sebagai jantung sistem pendingin, tugas kompresor adalah menekan gas freon ke seluruh sistem sehingga kompresor dapat membuang panas dan kelembaban dari udara di dalam kabin.

Lalu, Apa Dampak Jika Tidak Rutin Ganti Oli serta Perawatan AC Mobil?

Kompresor bekerja menggunakan oli yang berfungsi sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan dan mencegah kompresor cepat panas. Jadi seperti oli mesin, oli kompresor juga perlu diganti secara rutin setiap 20.000 km atau minimal setahun sekali. Mobil yang perawatan AC-nya sangat minim akan menyebabkan kompresor rusak dan mengeluarkan bunyi berisik, akibat piston yang aus karena oli dalam kompresor sudah kehilangan daya lumas.

Baca Juga :  Tahu Ga? 3 Mobil Paling Murah Milik Artis Indonesia

Dalam melakukan servis, bengkel spesialis AC mobil Rotary Bintaro dilengkapi alat canggih bernama Flushing Machine dan Cooling Machine yang mempercepat waktu servis. Flushing Machine, kata Kelvin, adalah mesin yang mampu menguras dan membersihkan saluran sistem AC dari kotoran dan juga sisa-sisa oli. Serta mampu memperbaiki kompresor yang terhambat fungsinya.

Dengan adanya prosedur  flushing machine yang tepat akan mengatasi semua partikel kecil penyebab kompressor terkontaminasi. Anda tidak perlu khawatir lagi. Karena, flushing machine yang digunakan sudah teruji kualitas dan kinerja nya. Juga, service mobil Anda akan memuaskan sebab tidak perlu menungguu dalam waktu yang lama. Yang paling penting, tidak perlu lagi bongkar pasang dashboard!

Lebih simpel, bukan?

Disamping kemudahannya, menggunakan flushing machine dalam perawatan AC mobil juga memberikan banyak manfaat, loh. Salah satunya, terasa lebih efektif dan efisien untuk menguras dan mengganti freon, AC mobil menjadi lebih cepat dingin, serta mengeluarkan udara yang segar.

Flushing machine juga dilengkapi teknologi komputerisasi serta menjauhkan AC dari kerusakan komponen lain.

Sedangkan Cooling Machine berfungsi untuk membersihkan evaporator, yang dilengkapi dengan alat ozonisasi untuk membunuh bakteri dan juga serangga yang bersarang di saluran AC. Jika menggunakan alat ini kita tidak perlu bongkar dashboard, dan mampu melakukan pembilasan pembersihan dengan menggunakan kapasitas air 10-20 liter menggunakan tekanan air yang cukup tinggi.

Dengan mesin ini Anda dapat lebih mengehemat waktu.

Cara kerjanya pun tergolong simpel. Sangat pas apabila dipadukan dengan flushing machine. Mesin yang berkeja secara otomatis pada setiap mobil hanya dapat menggunakan satupembersih khusus yang memiliki barcode. Kombinasi dan inovasi canggih ini membantu Anda dalam merawat AC mobil supaya tetap memiliki performa yang prima.

Tidak sedikit masalah yang bisa dialami oleh setiap komponen AC mobil. Begitu juga dengan kompresor yang bisa saja bermasalah sehingga memberikan dampak tertentu pada AC mobil. Jika sudah begini maka kinerja AC mobil menjadi berkurang.

Salah satu masalah yang sering terjadi apabila tidak melakukan service rutin adalah AC mobil menjadi kurang dingin. Namun jika kerusakan yang dialami oleh kompresor sudah parah maka dampak akan sangat terasa yaitu AC mobil sama sekali tidak akan terasa dingin.

Selain itu, kompresor bermasalah juga bisa membuat AC mobil kadang panas kadang dingin. Dampak yang paling mengganggu dari kerusakan kompresor adalah adanya bunyi berisik ketika AC mobil menyala. Keadaan ini kadang juga terjadi meskipun AC terasa tetap dingin.

AC mobil mu sudah dingin, nyaman, dan sehat? Bengkel Tangerang
Yakin sudah bebas dari bakteri / virus?
Sudah atau belum tahu, silahkan klik disini untuk kita bantu.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Temukan informasi lebih lanjut mengenai Bengkel Tangerang dan tips perawatan mobil lainnya di sini.

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?