rotarybintaro.co.id

rotarybintaro.co.id

Biaya Tambah Freon AC Mobil : Murah Banget

Artikel ini akan membahas tentang Biaya tambah freon AC Mobil. Saat ini mobil yang sudah berusia lebih dari 5 tahun penggunaannya kerap kali merasakan gejala AC mobil yang mengalami penurunan produktifitas kinerja ACnya. Hal tersebut adalah suatu hal yang normal dan memang membutuhkan penanganan khusus.

AC mobil yang panas membuat penumpang didalamnya pasti merasa tidak nyaman. Mobil yang di desain tertutup membutuhkan AC sebagai alat sirkulasi udara yang dingin.  Mobil yang melindungi kita dari panas dan hujan ini tidak akan nyaman dikendarai jika AC nya bermasalah. 

Manusia yang notabennya bernafas dengan membutuhkan oksigen serta membutuhksn kelancaran pertukaran udara yang baik membutuhkan AC sebagai agar proses bernafas didalam mobil lebih nyaman. AC mobil yang mati akan sangat berbahaya bagi keselamatan penumpangnya. 

Berkurangnya freon sering di asumsikan sebagai penyebab AC Mobil mulai terasa panas atau sudah tidak berfungsi lagi. Namun, apakah hal tersebut merupakan penyebab sebenarnya ? 

Apa itu freon AC mobil ?

Freon AC mobil adalah komponen penting yang bermanfaat untuk membantu kinerja AC mendinginkan ruangan. Secara keseluruhan, tidak ada perbedaan prinsip dari AC. Baik itu AC ruangan ataupun AC pada kendaraan, semua memiliki freon di dalamnya. 

 

Freon juga di sebut dengan istilah refrigeran. Freon pada AC Mobil ini yang akan melakukan sirkulasi perputaran udara sehingga penumpang didalamnya akan merasakan kesejukan didalam mobil. 

Jika mendengar kata freon apakah kamu dapat mengimajinasikan bagaimana bentuknya? Padat, cair, atau gas ya? Ternyata wujud asli freon itu adalah berupa gas yang memiliki sifat tidak berbau. 

Dari bentuk freon yang gas, kita bisa membayangkan bahwa freon tidak akan pernah berkurang. Banyak sekali yang beranggapan bahwa freon bisa berkurang sehingga perlu untuk menambahkan freon. 

Freon ini tidak akan berkurang jika komponen pada AC tidak ada yang bermasalah. Maka jika anda mengalami AC yang sudah mengalami penurunan fungsi sebagai pendingin, segeralah bawa ke bengkel AC terdekat. 

Salah satu bengkel professional yang dapat membantu kamu dalam menangani masalah AC adalah Rotary Bintaro yang saat ini telah memiliki 9 cabang di berbagai kota. Tempat ini akan membantu kamu menangani masalah AC di Mobil kamu. Layanannya cukup beragam dan tentunya kamu akan mendapat hasil yang maksimal. 

 

Harga isi freon AC Mobil 

Meskipun demikian jika kamu memang sudah mantap ingin isi freon saja. Bengkel juga akan melayaninya. Kamu tinggal menyiapkan uang sebesar 100.000-400.000 rupiah. Perbedaan harga ini didasari karena perbedaan modelnya. Jika AC mobil model single blower harga kisaran freon mobilnya sekitar Rp 150.000-an. Jika AC mobil model double blower kamu perlu menyiapkan uang minimal RP250.000-an. Sedangakn rata – rata orang yang pernah menambah Freon menghabiskan sekitar RP 300.000. 

Perbedaan tempat membeli atau mengisi freon, kenyamanan pembeli, dan juga jasa bengkel juga akan mempengaruhi harga isi freon 

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Seperti yang telah dijelaskan diatas, AC yang tidak dingin bisa saja disebabkan oleh freon. Namun, tidak menutup kemungkinan banyak hal-hal lainnya yang menyebabkan AC tidak dingin. Berikut adalah 10 kemunkinan yang terjadi saat AC mobilmu sudah terasa tidak dingin lagi. 

  1. Freon Habis atau Kurang 

Hal ini adalah penyebab yang paling sering terjadi Freon yang habis ataupun berkurang biasanya terjadi karenaa adanya kebocoran freon. Kebocoran ini dapat terjadi di berbagai saluran, sehingga kita harus mengecek dibagian mana terjadi kebocoran. Bisa saja kebocoran terjadi pada sambungan pipa, saft, ataupun pada relief valve pada kompresor. 

Sebenarnya bagaimana sih cara mengetahui bahwa freon dari AC mobil kia habis ataupun tinggal sedikit? Ternyata ita bisa loh lebih peka untuk mengetahui freon mobil habis ataupun berkurang. Kamu saat menghidupkan AC mobil dan sedang duduk ternyata tidak merasakan hawa dingin yng keluar, kamu hanya merasakan aingin berhembus tanpa adanya rasa dingin, kamu juga bisa mengetahui freon habis dengan melihat kompresor AC yang tidak bekerja saat AC on, lalu tidak adanya freon di sight glass, dan tidak ada embun pada selang low pressure AC. 

Berkurangnya freon akibat adanya kebocoran dapat kamu lihat dengan mengambil air sabun. Ini merupakan cara tradisional yang ampuh dan murah untuk melihat apakah ada kebocoran atau tidak. Caranya yaitu dengan kondisi mesin mobil nyala dan AC yang ON, silahkan kamu oleska air sabun secara merata pada tiap saluran AC. Jikalau ada kebocoran pasti akan muncul gelembung-gelembung. 

Adapun cara yang lain yang lebih modern yaitu dengan menggunakan leak detector, alat ini meggunakan cairan yang berbentuk seperti tinta khusus dan dimasukkan kedalam salran AC. Setelah itu kamu dapat menyalakan AC selama beberapa menit. Kamu juga pelu menyiapkan senter ultrasonic untuk menyoroti saluran AC. Cairan tinta yang dimasukkan akan menunjukkan dimana lokasi kebocoran. 

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan tanpa menggunakan alat apapun adalah dengan cara memperlihatkan setia centi selang AC. Kalau ada rembesan, bsia jadi tu adalah bekas kebocoran dari freon. Namun cara ini tidak bisa dilakukan sembarangan.Kebocoran akan terdeteksi jikalau freon baru mengalami kebocoran. Jika sudah lama terjadi kebocoran biasanya bekas dari rembesan freon tadi akan mengering sehingga kita perlu melakukan pengeekan menggunakan cara pertama ataupun cara yag kedua. 

  • Fanbelt/Drivebelt Putus 

Apakah kamu tahu apa itu Fanbel? Fanbel adalah saluran yang berfungsi sebagai penyalur putaran mesin yang ditujuan kepada kompresor. Alat ini sangat penting karena jika fanbel putus, akan menghanmbat kinerja dari kompresor. Kompresor tidak akan dapat bekerja maksimal karena tidak mendapat aliran putaran mesin. Jika kompresor tidak bekerja, maka freon tidak akan mengalami sirkulasi dan menyebabkan kabin mobil terasa panas. Wah cukup menyusahkan ya kalau sampai fanbel ini terputus. 

Ternyata mobil keluran terbaru banyak loh yag sudah tidak menggunakan fanbel untuk menggerakkan kipas radiator. Saat ini banyak yang telah menggunkan kipas listrik sehingga akan otomatis menyala dengan sendirinya. 

Jika mobilmu masih menggunakan Fan belt, kamu perlu mengantinya secara rutin loh teman. Utamanya ketika fanbeltmu sudah menunjukkan gejala-gejala kerusakan seperti munculnya bunyi decitan cit-cit. Sebelum rusak, biasanya fan Belt yang kondisi permukaannya sudah mulai retak juga harus segera diganti. Bila tidak segera digani dikhawatirkan akan putus dijalan. Ketika putus dijalan, tentunya AC mobilmu tidak akan sejuk lagi. 

  • Kondensor Kotor 

Kondensor adalah salah satu komponen pada AC mobil yang memiliki fungsi mengubah uap dari gas freon menjadi berbentuk cair. Kondensor akan mengubah freon melalui proses yang dinamakan kondensasi. Kondensasi juga berfungsi membuang suhu panas yang telah dilepaskan oleh kompresor. 

Sudah terbayang? Mobil akan terasa kurang nyaman karena AC mobil tidak dingin bisa terjadi karena kondensor kotor. Masalah yang biasanya terjadi jika berkaitan dengan kondensor adalah kotor ataupun berkarat. Hal ini akan mengganggu kinerja dari kondensor membuang panas dari gas bertekanan tinggi yang dilepas oleh kompresor. Bisa jadi, karena hal ini AC mobil hanya akan mengeluarkan angin biasa tanpa membawa hawa dingin. 

Tidak ingin hal itu terjadi? Kamu sebagai pemilik motor harus rutin membersihkan kotoran yang menumpuk agar tidak menimbulkan penyumbatan dan masalah lainnya. 

  • Motor Extrafan Mati 

Extrafan adalah salah satu komponen yang dimiliki oleh AC mobil. Extrafan ini merupakan kipas tambahan yang digerakkan dari tenaga accu mobil. Fungsi dari extra fan sendiri adalah membantu saat terjadinya kondensasi pada konsensor. Selain itu extra fab jua berfungsi untuk mendinginkan kabin. Selama extra fan dihidupkan ia akan meningkatkan suhu udara yang dihembuskan didalam kabin. Apablika extrafan tidak berjalan dengan baik, mati, atau berputar dengan lemah akan berakibat pada AC mobil yang tidak dingin 

Jika ingin mengecek kondisi dari extrafan, kamu tinggal melihatnya di depan kondensor. Apakah ia berputar atau tidak saat mobil dinyalakan. Bisa juga dilihat dari cara lain yaitu dengan menggunakan sensor. Apabila ekstra fan mati, maka sensor akan memberikan sinyal. 

Lalu apa sih peyebab ekstrafan mati? Ada dua hal yang dapat mendasari mengapa ekstra fan dapat tidak berfungsi seperti extra fan terlalu banyak berdebu atau jarak radiator dengan konndensor terlalu dekat. 

Wah setelah tahu bahwa kematian extra fan dapat menghambat kinerja dari AC mobil, kamu perlu nih untuk merawat extra fan lebih rutin. Beberapa cara yang harus kamu lakukan diantaranya adalah dnegan merawat air radiator, kamu juga perlu untuk menabah air radiator secara rutin, lalu lakukanlah pengecekan suhu atau temperature, gunakanlah AC seperlunya, jangan matikan ac dalam waktu yag cukup lama, dan menggunakan motor cooling fan. 

Itulah beberapa tips menjaga extra fan supatya tidak cepat rusak ataupun mati.  

  • Magnetic Clutch Rusak 

 Magnetic clutch atau bisa disebut dengan kopling magnet merupakan katrol yang bertugas untuk berputar secara terus menerus mengikuti mesin. Magnetic Clutch ini memiliki beberapa bagian yaitu clutch, pulley, dan spull magnet. 

Fungsi dari magnetic clutch adalah untuk menghubungkan kompresor dengan putarab nesin. Selain itu, fungsi dari alat ini yang lainnya adalah memutus hubungan perputaran mesin. Intinya magnetic clutch akan memastikan bahwa waktu untuk kompresor bekerja sudah tepat meskipun pulley tetap berputar kontan pada mesin. Ketika kompresor berhasil bekerja maka tekanan pada freon otomatis akan meningkat. Ketika meningkat sampai yang paling tinggi, magnetic akan menghentikan tekanan freon. 

Kerusakan pada magnetic cluch AC bisa di sebabkan oleh banyak hal seperti kualitas yang kurang baik. Umur spare part yang melebihi 5 tahun, dan cara pengoprasian yang tidak tepat.

  • Kompresor Aus 

Kompresor AC mobil merupakan komponen yang penting untuk membantu menyejukkan mobil. Bagaimana tidak, komponen ini memiliki fungsi sebagai alat pembantu proses sirkulasi freon ke seluruh system AC mobil. Komponen ini akan menaikkan tekanan dari freon. 

Kompresor AC mobil dapat rusak menjadi AUs. Komponen ini biasanya rusak karena putusnya sekring, oli kompresor yang habis, komponen seal bocor, pulley dan pressure plate yang telah mengalami kerusakan, fan atau kipas AC mati atau melemah, jumlah gas freon yang terlaalu sedikit, jumlah gas freon yang terlalu banyak, terjadi kebuntuan, dan juga factor usia pemakaian. 

Semua ini yang akan mengganggu kinerja AC mendinginkan ruang mobil. Kamu bisa meneliti apakah kompresor masih baik atau tidak dari warna sight glass. Bila terlihat berwarna hitam, maka dapat dipastikan terdapat masalah pada receiver dryer atau expansion valve (biasanya tersumbat kotoran). 

  • Oli Kompresor Berlebihan 

 Oli kompresor pada AC harus dipastikan pas sesuai dengan takaran, jika tidak ruang pada AC untuk freon akan berkuang. Sselain itu, oli kompresor AC yang berlebihan akan menyebabkan tabung dryer mampat. Padahal, tabung dryer memiliki fungsi sebakai pengering freon dari air. 

Contoh saja mobil kamu adalah Toyota Avanza atau Suzuki Eriga yang memiliki jumlah oli kompresor sekitar 200-250 ml.  Bila oli kompresor kamu berlebihan dan menyebabkan kesumbatan pada tabung dryer maka freon AC menjadi sulit untuk bersirkulasi dengan baik. Hal ini akan membuat kurang dinginnya kabin mobil. 

  • Evapolator yang Kotor atau Tersumbat 

Evaporator dapat tersumbat karena hadirnya debu yang telah menumpuk. Hal ini mengakibatan terhambatnya aliran udara yang dihembuskan blower.  Fungsi dari evapolatorpun ada banyak seperti memastikan kinera AC, mengubah freon menjadi udara yang dingin dalam bentuk uap bahkan suhunya bisa sampai 100 derajat celcius, freon juga befungsi untuk menyalurka sirkulasi udara. 

Jenis-jenis evapolator AC pun beragam. Beberapa contohnya adalah plat fin, serpentine, dan drawn cube. Jika evaporator kotor akan mengganggu berjalannya fungsi AC. Maka kita harus rutin untuk membersihakn evapolator. Adapun cara untuk membersihkan evapolator yaitu dengan menggunakan cairan pembersih yang dikhususkan untuk evaporator, ambil filter AC mobil untuk menghilangkan segala debu dan kotoran, lalu bersihkan bagian lain serta pastikan pada bagian yang tidak terlihat dan sela-sela telah terjangkau dan dibersihkan, terakhir kamu tinggal memasang kembali evapolator AC di tepat yang sama.

  • Saluran pembuangan Air Kondensasi Tersumbat 

 

Kamu perlu khawatir dan mengamati jika terdpat kebocoran di dasbor mobilmu. Selain itu, ketika AC dinyalakan dan dasbormu berembun dapat dipastikan bahwa saluran pembuangan air kondensi pada Acmu tersumbat. Hal ini akan berdampak pada AC yang tidak lagi dingin. Dampak lainnya yang timbul adalah adanya bau tidak sedap karena karpet mobil menjadi basah akibat air kondensasi yang tersumbat. 

  • Thermistor atau Thermostart yang Bermasalah 

Thermistor cooler atau thermostat merupakan salah satu komponen bagian dalam yang dimiliki oleh evaporator. Sepeti yang telah kita bahas di atas, evapoator merupakan salah satu bagian penting dari AC. Thermostat ini memiliki fungsi untuk membaca temperatur dan suhu di dalam AC. Data yang telah ia deteksi tadi akan diperoleh ke amplifier. Amplifier inilah akan membantu menentukan dan mengatur waktu cut off dari kompresor. 

Bisa dibayangkan jika thermostart tidak berjalan, maka sistem yang ada dalam AC pun akan terganggu sehingga menyebabkan AC mobil tidak dingin kembali. 

Nah itu tadi harga ketika kamu ingn mengisi freonmu. Setelah membaca artikel diatas pastinya kamu jadi lebih paham bukan? Bahwa tidak semua masalah mobil itu terjadi karena kekurangan freon namun ada banyak hal yang mungkin saja mendasari mengapa AC mobil kita menjadi tidk dingin kembali. Nah supaya AC kamu tetap dingin, kamu bisa nih melakukan beberapa tips di video ini agar AC mu tetap terawat ya. See you

AC Mobil Ga Dingin? ini dia tips & trick perawatan ac mobil

logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...