fbpx

9 Bisnis Menguntungkan di Bidang Otomotif

Hai #SahabatRotary, Tulisan ini khusus di buat untuk #SahabatRotary dalam bisnis menguntungkan.

Bisnis yang menguntungkan di bidang otomotif tentu sangatlah banyak, misalnya bisnis bengkel mobil, service mobil, bahkan bengkel untuk service AC mobil. Karena penduduk Indonesia sudah banyak yang menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat, tentu saja bisnis di bidang otomotif ini sangatlah menguntungkan bagi para pengusahanya. Sebelum membahas tentang bisnis yang menguntungkan di bidang otomotif, mari kita sedikit mengulas tentang apa yang dimaksud dengan bisnis dan bagaimana kerja pada bisnis otomotif.

Apa yang Dimaksud dengan Bisnis?

Bisnis merupakan kegiatan yang biasanya dilakukan oleh seseorang ataupun oleh sebuah organisasi yang mengikutsertakan proses pembuatan, pembelian, penjualan, dan juga pertukaran barang atau jasa dan pelayanan yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan dan pemberian jasa itu sendiri.

Istilah bisnis berasal dari bahasa Inggris, yaitu business yang memiliki arti “kesibukan”. Kesibukan yang dimaksud adalah berkativitas untuk mendapatkan laba atau untung. Berdasarkan ruang lingkup yang ada, istilah bisnis dibedakan menjadi tiga pengertian yaitu:

  • Badan usaha, adalah kesatuan yuridis, teknis, dan ekonomis untuk mencari profit.
  • Sektor pasar tertentu, misalnya seperti pasar modal.
  • Semua aktivitas yang terjadi pada sebuah komunitas produsen barang ataupun jasa.

Fungsi utama dari bisnis adalah untuk mengubah suatu barang ataupun jasa menjadi lebih bernilai dari sebelumnya. Beberapa fungsi dari bisnis antara lain:

  • Fungsi Produksi, yang merupakan fungsi bisnis yang bertujuan untuk menghasilkan barang atau jasa yang diperlukan oleh masyarakat,
  • Fungsi Distribusi, yang merupakan fungsi bisnis yang berrtujuan untuk mendistribusikan barang maupun untuk mendistribusikan jasa ke tempat atau daerah terdekat yang dapat dijangkau atau diindentifikasi oleh pembelinya,
  • Fungsi Penjualan, yang merupakan fungsi bisnis pada saat sebuah perusahaan yang menjual barang maupun jasa yang dihasilkan kepada para konsumen yang membutuhkannya, dan
  • Fungsi Pemasaran, yang merupakan fungsi bisnis yang erat kaitannya dengan penyimpanan dan juga pemasaran menjadikan ketika barang kurang bermanfaat akan dipasarkan di waktu yang lain pada saat barang tersebut berguna bagi para pembeli.

Selain fungsi yang telah disebutkan, bisnis juga memiliki tujuan yang lain, diantaranya adalah untuk menyediakan sebuah barang ataupun jasa yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat atau calon pembeli, berperan dalam peningkatan kesejahteraan pemilik bisnis dan juga karyawannya, menyediakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat, berperan dalam peningkatan dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat, serta mempromosikan sebuah perusaahan dalam jangka waktu panjang.

Di dalam bisnis yang kita ketahui, ada beberapa konsep untuk mendukung sebuah bisnis yang sedang dilakukan, antara lain:

  • Strategi Inti atau core strategy, yang merupakan sebuah visi dan misi di dalam bisnis, diantaranya ada hal yang diharapkan dari sebuah bisnis yang ideal,
  • Sumber Daya Strategis atau strategic resources, yakni terdiri beberapa hal termasuk kompetensi inti, aset strategis, dan juga proses inti.
  • Perantara Pelanggan atau customer interface, yakni sebuah dukungan dan juga pemenuhan, memberikan informasi, dinamika hubungan, dan struktur pada harga barang atau jasa.
  • Jaringan Nilai atau value network, yang merupakan sebuah jaringan nilai yang terdapat di lingkungan perusahaan yang dapat memperkuat dan dapat melengkapi sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Beberapa Jenis Bisnis

Jenis-jenis bisnis dapat dibagi ke dalam beberapa bagian, yaitu jenis bisnis berdasarkan aktivitasnya dan jenis bisnis berdasarkan kegunaan.

Jenis binsis berdasarkan aktivitas yang dilakukan:

  • Bisnis Ekstraktif

Bisnis ekstraktif merupakan sebuah kegiatan usaha yang di dalam bidang pertambangan dengan cara melakukan penggalian barang atau tambang yang ada terdapat di dalam perut bumi. Indonesia merupakan negara yang mempunya kekayaan yang melimpah salah satunya dibidang pertambangan. Banyak perusahaan yang menggeluti bisnis ekstraktif di Indonesia. Sebagai contoh pada jenis bisnis ini yaitu terdapat tambang batu bara, minyak bumi, emas, tembaga, gas bumi dan masih banyak lagi.

  • Bisnis di Bidang Agraris

Bisnis ini dilakukan di bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan kehutanan. Bisnis dibidang agragris juga berkembang dengan sangat pesat di Indonesia dan sudah digeluti oleh masyarakat sejak lama, dari skala kecil di tingkat individu hingga skala besar yang dijalankan oleh sebuah perusahaan. Hal ini menjadikan bisnis di bidang ini telah dikenal luas.

  • Bisnis dalam Bidang Industri

Bisnis industri merupakan salah satu jenis bisnis yang sering diidentikan dengan pengertian bisnis secara awam. Bisnis industri ini berkecimpung pada bidang industri manufaktur, contohnya pada industri pesawat terbang, tekstil mebel, kapal laut, dan lain sebagainya.

  • Bisnis yang Menyediakan Jasa

Bisnis jasa merupakan jenis usaha yang dilakukan suatu perusahaan dan produknya bukan berupa barang, melainkan dalam produk jasa, seperti pendidikan, pariwisata, kesehatan, keuangan, dan lain-lain.

Berikutnya terdapat jenis bisnis yang dilakukan berdasarkan kegunaannya:

  • Kegunaan dalam Bentuk

Bisnis ini memiliki kegunaan bentuk, yaitu usaha yang dilakukan berupa proses untuk mengubah suatu benda menjadi benda lainnya yang memiliki bentuk berbeda dan memiliki nilai yang lebih besar bagi kehidupan manusia. Misalnya bisnis makanan dan lain sebagainya.

  • Kegunaan dalam Tempat

Bisnis ini memiliki usaha yang dilakukan dalam pemindahkan suatu barang dari satu tempat ke tempat lain dan sangat bermanfaat. Contoh pada bisnis ini yaitu pada transportasi, baik itu transportasi darat, udara, maupun laut.

  • Kegunaan pada Waktu

Bisnis kegunaan pada waktu ini mempunyai kegiatan utama yang dilakukan dengan cara menyimpan barang yang diminta. Sistem kerjanya adalah menyimpan barang yang tidak terpakai dan dikeluarkan jika barang itu sudah sangat dibutuhkan. Contoh bisnis kegunaan barang ini adalah pada bisnis pergudangan.

  • Kegunaan dalam Kempimilikan

Bisnis jenis terakhir ini merupakan bisnis yang biasanya dilakukan dalam bidang tertentu yang bertujuan untuk membuat maupun memenuhi kegunaan pemilikan atas suatu barang atau jasa, contohnya pada bisnis pertokoan, jasa mencuci kendaraan, dan lain sebagaianya.

  • Bisnis dalam Bidang Pertanian

Bisnis pertanian atau sering disebut dengan agrobisnis merupakan jenis bisnis yang meliputi semua hal yang memiliki hubungan dengan pertanian, perkebunan, peternakan dan lain sebagainya.

  • Bisnis dalam Bidang Produksi Barang Mentah

Bisnis di bidang produksi barang mentah ini adalah usaha yang dilakukan pada sektor-sektor yang menghasilkan barang dalam bentuk bahan mentah untuk kemudian akan diolah kembali seperti pertambangan.

  • Bisnis Manufaktur

Bisnis ini bergelut dalam bidang pengolahan untuk bahan baku atau untuk bahan mentah dan akan menghasilkan produk barang jadi yang sudah siap pakai.

  • Bisnis dalam Bidang Konstruksi

Bisnis konstruksi adalah aktivitas usaha yang bergerak dalam pembangunan konstruksi dan infrastruktur, seperti jalan raya, gedung perkantoran, hotel, bandar udara, dan pelabuhan.

  • Bisnis Perdangangan

Bisnis ini merupakan bisnis yang dilakukan didalam bidang perniagaan dalam skala kecil hingga dalam skala yang besar. Bisnis ini juga berperan sebagai jembatan yang menghubungkan antara pihak produsen dengan pihak konsumen atau pihak pembeli.

  • Bisnis Finansial

Bisnis finansial ini adalah bisnis yang memberikan jasa dalam bidang keuangan yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan permodalan, asuransi dan lain sebagainya

Apa yang Dimaksud dengan Otomotif?

Otomotif merupakan hal-hal yang berkaitan dengan alat-alat transportasi, khususnya transportasi seperti sepeda motor dan mobil. Selain itu, otomotif merupakan ilmu yang mendalami tentang alat-alat pada transportasi darat yang digerakkan menggunakan mesin seperti mobil dan motor.

Pada saat ini mobil dan motor merupakan kendaraan yang sudah biasa dipakai oleh masyarakat, bukan hanya tren tetapi sudah menjadi kebutuhan. Setelah mobil berkembang, mobil menjadi alat transportasi yang semakin kompleks dan terdiri dari komponen yang banyak. Karena itu, otomotif sudah mengalami perkembangan yang pesat dan sudah menjadi ilmu yang cangkupannya sudah luas dan terdapat sistem juga subsistem didalamnya.

Cara menjaga mobil agar tetap dalam keadaan baik tentu saja membutuhkan perawatan khusus dan rutin. Perawatan bagian mobil yang lumayan rumit pengerjaannya biasanya akan diserahkan pada pihak bengkel dan dikerjakan oleh para mekanis yang sudah ahli dibidangnya.

Bisnis Menguntungkan di Bidang Otomotif

Terdapat beberapa jenis bisnis yang menguntungkan di bidang otomotif yang dibagi sesuai dengan kegunaannya, diantaranya yaitu peluang usaha di bidang jasa otomotif, peluang bisnis di bidang usaha jual beli kendaraan, serta peluang usaha dibidang industri otomotif.

Berikut merupakan beberapa penjelasan mengenai jenis bisnis yang menguntungkan di bidang otomotif, antara lain:

  • Bengkel untuk Service Mobil dan Motor

Bengkel service mobil dan motor ini biasanya melayani service biasa dan service berkala misalnya seperti mengganti oli, melakukan pembersihan pada komponen mobil seperti radiator, karburator dan service berkala jika mobil mengalami turun mesin, dan lain sebagainya.

  • Jasa Montir

Pada saat ini, bengkel mobil sudah menyediakan layanan panggilan untuk jasa montir tetapi tidak semua bengkel bersedia dipanggil. Jadi, jasa montir panggilan bisa menjadi peluang bisnis yang cukup baik untuk Anda. Jasa montir panggilan ini biasanya akan menerima panggilan ketika mobil yang digunakan mogok dalam perjalan.

  • Jasa Tempat Cuci Mobil dan Motor

Jasa cuci mobil ini bisa dilakukan di rumah atau yang biasa disebut jasa cuci mobil dan motor rumahan, dan bisa menyewa tempat yang lebih besar dalam skala besar. Jasa ini juga bisa menambahkan cuci helm di dalam jasa yang ditawarkan.

  • Bengkel Modifikasi untuk Mobil dan Motor

Bisnis ini merupakan bisnis yang menguntungkan di bidang otomotif, pasalnya konsumen tidak akan segan membayar dengan harga yang tinggi agar kendaraannya di rumah sesuai dengan keinginannya untuk menjadi lebih bagus dan memiliki nilai seni yang sangat tinggi. Modifikasi mobil dan motor ini juga tidak hanya untuk kesenangan, tetapi bisa digunakan untuk melengkapi usaha yang dimiliki oleh konsumen, misalnya memodifikasi mobil atau motor untuk berjualan makanan dan minuman.

  • Rental Sepeda Motor

Bisnis penyewaan sepeda motor tidak jarang ditemui seperti penyewaan mobil, hal ini bisa menjadi modal utama karena masyarakat pasti akan banyak yang membutuhkan jasa dalam penyewaan motor ini. Tempat yang strategis untuk membuka bisnis ini adalah di tempat wisata yang sulit dijangkau oleh kendaraan roda empat.

  • Jasa Pemasangan dan Service AC mobil

Salah satu bisnis menguntungkan di bidang otomotif adalah jasa pemasangan dan service AC mobil. Bisnis tersebut biasanya akan sangat dibutuhkan di tempat yang masyarakatnya banyak menggunakan mobil, apalagi di daerah perkotaan.  Service AC akan sering dilakukan jika kendaraan konsumen sering melewati jalan yang tingkat polusinya lebih tinggi. Service AC pun sangat dibutuhkan karena kebutuhan masyarakat terhadap kedaraan semakin tinggi.

  • Jasa Mobil Derek

Pada saat kendaraan mogok, biasanya konsumen tidak hanya membutuhkan montir tetapi juga membutuhkan mobil derek jika mobilnya tidak dapat segera menyala. Selain itu, Anda juga akan membutuhkan mobil derek jika mobil terperosok saat terjadi kecelakaan.

  • Bisnis Kursus atau Pelatihan Mobil

Pada saat ini, kebutuhan keterampilan berkendara sudah sangat banyak diminati. Hal ini disebabkan oleh masyarakat yang memakai mobil sebagai kendaraan pribadi. Selain meberikan jasa kursus, Anda juga bisa memberikan jasa dalam pembuatan stnk dan sim.

Mengapa Bisnis di Bidang Otomotif Bisa Sangat Menguntungkan?

Pada saat ini, bisnis di bidang otomotif merupakan salah satu bisnis yang sangat menguntungkan. Peningkatan jumlah kendaraan yang digunakan semakin banyak dan perkembangannya pun semakin pesat dari waktu ke waktu, yang menjadikan kebutuhan bengkel mobil dan motor pun ikut naik. Berikut ini adalah alasan mengapa bisnis dibidang otomotif bisa menguntungkan:

  • Bengkel sudah Menjadi Kebutuhan yang Berawal dari Tren

Awalnya, kendaraan hanya menjadi tren dikalangan masyarakan. Tren biasanya sangat berpengaruh terhadap kehidupan seseorang. Akan tetapi, kendaraan yang dipakai tentu saja harus dirawat agar tetap berfungsi dengan baik dan layak untuk digunakan. Tidak hanya bengkel, penjualan sparepart juga sangat dibutuhkan karena terkadang pemilik kendaraan harus mengganti komponen kendaraan yang rusak. Selain itu, banyak pemilik usaha tertentu yang ingin melakukan modifikasi pada kendaraannya agar terlihat lebih menarik dan bisa punya nilai jual lebih.

  • Semua Masyarakat Membutuhkan Bengkel dan Jasanya

Pada saat ini, semua lapisan masyarakat membutuhkan bengkel dan jasanya, baik kalangan masyarakat atas dan juga menengah kebawah dikarenakan semua masyarakat sudah pasti memiliki kendaraan bermotor yang membutuhkan perawatan dan juga jasa service. Service tidak hanya dilakukan pada saat kendaraan rusak, akan tetapi juga dibutuhkan untuk melakukan perawatan pada kendaraan.

  • Usaha Bengkel Sebagai Tempat Penyedia Barang atau Sparepart Berkualitas

Semua masyarakat yang memiliki kendaraan pasti membutuhkan sparepart baru untuk kendaraanya apabila komponen pada kendaraannya memiliki kerusakan yang parah atau sudah lama dipakai. Kendaraan tersebut mperlukan penggantian komponen. Hal ini akan menguntungkan bagi penjual sparepart.

Bisnis MenguntungkanCara Mendirikan dan Mengembangkan Bisnis Otomotif

Dalam mendirikan bisnis otomotif ini tentu saja Anda harus memperhatikan beberapa hal agar bisnis dapat meraup keuntungan dan terus berkembang. Beberapa cara untuk mendirikan dan mengembangkan bisnis otomotif adalah  sebagai berikut.

  • Nama Usaha

Dalam memberikan nama pada bisnis yang akan Anda jalankan tentu harus menarik perhatian para calon pelanggan. Anda harus memilih nama yang bagus dan unik. Selain itu,  nama bisnis Anda lebih baik mempunyai arti tertentu.

  • Kerja Sama dengan Komunitas Lain

Komunitas yang dimaksud disini adalah komunitas bisnis. Peluang bisnis yang akan dilakukan juga memerlukan kerja sama dengan pihak lain selain konsumen. Komunitas bisnis biasanya berfungsi untuk menyebarkan informasi layanan atau produk yang ditawarkan.

  • Promosi Melalui Website dan Sosial Media

Setelah persiapan Anda sudah terpenuhi langkah terakhir yang harus dilakukan adalah promosi. Pada zaman sekarang, masyarakat menggunakan internet dan sosial media sebagai sumber infomasi. Buatlah website semenarik mungkin lalu pasang iklan-ikaln di sosial media yang banyak digunakan oleh masyarakat.

AC mobil mu sudah dingin, nyaman, dan sehat?Booking Service
Yakin sudah bebas dari bakteri / virus?
Sudah atau belum tahu, silahkan klik disini untuk kita bantu.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Blog

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?