rotarybintaro.co.id

rotarybintaro.co.id

Jangan Panik! Kenali Penyebab Bunyi Gluduk Pada Roda Depan Mobil Dan Lakukan Langkah Pencegahannya!

Pernahkan Anda mendengar bunyi gluduk pada roda depan mobil Anda? Khususnya pada saat melewati jalan yang tidak rata atau bergelombang? Jika ya, maka Anda harus waspada karena bunyi gluduk pada roda depan mobil tersebut bisa menandakan adanya masalah ataupun kerusakan pada salah satu komponen kaki-kaki di mobil kesayangan Anda.

Masalah atau kerusakan ini bukanlah hal yang bisa Anda anggap sepele dan perlu untuk segera Anda tangani. Adanya masalah atau kerusakan ini dapat berdampak buruk pada kenyamanan dan keselamatan berkendara Anda. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui seluk beluk dari masalah bunyik gluduk pada roda depan mobil ini.

Memangnya apa sih yang menjadi penyebab dari masalah bunyi gluduk pada rodan depan mobil ini? Lebih jauh lagi apa akibat dari masalah ini? Lalu bagaimana cara penanganannya? Semua jawaban dari pertanyaan tersebut telah terangkum dalam artikel kita kali ini! Seperti apa ya? Mari kita bahas bersama!

Pertanyaan Seputar Bunyi Gluduk Pada Roda Depan Mobil

Mengidentifikasi sumber bunyi gluduk memerlukan pemeriksaan menyeluruh oleh mekanik. Namun, pengemudi dapat memperhatikan kapan bunyi tersebut muncul, apakah saat berputar, saat mengerem, atau dalam kondisi tertentu, untuk memberikan petunjuk kepada mekanik.
Meskipun beberapa bunyi mungkin tidak langsung mengancam keselamatan, sebaiknya tidak diabaikan. Bunyi gluduk dapat menjadi tanda awal masalah yang lebih serius. Segera periksakan ke bengkel untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.
Biaya perbaikan bunyi gluduk dapat bervariasi tergantung pada penyebabnya. Pemeriksaan dini dan perbaikan dapat membantu mencegah biaya yang lebih tinggi akibat kerusakan lebih lanjut.
Ya, melakukan perawatan berkala seperti periksa dan pelumasan bearing, pemeriksaan suspensi, dan penggantian komponen yang aus dapat membantu mencegah bunyi gluduk dan menjaga kinerja roda depan.

Kenali Penyebab Bunyi Gluduk pada Roda Depan Mobil

bunyi gluduk pada roda depan mobil

Bunyi gluduk pada roda depan mobil bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Banyaknya faktor yang dapat menjadi penyebab dari masalah bunyi gluduk pada roda depan mobil ini dikarenakan pada dasarnya roda depan mobil terhubung dengan berbagai macam komponen lainnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab bunyi gluduk pada roda depan mobil, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Karet Support Shockbreaker Rusak

Penyebab pertama dari masalah bunyi gluduk pada roda depan mobil adalah adanya kerusakan pada karet support shockbreaker. Karet support shockbreaker ini sendiri adalah komponen yang berfungsi sebagai bantalan antara shockbreaker dengan bodi mobil. Karet ini bisa mengalami kerusakan akibat usia, pemakaian, atau beban yang berlebihan.

Jika karet ini rusak, maka akan terjadi kelonggaran antara shockbreaker mobil dengan bodi mobil, sehingga menimbulkan bunyi gluduk saat mobil melewati jalan yang tidak rata. Anda bisa mengecek kondisi karet support shockbreaker dengan membuka kap mesin dan melihat apakah ada sobekan atau retakan pada karet tersebut.

2. Long Tie Rod atau Tie Rod End Aus

Keausan pada long tie rod atau tie rod end menjadi penyebab kedua masalah bunyi gluduk pada roda depan mobil. Long tie rod atau tie rod end adalah komponen yang menghubungkan antara rack steering dengan roda. Komponen ini berfungsi untuk mengatur arah putaran roda sesuai dengan gerakan setir.

Nah, apabila long tie rod atau tie rod end aus, maka akan terjadi kelonggaran antara rack steering dengan roda, sehingga menimbulkan bunyi gluduk saat mobil berbelok atau melewati jalan yang bergelombang. Anda bisa mengecek kondisi long tie rod atau tie rod end dengan menggerakkan roda secara manual dan merasakan apakah ada pergerakan yang tidak normal atau berlebihan.

3. Bushing Lower Arm atau Upper Arm Rusak

Berikutnya bushing lower atau upper arm yang rusak juga bisa menjadi penyebab masalah bunyi gluduk pada roda depan mobil. Bushing lower arm atau upper arm adalah karet yang berfungsi sebagai bantalan antara lower arm atau upper arm dengan chasis mobil. Lower arm atau upper arm adalah komponen yang menghubungkan antara shockbreaker dengan roda.

Jika bushing lower arm atau upper arm rusak, maka akan terjadi kelonggaran antara lower arm atau upper arm dengan chasis mobil, sehingga menimbulkan bunyi gluduk saat mobil melewati jalan yang tidak rata. Anda bisa mengecek kondisi bushing lower arm atau upper arm dengan melihat apakah ada sobekan atau retakan pada karet tersebut.

4. Bushing Stabilizer Longgar

Terakhir, bushing stabilizer yang longgar juga dapat menjadi penyebab dari masalah bunyi gluduk pada roda depan mobil ini. Bushing stabilizer adalah karet yang berfungsi sebagai bantalan antara stabilizer bar dengan chasis mobil. Stabilizer bar adalah komponen yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan mobil saat berbelok.

Jika bushing stabilizer longgar, maka akan terjadi kelonggaran antara stabilizer bar dengan chasis mobil, sehingga menimbulkan bunyi gluduk saat mobil berbelok atau melewati jalan yang bergelombang. Anda bisa mengecek kondisi bushing stabilizer dengan melihat apakah ada celah atau jarak antara stabilizer bar dengan chasis mobil.

Bahaya Bunyi Gluduk pada Roda Depan Mobil

bunyi gluduk pada roda depan mobil

Setelah memahami penyebabnya, maka pertanyaan selanjutnya adalah apa akibat dari masalah bunyi gluduk pada roda depan mobil ini? Masalah ini tentu lebih dari sekedar mengganggu telinga semata, tetapi juga dapat berakibat serius pada keselamatan berkendara Anda. Berikut ini adalah akibat yang akan timbul dari masalah bunyi gluduk pada roda depan mobil, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mengurangi Keseimbangan Mobil

Bunyi gluduk pada roda depan mobil bisa mengurangi keseimbangan mobil saat berjalan, terutama saat berbelok atau melewati jalan yang tidak rata. Hal ini bisa menyebabkan mobil menjadi tidak stabil atau goyang, sehingga Anda harus lebih berhati-hati dalam mengendalikan setir dan rem. Jika tidak, maka Anda bisa kehilangan kendali atas mobil dan berpotensi mengalami kecelakaan.

2. Mengurangi Kenyamanan Berkendara

Bunyi gluduk pada roda depan mobil juga bisa mengurangi kenyamanan berkendara Anda. Anda akan merasakan getaran atau goncangan yang tidak nyaman saat mobil melewati jalan yang tidak rata atau bergelombang. Hal ini bisa membuat Anda merasa lelah, stres, atau sakit kepala. Selain itu, Anda juga akan terganggu oleh bunyi yang berisik dan mengganggu konsentrasi Anda.

3. Mengurangi Keselamatan Berkendara

Terakhir, bunyi gluduk pada roda depan mobil juga bisa mengurangi keselamatan berkendara Anda. Anda akan berisiko mengalami kecelakaan akibat kehilangan kendali atas mobil, tergelincir, atau terpeleset.

Selain itu, Anda juga akan berisiko mengalami kerusakan yang lebih parah pada kaki-kaki mobil Anda, yang bisa mengakibatkan mobil tidak bisa berjalan atau berhenti mendadak. Hal ini bisa membahayakan Anda dan orang lain di sekitar Anda.

Baca Juga : Wajib Waspada! Ban Mobil Botak Bisa Berakibat Buruk Bagi Anda!

Hal yang Perlu Dilakukan Saat Mengalami Masalah Bunyi Gluduk pada Roda Depan Mobil

bunyi gluduk pada roda depan mobil

Lalu apa yang harus dilakukan bila menemukan atau mengalami masalah ini? Dalam hal ini, terdapat beberapa hal yang perlu Anda lakukan ketika mengalami masalah bunyi gluduk pada roda depan mobil, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Periksa Kondisi Kaki-Kaki Mobil

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa kondisi kaki-kaki mobil Anda, terutama komponen-komponen yang telah disebutkan di atas. Anda bisa melakukannya sendiri atau membawa mobil Anda ke bengkel terdekat. Jika Anda menemukan adanya kerusakan atau kelonggaran pada salah satu komponen, maka Anda harus segera mengganti atau memperbaikinya sesuai dengan standar yang berlaku.

2. Lakukan Spooring dan Balancing

Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah melakukan spooring balancing pada roda mobil Anda. Spooring adalah proses penyetelan sudut kemiringan roda agar sesuai dengan spesifikasi pabrik. Balancing adalah proses penyeimbangan berat roda agar tidak ada getaran saat mobil berjalan.

Spooring dan balancing penting dilakukan untuk menjaga keseimbangan, kenyamanan, dan keselamatan berkendara Anda. Anda bisa melakukan spooring dan balancing di bengkel resmi atau yang memiliki alat yang tepat.

3. Ganti Ban yang Sudah Botak atau Bengkok

Langkah ketiga yang harus Anda lakukan adalah mengganti ban yang sudah botak atau bengkok. Ban yang sudah botak atau bengkok bisa menyebabkan bunyi gluduk roda depan mobil karena tidak memiliki grip yang baik dengan permukaan jalan.

Selain itu, ban yang sudah botak atau bengkok juga bisa menyebabkan mobil mudah tergelincir atau terpeleset saat melewati jalan yang licin atau basah. Anda bisa mengganti ban dengan yang baru atau yang masih memiliki kembang yang cukup.

WhatsApp Image 2024 02 03 at 11.31.45 AM

Cegah Masalah Bunyo Gluduk Pada Roda Depan Mobil Dengan Perawatan Dan Service Rutin Di Rotary Bintaro!

bunyi gluduk pada roda depan mobil

Untuk mencegah bunyi gluduk pada roda depan mobil, Anda harus rutin melakukan service roda depan mobil Anda. Anda bisa membawa mobil Anda ke Rotary Bintaro, bengkel spesialis kaki-kaki mobil yang terpercaya dan profesional.

Di sini, Anda akan mendapatkan pelayanan yang berkualitas, cepat, dan ramah. Anda juga akan mendapatkan harga yang terjangkau dan garansi yang jelas. Rotary Bintaro siap melayani Anda dengan berbagai layanan, antara seperti ganti shockbreaker, ganti karet-karet kaki-kaki, ganti long tie rod dan tie rod end, ganti stabilizer bar dan bushing dan lain sebagainya.

Lebih kerennya lagi, kini Rotary Bintaro telah menjadi bengkel pertama di Indonesia yang menyediakan shaking machine kaki kaki mobil lho! Adanya teknologi ini dapat membuat pengecekan kaki kaki jauh lebih cepat dan tepat. Ini dilakukan shaking machine dengan memanfaatkan guncangan hidrolik yang memberikan simulasi guncangan pada kaki kaki mobil Anda.

Hasil analisa dari simulasi guncangan tersebutlah nanti akan ditemukan dimana letak masalah pada kaki kaki mobil Anda, sehingga Anda dipastikan akan terhindar dari pergantian komponen yang tidak perlu karena pengecekan atau analisanya bukanlah hasil tebakan atau firasat semata, melainkan hasil dari analisa kecanggihan mesin. Ketika analisanya tepat, maka tentu pengambilan solusi juga akan jauh lebih terukur dan akurat.

Kunjungi website resmi dari Rotary Bintaro untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal detail lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan, edukasi dunia otomotif hingga informasi menarik lainnya! Lakukan reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...